isup.me solusi hosting blog down?

Hosting Blog Down? Inilah 4 Tindakan Menghadapinya

Kalau kamu mengola website dengan CMS yang diinstall di server sendiri, pernah mengalami hosting blog down, tidak bisa diakses. Baik WordPress, Drupal atau Joomla dan berbagai script lainnya yang bisa di install di hosting bisa mengalami hal ini.

Penyebab hosting atau server blog jadi down ini macam – macam, muai dari servernya yang memang kurang bagus (rusak hardware), terlalu banyaknya akses, atau setting kita sendiri yang memberatkan servernya.

4 Tindakan saat hosting blog down

Saya tidak akan mebahas kira – kira apa saja penyebab hosting blog down tadi, kini anggap saja server kita sudah benar – benar down, apa yang akan kita lakukan?

1. Tetap tenang

Saat tiba – tiba tahu blog tidak bisa diakses, seringkali kita jadi panik tidak karuan. Sebenarnya ini wajar dan manusiawi. Tapi sangat tidak akan menguntungkan kita untuk menghadapi masalah ini.

Saat panik justru kita cenderung melakukan tindakan yang kurang terencana yang bisa merugikan kita ke depannya. Misal langsung membuka cPanel dan melakukan perubahan penting di blog tanpa melakukan backup. Walau kondisi blog saat ini trouble, perubahan yang baru kita lakukan bisa saja memperparah keadaan, bisa saja solusi sebenarnya simple, cuma belum kita sadari. Tapi karena tindakan tadi, malah menjadi awal bencananya.

Jangan lupa, backup dulu!

2. Cek apa blog benar – benar down?

Bisa jadi koneksi kita sendiri yang bermasalah, bisa saja blog kita tidak mengalami kendala saat si Mamat mencoba mengaksesnya dari belahan bumi lain. Untuk mengecek apakah hosting blog down atau koneksi kita yang ga beres, bisa menggunakan isup.me. Ini contohnya saat saya mengecek blog ini 🙂

isup.me solusi hosting blog down?

Saya tidak tahu pasti bagaimana kinerja isup.me, tapi mungkin dia hanya ‘ping’ blog kita saja. Tanpa melihat bagaimana tampilannya, asal respon dinyatakan hidup, lalu bagaimana jika down dengan gejala tampilan yang blank? Misalnya.

3. Cek perubahan dan masalah script CMS

Coba diingat kalau ada perubahan themes atau plugins kalau kamu menggunakan WordPress, bisa jadi update themes dan atau plugins ini yang jadi masalahnya. Kalau ada backup, bisa dicoba untuk dikembalikan.

Kalau update plugin terakhir kira – kira masalahnya, bisa dibuang dulu biar otomatis non aktif pluginnya. Untuk amannya kadang perlu membackup semua plugin dalam file .zip di folder plugin, dan hapus script – script plugins di folder itu semuanya. Lalu coba reload. Kadang bisa on lagi.

Belum bisa ya? Coba kembalikan themes ke yang default saja kalau begitu. Caranya bisa hapus themes WordPress yang dipakai sebelumnya, pemaksaan lagi 😛 Kalau plugins sudah mati semua dan themes juga sudah dikembalikan default masih error, mungkin server kamu pernah di hack orang.

Cek saja index.php di public_html dan di dalam folder themes aktif. Kalau terbukti dirubah orang bisa diganti semua file index.php diberbagai folder dengan file aslinya. Lakukan pembersihan dan beberapa tindakan pengamanan WordPress berikut.

Skenario error lainnya yang mungkin adalah pesan ‘error can not establish database connection‘ artinya ada yang salah dengan setting database kamu di wp-config.php coba cocokkan datanya dengan yang ada di cPanel.

4. Hubungi customer service penyedia hosting

Kita berhak juga meminta tolong kepada tim support saat hosting blog down, hubungi mereka dengan support ticket untuk jaminan respon yang lebih cepat. Kalau ada sms dan chat bisa juga kita coba, tapi prioritas kita adalah menggunakan support ticket itu, karena orang yang mengirim support ticket sudah jelas customer mereka, jadi sudah jelas akan diladeni lebih dahulu.

Kalau punya teman yang paham bener tentang WordPress/CMS yang kita pakai, tidak ada salahnya juga diajak menengok server kita untuk memperbaiki, tapi ya lihat – lihat dia sibuk apa tidak, syukur kalau diberi uang es 😛

Antisipasi hosting blog tidak down

Kalau mau hosting blog tidak down, mungkin bisa diusahakan untuk lebih selektif sebelum menentukan jasa hosting yang kita gunakan. Karena hosting memerankan 50% lebih peranan untuk memastikan blog/website kita selalu up tanpa kendala. 50% lainnya bisa datang dari kesalahan kita dalam setup blog.

Kalau ditanya rekomendasi shared hosting yang murah dan berkualitas, saya selalu merujuk ke masterweb, karena blog ini sudah 4 tahun lebih disana, ada kendala satu atau dua, tapi saya rasa wajar saja. Kalau mau mencoba generasi baru hosting yang disebut dengan cloud hosting, di Indonesia juga ada penyedianya cloud hosting indonesia, Dewaweb.

Pernahkah hosting blog kamu down?

Pernahkah kamu mengalami masalah hosting blog down ini? kalau pernah kira – kira pengalaman kamu bagaimana? Bisa dong dishare di komentar juga 🙂

15 thoughts on “Hosting Blog Down? Inilah 4 Tindakan Menghadapinya

  1. Saya baru kemarin ngalamin blog wp down, sempet panik emang tapi setelah ngomong² ama cs web hosting saya ternyata penyebabnya malah ada pada plugin yang saya isntal. Menurut csnya ada sesuatu yang dibawa plugin yang menyebabkan bug pada web saya. Setelah dibantu CS web hosting saya akirnnya blog saya on lagi…

    • Ya memang kebanyakan masalah selain setup dan harware server sering disebabkan oleh script pihak ketiga seperti plugin dan themes, kalau WordPress saja biasanya jarang sekali masalah.

      Dan apa yang mas lakuin dengan datang ke CS itu sudah tepat 🙂 Makasih sudah berbagi.

  2. Kalo saya sih paling pertama minta tolong temen buat bantu cek kan.
    Kalo dianya juga gak bisa akses, nah langsung deh hubungi CS penyedia hosting.
    Beres! 😀

    • Mirip jga, cuman saya minta tolong isup.me 😀
      Kalau saya cenderung memilih lihat – lihat dulu kira – kira masalahnya di CMS apa, soalnya hosting lebih sering membantunya pas masalah ada di server hosting, kalau script jarang dibantu 😀

  3. tidak lama ini, tepatnya tgl 11 April blog saya down selama 4 jam 😀 *udah tahu pasti ceritanya.. saya sih menyikapinya tenang-tenang saja.. pasrah nungguin sampe up lagi. bagaiamana tidak, saya sudah chat dengan CS nya ga dibales-bales.. ya emang mungkin saya kurang selektif dulu memilih hostingnya.. tapi sekarang saya bulatkan untuk memindahkan hostingnya 🙂

    • Kasusnya mirip WPKamt.com yang hostingnya kurang memuaskan, saya putuskan untuk memindahkannya di Dewaweb, sekalian coba -coba merasakan cloud hosting pertama di Indonesia. 🙂

        • Semua jadi lancar, update plugin nggak timeout terus, dan kecepatannya juga sudah makin cepet. Sekarang juga ada diskon 20%, masih promosi soalnya. Saya ambil paket hunter kemarin.

        • wah hunter ya, 260 ribu/tahun :p ngambil server dimana mas?
          iya, saya coba tadi akses wpkamt.com jadi lumayan cepet juga mas 🙂 sukses deh 😀

  4. we… bermanfaat mas, berguna tuh yg isup.me-nya, setidaknya tidak perlu bantuan orang lain ngecekin web kita lagi. Jadi kita cek sendiri kalau down, langsung complain. hehe.

    • Iya mas, makin cepet mastiinnya. Kemarin blog AT ini juga ada trouble sedikit, saya kira karena koneksi dirumah yang sedang mendung, nggak tahunya juga trouble pas minta temen ngecek, lupa kalau ada web yang seperti ini 😀 Jadinya hilang deh ratusan visitor dari sore sampai pagi 😀

  5. Saya tertarik sekali dengan cloud hosting ini Kang Tiyo .. memang sampai saat ini server yang digunakan hosting yang saya pakai, masih baik-baik saja Kang .. maklum.. visitor juga masih sangat mini .. 😀 Namun, ketika melihat cloud hosting ini, saya sangat tertarik, terutama dengan unmetered bandwidth nya .. ini.. yang sebenarnya jadi masalah pada setiap hosting Kang … 🙂 Moga saja bisa segera migrasi Kang …

Comments are closed.