Seorang blogger dari Sragen, Jawa Tengah. 3 dari 4 bersaudara ini adalah orang yang aktif di dunia blog sejak tahun 2007. Terinspirasi dengan Iron Man dan The Mechanic, suka renang, twitteran di @kamtiyono

59 Comments

  1. Nova Novili
    28 Februari 2014 @ 20.47

    Aku belum paham soal seo….., thanks infonya… :)

    • Tiyo Kamtiyono
      1 Maret 2014 @ 00.15

      Kalau mau belajar, artikel ini bisa jadi awalnya, baca 2 artikel yang saya sampaikan di bagian optimasi onpage itu untuk melihat gambarannya, tapi kalau pakai blogspot kayaknya nggak bisa mengikuti πŸ˜€

  2. adib belaria abadi
    28 Februari 2014 @ 21.13

    tuduhan di depan kalimat pembuka, tentang newbe, tepat sasaran jika dialamatkan padaku, Kang Tiyo :), menyoal optimalisasi yang saya lakukan selama ini, poin ketigalah yang mungkin selalu saya terapkan, sedang poin 1 dan 2 belum saya lakukan, paling2 saya membaginya di direktori yang kata Kang Tiyo sudah tidak melakukanya lagi – dulu, kata kang Tiyo. Pertanyaan newbe nih, kenapa kang Tiyo tidak membagikan di direktori? apakah membagikan pada direktori itu gak efektif kang?
    Salam saya kang.

    • Tiyo Kamtiyono
      1 Maret 2014 @ 00.20

      Syukur deh kalau ternyata bisa berguna dan membuka wawasan. Saya tidak lagi membagikan ke direktori seperti lintas.me karena saya merasa kurang nyaman saja di sana. Mungkin karena saya menilai kalau media itu akan lebih efektif saat kita membuat artikel yang aktual dan ngetrend, dan saya bukan tipe orang yang terlalu suka mengikuti trend seperti gossip artis atau breaking news.

      Dulu saya pernah mendapat traffic yang besar saat saya mempublish artikel tentang tsunami di jepang juga kok dari lintas. Juga dari vivanews (200 visit dalam 1 jam kalau tidak salah saat itu), server saya langsung overload dan saat itu juga akun saya disuspend masterweb πŸ˜€

  3. Idah Ceris
    28 Februari 2014 @ 21.19

    Ambil kursi. . .
    Belajar di sini aaah. . .. :)

    • Tiyo Kamtiyono
      1 Maret 2014 @ 00.21

      Semoga bermanfaat nanti ilmunya mbak :)

  4. Adheens
    28 Februari 2014 @ 22.03

    Wuiih .. gelar tikar dulu ah,.. sambil ngupi-ngupi πŸ˜€

    Mantap nich sharenya, dan terbukti Abouttiyo visitornya udah diatas 2K .. ajiib

    • Tiyo Kamtiyono
      1 Maret 2014 @ 00.22

      Ikutan ambil kopi, ngobrol bareng ngalor ngidul supaya visitornya bisa 10k. Hahaha….

      • Adheens
        1 Maret 2014 @ 03.38

        Tambah dikit nich komentarnya , 3 langkah yang digunakan pada blog ini kalo menurut saya udah cukup kok, atau memang masih ada cara yang lainnya? Sekarang tinggal membagi komposisi sesuai porsi masing-masing agar seimbang dan menjadi solid.

        On Page saja tanpa Off Page akan kurang maksimal, atau Off Page yang berlebihan tanpa diimbangi dgn On Page yang cukup juga tidak baik karena Google kurang menyukai hal itu, jadi memang dituntut untuk kita mengerti keduanya apabila memang ingin blog memiliki visitor yang ramai.

        Dan mengenai social media jgn anggap remeh peranannya dalam meningkatkan traffic, karena sudah banyak blog yang besar dan menjadi populer berkat link mereka yang bertebaran (di share) pada beberapa SM.

        Itu aja komentar dari nubie, sambil nunggu AT tembus angka 10K .. πŸ˜€

        • Tiyo Kamtiyono
          1 Maret 2014 @ 12.38

          Nubie? Hahaha… Semangat, semoga lekas bisa tembus 10k πŸ˜€

  5. Eswahyudi Kurniawan
    1 Maret 2014 @ 05.12

    Wah… mantab tenan. Nunggu kelanjutannya ahhh

    • Tiyo Kamtiyono
      1 Maret 2014 @ 12.41

      Itu saja udah cukup kayaknya mas, mungkin kalau ada ya nanti posting pendukung agar posting ini bisa ada di page one dan makin banyak blogger lain yang baca πŸ˜€

  6. Dwi Sugiarto
    1 Maret 2014 @ 07.11

    Harus diakui optimasi seo merupakan cara terbaik untuk meningkatkan pengunjung namun disisi lain seorang blogger menjadi terbelenggu yang bisa membuat kreativitas menjadi terbatas karena setiap akan posting selalu riset keyword jika pencariannya kecil pasti malas menuliskannya saya lebih suka menyebut “blogger tembak”.Berbeda dengan blogger yg tujuan awalnya memang menulis tentang apa saja atau blogger bebas biarpun traffiknya tidak banyak namun karyanya melimpah dan keuntungannya bagi blogger tesebut justru semakin meningkatkan kemampuan menulis karena terbiasa menulis topik apa saja.

    • Tiyo Kamtiyono
      1 Maret 2014 @ 12.49

      Kalau saya sih tidak juga, kadang saya juga menuliskan sebuah tulisan karena memang menitik beratkan pada nilainya yang berguna, dimulai dari ide baru berpikir kira – kira orang akan mencarinya dengan kata kunci apa, dan lalu menulis. Kadang juga menulis posting lanjutan dengan fokus kata kunci variasi dari posting saya sebelumya sembari memberi backlink pada posting utamanya, tapi memberi view baru dan nilai selalu saya utamakan.

      Bagi saya, seorang blogger tidak harus pintar menulis apa saja, mulai dari puisi, bercerita atau menulis artikel provokatif yang menjual, cukup salah satu diantaranya saja, karena menjadi ahli pada satu bidang saja (fokus) adalah kunci kita mau berhasil.

      Salam kenal mas Dwi, terimakasih sudah ikut diskusi :)

  7. iskael
    1 Maret 2014 @ 07.55

    saya juga melakukan hal yang sama om :)
    saya lebih suka membagikan artikel lewat sosial media

    • Tiyo Kamtiyono
      1 Maret 2014 @ 12.51

      Selamat kalau begitu, saya juga paling sering ke social media, bahkan sudah saya setting otomatis ke beberapa channel saya mulai dari twitter, facebook pribadi dan fans page, tumblr sampai Google Plus πŸ˜€

  8. sandiiswahyudi
    1 Maret 2014 @ 08.19

    Akan saya coba tipsnya kak ? Semoga pengunjung blog saya semakin banyak. Salam kenal

    • Tiyo Kamtiyono
      1 Maret 2014 @ 12.52

      Ya, semoga bisa. Tapi kalau WordPress.com tidak bisa menggunakan Yoast (plugin yang saya bahas pada optimasi onpage itu). Yang bisa WordPress yang hosting sendiri.

  9. @mbak_widha
    1 Maret 2014 @ 08.20

    gimana biar gak males praktek ya, efek kebiasaan kalo nulis asal nulis aja gitu, abis nulis ya udah tinggal, tanpa share tanpa blogwalking juga

    • Tiyo Kamtiyono
      1 Maret 2014 @ 12.54

      Kalau seleb blog seperti mbak Widha mungkin nggak pakai ritual share dan blogwalking juga masih banyak yang baca, soalnya sudah banyak yang sering buka blognya πŸ˜€ Tapi kalau mau sebenarnya bisa kok disetting bisa otomatis posting ke social media kalau selesai posting, kalau tidak menggunakan JetPack bisa dengan plugin Social dari Alex King.

  10. Agung Butuuni
    1 Maret 2014 @ 12.41

    Nyimak aja dulu apa kata master sambil belajar mengembangkan informasi di atas untuk diterapkan pada blog. Makasih atas informasinya mastah.. :)

    • Tiyo Kamtiyono
      1 Maret 2014 @ 12.58

      Ini yang mastah siapa ya? Malu sendiri saya πŸ˜€

      Memangnya sudah punya blog yang pakai WordPress self host ya mas :)

  11. Dian Respati
    1 Maret 2014 @ 15.21

    Di Alexa Search Visitsnya abouttiyo.web.id masih dibawah 20% Min,, Semanagat terus buat SEOnya.

    • Tiyo Kamtiyono
      1 Maret 2014 @ 18.12

      Hal yang paling tepat menurut saya dari alexa adalah rankingnya, sama prosentasi audience kita menurut negara mungkin. Kalau untuk prosentasi search sama keyword utama saya melihat agak telat update mereka :)

  12. Rickonblog
    1 Maret 2014 @ 21.25

    susah-susah gampang yah…hehe

    • Tiyo Kamtiyono
      2 Maret 2014 @ 08.16

      Kesulitannya, saya lebih senang menyebutnya tantangan adalah untuk menjadikan tulisan kita informatif dan menarik dibaca. Di lain sisi kita selalu menjaga proporsi kata kunci tetap proporsianal dalam tulisan. Tidak terlalu berlebihan dan membuat pembaca merasa bosan. :)

  13. Destiany Prawidyasari
    2 Maret 2014 @ 05.29

    agak bingung juga untuk yang pertama, karena biasa yang saya tulis di blog “sesuka hati” tanpa berpikir kata kunci, hehe..
    tapi yang nmr 2 dan 3 sedang berusaha terus, untungnya blog saya sudah diintegrasikan dengan sosmed tersebut sehingga setiap kali post, dishare otomatis.
    apa template juga berpengaruh ya?

    • Tiyo Kamtiyono
      2 Maret 2014 @ 08.20

      Walau sesuka hati, pastinya juga bisa kita usahakan utuk lebih fokus, apa yang mau ditulis itu pastinya punya sebuah kata kunci utama.

      Dulu saya menulis dulu sebagian artikel, kalau sudah ada ide kira – kira kata kuncinya apa baru deh diedit agar kita bisa menyisipkan kata kunci. Template? Menurut saya ya juga, usahakan memilih template yang kodenya bersih dan loadingnya cepat.

  14. Mohammad
    2 Maret 2014 @ 11.08

    Mantap mas Tiyo .. :) Saya juga baru sadar akan bagaimana sebenarnya SEO On Page itu dilakukan, setelah saya menggunakan SEO nya Yoast. Ternyata ada bagian-bagian yang saya lewatkan pada optimasi artikel saya … :)

    • Tiyo Kamtiyono
      2 Maret 2014 @ 11.31

      Saya juga menemukan kalo Yoast adalah salah satu guru saya yang mengajari tentang optimasi onpage ini. Kalau 2 bagian lainnya saya dapat dari teman saya mas Adheens itu sebagian :)

  15. Mobil Sedan Retro
    2 Maret 2014 @ 13.04

    7 tahun mondar mandir di internet dan blog, sampe sekarang gak pernah sukses dengan yang namanya SEO. kayaknya emang gak bakat….atau pemalas belajar
    :p

    • Tiyo Kamtiyono
      2 Maret 2014 @ 19.08

      Wah, lama juga itu mas, mungkin kurang fokus kali belajarnya, saya kurang yakin kalau SEO itu harus punya bakat dulu πŸ˜€

  16. Agung Butuuni
    2 Maret 2014 @ 16.09

    Yang mastah itu yg punya blog ini.. πŸ˜€
    Blog di wp yg self host belum ada mas tapi yg gratis udah banyak malah udah beranak kayaknya tuh… πŸ˜€

    • Adheens
      3 Maret 2014 @ 13.35

      Emang blog bisa beranak-pinak yang Mas Agung ? πŸ˜€

      • Agung Butuuni
        4 Maret 2014 @ 00.51

        Ya nggak juga sih, kan cuman bercanda aja sob. πŸ˜€

  17. Sunandar
    4 Maret 2014 @ 09.18

    makasih mas tiyo buat ilmu nya :)

  18. Cak Madi
    4 Maret 2014 @ 14.17

    Kurang begitu memperhatikan tentang seo karena tidak mengerti, hehehe…

    • Tiyo Kamtiyono
      4 Maret 2014 @ 15.26

      Makannya, belajar dari sedikit – sedikit, nanti makin banyak yang dipahami :)

  19. Linda MS
    5 Maret 2014 @ 09.39

    Perlu dicoba tipsnya, apalagi sy blogger baru, domainnya aja baru 1 bulan
    makasih infonya mas, sy praktekan segera :)

    • Tiyo Kamtiyono
      5 Maret 2014 @ 21.48

      Yup, makasih udah mampir mbak, semoga blog barunya bisa makin banyak dikunjungi :)

  20. IQROZEN
    23 Maret 2014 @ 13.35

    Mantab postingannya, silakan kunjung balik y gan…

  21. Dzaky Farras N
    29 Maret 2014 @ 16.04

    Kalau diperhatikan, statistik blog ane gak jauh beda ya sama statistik blog agan saat masih awal dibentuk, masih sedikit pengunjungnya..

    Bagi saya, efek dari optimasi SEO On Page dan SEO Of Page itu baru kerasa kalau blog kita udah punya umur yang lumayan lama gan, kalau masih baru sih efeknya masih belum terasa..

    Karena blog ane yang masih baru, tips paling efektif adalah tips nomor 3. Pengunjung ane ningkat drastis gan gara-gara main di facebook.

    • Tiyo Kamtiyono
      29 Maret 2014 @ 23.28

      Ya memang umur juga berpengaruh, tapi kalau dari awal kita udah fokus gini nulis artikelnya nggak lama kok traffic bakal naik.

  22. Idrus
    6 April 2014 @ 10.35

    Artikel yang sangat baik. Saya memahami bahwa salah satu cara optimasi blog dan postingan adalah dengan menggunakan kata kunci yang tertarget. Selain itu konsistensi adalah hal lain yang tidak kalah pentingnya . Saya sendiri kadang masih kurang hal yang terakhir ini. Terima kasih Mas, artikel ini menyegarkan lagi pemahaman tentang dasar- dasar SEO yang perlu di lakukan.

  23. Voucher pendidikan
    7 April 2014 @ 17.23

    bermanfaat banget buat saya yang sedang memperdalam ilmu SEO masih banyak yang saya belum tau tentang SEO. terimakasih gan ilmunya
    sukses terus gan

  24. Optimasi Blog Untuk Meningkatkan Pendapatan AdSense - AboutTiyo.web.ID
    11 April 2014 @ 15.19

    […] kemarin saya sudah fokus tentang optimasi SEO untuk meningkatkan pengunjung blog, kali ini saya akan memberikan pembahasan yang sedikit lebih luas, menyeluruh, namun tidak terlalu […]

  25. SuperWash Laundry
    12 April 2014 @ 06.01

    Ini yang komentar banyak bener yak, berarti tulisannya memang keren. Btw, disadari atau tidak para blogger memang butuh yang namanya optimasi SEO meski hanya untuk kata kunci pencarian sendiri. Makanya saya biasa bilang ke teman2 bahwa SEO itu mudah mudah gampang, tergantung dari kata kunci apa yang menjadi target. Yang Mas Bro tuliskan diatas itu udah bener banget, itulah kunci SEO dasar. Untuk selebihnya hanya merupakan bagian dari “optimasi” agar kata kunci target bisa lebih bertahan lama di posisi #Pejwan. Maaf jika komentarnya terlalu panjang ya, salam hangat dari Borneo… :-)

  26. SigitAP
    14 April 2014 @ 22.19

    Bagus nih, visitornya aja dah ribuan, luar biasa…
    Pengen banget jadinya…
    Pelan2 pelajari dan praktekan

    uniksshop[dot]com – jual barang unik, buku bantal, buku islami

    • Tiyo Kamtiyono
      15 April 2014 @ 06.24

      Silahkan diaplikasikan, semoga makin sukses ya :)

  27. devprolabs
    3 Mei 2014 @ 17.19

    Dapat Tips menarik dari mas tio sangat berguna buat optimasi Web saya. Terima kasih sudah berbagi mas tiyo πŸ˜€

    • Tiyo Kamtiyono
      3 Mei 2014 @ 18.41

      Yup, semoga makin lancar juga bisnisnya :)

  28. Tas Uno
    4 Mei 2014 @ 01.28

    Mantap gan,sangat bermanfat sekali.
    Saya mau tanya gan, untuk cara setting All In One Seo bagaimana ya yang benar.
    Masih bingung gan.

    • Tiyo Kamtiyono
      4 Mei 2014 @ 02.23

      Wah, saya sendiri jarang sekali (tidak pernah di live site) menggunakan All in one SEO Pack. Mungkin lain kali saya mau menulis tentang All in one kalau sudah mencobanya πŸ˜€

  29. Sepatu
    6 Mei 2014 @ 20.51

    Awalnya saya gk ngoment disini takut gak nyata, ternyata setelah saya coba bener2 pengunjung website saya meningkat abis kak, artikel diatas bener2nyata dan sudah saya coba tipsnya, terimakasih ya

    • Tiyo Kamtiyono
      9 Mei 2014 @ 11.16

      Terima kasih juga udah berkomentar, saya menulis ini sudah berdasar pengalaman selama ini, ya jelas bisa dipraktekkan donk :)

  30. Enry Mazni
    7 Mei 2014 @ 23.20

    makasih mas share nya, jujur saya nge blog sudah ari 2008, tapi sampai sekarang masalah SEO saya masih bingung malah gak ngerti. di blog saya sudah hampir 99 postingan dan juga sudah ikut adsense yang sampai skrg masih lama untuk payoutnya, untuk isi konten waktu bberapa tahun pertama saya nge blog memang fokus ke satu konten, tapi 1 tahun terakhir ini saya menggabungkan dengan konten postingan sesuai dengan hoby saya yaitu saya membuat posting tentang travelling saya. mohon saran mas di blog saya. supaya bisa optimasi SEO.
    makasih mas and salam kenal

  31. Agus
    4 November 2014 @ 04.21

    Makasi banget infonya, newbie baru nyoba nge-blog. Jadi musti sering2 ke blog ini buat nambah ilmu..

    • Tiyo Kamtiyono
      4 November 2014 @ 17.29

      Yup, silahkan dibaca, dibagikan jika berkenan. Terimakasih sudah berkunjung, semangat ya ngeblognya :)