3 Hal tentang Blogging yang Saya Pelajari dari Blogging Tahun Lalu

Tanpa terasa, hari ini adalah hari yang menandai umur blog ini sudah mencapai 3 tahun. Saya merasa tidak perlu ada pesta makan -makan atau bahkan kembang api segala untuk memperingatinya.

Di sini saya hanya ingin membagi beberapa pengalaman yang saya dapatkan dari blogging, terutama dalam satu tahun ke belakang. Diantaranya tentang membangun komunitas di blog, pencapian blog ini dan sedikit pendapatan dari blog ini.

1. Membangun komunitas blog

Saya merasa blog ini makin banyak pembacanya dari blogger juga, terbukti dari setiap saya posting tentang blogging, kontes SEO dan spam banyak mendapat komentar. Komunitas blog ini semakin besar. Beberapa hal yang saya lakukan dan wajib dilakukan semua blogger untuk membangun komunitasnya adalah:

1. Jadi blogger ramah

Berusaha sebisa mungkin menjawab setiap komentar di blog, jangan biarkan ada sebuah komentar di blog yang tidak ada balasan jawaban dari kamu, terlebih saat komentarnya adalah sebuah pertanyaan.

Kalau hanya ucapat tentang artikelnya yang dibilang bagus dan membantu, berterimakasihlah kepada mereka yang sudah meluangkan waktu menuliskannya. Thanks buat mas Agung Talaga yang membantu saya menyadari hal ini, yang berpendapat saya ini ramah.

NB: Ada juga komentar yang saya hapus di sini, bahkan setelah saya munculkan. Tak lebih karena saya kadang merasa orang yang sama selalu berganti – ganti url itu kesannya hanya ingin mencari backlink, maaf.

2. Kunjungi blogger lain

Beberapa hari terakhir saya merasa ada sedikit penurunan aktifitas di blog ini dari sesama bloger, jarang yang datang mungkin. Saya memang sedang sedikit lebih pasif dalam blogwalking sedikit melihat dan review saja tentang blogging ini, juga mau membuat design baru untuk blog – blog saya. Blogwalking adalah kunci selanjutnya untuk mengembangkan komunitas blog kita.

3. Tulis konten yang berguna

Ini adalah prinsip saya dalam membuat sebuah artikel, dan ini sangat sejalan dengan upaya kita mengembangkan komunitas blog kita. Setelah kita mengunjungi blog teman – teman lainnya dan berkomentar buat artikel yang berguna dan orisinal.

Tulis artikel yang diperlukan dan membantu, maka pastinya akan ada tanggapan dan ide yang akan muncul di dalamnya.Β Menulis artikel tentang masalah yang kita hadapui dan bagaimana kita menyelesaikannya juga kadang bisa menambah besar komunitas kita, akan ada wajah – wajah baru yang tiba – tiba muncul menanggapi dan bertanya tentang tulisan kita.

NB: Bagi blogger pemula, tetap belajar untuk mengetahui lebih banyak hal untuk dibagi sembari tetap menjunjung tinggi orisinallitas tulisan. Jadikan blog kita 100% asli hasil pemikiran kita dan hindari penjiplakan konten dari tempat lain.

2. Pencapaian blog ini

Alhamdulillah, traffic blog ini juga sudah mulai membaik, kalau tahun lalu mungkin ada di kisaran angka 150an, sekarang lebih sering Β diatas 250. Membuat saya jadimakin semangat ngeblog kalau mengingatnya. Yang jadi masalah, dengan traffic seperti itu, saya belum bisa dapat penghasilan yang lumayan. Walau iklannya sudah berjibun πŸ˜€

3. Pendapatan saya dari blog ini

Blog ini sudah berhasil memasukkan uang dalam rekening saya di bank sekali. Lumayan lah sebenarnya Β kalau mau bersyukur, tapi namanya orang pasti juga tidak ada kata cukup πŸ˜€ Itu adalah komisi saya dari menawarkan jasa hosting masterweb, di jawaban ticket saya diberitahu 430 ribu, tapi masuk di rekening 450an.

Adsense saya sudah ada juga, tapi masih jauh dari pay out nampaknya kalau saya hanya mengandalkan blog ini. Buat temen blogger yang punya blog dengan traffic lebih blog iniΒ inginΒ diberi adsense bisa deh saya pasangi, nanti bagi hasil :D.

Langkah saya selanjutnya dalam blogging?

Ini juga jadi sebuah pemikiran saya beberapa saat yang lalu, saya sebenarnya ada beberapa ide posting lagi yang belum saya tulis. Tapi mengingat affiliasi hosting Indonesia dan adsense di blog ini kurang bisa optimal, rasanya saya mau lebih konsen mengurus blog saya yang lain yang berbahasa Inggris.

Saya sudah terlalu lama membuang duit untuk perpanjangan domain dan sewa hosting blog itu nampaknya, padahal kalau mau konsisten lebih menjanjikan, pasarnya untuk affiliasi lebih luas, untuk adsense nilai kliknya juga lebih besar.

Kemungkinan saya akan sedikit lebih jarang di sini. Tapi belum pasti, saya belum punya action planning yang jelas πŸ˜›

17 pemikiran pada “3 Hal tentang Blogging yang Saya Pelajari dari Blogging Tahun Lalu

  1. Hahahaha…. ternyata diriku udah diseret2 di halaman ini ya mas tapi saya aja yang nggak ngerasain kalau lagi diseret2 di halaman ini. πŸ˜€
    Udah hampir dua bulan nih mas saya belum bisa mengeluarkan ide baru untuk postingan baru di blog saya yang penting blogwalkingnya ke blog2 sobat yang lain tetap saya jalankan tapi belakangan ini saya udah jarang blogwalkingnya apalagi ke blognya mas ini. Btw soal trafik blog ini, udah lumayan tuh mas dan masih beda tipis dengan jumlah pengunjung blog saya tiap harinya.. πŸ˜€

      • Palingan kalau nggak ada ide untuk menulis lagi di blog, kan tinggal jalan2 aja di blog ini supaya dapat angin segar. Blog ini udah saya anggap salah satu sumber penyemangat saya untuk tetap eksisi di dunia maya mas walau kondisi saat ini tidak terlalu memihak pada saya. Namanya juga keadaan kan kadang baik dan kadang tidak baik untuk kita. Tinggal prosesnya aja yang harus kita jalani dan ambil pelajaran di dalamnya… πŸ™‚

        • Hehehe… iya ya mas, kadang sesuatu itu tidak berjalan sesuai dengan rencana kita πŸ˜€ Mungkin Allah berencana agar mas Agung konsen di kuliah dulu, blog sementara tidak diisi nyatanya adsense masih jalan terus πŸ˜€

        • Kok malah adsensenya ikutan dibawa2 di halaman ini sih mas.. πŸ˜€ Alhamdulillah adsensenya udah bisa PO tapi yang bikin galau malah tak kunjung sampai sekarang mas. Saya tidak tau udah sampai dmn perjalanan PIN GA nya menuju alamat saya. Coba kalau udah sampai PIN GA nya pasti ngeblognya akan kembali seperti semula.. πŸ˜€

        • Ups, kelepasan. Hehehe… Ya dutunggu saja mas, saya dulu juga sempat khawatir kalau tidak jadi datang tuh amplop sakti. Dan akhirnya datanglah amplop itu pada hari yang tidak saya duga – duga. Alamat yang dipakai bukan kampung tercinta di pulau Talaga khan mas?

  2. Tetap semangat mas….siapa tahu dalam beberapa bulan mendatang ada perbaikan pendapatan dari blog ini dan anda akan menjadi orang “bejo” berikutnya πŸ™‚

  3. terus semangat gan, , ,
    di blog yang saya kelola malah belum pernah berpenghasilan sama sekali gan, , ,
    kadang pernah merasa bosan, jenuh, , , tapi saya yakin suatu saat blog yang saya kelola akan memberikan kepuasan tersendiri. terima kasih buat share-nya gan, , ,

  4. 3 tahun menunjukkan konsistensi yang baik, blog ane baru akan 1 tahun tgl – 29 ini.. Mudah-mudahan bisa seperti abouttiyo mencapai umur 3 tahun..

    Ya, jika punya blog berbhs inggris mending dimaksimalkan, berdasarkan pengalaman lebih menjanjikan untuk adsense.. Visitor dikisaran 350-500/day bisa dijamin $$ udah ngalir tiap hari πŸ™‚ .. Sukses Sob..

Tinggalkan komentar