komentar blog spam

Komentar Blog Spam, 4 Macamnya yang Layak Untuk Dibabat Habis

Berkomentar di blog memang merupakan sebuah cara yang wajar digunakan seorang blogger untuk mendapat kunjungan balik ke blog sendiri. Dalam acara saling komentar ini kadang dua blogger bisa jadi akrab karena sering saling berkunjung, berkomentar seperti inilah yang semestinya kita kembangkan.

Beberapa blogger seperti David Khoirul, Eswahyudi Kurniawan, Agung Talaga atau juga Stupid Monkey adalah blogger dengan kriteria tersebut, mereka beberapa kali berkomentar di sini. Saya relatif respek sama mereka, kadang menyempatkan diri berkunjung setelah lama tidak bersua dan sibuk dengan urusan sendiri.

komentar blog spam

Tapi sering strategi berkomentar ini disalah gunakan oleh beberapa blogger dengan spamming atau membuat komentar blog spam. Entah mereka tidak tahu atau memang sengaja, apa yang mereka lakukan menurut pendapat pribadi saya sangat mengganggu dan tidak sopan.

Layak rasanya untuk ‘mengusir’ mereka dari blog ini. Kalau anda tidak mau blognya diperlakukan sama, baiknya ya jangan nyepam.ย Berikut adalah 4 macam komentar blog spam yang harus kita hindari;

1. Komentar yang tidak berkualitas

Satu hal yang membuat saya bosan dengan Facebook dan tetap setia dengan blogging adalah karena status dan komentar di Facebook kebanyakan tidak berkualitas. ย Ada yang baik, tapi sedikit. Satusnya banyakan keluhan atau dan komentarnya canda yang out of topic.

Di sisi lain blog tetap memberikan tantangan kepada saya untuk menulis artikel yang informatif, menarik, mudah dibaca dan juga berkomentar yang konstruktif, menghargai dan bertangung jawab.

Jadi ย kalau ada yang membawa tradisi Facebook ke blog dengan berkomentar yang tidak konstruktif, bahkan terkesan tanpa membaca artikel dulu bisa dibilang dia nyepam, yang dia mau cuman link blognya ada di blog kamu.

2. Komentar dengan mengunakan nama keyword

Nama yang dipakai dalam komentar harusnya juga sebuah nama, kalau tidak nama asli ya nickname atau kunyah. Tapi kadang ada komentator yang mengunakan sebuah keyword untuk namanya.

Biasanya sih mereka yang mengikuti kontes SEO yang melakukan malpraktek model begini. Kalau sudah kenal seperti komentar ini dan ada basa – basi sih bisa deh dimaklumi. Kalau baru sekali komentar saja sudah begitu ya babat saja ๐Ÿ˜›

3. Komentar dengan menggunakan deep link pada nama

Masih berkaitan dengan point kedua. Selain menggunakan keyword pada nama dirinya, peserta kontes SEO sering kali juga mengunakan link menuju posting yang dilombakan bukan pada homepage blog mereka.

Memang sih tidak ada aturan tertulis kalau mencantumkan link harus ke homepage. Tapi setelah berdosa dengan melakukan point 2 masih juga melakukan kesalahan ini berarti tidak ada niatan lain selain nyepam. Apalagi kalau point 1 juga dipraktekkan, kelaut aja deh! ๐Ÿ˜›

4. Mengunakan email palsu

Ada seorang komentator blog ini melakukan hal ini. Awalnya saya tidak tahu dan mengijinkan komentarnya muncul tapi begitu melihat emailnya noreply@email.co.id langsung deh saya buang. Jelas itu adalah komentar blog spam.

Respect each other, itu adalah rules tidak tertulis di blogosphere. Kalau yang seperti itu namanya menipu, bukan menghormati!

Kalau cuman rugi perasaan ngapain repot? Saya ngeblog juga sekenanya

Hahaha… Selamat, anda 100% merugi kalau masih ngeblog sekenanya. Kalau menggunakan layanan blog gratis seperti WordPress dan blogspotย sekalipun anda masih rugi bandwidth dan waktu.

Dari yang saya baca di ebooknya Yaro Starak, blog adalah media marketing yang kuat, kita bisa mengusahakan income sampingan dari blog. Bahkan untuk kasusnya Yaro incomenya dari blog terlalu besar jika dianggap sampingan, ribuan $ per bulannya.

Cari duit lewat blog adalah haram! Ada yang berpikiran begitu? Saya dulu juga. Tapi saya percaya, seorang yang menyukai ngeblog satu saat nanti pasti akan berakhir pada muara yang satu ini, monetizing blog – menjadikan blognya menghasilkan,ย entah bagaimana caranya.

Spammer menurunkan Authority blog kamu

Spammer, siapa sih mereka? Kalau dari beberapa kriteria di atas mungkin bisa diraba siapa spammer ini. Kemungkinan blogger baru, dengan domain baru yang masih rendah dalam semua rangkingnya mungkin?

Pagerank, alexa rank dan juga domain authority dari blogger semacam ini cenderung rendah. Terlalu banyak link dari mereka di blog kita menyebabkan blog turun kredibilitasnya di depan mata Google dan mengancam posisi kita di halaman hasil pencariannya.

Hilang di halaman pencarian = hilang dari peredaran, nggak bakalan ada orang yang membuka blog kita. Kalau sudah mulai menggunakan blog untuk bisnis = mengancam pendapatan :danger:

Stop komentar blog spam

Kalau kamu termasuk blogger baru yang sudah membuat komentar blog spam ini, bertobatlah! Masuklah jadi bagian dari komunitas online dengan cara yang baik, humble dan mari jalin silaturahmi.

Buat blogger yang sependapat dengan saya, isi komen dan bagi ย unek – uneknya ya, mari kita bina persahabatan, hehehe :mrgreen:

– End

18 pemikiran pada “Komentar Blog Spam, 4 Macamnya yang Layak Untuk Dibabat Habis

  1. #MJJ mas?
    Mak jleb jleb hahaha. Pake akismet beres ๐Ÿ˜€
    Walau kadang bukan komentar spam juga kena tong sampahnya Akismet ๐Ÿ˜€

    Kalau blog kita soal “HATI” (kita nyamar jadi cewek pemilik blog), rame komentar tp bukan spam, jadi tempat curhat tuh kolom komentarnya hahahaha ๐Ÿ˜€

    • Ya mas, ga tau tadi mengalir saja dan saya rasa enak nulis sampai 700 kata, udah terlalu panas habis nulis pake bahasa Inggris di blog sebelah kali ya? Hehehe…

      Wah kalau itu bukan komentatornya yang menipu, tapi yang punya blog, hahaha…. marketing yang keren ๐Ÿ˜€

  2. iya emang ngeselin ya kl komen mengandung spam, makanya di kotak komen ane tulis demikian. kl soal cari duit di blog, menggiyurkan, hahahahhaa …

    • Hehehe… Iya tuh sob, kalo punya audiens banyak seperti kamu bisa dibuat nawarin produk ya, ๐Ÿ˜€
      Betul banget soal komen itu, tapi kalau yang namanya orang jahat niat dikasih tulisan tetep aja nglanggar ๐Ÿ˜€

    • Yak, blog itu seperti rumah khan bagi blogger, kalau sudah berkunjung ke rumah orang, dan ditanya nama, email dan alamat asli bohong namanya bukan tamu yang baik, tul gak? :mrgreen:

  3. Menarik sekali. 3 hari yang lalu saya juga menuliskan hal yang sama, mungkin lantaran sudah jengkel seperti sobat ya? ๐Ÿ™‚
    Akhir-akhir ini saya cukup dibuat pusing dengan menghapus komentar-komentar spam (sebelum memberlakukan moderasi). Sejauh ini sampai 2000an lebih! Saya dulu membebaskan komentar tanpa moderasi, dan hanya mengandalkan captcha. Jadi robot spammer tidak bisa menembus. Tapi ternyata, spammer manual kini lebih banyak. Setiap hari menggunung dan didominasi (maaf buat yang “tersenggol” jangan “tersinggung” ya) oleh anchor text-anchor text kontes SEO. Berjajar-jajar panjang dan mayoritas memiliki keyword sama persis. Benar-benar mirip polusi, polusi mata.

    Saya sepakat dengan istilah sillaturahim dan memang itulah sebenarnya fungsi komentar; berdiskusi, merespon, membicarakan, bertukar pikiran, mengkritik, dan seterusnya. Sayangnya sekarang fitur “social media paling awal” ini banyak tercederai lantaran demi “menyembah” Google.
    Saya sekarang juga cenderung strict dengan komentar, bukan berarti menyensor, tapi benar-benar mengidentifikasi mana yang beneran dan mana yang tidak. Saya dukung pemikiran sobat, karena menurut saya ini penting untuk membangun kultur. Ada yang bilang blogger itu ga hanya menulis lewat tulisannya sendiri, tapi juga pada komentar. Sehingga pertanggungjawabannya sama.

    Salam,
    Azmi

    • Sebelumnya thanks sudah berkunjung pak Azmi, sudah menulis komentar yang begitu panjangnya pula, hehehe….

      Yuk mari kita kembalikan komentar blog kepada fungsinya yang tepat, dan jadikan blog sebagai alat untuk membangun pertemanan dan pertemanan yang saling membantu sesama ๐Ÿ˜€

      • Hahaha, saya suka yang panjang-panjang. Benar, saya sepakat. Mari berkomentar sebagai blogger, penulis. Oh ya, BTW nih bro, seperti biasa, post kita ini kan nangkring berurutan di Google. Tapi sudah 2 hari ini ada “teman” yang ikutan nangkring.. Sayangnya, isinya persis…sis… sama kaya artikelmu:
        di sini, (kalo jadi link otomatis, diedit aja):
        bloggergresikcommunity-blogspot-com/2013/02/komentar-blog-spam-layak-untuk-dibabat.html

        ckkk…..ckkkk…….

        • Wow, saya malah belum ngecek pak, keywordnya apa yang dibuat nyari pak? Sesuai url posting ini ya?

          Wow lagi ternyata posting saya ada yang copas lagi, wkwkwk… Yang ini sudah pengalaman kelihatannya, karena traffic yang dia miliki ternyata sedikit lebih banyak dari blog ini ๐Ÿ˜ก

          Gimana pendapat jenengan tentang yang begini pak?

  4. Posting ini sendiri lebih saya titik beratkan pada keyword “komentar blog spam” pak, tadi udah nyoba nyari2 juga, saya tepat no.1 Kalau untuk keyword di atas saya keempat, jenengan 6, dia malah ga ada pak, wkwkwk…

    Ada cara buat lapor Google atau polisi blogosphere gak ya? Hahaha…

  5. Hahahaha… Kok bisa ya mas saya melewatkan halaman yang satu ini padahal nama saya sdh diseret-seret di postingan ini. Tentang komentar spammer kayaknya mesti narik nafas dalam2 dulu mas untuk mencoba mengeluarkan pengalaman saya dengan salah satu model manusia dunia maya seperti ini. ๐Ÿ˜€ Saking dalamnya tarikan nafasku sampai2 saya nda bisa berkata-kata mas… ๐Ÿ˜€ Pokoknya saya paling anti dengan komentar2 yg kesannya cuman numpang nyimpan dan promosi link postingannya di blog.

    • Hahaha… Ya kemarin buat contoh yang tepat ya blogger – blogger yang saya sebut itu yang cocok mas termasuk Anda ๐Ÿ™‚

      Memang spam ini bikin emosi dan perlu diperketat penjagaannya ๐Ÿ˜ก

Komentar ditutup.