Hosting Terbaik Indonesia

Review Dewaweb, Pengalaman Migrasi Blog 6 Tahun

Review Dewaweb kali ini saya buat sekaligus sebagai penanda blog AboutTiyo.web.ID ini sekarang telah menggunakan jasa hosting Dewaweb. Entah kenapa saya merasa loading blog ini terlalu berat di hosting yang lama, bahkan saat plugin yang ada saya non aktifkan semua rasanya tak jauh beda.

Saya sempat berpikir itu karena koneksi saya, tapi ternyata baik menggunakan Telkom Speedy atau koneksi dari Telkomsel tetap saja lambat, halamannya tak berhenti loading. Bahkan saat saya mencoba membuka dengan menggunakan proxy.

Tantangan Memindahkan AboutTiyo.web.ID

Memindahkan sebuah blog ke hosting lainnya merupakan sebuah tantangan sendiri, apalagi kalau konten dari blog sudah terlanjur banyak. Seperti blog ini yang sudah berisikan 262 artikel, tentunya semuanya juga berjumlah banyak. Mulai dari gambar – gambarnya, tag dan juga kategory.

Berbagai skenario perpindahan saya coba perhitungkan, mulai dari mengimport dan eksport menggunakan WordPress importer, atau mungkin menggunakan dump database dan upload aset blog secara manual.

Tapi saya baru mencoba menggunakan teknik pertama rasanya sudah tidak kuat karena koneksi dari server lama yang kurang mendukung. Kalau menggunakan teknik kedua, saya juga selalu mengalami kendala karena gagal upload file aset yang hampir 300MB ke Dewaweb, karena pasti semua hosting punya batasan maksimal konten yang bisa diupload khan?

Kontak Technical Support

Ini adalah hal yang jarang saya lakukan, karena saya cenderung lebih suka menikmati setiap proses. Tapi karena saya merasa tidak sabar mencoba sendiri dan mungkin saya sudah agak kelamaan tidak memindahkan blog, saya putuskan untuk mengontak Technical Support dewaweb saja.

Kemarin, sekitar jam setengah 4 pagi saya chat Ninja Support Dewaweb. Setelah saya menyampaikan maksud saya, diminta saja untuk membuat ticket baru. Maka tinggal saya sampaikan saja user dan password di hosting yang lama dan hasil yang nanti saya inginkan seperti apa.

View Ticket - Review Dewaweb

Selama proses berjalan semua relatif lancar, ada kendala sedikit tentang password cpanel yang tidak berjalan karena saya salah memberikan URL login ke CPanelnya ternyata. Setelah saya koreksi akhirnya semuanya berjalan sesuai dengan yang diharapkan. Blog ini sebelum jam 11 siang sudah terduplikat di Dewaweb.

Review Dewaweb - Ticket

Tinggal satu hal yang perlu dilakukan, yaitu pengaturan Name Server. Karena walau sudah saya setting sebagai addon domain dari wpkamt.com tapi kalau di registrar masih tercatat menggunakan server lama maka yang akan diakses orang adalah server yang lama.

Dan setelah mencari – cari di panel akun hosting lama saya ternyata tidak ada menu untuk mengubahnya. Saya baru sadar ternyata untuk semua domain .id memang tak semudah domain .com/.net yang ada seting name server.

Maka saya kontak masterweb untuk mengubah nameservernya di pandi.or.id karena yang berwenang adalah pandi. Beruntung dewaweb juga relatif kooperatif, sore saya sudah dapat email kalau perubahan name server sudah berhasil, tinggal nunggu DNS resolve saja.

Review Dewaweb

Sudah hampir 6 tahun di hosting yang lama, akhirnya saya putuskan untuk memindah AboutTito.web.ID ke Dewaweb. Kecepaatan respon adalah hal yang sangat riskan bagi sebuah penyedia hosting, tanpa keraguan lagi Dewaweb adalah jawaban masalah saya.

Kapasitas hosting yang saya pakai sekarang juga sudah lebih dari cukup menurut perkiraan, karena saya menggunakan hosting paket Guardian dari Dewaweb.

Dengan spesifikasi space 5GB, 1 CPU Core, RAM 256MB, LiteSpeed Enterprise, Time Machine Backup, Softaculous, Selectable all PHP versions and modules, MySQL, PostgreSQL, Ruby on Rails, GIT, SSH, SpamExperts dan masih banyak lagi, rasanya akan lebih efisien kalau saya pakai untuk 2 blog sekaligus.

Bagi teman – teman yang membutuhkan informasi hosting tahun 2016 ini, semoga artikel saya tentang review Dewaweb ini bisa membatu memberikan sekelumit bantuan. Barang kali nanti mau mencoba (coba saja ya, terimakasih ke saya belakangan aja πŸ˜€ ).

Selamat tahun baru, hosting baru, semangat baru. Salam Sukses!

15 thoughts on “Review Dewaweb, Pengalaman Migrasi Blog 6 Tahun

  1. Hi,
    Β 
    I represent the Publisher Partnerships team at Vertoz (http://www.vertoz.com/)Β and I wanted to drop you a quick line to understand different advertising opportunities on your website. I believe the nature and content of your site presents significant potential to increase your advertising revenues.
    Β 
    I am happy to discuss the options I have in mind in more detail over a call or email. Do let me know how we could take this forward.

    Regards,
    Ajinkya Pawar

  2. Wahhh. Nggak coba hoating luar mas? Murah lho dng fitur lebih lengkap. Ini yg njenengan pakai harga 1 jeti kah? Wahhh

    • Kemarin sudah nyoba di InMotion Hosting mas, awalnya diskon memang murah, tapi buat perpanjangan agak mahal plus blog luar saya agak vakum jadi saya pindahkan ke Dewaweb juga. Iya mas, 1 juta lebih setahunnya, makannya biar tidak rugi saya tanem 2 blog sekaligus di hosting yang ini.

      • Pakai hosting luar tidak harus untuk blog inggris kok. Di akses dari Indonesia juga tetap cepat. Sekedar masukan nih mas, eman-eman kalau harga segitu pertahun hehehe, setiap bulan november ikuti saja black friday atau di desember boxing day. Penyedia layanan hosting ngeluarin coupon gila2an. Dan 2 tahun lalu saya ambil yg recurring (HAWKHOST – space 3 GB unmetered).

        Kenapa nyari yang recurring? karena diskonnya berkelanjutan selamanya. Jadi tidak hanya di tahun pertama saja. Tahun kedua bayarnya sama dng tahun pertama demikian seterusnya. Jadi setahun dng space seperti itu, saya hanya bayar 340rb saja. Dan masih leluasa untuk 3 web πŸ˜€

        Saling berbagi info hehehe

        • Memang tidak harus sih mas, bebas kita mau hosting dimana dan mau diisi apa. Tapi so far ini sudah terasa lebih simple dan hemat menurut saya, daripada menanggung tagihan di tempat yang berbeda dengan banyak akun hosting, walau agak mahal, tapi saya nyaman πŸ˜€

          Next time mungkin dipertimbangkan πŸ˜€

  3. Klo diakses dari luar negeri apa kecepatannya sama ya sama yang di Indonesia? servernya bukan cuma di Indo aja kan? soalnya sya punya blog target utamanya itu dari luar.

  4. Hmhm review Dewa web nya keren banget gan. Hmhm jujur ane kagag paham kenapa agan justru milih hosting sendiri. Apa tidak mahal gan setiap tahun ngeluarin uang 1 jeti lebih?

    • Saya milih hosting sendiri karena saya cinta flexibilitas WordPress di banding Blogspot. Suatu service dinilai mahal atau tidaknya itu bergantung dari kualitas juga supportnya. So far, uang segitu saya rasa well spent, karena saya bisa mendapat return yang lebih. Dan itu hanya salah satu akun hosting saja, saat ini saya memiliki 4 akun hosting di sana, total setahun bisa 2 juta lebih kayaknya.

      Support adalah hal yang paling membedakan antara produk gratis dan berbayar, yah walau ada jasa hosting gratisan, rasanya tidak enak kalau mau nuntut minta A, B dan C. Dikasih aja untung, masih bikin repot, hehehe…

  5. Dewaweb memang top, saya juga mudah dalam migrasi ke hosting yang baru. Juga loadingnya cepet sama pelayanan cs nya bagus. Salam sukses

Comments are closed.