Tips Memilih Hosting Yang Bagus, Harga, Support, Uptime dan Space

Tips memilih hosting yang bagus ini berdasarkan pengalaman saya menggunakan beberapa penyedia hosting terbaik indonesia selama saya mengelola beberapa blog saya. Saya menggunakan tiga penyedia hosting lokal selama ini, Masterweb sejak blog ini berdiri, Rumahweb sejak setahun lalu dan Indowebsite sejak akhir juni yang lalu.

Dalam artikel tentang tips memilih hosting yang bagus ini, hosting yang saya bahas adalah hosting dalam negeri saja, karena hosting luar negeri kebanyakan mahal dan kurang sesuai jika anda pertama kali menggunakan jasa hosting. Rata – rata biaya hosting per bulan untuk sebuah hosting luar yang direkomendasikan WordPress seperti bluehost akan membebani anda $9 atau hampir 100 ribu rupiah.

Tips Memilih Hosting yang Bagus/Baik

Ada beberapa hal yang harus anda perhatikan untuk menentukan hosting yang baik, penyedia hosting memiliki kelebihan dan kekurangan masing – masing kalau diperbandingkan, tapi yang jelas jangan melihat pada sisi harga dan space saja, masih ada beberapa faktor lain seperti support, uptime dan juga pendapat user lainnya yang perlu anda perhitungkan dalam menentukan pilihan hosting yang bagus bagi anda. Semua tak lepas dari kriteria kebutuhan anda sendiri.

 1. Harga & Space Hosting yang Sesuai

Kalau kita bicara harga sebuah paket hosting sangat erat hubunganya dengan jumlah space dan juga alokasi bandwidth yang disediakan penyedia hosting. Harga hosting biasanya ditampilkan dalam satuan perbulan atau per tahun, walau tidak menutup kemungkinan kita bisa membeli untuk beberapa bulan atau beberapa tahun sekaligus.

Space adalah jatah ruang penyimpanan yang nanti boleh kita isi dengan file – file script dan gambar untuk diakses user. Bandwidth adalah besarnya lalu lintas data yang dipakai blog/website. Semakin ramai blog/situs kita, kita akan perlu bandwidth yang lebih besar.

Saya pernah memberikan review tentang perbandingan harga hosting terbaik indonesia itu sebelumnya, yang termurah adalah Indowebsite.Net.

2. Support Hosting yang Baik

Item wajib dalam tips memilih hosting yang bagus selanjutnya adalah support. Support sangat diperlukan manakala kita tidak tahu harus berbuat apa saat ada masalah dengan hosting kita. Kalau anda menggunakan CMS seperti WordPress mungkin akan ada forum yang bisa anda gunakan untuk mencari solusi. Tapi jika masalah memang pada server  maka bertanya pada technical support adalah pilihan terbaik.

Dalam melayani support, penyedia hosting memberikan berbagai pilihan, ada yang live chat dengan system mereka sendiri seperti rumahweb, namun penanganannya nanti melalui support pada portal berlainan yang menurut saya agak repot. Atau seperti masterweb yang bisa lewat YM! dan supportnya di masterkey masterweb, yang merupakan tempat dengan semua tetek bengek hosting kita, yang lebih cepat dan mudah.

Hosting lokal yang paling bagus supportnya selama ini yang pernah saya alami adalah rumahweb, namun saya jauh lebih suka masterweb karena lebih mudah, IndoWebsite, saya belum pernah mencoba support ticketnya, namun saat pembelian kemarin pelayanannya super cepat 🙂

3. Uptime Hosting yang Bagus

Dalam tips memilih hosting yang bagus ini, selanjutnya patut kita pertimbangkan adalah uptime server, apakah server selalu ON atau sering down? Server yang sering down tentunya sangat tidak bagus bagi keberlangsungan blog/website kita. Karena user yang mau berkunjung akan mengalami masalah yang tidak menyenangkan, dan mereka akan selalu ingat akan hal ini. Di mata mesin pencari seperti Google hal ini juga buruk, sangat mungkin rangking kita merosot karena website selalu down saat kontent hendak di-index oleh bot mesin pencari.

Lalu bagaimana untuk mengetahui uptime server yang ditawarkan penyedia hosting? Bisa anda cari sebuah website yang dihosting pada salah satu pemberi layanan hosting yang ingin anda uji lalu anda uji dengan menggunakan uptimerobot.com. Daftar saja di uptimerobot, lalu masukkan situs/blog tersebut, tiap 5 menit uptimerobot akan mem-ping website tujuan tanpa perlu verifikasi apakah anda pemilik website/blog itu atau tidak.

Saya menggunakan uptimerobot selama beberapa hari terakhir untuk membandingkan ketiga layanan hosting ini, hanya yang di Indowebsite yang pernah down hingga uptime jadi 97% saja 🙁

Mengadakan tes seminggu saya rasa sudah cukup, setelahnya hapus mereka dari daftar tes, ingat itu situs orang jangan dibikin repot dengan ping terus menerus anda 🙂

4. Teknologi Mutakhir

Salah satu hal yang menentukan bagus tidaknya performa sebuah hosting adalah penggunaan teknologi yang up-to-date. Seperti yang kita tahu kalau dunia IT adalah dunia dimana perkembangannya terjadi sangat cepat, mungkin tiap minggu ada teknologi baru yang bisa digunakan dalam berbagai bidang termasuk hosting.

Salah satu teknologi terbaru dalam dunia hosting adalah cloud hosting, yang menjanjikan alokasi resource penuh kepada client seperti CPU, RAM, Hardisk/storage dan juga uptime yang lebih terjamin.

Berawal dari penasaran pengen coba – coba, akhirnya saya betah juga menggunakan jasa penyedia cloud hosting Indonesia pertama yang paling murah, Dewaweb. Simak review dewaweb yang sudah saya buat di sini dan di sini.

5. Review dan Statistik Layanan Hosting

Review dan statistik hosting tidak saya sampaikan di judul posting tentang tips memilih hosting yang bagus ini, namun anda perlu untuk mendapatkan informasinya. Cari review yang baik atau juga buruk sebelum membeli sebuah hosting yang bagus buat anda, karena dari review anda bisa tahu kualitas jasanya. Review dari pengguna sangat berguna, terutama jika hosting yang ingin anda gunakan masih baru.

tips memilih hosting yang bagus/baik - daftar hosting terbaik

Kalau tidak mau repot, pilih saja hosting yang paling banyak penggunanya. Jumlah pengguna yang banyak dan loyal tentunya adalah sebuah bukti kualitas yang memang benar – benar bagus. Dalam hal ini tentunya masterweb web hosting pilihan anda, karena dari data di atas telah digunakan lebih dari 97.000 pengguna.

Selamat Memilih Hosting yang Paling Bagus dan paling Baik.

Semoga artikel tips memilih hosting yang bagus ini bisa membantu anda. Memilih hosting adalah perkara yang krusial bagi bisnis online anda nantinya. Jangan sampai salah pilih dan menjadikan anda nantinya disibukkan dengan perkara teknis mengurus website saja, hingga justru usahanya terbengkelai.

Kalau anda ingin tinggal tekan tombol ON, fokus pada konten website/blog anda tanpa repot, saya juga memberikan layanan setup dan kostumisasi website dengan WordPress.

8 pemikiran pada “Tips Memilih Hosting Yang Bagus, Harga, Support, Uptime dan Space

  1. Mas Tiyo, kalau hosting lokal yang kuat nampung 1000 pengunjung dalam sekali kunjungan tau gak mas? Kadang hostingnya emang udah bagus2, tapi takut diupdate lebih lanjut soalnya takut ntar kena suspend karena kebanjiran traffic 😀

    • Dalam sekali kunjungan sepanjang hari mas? Bisa ratusan ribu donk, atau jutaan, mungkin pakai VPS, atau kalau bisa managed WordPress hosting seperti WPEngine. Kalau sehari 1000 saja sih dewaweb dan masterweb juga masih kuat mas.

  2. Masih pake blogspot saya mas jadi blom mikirin hosting 🙂 tapi pengen belajar juga si terutama VPS soalnya liatin temen yg punya blog traffic nya 20K UV per hari ujung2nya pada pake VPS dan utak-atik sendiri

Komentar ditutup.