Facebook Affiliate Marketing - Want

Facebook Masuk Bisnis Retail dengan Fitur Facebook Wants

Setelah dulu memperkenalkan fitur like untuk para penggunanya yang bisa digunakan pada semua halaman situs yang menempatkan tombol like tersebut. Kini dikabarkan dari Latimes bahwa Facebook hendak menerapkan sebuah fitur baru yang disebut dengan Facebook Wants (ingin).

Tombol ini bisa digunakan untuk membuat daftar  berbagai produk yang kita inginkan, mengelompokkan dan membagikannya kepada rekan – rekan kita di Facebook atau yang lebih sering disebut dengan wish lists.

Facebook Affiliate Marketing - Want

Fitur ini nantinya akan disebut dengan Collections. Fitur yang masih dalam masa percobaan dan mungkin awalnya hanya bisa digunakan oleh penggunanya yang berdomisili di Amerika Serikat.

Tujuh retailer telah diajak bergabung dalam upaya ini, mereka adalah Victoria’s Secret, Pottery Barn, Neiman Marcus, Michael Kors, Smith Optics, Wayfair dan Fab.com.

Some users will see the “want” button as part of the test, while others will see a button inviting them to “collect” an item or to “like” an item.

Unlike Facebook’s existing “like” button, the feature that Facebook is testing will showcase the “liked” item within a user’s Timeline profile page. — Reuters

Dikutip dari Reuters di atas, fitur ini berbeda dengan ‘like’. Karena koleksi ini nantinya akan ditampilkan dalam timeline seseorang, lebih mirip seperti album foto nampaknya.

Satu lagi manuver Facebook dalam meningkatkan income yang selama ini telah mereka peroleh dari iklan yang kebanyakan berwujud banner pay per click, lalu disusul dengan sponsored update, yang disebut hilight.

Dengan menggunakan collection ini, pastinya semua link yang mengarah ke halaman produk tersebut akan ditambahkan link tracking affiliasi milik Facebook.

Bagi saya ini semakin memperkuat apa yang saya sampaikan sebelumnya bahwa Affiliate marketing merupakan salah satu cara yang ampuh untuk mengeruk untung dalam kancah bisnis online.

Kalau untuk pasar Indonesia, siapa ya yang kira – kira akan digandeng? Bhinneka, toko bagus, berniaga, mungkin 🙂 Kalau mengingat fitur sponsored update yang langsung live beberapa pekan setelah posting saya terdahulu itu, nampaknya fitur ini juga tidak akan lama lagi akan muncul di Indonesia.