3 Macam Optimasi Blog Untuk Meningkatkan Pendapatan AdSense

Kalau kamu mengaku seorang blogger yang berusaha mendapat penghasilan dari AdSense, pastinya sering melakukan hal yang disebut dengan optimasi blog. Tujuan optimasi blog ini tentunya guna meningkatkan traffic blog, yang nantinya akan berujung pada peningkatan pendapatan juga, karena traffic yang meningkat berarti lebih banyak orang yang akan mengeklik iklan yang dipasang.

Kalau kemarin saya sudah fokus tentang optimasi SEO untuk meningkatkan pengunjung blog, kali ini saya akan memberikan pembahasan yang sedikit lebih luas, menyeluruh, namun tidak terlalu mendetail. Optimasi blog untuk meningkatkan pendapatan AdSense ini terbagi dalam 3 bagian, dua bagian termasuk dalam aktifitas SEO, satu lagi lebih pada memaksimalkan CTR iklan di blog.

3 Β Langkah Optimasi Blog untuk Meningkatkan Pendapatan Β AdSense

1. Optimasi keyword (onpage) – Optimasi ini perlu diletakkan dari awal karena menulis konten yang berkualitas tanpa mengetahui bagaimana system kerja mesin pencari (Google) dalam menilai sebuah halaman layak muncul untuk sebuah kata kunci atau tidak bisa berakibat konten kita tidak ditemukan orang.

Cara menempatkan kata kunci target antara lain harus ada di judul posting, judul halaman, heading, description, alt tag gambar. Saya sudah membahasnya beberapa kali tentang hal ini. Link ke posting – posting ini ada dalam posting yang saya lampirkan di atas.

Dalam posting untuk meningkatkan jumlah pengunjung blog itu, saya juga memberikan tips untuk menggunakan kata kunci yang banyak dicari orang. Jika kamu tidak menggunakan AdSense, kata kunci apa saja masih bisa diusahakan bisa menghasilkan. Tapi jika kamu ingin fokus mencari duit online dengan AdSense, maka kamu lebih baik menggunakan kata kunci yang lebih banyak digunakan masyarakat awam.

Misalnya kata kunci “Cara install WordPress”Β versus ‘cara membuat facebook‘ anggap saja keduanya memiliki volume pencarian yang sama. Kalau mau digarap untuk blog AdSense kata kunci kedua lebih saya sarankan, karena orang yang baru mau membuat facebook lebih awam dari orang yang mau menginstall WordPress dalam hal internet, jadi peluang mereka bakal klik banner kamu bakal lebih besar.

2. Optimasi link (offpage) – Optimasi blog untuk meningkatkan pendapatan AdSense selanjutnya adalah dengan offpage SEO, saya sedang belajar juga tentang ini. Prinsipnya adalah untuk mencari link dengan anchor text sesuai dengan target keyword kita tadi dari website dengan kredibilitas yang lebih tinggi kepada posting berkualitas yang kita buat.

Semakin banyak link yang kita dapat efeknya akan semakin baik bagi artikel kita untuk bisa berada di posisi teratas Google. Saat ini saya mengikuti kontes tentang ASUS Notebook Terbaik dan Favoritku untuk lebih memahami bagaimana melakukan optimasi ini.

3. Optimasi Banner – Untuk meningkatkan CTR (Click Trough Rate) kita harus menjadikan iklan yang tampil serelevan mungkin dengan posting yang muncul di blog. Di blog AboutTiyo.web.ID ini saya melakukan banyak sekali customisasi dan pembatasan tampilan iklan untuk optimasi blog guna meningkatkan pendapatan dari AdSense ini.

Mengapa saya melakukan pembatasan – pembatasan ini?

  • Materi blog ini beragam, pembacanya juga beragam, ada blogger ada juga orang yang relatif lebih awam.
  • Saya juga ikut affiliasi dari berbagai produk, mulai masterweb, Lazada, Serp Attack dan masih banyak lagi.
  • Ada posting Cerita ABG yang memiliki view banyak, tapi iklan AdSense tidak mau keluar di sana, sayang khan trafficnya.

Tool yang saya pakai untuk melakukan hal ini adalah dengan Widget visibility dan Ad Injection.

  • Untuk kebanyakan kategori saya munculkan iklan AdSense, sedang artikel dalam kategori blogging dan SEO saya beri banner affiliasi yang berkaitan dengan blogger.
  • Untuk posting Cerita itu saya juga masih menampilkan satu spot iklan AdSense dibawah judul, saya menduga iklan kadang juga muncul cuma tidak pernah saya lihat saja. Karena saat saya putuskan untuk menghilangkannya secara keseluruhan maka tampilan iklannya langsung drop. Saya susul dengan iklan produk lainnya dibawahnya dan di banner sidebarnya saya munculkan banner dari Lazada.

Optimasi Blog Bisa Jadi Menyenangakan πŸ™‚

Mungkin optimasi blog ini terlihat complicated dan melelahkan, namun kalau kamu bisa melakukan optimasi blog pada ketiga aspek ini, saya berjanji akan ada peningkatan pendapatan kamu dari AdSense.Β AdSense memerlukan traffic yang banyak, itu bisa diupayakan dengan langkah satu, optimasi keyword yang tepat.

Blog saya WPKamt.com itu selalu saya optimalkan keyword postingnya, sekarang sudah tetap jumlah pengunjungnya antara 200-300 tiap hari. Padahal jumlah postingnya belum ada 25 buah. Jeleknya adalah audiens blog itu tahu benar, mana banner iklan dan mana yang bukan, jadi sebulan bisa memiliki ribuan view, tapi klik iklannya bisa dihitung dengan jari.

Langkah kedua perlu dilakukan, wajib bahkan untuk keyword dengan persaingan ketat, namun ingat, buatlah konten yang berkualitas dan jangan nyepam sembarangan!

Sedang langkah ketiga, kalau kamu dari awal fokus buat blog untuk mencari uang dari AdSense saya rasa tidak perlu juga.

Hasil Optimasi Blog saya?

Ini dia screenshot hasil optimasi blog ini terhadap perkembangan AdSense saya.

Optimasi Blog Untuk Meningkatkan Pendapatan AdSense

Alhamdulillah, sejak awal tahun ini pendapatan AdSense saya mulai meningkat terus, karena traffic yang uga relatif meningkat. Setelah menunggu sejak November 2011, kayaknya bulan ini bisa menerima cek dari Google nih :mrgreen:

Saya yang tadinya pesimis dengan yang namanya PPC, sekarang jadi optimis kalau semua cara menghasilkan uang dari Internet itu mungkin, asalkan kita tahu caranya, dan tekun belajar dan mengamati perkembangan.

Bagaimana pengalaman kamu? Share di komentar ya πŸ™‚

32 Comments

  1. Adheens 11 April 2014
    • Tiyo Kamtiyono 12 April 2014
  2. Nandarious 12 April 2014
    • Tiyo Kamtiyono 12 April 2014
      • Nandarious 12 April 2014
        • Tiyo Kamtiyono 12 April 2014
        • Nandarious 12 April 2014
        • Tiyo Kamtiyono 12 April 2014
        • Nandarious 13 April 2014
  3. Hanif Mahaldi 12 April 2014
    • Tiyo Kamtiyono 12 April 2014
  4. rezkypratama 12 April 2014
    • Tiyo Kamtiyono 12 April 2014
      • Nandarious 12 April 2014
  5. jeane 12 April 2014
    • Tiyo Kamtiyono 12 April 2014
  6. hengki kristianto 14 April 2014
    • Tiyo Kamtiyono 14 April 2014
  7. Linda 15 April 2014
    • Tiyo Kamtiyono 15 April 2014
  8. Dwi Sugiarto 16 April 2014
    • Tiyo Kamtiyono 18 April 2014
  9. Dzaky Farras N 16 April 2014
    • Tiyo Kamtiyono 18 April 2014
  10. Fikri EL Frana 17 April 2014
    • Tiyo Kamtiyono 18 April 2014
  11. Fadhly 18 April 2014
  12. Zippy 18 April 2014
    • Tiyo Kamtiyono 19 April 2014
  13. Hanafi 13 Mei 2014