Masterkey Masterweb: Panduan Pesan Domain Dan Hosting

Cara pesan domain dan hosting itu bagaimana sih? Banyak orang bertanya begitu sebelum memiliki website atau blog self-hosted. Saya sudah sering menulis artikel tentang hosting terbaik Indonesia dan merekomendasikan Masterkey Masterweb kepada anda pembaca blog ini. Tapi belum pernah menulis tentang cara pesan domain dan hosting secara terperinci.

Jika anda mengikuti saran saya untuk membeli domain dan memesan hosting di masterweb melalui link ini anda mungkin ada yang bingung dengan tampilan Masterkey Masterweb dan bertanya saya harus ngapain setelah sampai di halaman seperti gambar ini?

Cara Pesan domain dan hosting di Masterkey Masterweb

OK deh, untuk mengatasi kebingungan itu saya akan memberikan rincian komplit tentang apa yang harus anda lakukan setelah membuka website masterkey masterweb dengan klik di sini, dan bagaimana cara memesan domain dan hosting dengan harga yang murah dan berkualitas milik masterweb.

Cara Pesan Domain di Masterkey Masterweb

Dari gambar di atas ada beberapa hal yang bisa anda lakukan untuk segera punya domain dan hosting melalui masterkey masterweb saya tandai dengan kotak merah pada gambar di atas. Anda bisa melihat daftar layanan yang diberikan dengan klik baner paling atas atau tombol yang saya tandai paling bawah.

Sedang kolom pencarian yang saya tandai kedua adalah kolom untuk mencari tahu nama domain yang anda inginkan sudah digunakan orang lain atau belum. Selanjutnya saya asumsikan anda memilik untuk melihat daftar layanan (format posting ini akan lebih banyak gambar setelah ini), maka yang muncul adalah gambar berikut;

Pilihan Layanan Hosting di Masterweb

cara pesan domain - Daftar layanan hosting masterkey masterwebPilih fitur shared hosting dengan cPanel kalau anda baru mulai menggunakan jasa hosting pertama kali. Karena di samping shared hosting itu lebih murah, cPanel lebih mudah digunakan daripada sPanel. Antar mukanya juga lebih terlihat bagus dan mudah.

Cara pesan domain dan hosting di Masterkey Masterweb

Setelah anda masuk melalui menu di atas, anda akan memulai perjalanan untuk membeli domain dan hosting di masterweb, dan berikut adalah urutannya.

1. Pilih paket hosting dan siklus pembayaran

Paket Hosting MasterwebPilih paket yang anda inginkan, dan berapa lama jangka pembayarannya, 3 bulan, 6 bulan, tahunan atau bahkan 3 tahun sekali melui drop down seperti di atas. Klik pesan sekarang.

2. Pilih Nama Domain

Tentukan Nama Domain

Saat pertama daftar nama domain .com, .co dan web.id tidak muncul, begitu anda memasukkan anama dan menekan tombol pencarian hasilnya baru muncul. Pilih domain, klik lanjut 🙂

3. Konfigurasi Domain

cara pesan domain - Layanan Tambahan paket Hosting Masterweb - ID ProtectionID protection, melindungi data pribadi anda agar tidak bisa dilihat publik, dengan WHOIS dan domaintools.com misalnya.

Opsi dan Konfigurasi Pilihan Hosting MasterwebAda lebih banyak pilihan, seperti dedicated IP (IP khusus untuk situs anda), backup, pesan username control panel sampai penambahan voucher. Tentukan juga lokasi server anda di sini.

4. Konfirmasi pemesanan domain dan hosting

Konfirmasi Pembelian Domain dan Hosting Masterweb

Lihat apakah data yang ditampilkan di sana sudah sesuai atau ada kesalahan, koreksi di sini sebelum kecewa di belakang. Kalau ada kode promosi seperti di atas, klik saja, maka anda akan memperoleh potongan saat pertama membayar (tidak berlaku tahun depan saat perpanjangan domain dan hosting).

5. Checkout pembelian domain dan hosting

cara pesan domain - CheckOut Pembelian Domain dan Hosting MasterwebCheckout dilakukan dengan mengisi semua formulir data yang diperlukan pada halaman ini. Ini juga berlaku sebagai pendaftaran diri anda sebagai customer masterweb. Jika sudah punya akun di sana, tingal klik bagian yang saya tandai.

Setelah login atau mendaftar lakukan konfirmasi terakhir pemesanan domain dan hosting.

Lengkapi Pesan Domain dan Hosting di MasterwebPilih metode pembayaran (via Mandiri/BCA atau paypal) lalu centang persetujuan persyaratan dan finalisasi pemesanan dengan klik tombol Complete Order.

Bayar Tagihan domain dan Hosting lalu Konfirmasi

Setelah semua proses itu, anda akan diberi tagihan, baik itu pada dashboard masterkey masterweb atau juga email anda. Segera lakukan pembayaran, login ke masterkey lagi dan konfirmasi pembayaran anda.

Selamat! Anda punya blog/situs baru. Semoga blog anda banyak pembaca dan menjadikan banyak teman, kalau buat situs perusahaan juga semoga usaha anda lancar. :mrgreen:

Cara pesan domain dan hosting di tempat lain juga relatif sama dengan cara yang saya sampaikan disini. Tapi di sini saya menggunakan tampilan milik masterkey masterweb. Sekian, semoga membantu, ditungu masukan dan sarannya 🙂

10 pemikiran pada “Masterkey Masterweb: Panduan Pesan Domain Dan Hosting

    • Tapi hostingnya masih pake punya blogspot ya Sob? Settingnya gimana tuh? Punya gambaran, tapi lom pernah praktek, dibuatin tutorial di sini boleh nih kayaknya 😀 Hehehe….

  1. saya masih pemula mas, mau nanya wordpressnya di install dimana ya? terus kalo mau buat postingan dari mana? kalo boleh kirim ke email saya ya mas batakmusik[at]ymail.com
    Terimakasih sebelumnya…

Komentar ditutup.