Cara Download Video YouTube Tanpa Software (Mozilla – Google Chrome)

Cara download video YouTube tanpa software adalah cara paling mudah dan cepat yang bisa kamu lakukan jika kamu ingin menyimpan sebuah video favorit yang kamu temui di YouTube.

Cara yang akan saya sampaikan ini adalah dengan menggunakan browser add-ons (untuk Firefox)  dan ekstension untuk Google Chrome.

Mengapa Download Video YouTube melalui Firefox dan Google Chrome?

Karena saya tidak suka ada terlalu banyak program dalam komputer hanya untuk satu keperluan tertentu. Berusaha mencapai sesuatu tanpa install program baru tanpa nambah program, maka ini adalah pilihan yang paling tepat.

Cara download video YouTube melalui Google Chrome dan Firefox ini juga lebih simple, tidak seperti jika menggunakan IDM, KeepVid atau yang sejenisnya, dimana kita harus bolak – balik ke halaman itu saat kita ingin mendownload sebuah video.

Nantinya kamu bisa langsung download video YouTube yang kita inginkan saat berada di halaman video itu sendiri, karena tombol download sudah disediakan dibawah video. Simple, cepat, dan tidak ribet.

OK, langsung saja kita mulai tutorial cara download video YouTube tanpa software kali ini ya, dimulai dari menggunakan Firefox.

Cara Download Video YouTube Tanpa Software dengan Mozilla Firefox

1. Buka menu Add-ons Mozilla Firefox.

Cara Download YouTube Tanpa Software dengan Mozilla FirefoxSaya pakai Pale Moon, salah satu varian Mozilla Firefox yang lebih sering diinstall portable. Walau beda namanya, tapi tampilannya sama persis kok.

2. Search Add-ons dengan kata kunci YouTube

Cara Download YouTube Tanpa Software dengan Mozilla Firefox2Ketikkan YouTube pada kolom pencarian, lalu klik Install pada add-ons YouTube Video and Audio Downloader (nomor 2 dari bawah).

3. Pastikan YouTube Video and Audio Downloader sudah terinstall

Ada beberapa add-ons lainnya sih buat download video YouTube dengan Mozilla selain YouTube Video and Audio Downloader, ada 1-Click YouTube Video Download dan Download YouTube Videos as MP4.

Kalau sudah terinstall, nanti tampilannya adalah seperti ini;

Cara Download Video YouTube Tanpa Software dengan Mozilla Firefox

4. Buka video yang hendak kamu download

Setelah terinstall, saat kamu membuka halaman di YouTube, akan ada tombol baru di bawah video yang sedang diputar. Klik saja tombol itu untuk mendownload video YouTube yang kamu maksud.

Cara Download YouTube Tanpa Software dengan Mozilla Firefox

Klik tombol yang saya panah, lalu pilih kualitas video yang kamu inginkan untuk memulau download video YouTube tanpa software ini. Kalau ingin download video YouTube jadi MP3 juga bisa dengan Add-ons ini.

Cara Download Video YouTube Tanpa Software dengan Google Chrome

Mirip sekali dengan cara download video YouTube tanpa software melalui Mozilla Firefox, kalau menggunakan Google Chrome yang perlu kita install adalah  extension yang disebut Ultimate YouTube Downloader for Chrome.

1. Download Ultimate YouTube Downloader for Chrome

Secara  default Google Chrome Web Store tidak mengijinkan extension ini untuk ada di muka bumi. Oleh karenanya tidak akan ada kalau kita mau mencarinya di sana. Kalau diinstall secara otomatis pun tidak akan bisa, makannya perlu sedikit trik.

Cara Download Video YouTube tanpa software Google ChromeKunjungi halaman developer extension Ultimate YouTube Downloader for Chrome dengan klik disini. Lalu klik kanan pada link download dan klik save link as seperti gambar di atas.

2. Buka halaman Extension Google Chrome

Cara Download Video YouTube Tanpa Software - Buka Halaman extension Google ChromeMembukanya bisa dengan mengunakan Menu – Tools – Extension seperti gambar di atas.

3. Install Extesion Untuk Download YouTube melalui Google Chrome

Cara menginstall extension ini adalah dengan menjatuhkan file yang baru saja kita download tadi ke halaman extension yang baru saja kita buka dari langkah di poin 2.

Install Google Chrome Extension Manual

Akan muncul sebuah jendela kecil untuk konfirmasi kalau mau menginstall, klik “add” saja.

Download Video YouTube di Chrome - Konfirmasi Install Extension Manual

4. Buka video dan mulai Download Video YouTube tanpa software melalui Google Chrome

Sampai disini, semua langkah untuk persiapan download video YouTube tanpa software melalui Google Chrome sudah selesai, berikut adalah contohnya jika kamu sudah berhasil menginstall Extension ini.

Cara Download YouTube Tanpa Software dengan Google Chrome

Penutup Cara Download Video YouTube Tanpa Software dengan Firefox dan Google Chrome

Di awal saya mungkin bilang ada juga tentang Opera dan Safari, karena terlalu panjang, saya putuskan untuk tidak memasukkan keduanya di sini. Mungkin bisa searching sendiri saja ya, prinsipnya sama saja dengan cara Download video Youtube tanpa software melalui Mozilla Firefox dan Google Chrome ini.

[Update: Video Tutorial Cara Download Video YouTube tanpa Software]

Saya kemarin membuat video tutorial cara download video YouTube ini, kalau mau dilihat ini dia videonya;

Selamat berselancar, dan mulailah download video yang kamu anggap menarik di internet seperti tutorial, kajian, product information dan berbagai materi yang bisa meng-upgrade kemampuan kamu lainnya. Gunakan bandwidth kamu untuk hal yang bermanfaat :)

Vote Artikel Ini

28 thoughts on “Cara Download Video YouTube Tanpa Software (Mozilla – Google Chrome)

    • Kalau saya ya itu tadi mas, mengurangi jumlah program yang terinstall di PC, apalagi yang selalu berjalan di balik layar dan makan memroy seperti IDM.

      IDMnya musti mbajak lagi yah? Makin males, hehehe…. Kalau untuk Download saya makai Add-ons DownloadThemAll saja.

      Less is more :)

  1. Saya termasuk orang yang agak ketinggalan info soal software kang? Biasanya saya pake IDM. Cuma kadang agak menjengkelkan juga sih? selalu muncul jika saya membuka video.

    Pun, dengan ekstensi di Chrome. Ternyata bisa yah? Padahal saya sllu menggunakan Chrome.

    Suwun informasinya kang? Salam
    Posting terakhir ibrahim sukman adalah ..You’re Absolutely NSFL, Chuck Wendig?My Profile

    • Kalau saya nggak sukanya IDM karena dia berbayar dan kita harus bajak, kalau saya mampu menemukan solusi yang free/open source, biasanya milih itu. Hehehe….

      Sama – sama Kang, makasih juga :)

    • Bisa mas centang saja checkbox “Beritahu saya akan tulisan baru melalui surel” dibawah kolom komentar mas, langsung otomatis email yang mas Jaka buat komentar terdaftar nantinya.

  2. Pingback: Cara Mudah Download Video YouTube di Windows 8 | AboutTiyo.web.ID

  3. Pingback: Affiliate Marketing vs PPC; AdSense, Chitika, Bidvertiser, AdsenseCamp

  4. Pingback: Cara Download Video YouTube di Android Smartphone | AboutTiyo.web.ID

  5. Pingback: Membuat Video Tutorial di YouTube dengan Ezvid dan Debut Video Capture

  6. Pingback: ASUS Notebook Terbaik dan Favoritku - AboutTiyo.web.ID

Tinggalkan Balasan

Alamat surel Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Anda dapat menggunakan tag dan atribut HTML: <a href="" title=""> <abbr title=""> <acronym title=""> <b> <blockquote cite=""> <cite> <code> <del datetime=""> <em> <i> <q cite=""> <strike> <strong>

CommentLuv badge