Clash of Clans Tips dan Trik buat Pemula

Clash of Clans tips dan trik ini berdasarkan pengalaman saya memainkan game Clash of Clans selama beberapa hari belakangan.

Mungkin tutorial ini hanya sederhana dan basic, tidak bisa menjamin kamu selalu menang bermain Clash of Clans. Tapi saya yakin bisa membuat nasib kamu di dalamnya lebih beruntung jika ingin mencobanya.

Apa itu Clash of Clans

Clash of Clans adalah sebuah permainan strategy yang bisa dimainkan dalam gadget dengan system operasi Android dan juga iOS. Dalam game ini, kamu bertugas sebagai seorang penguasa desa yang memulai menjaga desanya dari serangan Goblin. Yang paling penting untuk dijaga adalah Town Hall, sebuah bangunan kunci bagi desa itu.

Selanjutnya, dalam Clash of Clans kamu harus membangun beberapa hal, seperti tambang emas dan tambang elixir. Selain tambang, emas dan elixir juga memerlukan wadah.

Dalam membangun desa ini, semua kerjaan membangun dan upgrade bangunan dan fasilitas yang ada dilaukan oleh Builder, dari awal kamu akan memiliki 2 builder. Builder adalah aset terpenting setelah Town Hall, karena tanpanya tak mungkin bisa desamu berkembang.

Dalam alur ceritanya, permainan ada dibagi 2, multi player dan single player. Multi player adalah saat kita bermain dengan menyerang orang lain, sedang single player adalah bermain melawan goblin dari awal cerita tadi.

Clash of Clans Tips

Memainkan game Clash of Clans ini dalam beberapa hari saja banyak sekali temuan dan keasikan di dalamnya. Tak heran jika ada yang bisa menghabiskan waktunya dalam game ini. Karena memang sangat mengasikkan.

Clash of Clans Tips Trick _ Shop

Pengelompokan item dalam game ini dibagi dalam beberapa hal, mulai dari treasure, resources, decoration, army, defenses, dan shield (tameng). Selengkapnya akan saya bahas nanti.

1. Clash of Clans tips trick – Resources

Resource yang berupa emas dan elixir adalah motor aktifitas dalam perjalanan game, untuk membeli/upgrade item baru kamu akan membutuhkan salah satu dari keduanya ini pada awalnya.

Dalam Clash of Clans, untuk membeli/upgrade hal yang berkaitan dengan gold/emas, kamu akan diminta menyediakan elixir sejumlah sekian. Sedang jika ingin membeli/upgrade item yang berkaitan dengan elixir, kamu diminta menyediakan gold sejumlah sekian.

Gold/emas juga diperlukan untuk upgrade bangunan seperti Town Hall dan Clan Castle, serta membiayai pembelian/upgrade tambang dan storage Elixir dan senjata pertahanan seperti Canon dan tembok.

Sedangkan Elixir juga digunakan untuk membeli/upgrade hal – hal yang berkaitan dengan pembelian/upgrade tentara. Mulai dari tentara itu sendiri, upgrade barak dan markas juga mengadakan penilitian di Laboratory untuk meningkatkan kemampuan tentara. Upgrade tambang emas berserta storagenya juga memerlukan Elixir.

Selain menambang, emas dan elixir bisa didapatkan saat kamu menyerang musuh dan menang. Karena bisa dirampok kamu harus membuat pertahanan kuat untuk Gold, Elixir juga Town Hall (alasannya nanti).

2. Clash of Clans tips trick – Gems.

Gems atau berlian adalah harta tak ternialai dalam Clash of Clans. Dengan memiliki Gems, kamu bisa mempercepat pembangunan dan pembeliat semua hal. Bijaklah dalam menggunakan gems, jangan langsung kamu turuti tutorial awal untuk menggunakannya.

Gems sangat sulit didapatkan, gems bisa didapatkan dengan membuang berbagai gangguan di desa seperti batu, pepohonan, dahan, jamur dan sebagainya. Yang kedua adalah dengan melengkapi beberapa achievement yang jumlahnya sampai 66 item.

Clash of Clans Tips Trick _ Achievement

Kamu sangat butuh gems untuk membeli seorang Builder untuk mempercepat pembangunan desa, sayangnya seorang Builder harganya sangat mahal, yaitu 500 gems. Jika tidak kamu simpan gems kamu untuk membeli seorang Builder, dijamin nantinya kamu bakal menyesal. Kecuali kamu membeli gems dari uang nyata/pulsa.

3. Clash of Clans tips trick – Army & Defenses

Tentara dan pertahanan hanya diperlukan saat kamu sudah mulai kehabisan tameng bawaan dari Clash of Clans. Secara default ada waktu 48 jam buat kamu untuk fokus membangun desamu tanpa di serang orang lain.

Waktu itu bisa digunakan untuk membangun Town Hall dan Tambang/Storage sembari berperang dengan goblin untuk merampok resources mereka. Selama kamu tidak menyerang orang lain, desa kamu akan selalu aman.

Saat mendekati waktu 48 jam tadi habis, barulan mulai membangun system pertahanan, mulai dari canon, archer tower hingga tembok dan mortar.

Tentara akan semakin banyak dan semakin hebat kemampuannya seiring dengan level barak yang meningkat, jumlah maksimal yang bisa dikirim bergantung dengan level markas (Army Base) yang kita miliki. Pertahanan lainnya juga perlu diupgrade levelnya agar makin kuat.

4. Treasure, Shields?

Menu treasure berguna untuk memebeli Gold dan elixir secara langsung dengan mengorbankan gems. Bisa juga kita membeli gems dari uang nyata/pulsa dari sana.

Sedang menu Shields memberikan kita tameng tambahan setelah kita membelinya dengan gems.

Clash of Clans tips trick – Strategy Menyerang

Untuk mendapatkan lebih banyak resource, kita bisa menyerang desa orang lain. Selain itu nantinya kita juga bisa mencapai achievement tertentu dan memperoleh EXP dan juga gems. EXP berguna untuk meningkatkan level kita.

Selain EXP dan resource, saat menang perang kita juga bisa mendapatkan trophy, kehandalan kita dalam menyerang dan bertahan dinilai dari banyaknya trophy ini. Tapi jika kita kalah dalam perang ini, kita juga akan dihukum dengan dikuranginya jumlah trophy kita.

Sebelum menyerang biasanya ada jumlah gold, elixir dan juga trophy yang akan kita dapatkan jika kita menang, dan jumlah trophy yang akan hilang nantinya jika kita kalah.

Saat menyerang dan menimbulkan kerusakan 40% dari daerah lawan, lawan sudah aktif tamengnya setelah kita serang. Saat kerusakan 50%, kita sudah menang dengan memperoleh 1 bintang, tapi trophy yang didapat tidak sesuai jumlah awal kalau kita tidak menang 100% (bintang 3).

Lalu bagaiamana tips dan trik menyerang dalam Clash of Clans ini?

1. Perhitungkan kekuatan dan personel

Mulai dari saat melatih tentara, perhatikan komposisi antara Barbarian, Archer, Giant atau apa saja yang nanti bisa kamu punyai. Tiap tentara memiliki karakteristik sendiri dalam menyerang. Giant kuat tapi lambat, barbarian cepat tapi sedang, Archer lebih cepat tapi mudah mati.

Klik saja tombol i (info) yang muncul saat kita klik army base sebelum menyarang.

Dengan tahu keadaan tentara kita, kita bisa memperkirakan kemampuannya, dan musuh macam apa yang bisa kita serang.

2. Lihat titik lemah desa lawan

Sebelum menyerang, pastikan tentara kita masuk dari daerah dengan penjagaan yang paling sedikit. Menurunkan Giant paling depan di sekitar senjata pertahanan musuh juga bisa membantu membukakan jalan masuk Barbarian. Semakin cepat mereka masuk dan melakukan kerusakan hingga 50%, maka semakin dekat kamu dengan kemenangan.

3. Serang Town Hall

Saat Town Hall sudah berhasil dihancurkan, walau prosentasi kerusakan dibawah 10% sekalipun maka kamu akan mendapat 1 bintang, yang artinya kamu sudah menang. Seperti yang terlihat berikut ini;

Clash of Clans Tips Trick _ SeranganMencari lawan yang Town Hallnya mudah diserang merupakan salah satu kebiasaan yang bagus πŸ™‚ Ini adalah salah satu jurus untuk memastikan kamu menang dalam setiap serangan.

4. Sesuaikan prioritas

Kadang kita perlu banyak resource tertentu seperti gold dan exilir saja untuk memenuhi kebutuhan pembangunan desa, lihat – lihat juga nilai yang ada pada calon lawan sebelum kamu memutuskan menyerang atau mencari lawan lainnya.

Clash of Clans tips trick – Strategy Bertahan

Β Tips menyerang Clash of Clans dasar seperti di atas, sekarang bagaimana caranya membuat pertahanan yang kuat dari serangan lawan? Berdasar penglaman mempertahankan desa, penjagaan seperti inilah yang saat ini saya terapkan;

Clash of Clans Tips Trick _ Base Pertahanan

1. Amankan resources dan Town Hall

Masukkan Gold Storage, Exilir Storage dan Town Hall dalam kurungan tembok yang kuat. Karena kehilangan town hall berarti kita kalah langsung. Membiarkan storage diluar juga tidak kalah bahaya bagi desa kamu.

Β 2. Posisikan Archer Tower, canon & mortar secara strategis

Pastikan beberapa alat keamanan itu tadi bisa saling intersect, sehingga kalau ada serangan desa kamu bisa diamankan terus dari berbagai arah. Kalau bisa beri juga perlindungan pada beberapa perangkat keamanan itu.

3. Sebarkan bangunan kurang penting

Dengan memberikan beberapa bangunan yang tidak esensial di pojokan dari desa akan mempersulit musuh mendapatkan 3 bintang. Biasanya pertahanan seperti ini membantu untuk menghabiskan waktu musuh, karena harus berlari dari satu sudut desa ke sudut yang lainnya lagi.

4. Buka Game terus

Calsh of Clasn tips berikutnya, kalau bisa buka game terus saat tameng off, karena saat kita online kita tidak bisa diserang. Dalam systemnya ada batasan user online secara kontinyu selama 8 jam.

Clash of Clans tips trick – Farming

Keterampilan mengelola gold dan elixir agar sesuai jumlahnya dan penggunaanya juga perlu diperhatikan. Jangan lupa untuk upgrade storage sebelum membeli tambang baru, karena jika daya tampungnya kurang, elixir dan Gold akan terbuang sia – sia.

Upgrade storage dan tambang sampai maksimal memberikan kesempatan untuk bisa upgrade Town Hall saat diperlukan, karena akan ada cukup gold nantinya.

Penutup

Mungkin itu dulu Clash of Clans tips & Trick yang bisa disampaikan di sini, sedikit memang, semoga berguna. Silahkan share artikel ini jika berkenan πŸ™‚

6 thoughts on “Clash of Clans Tips dan Trik buat Pemula

  1. Kalau COC saya kurang suka karena gamenya kurang realistis, saya lebih suka Age Of Empire: Castle Siege.
    Memang kalau kita tidak sering membuka game tersebut, town kita akan sering diserang. ^_^ Saya mengalaminya sendiri pada game AOE.

Comments are closed.