Bintang Iklan Google - endorsements

Ada Tawaran Jadi Bintang Iklan Google, Mau?

Menjadi bintang iklan mungkin adalah salah satu mimpi kamu yang belum kesampaian. Selain menjanjikan gaji yang besar, menjadi bintang iklan juga menjadikan kamu tenar. Nah sekarang, kesempatan kamu untuk menjadi bintang iklan makin terbuka lebar, lebih – lebih Google yang akan meng-orbitkan kamu lho! Bayangkan, menjadi bintang iklan Google! Mau??

Jangan senang dulu, soalnya tawaran menjadi bintang iklan Google kali ini tidak mewarkan bayaran apa – apa. Loh?

Ya, sebenarnya bukan seperti bintang iklan yang pada umumnya, Google mulai tanggal 11 Oktober mendatang akan ‘meminjam’ nama dan foto profil Google+ kamu untuk memberi rekomendasi kepada teman – teman kamu dalam halaman yang berkaitan dengan produk. Seperti inilah tampilannya;

Bintang Iklan Google - endorsementsMaksud Google dengan menampilkan fotomu dan rating yang kamu berikan ini adalah untuk meningkatkan minat pada produk yang terkait.  Pastinya kamu bakalan lebih percaya dan tidak ragu dengan sebuah produk saat tau teman – taman kamu ternyata juga memakainya dan menilai produk itu bermanfaat.

Google makin mendapat untung dari pemilik produk yang mambayar iklan model ini atas produknya. Enaknya di Google, mereka mendapat penghasilan lebih, tanpa repot, dengan bantuan cuma – cuma kamu. Inilah maksudnya kamu jadi bintang iklan Google.

Hehehe… Kalau ini mah bukan jadi bintang iklan Google namanya, tapi perampasan privasi oleh Google 😛

Memang benar tapi apakah kamu juga tidak sadar, kalau selama ini kamu juga sudah menjadi bintang iklannya Facebook?

Hah?? Masak?

Menjadi Bintang Iklan Facebook??

Kalau tidak percaya kamu pernah menjadi bintang iklan Facebook, lihat baik – baik deh screenshot berikut;

bintang iklan facebook

Tuh kan udah jadi bintang iklan Facebook juga, tapi kamu selama in tidak sadar, dan mungkin tidak tahu bagaimana cara untuk menyembunyikan diri dari semua itu?

Tenang nanti saya beritahu caranya tapi sekarang balik lagi ke bintang iklan Google tadi ya.

Berhenti jadi Bintang Iklan Google

Dalam bahasa Inggris Amerika, Google menamai iklan terbarunya ini shared endorsement atau Rekomendasi teman dalam bahasa kita yang di Indonesia. Cara menonaktifkannya adalah dengan mengunjungi halaman berikut https://plus.google.com/settings/endorsements.

Lalu kamu perlu turun ke akhir halaman dan hapus satu – satunya centang yang ada di sana, klik tombol biru bertuliskan save/simpan.

Berhenti jadi Bintang Iklan Facebook

Saya tadi sudah janji, kalau kamu mau berhenti juga menajdi bintang iklan Facebook cuma – cuma.  Berhenti membiarkan hak privasi kamu diambil Facebook, caranya dengan mengunjungi halaman ini https://www.facebook.com/settings?tab=ads&section=social&view.

Pada pilihan drop down diujung bawah pilih no one/bukan siapa – siapa, lalu klik Save Changes/simpan perubahan. Selesai!

Pelanggaran Privasi Memang Banyak

Pelanggaran privasi seperti ini memang banyak dilakukan perusahaan besar sekelas Facebook dan Google ini. Terutama berkaitan dengan cara mereka untuk menghasilkan pendapatan. Ini adalah upaya Google untuk menyaingi iklan seperti ini yang sudah diterapkan Facebook sejak lama.

Biasanya memang ada setting untuk mematikannya, tapi banyak yang tidak tahu atau memang dibuat kurang sosialisasinya seperti yang Facebook lakukan selama ini.Berbeda dengan Google yang sedikit lebih ‘sopan’ dengan mewanti – wanti sebulan sebelum penerapannya.

6 thoughts on “Ada Tawaran Jadi Bintang Iklan Google, Mau?

  1. Wahaha ternyata gitu yaaah.. Tapi kalau menurut saya itu tidak bisa disebut pelanggaran juga karena pasti sudah ada di TOS-nya. ini cuma tentang “kesopanan” aja 😀

    • Memang mungkin ada TOS yang membahas ini, tapi saya yakin banyak orang di Indonesia yang menggunakan jasa Facebook atau juga Google yang tidak memperhatikan hal ini. Bahkan tidak pernah menyangka dan tahu kenapa hal itu bisa terjadi.

      TOS Google yang awal juga tidak menyebut hal ini, karena memang penggunaan data pribadi user untuk hal ini adalah hal baru 🙂

    • Itu kalau kita makai Google Authorship mas, fitur ini nggak berkaitan dengan artikel yang kita buat lalu memunculkan foto kita gitu. Tapi ke halaman sebuah produk A, lalu muncul foto orang yang kita kenal yang memiliki review bagus tentang produk itu.

      Dan ini masih belum diterapkan saat ini, jadi ya belum ada di SERP 🙂

Comments are closed.