Membobol Proteksi File dalam CD Audio

Dua hari yang lalu, salah satu rekan saya (nama ga disebut) memberikan saya sebuah CD audio untuk di-RIP dan diperbanyak. Karena disamping jumlah guru yang memerlukannya banyak, ada juga guru yang tidak punya laptop atau punya laptop tapi netbook yang tidak memiliki CD-ROM sehingga tidak bisa menggunakan CD tersebut. So, solusinya adalah mengekstrak isi CD Audio tersebut ke bentuk file dengan cara yang lazim disebut dengan di-RIP.

Secara normal, sebuah CD Audio bisa kita RIP dengan menggunakan Windows Media Player jika kita berjalan dalam OS windows. Tinggal masukkan CD tersebut buka WMP lalu pilih RIP, maka anda akan dibawa pada wizard untuk melakukan proses RIP yang akan menghasilkan file MP3 atau WMA.

Namun CD audio yang saya terima kemarin berbeda, saat masuk dalam menu RIP tidak bisa memulai proses RIP seperti biasanya. Saya juga bingung kenapa begitu, setelah saya lihat di root folder CD tersebut, hanya ada 3 buah file, playlist.wpl, player.txt dan autorun.inf. Player.wpl jelas file playlist WMP, autorun untuk langsung membuat CD aktif, player.txt berisi tentang cara menggunakan CD, dengan menggunakan WMP dan open file playlist.wpl tadi.

Saya penasaran, kenapa tidak bisa di-RIP? Saya buka file playlist.wpl dengan notepad, saya melihat bahwa file itu sebenarnya adalah file xml biasa saja, berisi rujukan ke file data dari audio yang berada dalam folder tersembunyi dalam CD. Ketika saya coba mengakses folder dari data tersebut secara manual dengan menuliskannya di address bar, saya merasa seperti di redirect, datanya tidak ada.

Recording Sound using JetAudio

Kemudian perhatian saya tertuju pada salah satu baris di file playlist.wpl tadi, ada kata – kata ¨<meta name=¨Generator¨ content=¨Extreme Multimedia Protector¨>¨ gitu kalau tidak salah (lupa). Saya merasa untuk cara dengan ripping nampaknya sudak mentok, akhirnya ya kembali ke cara lawas, manual, dengan memainkan CD tersebut dengan WMP, kemudian direkam dengan JetAudio.

Jika anda mengalami masalah yang sama, anda bisa juga menggunakan cara ini untuk membobol proteksi CD Audio. Posting ini bukan saya maksudkan untuk mengajari anda dalam pembajakan, melainkan untuk hacking yang berguna bagi diri anda dan sesama. Berbagi itu Indah, berbagi memberikan rasa senang 🙂

9 pemikiran pada “Membobol Proteksi File dalam CD Audio

      • “Karena disamping jumlah guru yang memerlukannya banyak, ada juga guru yang tidak punya laptop atau punya laptop tapi netbook yang tidak memiliki CD-ROM sehingga tidak bisa menggunakan CD tersebut.”

        Gaji guru sekarang tuh sudah GEDE bung..
        Tunjangan istri guru sebesar gaji suami.
        Nah dengan “niat baik” anda seperti ini saya rasa anda tidak bijak.
        Taukah anda, berapa lama waktu yg digunakan untuk membuat program?
        Dan impian apa yg mereka gantungkan dengan pembuatan program itu ?
        Mereka hanya bisa memberikan nafkah tuk anak istrinya hanya saat mereka dapat order.
        Saya kira seandainya anda memakai nya untuk kebutuhan pribadi tidak menjadi masalah.
        Yg jadi masalah adalah, anda merusak harapan orang lain.

        • Maaf bro, yang gajinya gedhe itu khan yang udah PNS. Ditempatku ada kok gurung yang sudah 8 tahun digaji sekolah dengan hanya berdasar jumlah jam mengajarnya saja (PM kalo mau tahu jumlahnya) minim. Dalam hal ini mungkin yang membuat program juga tidak dirugikan, file tersebut hanya untuk internal kami, tidak didistribusikan ke luar bahkan, saya hanya berusaha memberikan sumbangsih dalam mempermudah pendidikan negeri ini.

Tinggalkan komentar