Cara Menjaga Komputer dari Malware PUP

Cara Menjaga Komputer dari Malware (PUP & Toolbar Browser)

Kali ini masih berkaitan dengan posting tentang keamanan komputer, kalau kemarin kita membahas tentang Avast dan fitur Boot-time scannya. Kali ini saya akan membahas tentang cara menjaga komputer dari Malware (biasanya berupa Toolbar di browser atau PUP)

Apa itu PUP dan Toolbar di Browser?

PUP atau Potentially Unwanted Program adalah sebuah program komputer yang biasanya ikut terinstall saat kita menginstall sebuah program komputer yang memang benar – benar kita perlukan. Sedang toolbar/plugin dan add-ons di browser biasanya mengubah halaman default browser yang biasanya lebih aman ke halaman yang kadang kita tidak tahu menahu kebaikannya. Misal delta-search, meta pencarian, hao123 atau masih banyak lagi.

Bahaya PUP, Toolbar Browser dan Add-ons/plugin

Bahaya dari PUP dan toolbar browser ini adalah terutama tentang privasi, dimana kebanyakan toolbar di browser itu seperti mengawasi juga tentang kebiasaan kita berselancar di internet. Walau tidak penting kelihatannya, tapi dari sini pembuat toolbar ini bisa membuat data diri kita, memberikan iklan yang sangat cocok kepada kita, yang kita tidak tahu manfaat atau bencananya.

Selain itu bisa juga karena saking dalamnya malware ini merasuk dalam browser kita, tampilan iklan saat kita berselancar juga bisa mereka ganti semau mereka, bisa kita diarahkan ke website berbahaya atau juga website black campaign.

Bisa juga hasil pencarian kita dari website tak kredibel tadi disisipi iklan, pencarian di Google saja kadang masih bisa disisipi iklan, seperti ini misalnya;

Cara Menjaga Komputer dari Malware - unwanted adsBahaya PUP (Potentially Unwanted Program)

Lain dengan Toolbar dan juga add-ons browser, PUP lebih menjengkelkan lagi. Karena saat mereka ada di komputer kita, biasanya mereka menjadi program yang ikut jalan saat komputer dijalankan, bahkan ada yang seolah berperan seperti antivirus dan juga pengoptimal system.

Contoh paling jelas adalah OptimizerPro, Baidu PC Faster dan sejenisnya. Mungkin mereka terlihat seperti program yang benar – benar berguna, tapi menurut pengalaman saya tidak.

Karena mereka seringnya bekerja dengan menggunakan alokasi RAM 1GB lebih (seperti Moboginie) dan menjadikan komputer lemot, padahal kerja mereka cuma menakut – nakuti kita dengan memberi tahu kalau komputer kita seolah ada virus atau yang sejenisnya.

Di akhir pemberitahuan itu lalu ada perintah untuk upgrade (membeli) program berkaitan bila kamu ingin komputernya bersih dari malware yang mereka tunjukkan. Ya, inilah tujuan akhir mereka yang sesungguhnya, menakuti anda agar kemudian membeli produknya, waspadalah!

Cara Menjaga komputer dari Malware – Toolbar dan Add-ons/Plugin

Biasanya toolbar browser dan juga add-ons browser ini terinstall saat kita hendak mendownload sebuah dokumen dengan jenis file (ekstensi) .pdf atau .docx atau yang sejenisnya, namun saat download dimulai yang kita download justru file dengan format seperti NamaFileTujuanSebenarnya.pdf_Downloader.exe.Ziddu adalah website yang saya pernah mengalami hal ini.

Ini lebih sering pada pelajar dan mahasiswa yang ingin mencari referensi tugas sepertinya.

Untuk download file yang sebenarnya, baru deh kita diwajibkan untuk membuka file abal – abal tadi, saat file itu berjalan dan download dimulai seringkali halaman browser seperti Firefox dan Chrome tanpa diketahui tertutup sendiri, saat kita coba membuka lagi tidak bisa kecuali file tujuan utama tadi selesai di download.

Saat itulah sebenarnya mereka mendownload malware ini dan menginstall di browser. Hasilnya mungkin nanti akan ada banyak program yang tidak kita inginkan seperti ini;

Cara menjaga komputer dari malware - Program tidak diinginkan

Untuk cari amannya, usahakan untuk tidak mendownload file dari website – website seperti itu. Saat butuh dokumen seperti tugas seperti itu baiknya dikerjakan sendiri saja, biar makin pinter 😀

Cara Menjaga komputer dari Malware – PUP

Contoh dari program PUP adalah saat kita menginstall aplikasi pembaca file PDF Foxit Reader, kita akan ditawari untuk menginstall aplikai Skype, kebanyakan dari kita tidak sadar membiarkan pilihan seperti ‘I Accept’ atau centang kadang secara default, lalu klik OK saja, padahal kita buang dan lewati saja install Skype ini tidak ada pengaruhnya dengan Foxit Readernya.

Cara Menjaga Komputer dari Malware PUP

Untuk aplikasi Skype mungkin sebagian kita ada yang perlu dan memang membutuhkannya, tapi kadang banyak aplikasi lainnya yang kita tidak perlu sama sekali seperti Moboginie, Baidu PC Faster, OptimizerPro atau TuneUp Utilities yang justru memperlambat kinerja PC.

Mengapa Foxit Software memasang iklan itu? Biasanya mereka bekerja sama dengan broker iklan, lalu mendapatkan income dari malware yang terinstall di komputer sebagai ‘upah’ mereka membuat program yang bermanfaat kepada kita secara gratis. Mereka juga butuh makan soalnya.

Waspada install program, cara menjaga komputer dari Malware paling ampuh!

Dari pemaparan saya tadi, bisa dibayangkan bagaimana mudahnya sebuah malware yang beruba toolbar browser, add-ons/plugin dan juga PUP menjangkiti komputer kita. Solusi paling aman adalah dengan selalu hati – hati saat kita terkoneksi ke internet, jangan sembarangan download file dan install program.

Program yang kita percaya saja kalau tidak hati – hati sekarang ada PUPnya, apalagi yang tidak kita tahu pengembangnya. Saya biasanya lebih senang mencari program yang Open Sourse daripada yang Freeware, karena open source biasanya dikembangkan oleh komunitas, yang lebih cenderung dipayungi sebuah organisasi nirlaba.

Cara Membersihkan Malware dari Komputer?

Kalau sudah terlanjur banyak malware seperti ini kita harus bagaimana? Supaya jelas amannya, kita uninstall saja browser – browser kita terlebih dahulu, plus dengan program sampah yang melambatkan komputer tadi.

Jangan menggunakan fitur add-remove program bawaan Windows, biasanya program seperti itu bandel soalnya. Saya lebih suka menggunakan Revo Uninstaller yang terlihat pada gambar kedua, dia membersihkan hingga ke sisa registry dan file.

Setelahnya, biar makin yakin lagi, bisa digunakan fitur boot-time scanning avast.

2 pemikiran pada “Cara Menjaga Komputer dari Malware (PUP & Toolbar Browser)

Komentar ditutup.