Tips Memilih Modem USB GSM

9 Alasan dan Tips Memilih Modem USB GSM Terbaik Untuk Online

Tips Memilih Modem USB memang sangat kita perlukan di saat kita ingin selalu terkoneksi dari perangkat komputer/laptop kita. Koneksi merupakan hal yang sangat krusial dalam aktifitas pekerjaan kita karena hampir – hampir semua pekerjaan kita berkaitan dengan online. Terlebih bagi blogger atau freelancer!

Saat bekerja untuk orang lain mungkin di kantor sudah ada koneksi free baik kabel atau wifi, tapi bagi blogger tidaklah demikian. Mencari pilihan koneksi bisa jadi hal yang ribet, saking banyaknya pilihan. Dan bahkan bisa – bisa membuat pekerjaan terhambat saat kita tidakbbisa terkoneksi saat ide bermunculan.

Seperti itulah yang saya alami beberapa waktu lalu. Saya yang menggunakan paket data Andromah MiFi mengalami masalah ini, yang berujung pada writer’s block. Karena Andromax MiFi yang saya pakai kuotanya tidak 24 jam on, tetapi ada pembagia bandwidth yang lebih besar saat dini hari sampai jam 7 pagi.

Berbekal dari pengalaman itu, kali ini AboutTiyo.web.ID akan membagikan pengalaman dan tips memilih modem USB GSM yang cocok buat online. Cocok bagi blogger, freelancer dan juga mahasiswa dan pelajar pastinya.

Kenapa Memilih Modem USB GSM?

Modem USB memiliki beberapa keuntungan dibanding dengan perangkat seperti Andromax MiFi, di antaranya adalah sebagai berikut;

Simple dalam penggunaan

Salah atu alasan memilih modem USB biasanya karena ringkas dan mudah dibawa. Kelebihan lain dibanding perangkat MiFi adalah tidak perlu untuk di charge. Jadi pasti bisa dipakai dimana saja saat laptop bisa menyala, tidak perlu memikirkan baterai modem sendiri.

Koneksi yang lebih stabil

Alasan lainnya adalah kecepatan koneksi, karena terhubung secara langsung dengan laptop, maka koneksi akan stabil. Seperti terhubung dengan LAN misalnya. Berbeda dengan MiFi yang menggunakan WiFi untuk menghubungkan komputer ke internet, pastinya akan ada lag sepersekian detik dalam loading.

Pilihan penyedia jaringan yang luas

Tidak semua operator menyediakan jaringan yang sama kuatnya di tempat tinggal kita bukan? Nah, kalau menggunakan modem USB GSM kita bisa memilih berbagai penyedia jaringan seluler yang paling kuat di tempat kita. Berbeda dengan MiFi Andromax atau MiFi bundling lainnya bukan?

Kelebihan dari pemilihan yang fleksibel ini, tentunya juga akan memberikan peluang kepada kita untuk memilih penyedia paket yang harganya paling murah dan paketannya paling besar.

Tips Memilih Modem USB GSM

Tips Memilih Modem USB GSM

Dalam memilih sebuah modem, kita juga perlu untuk sedikit lebih jeli. Karena tidak semua modem USB bisa bekerja dengan baik dengan laptop/komputer kita dan jaringan operator. Maka, berikut adalah x tips dalam memilih modem USB dari AboutTiyo.web.ID;

Pilih modem dari merek terkemuka

Ini berdasar pengalaman teman saya, kemarin dia jual modemnya karena merek modem USB tersebut bisa dibilang ”kelas dua’, ProLink. Berbeda dengan merek lain seperti Huawei atau ZTE misalnya, yang lebih update dalam menyediakan driver terbaru untuk system operasi yang terbaru.

Karena kasus teman saya kemarin, dia terpaksa menjualnya  kepada saya saat modem tersebut tidak bisa dipakai lagi pada Mac OS El Capitan.

Memilih modem USB yang Suport 4G

Tips Memilih Modem USB GSM nomor 2, cari yang support 4G. Mungkin memang jaringan 4G belum luas coverage yang ditawarkan untuk daerah – daerah sekitar rumah kamu, tapi tidak ada salahnya juga untuk membeli yang mendukung 4G. Jadi nanti ketika sudah ada tidak perlu beli lagi, dan yang lama tidak usah jadi e-waste.

Memilih USB Modem yang ada Soft Wifi

Ada juga beberapa modem seperti Telkomsel 4G LTE 500 Mbps yang ada fitur soft-wifi. Jadi saat dia menyala bisa juga berguna untuk WiFi. Sama persis dengan MiFi yang saya bahas sebelumnya. Jadi selain laptop kamu, nantinya perangkat smartphone atau tablet kamu juga bisa ‘numpang’ koneksi modem.

Kredibilitas toko dan garansi

Yang perlu diperhatikan juga adalah kredibilitas toko, apalagi toko online. Pastikan jikaanda berbelanja secara online seller yang produknya ingin anda beli memiliki rating yang bagus. Dan kalau bisa pilih yang menyediakan garansi, biasanya sih replace barang. Untuk jaga – jaga saja sih, kaau barang tiba di tempat kita dalam kon disi rusak. Kalau barangnya sudah diterima dengan baik sih, biasanya modem jarang rusak.

Pertimbangkan membeli modem second

Kalau anda sedikit cekak dalam hal budget, boleh juga mempertimbangkan modem second. Banyak penjual modem yang bisa kita temui di FJB kaskus atau beberapa toko online lainnya. Tapi ya itu tadi, tetap waspada, kalau bisa COD, lebih bagus lagi sudah kenal dengan yang jual.

Pilih paketan yang 24 jam

Seperti kasus saya tadi, pertimbangkan juga operator yang menarwarkan paketan yang selalu bisa dipergunakan 24 jam. Karena ini penting untuk kelancaran aktifitas kita.

Saya rasa cukup sekian beberapa alasan dan tips memilih modem USB GSM yang saya sampaikan ini. Kalau ada pertanyaan silahkan dibagikan dalam kolom komentar.

Salam Sukses!!

9 pemikiran pada “9 Alasan dan Tips Memilih Modem USB GSM Terbaik Untuk Online

    • Saya juga belum tahu sebelum kemarin lihat – lihat daftar produk – produk yang ada di Lazada mbak, ternyata jaman sekarang kita semakin dimudahkan saja ya 🙂

      Salam kenal mbak, makasih sudah mampir.

  1. kayanya bukan medom doang yang jadi msalah sekarang, tapi masalah pemilihan paket internet. Melihat sekarang berbagai operator menetapkan pembagian kuota untuk setiap jaringan dan itu menyulitkan buat saya yang tinggal didesa apa lagi belum kecover jaringan 4G sementara kebanykan operator kuota 4 G itu terpisah jadi gak bisa dipake di beda jaringan T_T sedih

    • Kuota 4G memang jadi salah satu ceruk yang menggiurkan sebagai jargon marketing sepertinya, saat coverage belum merata banyak operator menawarkan paketannya dengan volume besar tapi sayanganya yang terbesar adalah pembagian ke 4G ini. Mirip dengan beberapa bundle tidak realistis seperti VIU atau HOOQ dari Telkomsel yang disusul dengan bonus streaming Smartfren 😛

      Kalau ingin menggunakan ya kudu nyari yang udah tercover, kalau tidak mau beli handphone baru bisa beli MiFi GSM yang lumayan mahal kalau nyari yang support 4G 😛

Tinggalkan komentar