Membandingkan Kualitas Uptime Hosting dengan UptimeRobot

Uptime atau ketersediaan sebuah web server yang menjadi tempat website kita tertanam di internet memang sangat krusial. Kamu tidak bisa mengandalkan sebuah penyedia jasa hosting yang servernya sering down, yang menjadikan uptime website berkurang, tiap ada yang mau membuk website kita selalu gagal karena ada masalah dengan server hostingnya.

Kalau kamu berencana membeli sebuah hosting, kamu sangat butuh informasi ini tentunya, jangan sampai kamu nantinya salah pilih penyedia hosting. Dan kali ini saya akan memberi tahu kamu tentang cara membandingkan kualitas uptime hosting dengan menggunakan UptimeRobot.com, seperti yang sudah saya singgung sebelumnya. Sayasudah melakukan tes ini beberapa pekan, dan kali ini akan saya berikan hasilnya, sebagai bahan pertimbangan kamu.

Dalam tes kali ini, saya mengikut sertakan 3 blog saya yang menggunakan hosting yang berbeda, blog ini menggunakan hosting masterweb, blog satunya menggunakan rumahweb dan wpkamt.com menggunakan IndoWebsite. Perlu dicatat juga, kalau AboutTiyo.web.ID menggunakan hosting di Houston Texas, TheBlogCourse.com menggunakan hosting di Tampa Florida, dan WPKamt.com servernya di Jakarta. Sedang UptimeRobot basisnya ada di Amerika juga.

Membandingkan Kualitas Uptime Hosting dengan UptimeRobot

Uptime robot adalah website yang akan memebrikan informasi ketika website kamu down, dengan jalan mengadakan ping tiap 5 menit sekali. Dalam akun yang akan kamu buat secara gratis, kamu bisa mengadakan tracking hingga 50 website sekaligus. Langsung saja kita mulai ya, langkah – demi langkahnya untuk mengadakan tes ini;

1. Mendaftar di UptimeRobot.com

Kunjungi dan daftar di uptimerobot.com secara gratis. Klik tombol hijau diteng ah itu, nanti akan munjul sebuah form dibagian atas yang akan menanyakan email, username dan password yang kamuinginkan, sangat simple sekali!

Membandingakan Kualitas Uptime Hosting dengan UptimeRobot

2. Login dan mulai memasukkan daftar website

Setelah login tampilannya nanti akan seperti gambar diatas juga, yag dibawah tombol hijau besar, kalau punya saya adalah seperti ini;Uptime Robot - Dashboard

Tampak 3 kotak disana, yang paling kiri daftar website yang sudah saya monitur, untuk menambah tinggal klik tombol diatasnya, yang kanan hitam adalah status monitor secara singkat, sedang yang dibawahnya adalah pesan tentang website saya yang down, tiap down dan up akan ada pesannya disana.

3. Mendapat info uptime tiap website

Untuk melihat informasi dari tiap website, kita tinggal klik nama website pada bagian kiri, ita nanti akan mendapat info detailnya seperti dalam gambar berikut. Langsung saja saya tampilkan ketiganya untuk perbandingan.

Website Uptime - WPKamt
Website Uptime - AboutTiyo.web.ID
Website Uptime - TBC
Ada beberapa informasi tambahan tentang uptime dalam jangka 24 jam, 7 hari dan 30 hari, ditambah dengan grafik tentang response time yang sangat membantu.

Membandingkan Kualitas Uptime Hosting

1. Uptime

Dari ketiga screenshot diatas terlihat bahwa TBC yang menggunakan hosting rumahweb paling tinggi uptimenya. Blog ini yang menggunakan hosting milik masterweb berada tidak jauh berbeda dengan TBC, sedang WPKamt yang hostingnya lokal saja, memiliki nilai yang jauh tertinggal.

Mungkin memang benar apa kata technical support IndoWebsite kemarin, kalau server uptimerobot ada di USA juga, mengakibatkan servernya yang ada di indonesia mendapat nilai terendah. Tapi setelah website tersebut saya install ulang fresh dengan tanpa setting multisite, kadang saya masih merasa loadingnya lama, apa karena koneksi saya saja yang mengandalkan wifi 😛

2. Response Time

Kalau dibalik siapa yang memiliki response time paling cepat, blog ini memiliki rata – rata response yang paling cepat. Padahal untuk konten dan view per harinya paling banyak. AboutTiyo/masterweb memiliki response time sekitar 1 detik (1000 ms), TBC/rumahweb memiliki response time sekitar 1.5 detik dan WPKamt sekitar 3-5 detik.

Tentukan Hosting Indonesia Terbaikmu

Ketiga hosting ini adalah pilihan saya berdasarkan artikel tentang Hosting terbaik Indonesia ini. Masterweb dan Indowebsite adalah hosting yang saya ikuti affiliasinya, yang berarti jika kamu memilih keduanya saya mendapatkan komisi.

Rumahweb tidak memiliki program affiliasi, tapi saya tetap berusaha menampilkan fakta bahwa hostingnya memang bagus, karena saya ingin memberikan informasi yang benar – benar berguna.

Selain memilih berdasarkan faktor ini, harga juga bisa kamu pertimbangkan, Rumahweb terkenal paling mahal, masterweb menurut saya standar, sedang IndoWebsite paling murah. So, jkalau kamu mau memilih, pilihlah yang bijak antara Masterweb, Indowebsite atau rumahweb.