WordPress - Google Drive

Membuat Backup Blog Menggunakan Google Drive

Dulu saat pertama menggunakan Google Drive sempat bingung juga mau digunakan untuk apa. Sejauh ini hanya saya jadikan tempat menyimpan beberapa eBook dan juga beberapa foto yang ingin saya upload ke Facebook saja.

Beberapa waktu lalu saya membaca sebuah tutorial di wpmu.org, dari sana saya tahu ternyata kita bisa menggunakan space 5GB secara cuma – cuma itu untuk tempat backup semua konten blog kita lho 🙂

WordPress - Google Drive

Caranya adalah dengan menggunakan plugins yang disebut Google Drive for WordPress. Sebuah plugins yang memungkinkan blog kita untuk membuat backup tanpa menggunakan cpanel, enaknya lagi bisa dipilih mau mengadakan backup harian, mingguan atau bulanan.

Adapun cara setting agar plugin ini bisa bekerja adalah sebagai berikut:

1. Masuk ke Setting Awal

Setting awal bisa ditemui dalam sebuah menu baru di anatar post dan media, berbentuk ikon gear. Pilih sub menu configure Google.

Setting Google Drive for WordPress

2. Buat IP Acces untuk Applikasi WordPress

Setelah meng-klik link Google Api Console pada gambar di atas, kita akan dibawa ke halaman Google Code API, Pilih Menu API Access, lalu klik Create Client ID seperti gambar berikut:

(Note: Pada gambar ini saya sudah membuat 1 API untuk blog ini, dan akan membuat yang baru untuk blog saya yang lain, sehingga mungkin agak berbeda)

Create ID on Google APIs Console

3. Setting Client ID

Create Google APIs Console

Yang perlu anda masukkan hanyalah site hostname, masukkan alamat oauth dengan meng-copy dari halaman seperti yang tercantum pada langkah 1 dengan menghapus http://.

4. Beri Akses pada aplikasi Anda

Setelah selesai, Anda tinggal memasukkan Client ID dan Client secret yang anda peroleh dalam kolom pada langkah satu. Lalu klik allow acces, anda akan dibawa ke halaman ini;

Request for Permission

Klik allow acces, maka anda akan dibawa kembali ke halaman setting plugin ini. Selebihnya anda tinggal menentukan setting backup, saya rasa tidak akan ada masalah dalam langkah itu.

Semua setting dalam beberapa sub-menu selanjutnya sangat mudah dimengerti. Disana anda bisa menentukan apakah akan melakukan backup pada file saja atau juga pada database blog anda.

Sekian, semoga membantu 🙂

1 thought on “Membuat Backup Blog Menggunakan Google Drive

Comments are closed.