Cara Setting Proxy Server di Mozilla Firefox

Cara Setting Proxy Server pada Mozilla Firefox dan Google Chrome

Cara setting proxy server di Mozilla Firefox dan Google Chrome memang agak berbeda, namun pada dasarnya hampir mirip. Mengubah setingan proxy server pada browser berguna sekali saat kita butuh untuk mengakses situs yang diblokir oleh admin jaringan atau ISP kita, seperti kasus yang terjadi beberapa waktu lalu, situs Vimeo.com diblokir oleh pemerintah.

Kali ini saya akan memberikan sebuah tutorial tentang cara setting Proxy server pada kedua web browser tersebut. Untuk membantu anda lebih paham, saya juga membuatkan video tutorial. Tapi dalam tutorial ini saya baru bisa membahas cara setting proxy server di Mozilla Firefox saja untuk menyingkat videonya agar tidak membosankan.

Mungkin lainΒ  kali saja saya akan membuatkan video tutorial cara setting proxy di Google Chrome juga πŸ™‚

Langsung saja deh, berikut adalah video tutorial yang saya maksud.

Kalau anda yang memiliki kecepatan internet agak sedikit lambat, bisa juga melnjutkan membaca dengan melihat screenshoot tutorial cara merubah setting proxy server berikut. Adapun link menuju daftar proxy server yang ada dalam video di atas bisa diakses di sini.

Cara Setting Proxy Server di Mozilla Firefox

Cara setting proxy server Firefox adalah sebagai berikut:

1. Buka Advanced Setting/Options Firefox

Setting Proxy Server Firefoxcara setting proxy server di firefox

2. Masukkan IP Proxy Server

Setelah muncul kotak anvanced setting klik setting pada sub bagian connection. dan kita tinggal memasukkan IP proxy server seperti berikut:

Setting IP Public Proxy Server Firefox

 

Cara Setting Proxy Server pada Google Chrome

Sekarang kita beranjak ke setting proxy server di Google Chrome. Agak sedikit berbeda sih, dan berikut adalah videonya, bisa juga kamu ikuti step by step langkahnya yang ada di bawah video. Saya menggunakan website freeproxylists.net untuk alamat proxy yang saya gunakan di sini.

1. Masuk ke Setting Google Chrome

Setting Public Proxy Server Google Chrome

 

2. Masuk Ke Advanced Setting

Advanced Setting Google Chrome

 

3. Masukkan IP Proxy Server

Advanced Setting Proxy Server Google Chrome

 

Kotak merah kiri adalah tombol yang kita klik begitu masuk advanced setting Google Chrome, kotak merah dua adalah tombol yang perlu kita klik untuk memunculkan kotak dialog terakhir untuk memasukkan setting IP proxy server seperti berikut:

Advanced Setting IP Proxy Server Google Chrome

Setelah klik OK maka anda bisa mencoba koneksi anda dengan setting proxy server yang baru ini. Lancar tidaknya koneksi tergantung dengan pilihan proxy server yang anda ambil.

Tips: Pilih proxy server dengan status connection yang cepat (bar hijau mentok) untuk mendapat kecepatan maksimal yang anda bisa raih.

Β Manfaat Lain Proxy Server

Saat anda menggunakan proxy server, anda bisa menentukan lokasi server mana yang ingin dipakai. Jika setting proxy server yang dipakai adalah server Amerika maka bisa jadi anda bisa melihat situs – situs yang hanya bisa diakses di Amerika Serikat atau kanada seperti vevo.com atau spotify.com.

Β Alternatif Selain Merubah Setting Proxy Server

Kalau cara di atas dirasa cukup ribet, anda bisa menggunakan alternatif lain seperti newunblocker.com. Dengan catatan koneksi ke situs ini tidak diblokir setting proxy server lokal anda tentunya.

Catatan kedua adalah saat menggunakan layanan situs ini tampilan jendela web browser terasa kurang nyaman karena ada banner iklan di atas dan bawah. Saya juga merasa kurang aman dengan metode seperti ini.

Sekian, semangat pagi, semoga membantu :mrgreen:

15 thoughts on “Cara Setting Proxy Server pada Mozilla Firefox dan Google Chrome

  1. Tergantung kebutuhan sih mas, kalau menggunakan cara ini untuk buka akun google adsense, dapat warning πŸ™

    • Konteks tulisan ini khan pada kondisi emergency seperti yang saya sebut sebelumnya mas, hehehe… Kalau mau daftar adsense ya mending di warnet atau pakai modem kalau sudah punya πŸ˜€

  2. Memanfaatkan kesempatan dalam kesempitan untuk menyempatkan diri berkunjung ke blog yg saya favoritkan ini… πŸ˜€
    Semenjak HD laptop saya bermasalah, ruang gerak saya di internet kayak terbatas sekali coz banyak data2 informasi saya yg tak bisa saya gunakan untuk saat ini. Semangat blogging tetap ada makanya saya selalu berusaha untuk menyempatkan waktu berkunjung kesini. Saya bookmark dulu ya mas untuk info yg ini…

    • Tersanjuung kayak sinetron nih dibilang favorit hehehe… Silahkan mas dibookmark, kalau sewaktu – waktu perlu biar cepet nemuinnya. Semoga Laptopnya juga cepet sembuh, baik HD atau juga keyboardnya πŸ™‚

      • Hahahaa…. mas tersanjung ya selaku admin blog ini yg sudah saya masukan dalam daftar blog yg saya favoritkan.. πŸ˜€
        HDD Laptop sya udah nggak bisa diperbaiki mas dan untuk tarik data2 yg ada di hardisk itu butuh kerja yg lebih ekstra lagi untuk biaya penarikan data2nya. Yang penting masih ada data2 yg sempat saya backup 4 bulan yg lalu di HDD eksternal saya.

        • Iya mas, dimasukkan dalam daftar favorit oleh blogger sekelas anda pasti bikin bangga πŸ™‚

          Wah, kalau gitu nasib HDDnya ikutan sedih deh πŸ™ Moga aja segera ada penggantinya biar saya bisa kembali melihat artikel baru di blog mas Agung.

        • Sementara bikin brosur baru ini mas untuk layanan instalasi SO windows di laptop and PC. Biaya standarnya lima puluh ribu per Instal. Mudah2an aja dalam waktu dekat ini ada 10 laptop atau lebih yg bisa saya tangani supaya biaya untuk beli hardisk baru secepatnya saya dapatkan… πŸ˜€
          Untuk sementara blogwalkingnya masih lancar kok mas tapi untuk posting artikel terbaru masih dalam proses penyesuaian dan pencarian referensi.

  3. Amin mas, moga aja GAnya juga cepet payout. Ga punya satu komputer tetap memang butuh penyesuaian yang ribet kadang mas, saya sendiri mengalami hal itu.

    • Mudah2an juga akun GA nya fine2 aja mas coz udah target nih mudah2an bulan depan PO nya… πŸ˜€
      O iya mas… terima kasih banyak sudah meletakkan link blog saya di footer blognya mas. Saya baru tau nih mas. πŸ˜€
      Tadi sore kan saya coba buka2 kondisi link2 yang mengarah ke blog saya dan betapa kagetnya diriku telah menemukan domain abouttiyo.web.id muncul di deretan domain yg sudah tertaut dengan blog saya dengan beberapa ratus link lagi di dalamnya. Saya coba cari tau dari mana aja semua link itu berasal, ternyata link blog saya sdh diletakkan di footer blog ini.

    • Amin deh mas, moga lancar πŸ™‚
      Hehehe… Link itu udah nangkring disitu berbulan – bulan kok, masak ga kelihatan, beberapa komentator aktif di sini saya beri tempat disitu mas, biar gampang kalau mau kunjungan balik πŸ˜€

  4. kalau proxy di google crome gak bisa dirubah gimana mas, setiap dirubah selalu kembali kepengaturan awalnya, padahal gak ada pakai aplikasi sejenis untuk mengunci laptop, apa ada solusinya mas ?

    • Kalau komputernya normal harusnya bisa mas. Kecuali ada program2 yang tidak kita inginkan seperti add-ons, toolbar, baidu suite yg kadang bandel dan bikin komputer lemot.

Comments are closed.