SSL Certificate by Symantec on Dewaweb

SSL Certificate Adalah Sebuah Keniscayaan bagi e-Commerce

SSL Certificate adalah sebuah sertifikasi yang memastikan sebuah website menghadirkan sebuah mekanisme untuk mengamankan koneksi antara visitornya dengan website tersebut, semua data yang dikirim dari dan ke dua sisi di enkripsi dengan sebuah metode yang menjadikan hacker tidak bisa melihatnya saat dia berusaha menyadap lalu lintas data di jaringan yang kita pakai.

Sebuah paragraf pembukaan yang ‘mouthful‘ 😛 kira – kira seperti itu lah gambaran dari SSL certificate ini, dari workshop yang di adakan oleh tim Dewaweb, Webnic dan juga Symantec yang kemarin saya ikuti. SSL sendiri adalah teknologi yang terbuka, namun perlu sebuah penerbit Certificate seperti Symantec untuk bisa bekerja dengan baik antara website dan juga browser yang dipakai visitor.

SSL Certificate

Manfaat SSL Certificate

Seperti yang telah saya tuliskan di awal, dengan adanya sebuah SSL Certificate pada sebuah website, maka koneksi antara visitor website dengan website akan aman. Data – data yang diketikan visitor seperti username, alamat email, password atau bahkan nomor kartu kredit akan aman.

Saat semua data aman seperti ini, tentunya semua pihak akan senang, karena tidak ada resiko yang terjadi dari aktifitas visitor dalam mengunjungi website A itu. Kalau website itu tentang social media, berarti kemungkinan identity theft juga tidak akan terjadi.

Terlebih untuk website e-commerce, sangat penting untuk diamankan dengan menggunakan SSL Certificate ini agar resiko kerugian di sisi pelanggan yang biasa berbeanja online bisa di pangkas. Karena kalau website e-commerce pastinya kerugian finansial dari sisi user tidak terhindarkan lagi, dalam kasus carding misalnya.

Secara tidak langsung juga, saat sebuah website (e-commerce terutama) menerapkan SSL security website akan jadi aman,  pelanggan yang berbelanja akan semakin konfident untuk berbelanja pada waktu yang akan datang.

Makannya judul artikel ini adalah seperti itu, SSL Certificate Adalah Sebuah Keniscayaan bagi e-Commerce!

Macam – macam SSL Certificate

SSL Certificate memiliki beberapa macam, cara kerja yang berbeda – beda dan dengan tingkat jaminan keamanan yang berbeda pula.

Sebuah website yang aman memiliki alamat yang dimulai dengan https:// berbeda dengan website biasa yang hanya http://. Penerbit SSL Certificate atau Certificate Authority menggunakan 3 macam level verifikasi yang bisa dilihat langsung oleh user dalam menilai keamanan sebuah website. Secara teknologi sama sih, tapi sangat berbeda dalam menentukan seberapa percaya anda kepada website yang anda kunjungi.

Yang pertama adalah Domain Validation (DV) yang menyatakan bahwa sebuah domain benar – benar dimiliki oleh seseorang dengan konfirmasi alamat email yang terdaftar dengan nama domain tersebut. Saat sebuah website terinstall SSL Certificate level ini, biasanya di address bar akan ada warna orange.

Yang berikutnya adalah Organization Validation (OV) dimana identitas organisasi yang mengelola website tersebut juga dikonfirmasi dan bisa anda lihat dari Padlock (symbol gembok) berwarna biru dalam addrees bar.

Yang terakhir dan yang paling aman adalah Extended Validation (EV), dimana data sebuah organisasi pemilik sebuah website di audit oleh Certificate Authority secara mendetail, semua keberadaan kantor, rekening bank, ijin usaha, bahkan rekening listrik dari organisasi tersebut akan diperiksa oleh tim yang memastikan keabsahan organisasi tersebut.

SSL Certificate by Symantec on Dewaweb
SSL Certificate by Symantec on Dewaweb

Visitor website dengan keamanan level extended validation ini secara ringkas bisa melihat simbol padlock hijau dengan nama website/organisasi, yang jika di klik akan tampil alamat organisasi tersebut, Dewaweb adalah contoh paling mudah yang bisa saya tunjukkan.

Pentingkah SSL Certificate?

Dari penjelasan saya di atas, terutama bisa anda simpulkan sendiri pentingnya SSL certificate. Terutama jika anda mengelola sebuah website jualan online/olshop atau e-commerce. Karena menjaga keamanan pelanggan anda adalah sebuah kunci pelanggan tersebut untuk yakin dalam berbelanja dan kembali mengunjungi website anda untuk bertransaksi lagi.

Untuk memastikan kepercayaan, Extended Validation mungkin anda butuhkan juga agar customer yakin 100% kalau anda sebuah entitas yang onafide.

Semoga bermanfaat 🙂

1 thought on “SSL Certificate Adalah Sebuah Keniscayaan bagi e-Commerce

Comments are closed.