Cara Setting Langganan Artikel Blog Berbasis WordPress

Langganan artikel blog adalah cara yang paling lama ada untuk selalu diperingatkan saat ada konten baru pada blog sebelum adanya Facebook dan Twitter. Cara lain yang juga lumayan jadul adalah dengan melalui RSS.

Keuntungan bagi para blogger adalah adanya janji akan user yang selalu mendengar, jadi semakin semangat buat ngeblog. Sedang bagi orang yang berlangganan adalah jaminan untuk selalu update isi blog langsung pada inbox email.

Bagaimana cara membuka pendaftaran langganan artikel blog tersebut, bagaimana proses pendaftaran usernya? Lalu apa konsekuensi pendaftaran user yang perlu diwaspadai untuk menjaga keamanan blog kita? Baiklah, mari kita simak bersama πŸ™‚

Pendaftaran langganan artikel blog via setting WordPress

1. Mengatur setting umum blog

Cara ini adalah cara paling gampang, karena semua blog yang mengunakan engine WordPress pasti dibekali dengan menu ini. Untuk mengaksesnya tingal buka link setting, milik saya adalahΒ http://abouttiyo.web.id/wp-admin/options-general.php. Lalu centang bagian “Setiap orang dapat mendaftar” dan atur peran mereka pada dropdown di bawahnya.

2. Manampilkan tautan pendaftaran langganan artikel blog

Memasang widget META adalah cara paling mudah untuk menunjukkan blog anda menerima pendaftaran pelanggan artikel. Saya juga mengkombinasikan dengan fitur yang dibawa plugin CommentLuv, sehingga jika user ingin mendaftar bisa mengklik tanda nomor 1 lalu nomor 2 seperti gambar berikut (nomor 3 penjelasan nanti):

Berlanganan blog via commenluv dan email

Setelah anda klik, user akan dibawa menuju halaman pendaftaran seperti berikut:Pendaftaran blog WordPressSetelah user mengisi username dan alamat email, maka user akan dikirimi email yang berisi username dan password yang telah dibuat oleh system blog. User langsung bisa login ke blog, dan otomatis juga langsung menjadi pelanggan blog kita, sesuai dengan setting yang sudah kita pilih sebelumnya.

Sebagai pemilik blog, kita bisa mengatur para user pada menu user. Di sana kita bisa menjadikan mereka editor atau kontributor nantinya jika mereka punya hubungan yang baik dengan kita. Akses ke pengaturan ini bisa dilihat di http://abouttiyo.web.id/wp-admin/users.php.

WordPress user management

Yang perlu diwaspadai dengan metode langanan artikel blog yang ini adalah pada user baru yang masuk. Seperti yang ada pada gambar di atas, semua alamat email yang masuk berakhiran .pl (Polandia), maka saya bisa berasumsi mereka adalah hacker yang menduga bisa masuk dengan full akses lewat pendaftaran tersebut. Lalu mengobrak -abrik blog ini dari dalam nantinya.

Kemungkinan kedua mereka sama sekali bukan orang, tapi bot spammer atau bot yang lainnya, yang jelas tujuannya tidak bagus. Kita perlu membuang user ini sebelum hal yang buruk terjadi. Karena setahu saya mereka punya akses ke halaman JetPack. Bisa saja mereka memulai serangan mereka dari sini.

Pendaftaran langganan artikel blog via Jetpack

Jetpack adalah sebuah plugin yang berisikan koleksi plugin yang dibawa oleh blog – blog pengguna WordPress.com. Salah satu fitur yang disebut langganan bisa kita gunakan untuk meningkatkan jumlah orang yang langganan artikel blog.

Langganan artikel Blog via JetPack Setelah pilihan ini dinyalakan, proses daftarnya adalah tinggal memberi centang seperti poin ketiga pada gambar pertama posting ini. Cara ini adalah cara yang lebih mudah, karena user tinggal klik tombol verifikasi di email yang dimasukkan pada kolom sebelum komentar seperti gambar berikut:

Langganan Artikel Blog dengan email

Berbeda dengan pilihan sebelumnya dengan cara ini user juga memiliki full kontrol pada status langganan mereka dengan mengkilk Subscription Option di bagian bawah. Bahkan bisa juga mengatur kapan pemberitahuan email datang, juga format email yang dikirim nantinya.

Kesimpulan

Cara kedua adalah cara yang paling mudah untuk dilakukan. Namun perlu diingat juga kalau dengan mengunakan cara ini user cenderung tidak memberikan perhatian pada centang paling bawah, walau bisa diakali dengan mengunakan widget sekalipun. Kecuali mereka benar – benar tahu dan niat berlanganan artikel blog kita.

Di sisi lain cara pertama digabung dengan CommentLuv lebih menarik, karena manawarkan user pilihan untuk menentukan update blog mereka yang mana yang ingin ditempel di akhir komentar. Tapi konsekuensi keamanan blog itu juga perlu diperhatikan.

Cara mana yang anda pakai untuk memungkinkan user untuk langganan artikel blog anda semua terserah anda. Ada beberapa cara lain seperti dengan Twitter, Facebook atau juga RSS. Namun peringatan dalam inbox email akan lebih bagus hasilnya.

Berbeda dengan update TL twitter atau Facebook yang lebih banyak diabaikan teman Facebook dan follower kita saking derasnya update teman lainnya.

10 pemikiran pada “Cara Setting Langganan Artikel Blog Berbasis WordPress”

  1. Suka sekali saya dengan tutorial yang detail ini. Makasih banyak ya, Mas. Wah…, jadi semakin kaya neh wawasan dalam ngeBlog yang asyik, terutama yang berbasis WordPress. Makasih banyak ya, Mas.

    • Sama – sama pak, pengalaman yang sama juga saya dapatkan kalau mengunjungi blog jenengan. Meski isinya tentang keihklasan yang sangat fundamental dalam beragama, namun penyampaiannya ringan dan mudah dipahami πŸ™‚

  2. kalo saya menggunakan cara yang kedua mas… pake layanan dari jetpack… soale bisa sedikit ngirit database ehehe… kalo banyak yang daftar kan bisa jebol db ane :))

    • Saya juga terpaksa mematikan pilihan pertama beberapa jam yang lalu, karena dari sekian banyak user yang mendaftar, semua nampaknya bukan orang. Tidak ada yang pernah komentar di sini. Semua domain di email juga .pl kecuali 1 yang terakhir.

      Kalau soal database, biar ga takut membengkak bisa deh sesekali sambang ke cpanel dan menengok database secara manual, semua user terdaftar ada di db_user khan, tinggal bantai yang sudah dihapus tadi πŸ˜€

      Thanks sebelumnya mas, sudah berkunjung dan berkomentar di blog sederhana saya ini πŸ™‚

Tinggalkan komentar