Hosting Terbaik untuk Blogger dan Developer

Sudah lama saya tidak membahas tentang yang namanya hosting, kali ini saya akan memberikan tips untuk memilih hosting terbaik.

Hosting terbaik bukanlah penyedia hosting A, atau webhosting B. Sama dengan benar dan salah yang bersifat relatif, hosting juga relatif bergantung dengan kebutuhan dan kemampuan kita.

Hosting Untuk Blogger Pemula

Kalau kamu adalah seorang yang ingin menuangkan ide dalam bentuk coretan online di blog atau membuat catatan perjalanan berisi cerita dan foto – foto wisata kamu mungkin hanya akan memerlukan sebuah paket hosting yang biasa saja. Biasa dalam artian sebuah paket hosting hanya perlu untuk digunakan satu blog tadi saja.

Untuk pemula saya sarankan untuk membeli paket shared hosting yang banyak diberikan penyedia hosting seperti Masterweb. Biasanya paket shared hosting ini murah dan dibedakan dalam space penyimpanan dan bandwidth yang relatif kecil dan beberapa fitur standar lainnya.

Masterwebnet Hosting terbaik termurah Indonesia

Saya dulu sekali memulai menggunakan sebuah hosting dengan space 100MB saja. Bersamaan dengan perkembangan blog, saya upgrade paket yang saya gunakan itu.  Kalau kamu sering upload foto di blog, bisa saja space 100MB langsung habis sebulan apalagi kamu update dalam frekuensi yang tinggi.

Space 250MB adalah rekomendasi awal saya sekarang jika kamu ingin memulai membuat blog baru, syukur bisa 500MB 😛 , tapi itu semua relatif, kamu yang bisa memprediksi sendiri penggunaannya.

Hosting Terbaik Untuk Blogger Berpengalaman

Kalau sudah lama ngeblog, biasanya kita akan memerlukan space hosting yang relatif besar. Blogger yang sudah lama mengelola blog biasanya juga cenderung untuk membuat blog lebih dari satu. Untuk mengakomodasi kebutuhan hosting beberapa blog sekaligus itu kamu bisa memilih paket hosting yang relatif besar spacenya dengan tambahan fitur add-ons domain, yang berarti kamu bisa menambah domain dalam satu akun hosting sekaligus.

Penggunaan fitur add-ons domain ini sangat berguna untuk mengurangi pengeluaran hosting baru lagi. Saat kamu ingin membuat blog baru, kamu hanya perlu membeli domainnya saja, hostingnya bisa dititipkan di server blog lama tadi.

Model paket hosting seperti ini sangat cocok jika blog ditulis dalam bahasa yang sama dan memiliki target pembaca yang sama pula. Usahakan membeli hosting dengan server di Amerika dan Singapura jika kamu ada kemungkinan membuat blog baru dalam bahasa asing, bukan server Indonesia. Terutama karena lebih cepat koneksinya dari pada sever IIX (dalam negeri).

Saya baru menyadari ini saat kemarin bisa menggunakan fitur ini di hosting saya yang menggunakan Dewaweb. Di sana saya tambahkan satu lagi domain yang saya daftarkan awal tahun ini.

Cloud Hosting Terbaik Murah Indonesia

Hosting Terbaik untuk Blogger Expert

Banyak blogger yang awalnya hanya gemar menulis di blog, lama – lama tenggelam dalam kegemarannya itu. Belajar banyak hal tentang platform yang dipakai buat ngeblog (WordPress maksud saya) sampai jadi sangat mahir dalam hal rancang bangun website.

Dari situ dia sampai membuka jasa pembuatan blog buat orang lain, seperti saya yang pernah 2 kali membuatkan website, yang terakhir adalah sebuah organisasi olah raga di kabupaten bulungan, Koni Bulungan.

Kalau kamu sudah kabanjiran order, hosting terbaik buat kamu sepertinya bukan yang saya sebutkan di atas tadi. Akan lebih tepat jika kamu menggunakan reseller hosting.

Reseller Hosting Terbaik - InMotion Hosting

Reseller hosting adalah sebuah paket hosting yang di dalamnya bisa kamu re-pack menjadi paket – paket hosting kecil lagi. Klien kamu membayar tiap tahunnya kepada kamu secara langsung. Harga yang kamu berikan juga bisa terserah kamu, jadinya untungnya bisa kamu perhitungkan sendiri.

Dengan reseller hosting ini, kamu juga hanya perlu sekali membayar ke penyedia hosting di atas kamu. Kalau tiap klien memiliki satu akun hosting masing – masming tentunya akan melelahkan mengursnya, membayar tagihan tiap bulannya dan masih banyak keterbatasan lainnya.

 Manakah Hosting Terbaik buat Kamu?

Kalau mau membeli hosting, selain perlu memperhatikan rekomendasi teman yang sudah pengalaman pastikan juga paket yang akan kamu ambil sesuai dengan keperluan kamu. Hosting terbaik buat kamu adalah yang pas untuk keperluan kamu, bukan yang kekurangan fitur atau juga kelebihan dan kemahalan 😀

Selamat mencari hosting terbaikmu 🙂

Tinggalkan komentar