3 Macam Optimasi Blog Untuk Meningkatkan Pendapatan AdSense

Kalau kamu mengaku seorang blogger yang berusaha mendapat penghasilan dari AdSense, pastinya sering melakukan hal yang disebut dengan optimasi blog. Tujuan optimasi blog ini tentunya guna meningkatkan traffic blog, yang nantinya akan berujung pada peningkatan pendapatan juga, karena traffic yang meningkat berarti lebih banyak orang yang akan mengeklik iklan yang dipasang.

Kalau kemarin saya sudah fokus tentang optimasi SEO untuk meningkatkan pengunjung blog, kali ini saya akan memberikan pembahasan yang sedikit lebih luas, menyeluruh, namun tidak terlalu mendetail. Optimasi blog untuk meningkatkan pendapatan AdSense ini terbagi dalam 3 bagian, dua bagian termasuk dalam aktifitas SEO, satu lagi lebih pada memaksimalkan CTR iklan di blog.

3  Langkah Optimasi Blog untuk Meningkatkan Pendapatan  AdSense

1. Optimasi keyword (onpage) – Optimasi ini perlu diletakkan dari awal karena menulis konten yang berkualitas tanpa mengetahui bagaimana system kerja mesin pencari (Google) dalam menilai sebuah halaman layak muncul untuk sebuah kata kunci atau tidak bisa berakibat konten kita tidak ditemukan orang.

Cara menempatkan kata kunci target antara lain harus ada di judul posting, judul halaman, heading, description, alt tag gambar. Saya sudah membahasnya beberapa kali tentang hal ini. Link ke posting – posting ini ada dalam posting yang saya lampirkan di atas.

Dalam posting untuk meningkatkan jumlah pengunjung blog itu, saya juga memberikan tips untuk menggunakan kata kunci yang banyak dicari orang. Jika kamu tidak menggunakan AdSense, kata kunci apa saja masih bisa diusahakan bisa menghasilkan. Tapi jika kamu ingin fokus mencari duit online dengan AdSense, maka kamu lebih baik menggunakan kata kunci yang lebih banyak digunakan masyarakat awam.

Misalnya kata kunci “Cara install WordPress” versus ‘cara membuat facebook‘ anggap saja keduanya memiliki volume pencarian yang sama. Kalau mau digarap untuk blog AdSense kata kunci kedua lebih saya sarankan, karena orang yang baru mau membuat facebook lebih awam dari orang yang mau menginstall WordPress dalam hal internet, jadi peluang mereka bakal klik banner kamu bakal lebih besar.

2. Optimasi link (offpage) – Optimasi blog untuk meningkatkan pendapatan AdSense selanjutnya adalah dengan offpage SEO, saya sedang belajar juga tentang ini. Prinsipnya adalah untuk mencari link dengan anchor text sesuai dengan target keyword kita tadi dari website dengan kredibilitas yang lebih tinggi kepada posting berkualitas yang kita buat.

Semakin banyak link yang kita dapat efeknya akan semakin baik bagi artikel kita untuk bisa berada di posisi teratas Google. Saat ini saya mengikuti kontes tentang ASUS Notebook Terbaik dan Favoritku untuk lebih memahami bagaimana melakukan optimasi ini.

3. Optimasi Banner - Untuk meningkatkan CTR (Click Trough Rate) kita harus menjadikan iklan yang tampil serelevan mungkin dengan posting yang muncul di blog. Di blog AboutTiyo.web.ID ini saya melakukan banyak sekali customisasi dan pembatasan tampilan iklan untuk optimasi blog guna meningkatkan pendapatan dari AdSense ini.

Mengapa saya melakukan pembatasan – pembatasan ini?

  • Materi blog ini beragam, pembacanya juga beragam, ada blogger ada juga orang yang relatif lebih awam.
  • Saya juga ikut affiliasi dari berbagai produk, mulai masterweb, Lazada, Serp Attack dan masih banyak lagi.
  • Ada posting Cerita ABG yang memiliki view banyak, tapi iklan AdSense tidak mau keluar di sana, sayang khan trafficnya.

Tool yang saya pakai untuk melakukan hal ini adalah dengan Widget visibility dan Ad Injection.

  • Untuk kebanyakan kategori saya munculkan iklan AdSense, sedang artikel dalam kategori blogging dan SEO saya beri banner affiliasi yang berkaitan dengan blogger.
  • Untuk posting Cerita itu saya juga masih menampilkan satu spot iklan AdSense dibawah judul, saya menduga iklan kadang juga muncul cuma tidak pernah saya lihat saja. Karena saat saya putuskan untuk menghilangkannya secara keseluruhan maka tampilan iklannya langsung drop. Saya susul dengan iklan produk lainnya dibawahnya dan di banner sidebarnya saya munculkan banner dari Lazada.

Optimasi Blog Bisa Jadi Menyenangakan :)

Mungkin optimasi blog ini terlihat complicated dan melelahkan, namun kalau kamu bisa melakukan optimasi blog pada ketiga aspek ini, saya berjanji akan ada peningkatan pendapatan kamu dari AdSense. AdSense memerlukan traffic yang banyak, itu bisa diupayakan dengan langkah satu, optimasi keyword yang tepat.

Blog saya WPKamt.com itu selalu saya optimalkan keyword postingnya, sekarang sudah tetap jumlah pengunjungnya antara 200-300 tiap hari. Padahal jumlah postingnya belum ada 25 buah. Jeleknya adalah audiens blog itu tahu benar, mana banner iklan dan mana yang bukan, jadi sebulan bisa memiliki ribuan view, tapi klik iklannya bisa dihitung dengan jari.

Langkah kedua perlu dilakukan, wajib bahkan untuk keyword dengan persaingan ketat, namun ingat, buatlah konten yang berkualitas dan jangan nyepam sembarangan!

Sedang langkah ketiga, kalau kamu dari awal fokus buat blog untuk mencari uang dari AdSense saya rasa tidak perlu juga.

Hasil Optimasi Blog saya?

Ini dia screenshot hasil optimasi blog ini terhadap perkembangan AdSense saya.

Optimasi Blog Untuk Meningkatkan Pendapatan AdSense

Alhamdulillah, sejak awal tahun ini pendapatan AdSense saya mulai meningkat terus, karena traffic yang uga relatif meningkat. Setelah menunggu sejak November 2011, kayaknya bulan ini bisa menerima cek dari Google nih :mrgreen:

Saya yang tadinya pesimis dengan yang namanya PPC, sekarang jadi optimis kalau semua cara menghasilkan uang dari Internet itu mungkin, asalkan kita tahu caranya, dan tekun belajar dan mengamati perkembangan.

Bagaimana pengalaman kamu? Share di komentar ya :)

VMSTUD Plat HD 11 Sony Creative Software Inc.

Comments

  1. says

    Rasanya pengen banget daftar adsense tapi belum cukup umur :D masih belum siap juga ga ada rekening. Tapi tipsnya disempen dulu biar nanti kalo udah pasang bisa mengikuti tips dari mas :D hehe

    • says

      AdSense khan ga perlu rekening bank, duitnya dikirim via cek atau Western Union kok. Ah, itu apes banget sering down blognya ya, mending make yang saya pake saja. :D

        • says

          Saya banyak makai yang USA, ga usah banyak tanya, yang penting action. Itu sekarang down juga karena kebanyakan ditinggal nanya2 mungkin, jarang diisi tulisan, hehehe… *kidding*

        • says

          Semua jasa, kalau nyarinya “nama_jasa buruk” dan yang sejenisnya, pasti ada saja orang yang merasa tidak puas. Nggak ada produk yang sempurna, tapi penyedia jasa web hosting terbesar di Indonesia masak perlu diragukan :D

  2. says

    saya juga pernah buat blog, tentang lowongan kerja, optimis bisa naik penghasilan dari cuma $10 jadi $80an dollar, eh, pas mau kena $100 kok ya blognya kena badai. Hehe, pengunjung ngedrop, dan pendapatan tak naik2 lagi sampai menembus angka seharusnya. Sekarang dianggurin deh, menanti ide yang lebih baik.

    • says

      Sudah nyampai segitu mas, masak langsung dianggurin. Cari tahu kira – kira apa penyebabnya, mungkin posisi di SERP yang turun, kurang promosi atau apa. Semangat dong mas, kita ga bakalan tahu kalau kesuksesan udah deket banget dari rintangan yang kita hadapi sekarang :)

  3. says

    Adsense saya malah kebaned tanpa tahu salab saya apa…. sekarang saya coba keafiliasi, oh ya gan, untuk point pertama dari artikel diatas saya saya agak bingung juga bagaimana algoritma google bekerja? Karena salah satu blog saya yang saya optimasi keywordnya malah gak ada dihasil dipencarian, tapi malah kata kunci yang tidak saya bidik sering masuk ke blog saya. Salam kenal

    • says

      Walau AdSense meningkat, saya juga masih lebih senang Affiliasi sebenarnya. Lebih simple ngurusnya :)
      Coba deh di cek dulu posting saya yang saya lampirkan pertama itu tadi, yang itu lebih ‘praktical’. Kalau sudah sesuai harusnya bisa sesuai target, tapi kalau di blogspot mungkin agak sedikit perlu kerja keras, soalnya tidak ada plugin Yoast yang membantu memudahkan.
      Salam kenal balik.

  4. says

    Wah, saya kira benar apa yang dikatakan di atas bahwa ketekunan dan pengamatan sangatlah penting,
    Informasi yang sangat bermafaat gan, saya coba ah ngikuti jejak Anda.
    Terimakasih sudah share, jangan lupa makan – makannya Gan :p

  5. says

    Kalau saya sih masih mengoptimalkan PPC Lokal dulu sambil terus belajar SEO dan belajar memahami karakteristik pengunjung sehingga suatu saat nanti saya bisa sedikit kerja tapi banyak traffik.Kalau sudah tercapai baru saya mencoba GA.Saya pikir tidak cukup hanya mempunyai akun GA yang lebih penting lagi traffik karena butuh traffik yang tinggi supaya bisa cepat Pay Out.Ngaak lucu kan punya akun GA tapi nggak pernah merasakan bayaran atau sampai tahunan.

    • says

      Ih, saya kesindir, udah tahunan baru mau PO. Memang benar, PPC cenderung butuh traffic tinggi, beda dengan affiliasi yang penting bisa memberi informasi berguna dan membangun trust, maka ada peluang terjadinya sales :)

  6. says

    Pas nih, kebetulan gan ane tadi bau aja daftar di Google Adsense, tapi ya itu, belum tau diterima atau gaknya.

    Ane sering lupa sama yang namanya optimasi keyword, soalnya ane terlalu fokus sama yang namanya pembuatan konten yang menurut ane enak dibaca, untuk masalah keyword jadi agak terlupakan.

    Mesti diperbaiki nih setelah diterima nanti.

    • says

      Tantangan buat kita seorang penulis memang selalu menyajikan konten yang enak dibaca dan berguna bagi pembaca, tapi kalau mengingat pengguna internet selalu menggunakan mesin pencari untuk memperoleh apa yang mereka cari, optimasi keyword juga perlu kita lakukan.

      Makasih komentarnya mas Dzaky, moga AdSensenya diterima :)

  7. says

    Kalo saya sampai sekarang masih belum ikutan Adsense mas.
    Lebih suka sama Pay Per Post, ngumpulin duitnya lehih cepet dan buanyaak :lol:

Tinggalkan Balasan

Alamat surel Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Anda dapat menggunakan tag dan atribut HTML: <a href="" title=""> <abbr title=""> <acronym title=""> <b> <blockquote cite=""> <cite> <code> <del datetime=""> <em> <i> <q cite=""> <strike> <strong>