Cara Meningkatkan Jumlah Pengunjung Blog dengan Optimasi SEO

Cara meningkatkan jumlah pengunjung blog yang paling efektif itu kira – kira dengan apa ya?

Bagi blogger yang masih newbie mungkin pertanyaan ini menjadi sebuah misteri besar yang menyesakkan otak untuk segera di jawab. Tapi bagi sebagian blogger berpengalaman lainnya mungkin cara meningkatkan jumlah pengunjung blog bukanlah hal yang sulit.

Dan kalau kamu bertanya pada saya, jawaban dari pertanyaan tersebut jelas saja dengan optimasi SEO. Karena selama ini optimasi SEOlah yang saya lakukan untuk mengembangkan beberapa blog yang saya kelola, dan jelas memang terbukti kok, kalau optimasi SEO merupakan cara meningkatkan visitor blog yang efektif.

Mau bukti? Bisa lihat screenshot berikut;

cara meningkatkan jumlah pengunjung blog

Sebelumnya saya sendiri merasa tidak nyaman untuk menunjukkan statistik di atas, tapi saya rasa tidak ada cara lain untuk menunjukkan keefektifan SEO sebagai cara meningkatkan jumlah pengunjung blog. Semoga saya tidak akan menjadi sombong. :)

Sebagai penjelasan, saya membuat blog ini tanggal 14 April 2010, saat itu saya menulis apa saja dengan semampu saya, tanpa adanya pemahaman yang benar tentang optimasi SEO. Bahkan saya tidak punya gambaran pasti, posting yang saya tulis itu ingin muncul di pencarian Google dengan kata kunci apa atau siapa yang akan membacanya nanti.

Padahal 2 hal itu; kata kunci tujuan dan paham pembacanya, sangat penting untuk kita ketahui. Hasilnya ya bisa dilihat sendiri, 2 tahun pertama blog ini jumlah trafficnya memprihatinkan :D

Karena tercatat saya melakukan optimasi SEO dengan benar pada artikel saya pertama kali pada artikel manfaat tidur awal yang saya publish Desember 2012. Setelahnya saya juga masih tidak disiplin menerapkan optimasi SEO.

3 Langkah SEO Sebagai Cara Meningkatkan Jumlah Pengunjung Blog

Dengan hanya melihat screenshot itu mungkin ada juga yang berpikir kalau saya menggunakan iklan berbayar untuk meningkatkan jumlah pengunjung blog saya, jawabannya tentu tidak kalau anda tahu siapa saya, dari mana uang buat promosi :P

Pertanyaannya sekarang, langkah SEO seperti apa yang sebenarnya saya gunakan sebagai cara meningkatkan jumlah pengunjung blog ini? Langsung saja ya, ini dia langkah – langkahnya;

1. Optimasi onpage SEO

Optimasi onpage SEO secara sederhana dimulai dengan mencari keyword yang ingin kita optimasi. Satu posting mewakili sebuah rangkaian kata kunci saja di halaman pencarian Google, biasanya yang bagus itu kata kunci yang lebih dari 3 kata.

Tapi sering juga sih, dari satu kata kunci tujuan kita mendapat bonus kata kunci berkaitan yang tidak kita duga, kita baru sadar saat tahu ada pengunjung /Audiens blog yang menggunakan kata kunci lain itu tercatat di statistik.

Kata kunci yang kita pakai sebisa mungkin yang banyak dicari orang, kata kunci seperti ini sudah pasti ada yang telah mengoptimasi, tapi itu bagus, tandanya memang benar – benar bisa mendatangkan lebih banyak pengunjung ke blog kita. Tips sederhana untuk mencari keyword adalah menggunakan Google;

cara meningkatkan jumlah pengunjung blog -  keywords

Kata kunci teratas, membuat blog, menandakan kata kunci yang paling banyak dicari orang. Lebih banyak dicari daripada membuat email dan membuat aplikasi android, tapi pastinya ada ribuan orang yang mencari informasi itu tiap bulannya.

Begitu kita sudah dapat kata kunci tujuan, pastikan kata kunci itu ada pada beberapa bagian tulisan seperti judul posting, judul halaman, juga meta description. Saya sudah menulis tips optimasi onpage SEO itu sebelumnya, di sini dan di sini.

Setelah artikel selesai, buat juga link ke artikel tersebut dengan anchor text sesuai keyword tujuan pada posting tadi, internal linking juga termasuk salah satu optimasi onpage SEO.

2. Optimasi SEO offpage

Ini adalah bagian yang saya kurang menguasai, terus terang saja ya :D Tapi yang jelas intinya adalah kamu berusaha mencari link ke artikel kamu itu sebanyak – banyaknya dari website/blog lainnya.

Dengan mendapat link yang memiliki anchor (tulisan) sama persis dengan keyword target, Google akan memasukkan blog kamu dalam perhitungan hasil pencarian untuk kata kunci itu nantinya, semakin banyak link maka semakin baik, tapi ya jangan nyepam saja :D

Disamping tidak etis, nyepam juga belum tentu efektif karena backlink dari blog lain yang kurang kredibel tidak besar pengaruhnya dalam dengan posisi kita di hasil pencarian.

Cara yang saya lakukan paling sering adalah membagikannya di direktori seperti lintas.me (dulu), social media atau dari komentar di blog yang menginstall comentluv seperti blog saya ini.

3. Bagikan artikel di Social Media

Setelah onpage SEO sudah dan offpage SEO juga sudah dilakukan, berarti nantinya akan ada pengunjung yang datang dari mesin pencari. Kita juga harus membagikannya ke Social Media, karena dengan membagikan ini akan membantu orang lain menemukan tulisan kita.

Jika mereka menemukan arikel kita berguna, mereka juga tidak akan keberatan untuk membagikannya di social media juga. Dari sana akan ada kemungkinan tulisan kita go viral dan dibaca lebih banyak orang lain.

Beberapa tips membagikan tulisan di social media antara lain:

  • Usahakan juga untuk menuliskan kata – kata pembuka atau penjelasan yang lebih lengkap dan menarik dari tulisan ini saat membagikan, jangan hanya sesuai judul tulisan yang kita buat.
  • Jangan cuma di profil kita saja membagikannya, bagikan juga di grup – grup Facebook, terutama yang memiliki member yang kamu tahu memiliki ketertarikan tentang topik yang kamu tulis.

Dari sisi SEO, konten kita juga akan lebih cepat terindeks saat kita membagikannya di social media, Google Plus terutama.

Cara Meningkatkan Jumlah Pengunjung Blog Lainnya?

Tentunya ada banyak cara meningkatkan jumlah pengunjung blog lainnya yang saya sendiri belum tahu, tapi sebanyak yang saya lakukan ya 3 langkah itu tadi yang efektif.

Jangan lupa juga untuk membaca ulang tulisan kita, pastikan judulnya menarik, karena judul adalah hal yang paling awal dilihat calon pembaca blog kita.

Saya tidak seperti blogger lain yang menganjurkan untuk memasang widget histat dan alexa, walau saya memasang juga, karena saya tidak menemukan kaitan yang jelas bagaimana itu termasuk cara meningkatkan jumlah pengunjung blog.

Keduanya tak lebih dari media untuk mengetahui statistik dan perkembangan blog saja, tidak saya temukan orang mengunjungi blog ini setelah mengunjungi kedua website itu.

Semoga bermanfaat, ditunggu komentarnya dan jangan lupa untuk di share di social media ya :D

VMSTUD Plat HD 11 Sony Creative Software Inc.

57 thoughts on “Cara Meningkatkan Jumlah Pengunjung Blog dengan Optimasi SEO

    • Kalau mau belajar, artikel ini bisa jadi awalnya, baca 2 artikel yang saya sampaikan di bagian optimasi onpage itu untuk melihat gambarannya, tapi kalau pakai blogspot kayaknya nggak bisa mengikuti :D

  1. tuduhan di depan kalimat pembuka, tentang newbe, tepat sasaran jika dialamatkan padaku, Kang Tiyo :), menyoal optimalisasi yang saya lakukan selama ini, poin ketigalah yang mungkin selalu saya terapkan, sedang poin 1 dan 2 belum saya lakukan, paling2 saya membaginya di direktori yang kata Kang Tiyo sudah tidak melakukanya lagi – dulu, kata kang Tiyo. Pertanyaan newbe nih, kenapa kang Tiyo tidak membagikan di direktori? apakah membagikan pada direktori itu gak efektif kang?
    Salam saya kang.

    • Syukur deh kalau ternyata bisa berguna dan membuka wawasan. Saya tidak lagi membagikan ke direktori seperti lintas.me karena saya merasa kurang nyaman saja di sana. Mungkin karena saya menilai kalau media itu akan lebih efektif saat kita membuat artikel yang aktual dan ngetrend, dan saya bukan tipe orang yang terlalu suka mengikuti trend seperti gossip artis atau breaking news.

      Dulu saya pernah mendapat traffic yang besar saat saya mempublish artikel tentang tsunami di jepang juga kok dari lintas. Juga dari vivanews (200 visit dalam 1 jam kalau tidak salah saat itu), server saya langsung overload dan saat itu juga akun saya disuspend masterweb :D

      • Tambah dikit nich komentarnya , 3 langkah yang digunakan pada blog ini kalo menurut saya udah cukup kok, atau memang masih ada cara yang lainnya? Sekarang tinggal membagi komposisi sesuai porsi masing-masing agar seimbang dan menjadi solid.

        On Page saja tanpa Off Page akan kurang maksimal, atau Off Page yang berlebihan tanpa diimbangi dgn On Page yang cukup juga tidak baik karena Google kurang menyukai hal itu, jadi memang dituntut untuk kita mengerti keduanya apabila memang ingin blog memiliki visitor yang ramai.

        Dan mengenai social media jgn anggap remeh peranannya dalam meningkatkan traffic, karena sudah banyak blog yang besar dan menjadi populer berkat link mereka yang bertebaran (di share) pada beberapa SM.

        Itu aja komentar dari nubie, sambil nunggu AT tembus angka 10K .. :D

  2. Harus diakui optimasi seo merupakan cara terbaik untuk meningkatkan pengunjung namun disisi lain seorang blogger menjadi terbelenggu yang bisa membuat kreativitas menjadi terbatas karena setiap akan posting selalu riset keyword jika pencariannya kecil pasti malas menuliskannya saya lebih suka menyebut “blogger tembak”.Berbeda dengan blogger yg tujuan awalnya memang menulis tentang apa saja atau blogger bebas biarpun traffiknya tidak banyak namun karyanya melimpah dan keuntungannya bagi blogger tesebut justru semakin meningkatkan kemampuan menulis karena terbiasa menulis topik apa saja.

    • Kalau saya sih tidak juga, kadang saya juga menuliskan sebuah tulisan karena memang menitik beratkan pada nilainya yang berguna, dimulai dari ide baru berpikir kira – kira orang akan mencarinya dengan kata kunci apa, dan lalu menulis. Kadang juga menulis posting lanjutan dengan fokus kata kunci variasi dari posting saya sebelumya sembari memberi backlink pada posting utamanya, tapi memberi view baru dan nilai selalu saya utamakan.

      Bagi saya, seorang blogger tidak harus pintar menulis apa saja, mulai dari puisi, bercerita atau menulis artikel provokatif yang menjual, cukup salah satu diantaranya saja, karena menjadi ahli pada satu bidang saja (fokus) adalah kunci kita mau berhasil.

      Salam kenal mas Dwi, terimakasih sudah ikut diskusi :)

    • Selamat kalau begitu, saya juga paling sering ke social media, bahkan sudah saya setting otomatis ke beberapa channel saya mulai dari twitter, facebook pribadi dan fans page, tumblr sampai Google Plus :D

    • Ya, semoga bisa. Tapi kalau WordPress.com tidak bisa menggunakan Yoast (plugin yang saya bahas pada optimasi onpage itu). Yang bisa WordPress yang hosting sendiri.

    • Kalau seleb blog seperti mbak Widha mungkin nggak pakai ritual share dan blogwalking juga masih banyak yang baca, soalnya sudah banyak yang sering buka blognya :D Tapi kalau mau sebenarnya bisa kok disetting bisa otomatis posting ke social media kalau selesai posting, kalau tidak menggunakan JetPack bisa dengan plugin Social dari Alex King.

    • Hal yang paling tepat menurut saya dari alexa adalah rankingnya, sama prosentasi audience kita menurut negara mungkin. Kalau untuk prosentasi search sama keyword utama saya melihat agak telat update mereka :)

    • Kesulitannya, saya lebih senang menyebutnya tantangan adalah untuk menjadikan tulisan kita informatif dan menarik dibaca. Di lain sisi kita selalu menjaga proporsi kata kunci tetap proporsianal dalam tulisan. Tidak terlalu berlebihan dan membuat pembaca merasa bosan. :)

  3. agak bingung juga untuk yang pertama, karena biasa yang saya tulis di blog “sesuka hati” tanpa berpikir kata kunci, hehe..
    tapi yang nmr 2 dan 3 sedang berusaha terus, untungnya blog saya sudah diintegrasikan dengan sosmed tersebut sehingga setiap kali post, dishare otomatis.
    apa template juga berpengaruh ya?

    • Walau sesuka hati, pastinya juga bisa kita usahakan utuk lebih fokus, apa yang mau ditulis itu pastinya punya sebuah kata kunci utama.

      Dulu saya menulis dulu sebagian artikel, kalau sudah ada ide kira – kira kata kuncinya apa baru deh diedit agar kita bisa menyisipkan kata kunci. Template? Menurut saya ya juga, usahakan memilih template yang kodenya bersih dan loadingnya cepat.

  4. Mantap mas Tiyo .. :) Saya juga baru sadar akan bagaimana sebenarnya SEO On Page itu dilakukan, setelah saya menggunakan SEO nya Yoast. Ternyata ada bagian-bagian yang saya lewatkan pada optimasi artikel saya … :)

    • Saya juga menemukan kalo Yoast adalah salah satu guru saya yang mengajari tentang optimasi onpage ini. Kalau 2 bagian lainnya saya dapat dari teman saya mas Adheens itu sebagian :)

  5. Kalau diperhatikan, statistik blog ane gak jauh beda ya sama statistik blog agan saat masih awal dibentuk, masih sedikit pengunjungnya..

    Bagi saya, efek dari optimasi SEO On Page dan SEO Of Page itu baru kerasa kalau blog kita udah punya umur yang lumayan lama gan, kalau masih baru sih efeknya masih belum terasa..

    Karena blog ane yang masih baru, tips paling efektif adalah tips nomor 3. Pengunjung ane ningkat drastis gan gara-gara main di facebook.

  6. Artikel yang sangat baik. Saya memahami bahwa salah satu cara optimasi blog dan postingan adalah dengan menggunakan kata kunci yang tertarget. Selain itu konsistensi adalah hal lain yang tidak kalah pentingnya . Saya sendiri kadang masih kurang hal yang terakhir ini. Terima kasih Mas, artikel ini menyegarkan lagi pemahaman tentang dasar- dasar SEO yang perlu di lakukan.

  7. Pingback: Optimasi Blog Untuk Meningkatkan Pendapatan AdSense - AboutTiyo.web.ID

  8. Ini yang komentar banyak bener yak, berarti tulisannya memang keren. Btw, disadari atau tidak para blogger memang butuh yang namanya optimasi SEO meski hanya untuk kata kunci pencarian sendiri. Makanya saya biasa bilang ke teman2 bahwa SEO itu mudah mudah gampang, tergantung dari kata kunci apa yang menjadi target. Yang Mas Bro tuliskan diatas itu udah bener banget, itulah kunci SEO dasar. Untuk selebihnya hanya merupakan bagian dari “optimasi” agar kata kunci target bisa lebih bertahan lama di posisi #Pejwan. Maaf jika komentarnya terlalu panjang ya, salam hangat dari Borneo… :-)

  9. Bagus nih, visitornya aja dah ribuan, luar biasa…
    Pengen banget jadinya…
    Pelan2 pelajari dan praktekan

    uniksshop[dot]com – jual barang unik, buku bantal, buku islami

  10. Mantap gan,sangat bermanfat sekali.
    Saya mau tanya gan, untuk cara setting All In One Seo bagaimana ya yang benar.
    Masih bingung gan.

    • Wah, saya sendiri jarang sekali (tidak pernah di live site) menggunakan All in one SEO Pack. Mungkin lain kali saya mau menulis tentang All in one kalau sudah mencobanya :D

  11. Awalnya saya gk ngoment disini takut gak nyata, ternyata setelah saya coba bener2 pengunjung website saya meningkat abis kak, artikel diatas bener2nyata dan sudah saya coba tipsnya, terimakasih ya

  12. makasih mas share nya, jujur saya nge blog sudah ari 2008, tapi sampai sekarang masalah SEO saya masih bingung malah gak ngerti. di blog saya sudah hampir 99 postingan dan juga sudah ikut adsense yang sampai skrg masih lama untuk payoutnya, untuk isi konten waktu bberapa tahun pertama saya nge blog memang fokus ke satu konten, tapi 1 tahun terakhir ini saya menggabungkan dengan konten postingan sesuai dengan hoby saya yaitu saya membuat posting tentang travelling saya. mohon saran mas di blog saya. supaya bisa optimasi SEO.
    makasih mas and salam kenal

Tinggalkan Balasan

Alamat surel Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Anda dapat menggunakan tag dan atribut HTML: <a href="" title=""> <abbr title=""> <acronym title=""> <b> <blockquote cite=""> <cite> <code> <del datetime=""> <em> <i> <q cite=""> <strike> <strong>