Melindungi Privasi di Facebook dari Orang Jahil dan Apps

Kadang dalam menggunakan sosial media seperti Facebook banyak yang kelewatan sehingga tanpa sadar melanggar hak orang lain untuk bisa lebih nyaman. Entah itu dengan update status dan komentar yang tidak pantas – bahkan mengarah ke perseteruan – dan menandai pada update yang tidak tepat, bisa juga mengundang memainkan game yang menghabiskan waktu yang berharga.

Karenanya kita perlu melindungi privasi di Facebook dengan beberapa tips yang akan saya sampaikan berikut ini.

Dalam tips cara melindungi privasi di Facebook ini, akan saya sampaikan 5 hal yang berkaitan dengan memfilter tag, menghapus teman yang membuat kurang nyaman dari feeds (beranda), mengeblok orang, mengeblok undangan aplikasi (baik yang mengundang atau juga aplikasinya).

 4 Cara Melindungi Privasi di Facebook

Langsung saja deh kita mulai bersih – bersih facebook dari hal – hal yang tidak penting tadi;

 1. Melindungi kita dari tag/tanda yang tidak diinginkan.

Kadang orang – orang banyak memberikan tanda kepada kita tentang berbagai hal yang terkesan ‘lebay’ atau bahkan malah promosi produk yang terjadi terus – terusan. Hal ini tentunya tidak nyaman saat kita melihat profil sendiri justru yang ada malah hal – hal yang tidak kita inginkan. Terlebih jika kita sendiri tidak begitu sering update.

Untuk mencegah tiap update yang menandai kita langsung muncul di profil kita adalah dengan setting privasi seperti berikut ini;

melindungi privasi di Facebook - Mencegah ditandai di Facebook

Untuk membuka halaman setting ini, klik disini. Pastikan kamu hidupkan dengan memilih enabled (oval bawah). Kotak di merah atasnya (edit) bisa juga kamu kunjungi untuk mengatur siapa yang bisa menulis di profil kamu, dan siapa yang bisa melihat update itu. Kalau menggunakan bahasa Indonesia bahasanya menyesuaikan ya :)

2. Melindungi Privasi di facebook dengan blokir aplikasi

Selanjutnya dibawah setting yang pertama, kita bisa menemukan setting untuk memblokir; orang, aplikasi, undangan acara dan undangan bermain/menggunakan aplikasi (game). Tapi untuk cara melindungi privasi facebook dengan memblokir orang akan saya tulis diakhir saja.

Mencegah orang tertentu untuk menggunakan aplikasi;

Melindungi privasi di facebook dengan blokir undangan aplikasi

Mencegah game/aplikasi facebook tertentu untuk ditawarkan;

Melindungi privasi facebook dengan blokir aplikasi

3. Menghapus update dari temang yang jahil/tidak mengenakkan updatenya

Ini adalah trik agar kita tidak merasa tidak enak kalau ketahuan menghapus seseorang dari daftar teman kita. Tidak usah menghapus orang yang membuat update yang menjengkelkan, terlalu banyak atau mungkin menyebar fitnah dan membuat resah, cukup kita lenyapkan saja dia dari peredaran beranda kita.

Caranya sangat sederhana, kita bisa menghover mouse di atas nama orang tersebut dari mana saja lalu klik tombol mengikuti untuk berhenti mengikuti updatenya di facebook.

Cara melindungi privasi di facebook - stop mengikuti

Seperti yang saya tulis, kita bisa melewatkan mouse diatas nama orang yang bersangkutan, dari mana saja. Asalkan bisa memunculkan profil ringkasnya seperti itu, klik tombol “following” yang saya lingkari.

4. Memblokir orang yang tidak kita inginkan

Sebenarnya saya sedikit tidak enak mengajari orang untuk memutuskan silaturahmi, tapi kadang inilah pilihan yang terpaksa dipilih. Kadang ada orang yang memang kita kenal keras kepala dan menjengkelkan, suka menyebar komentar dengan spambot misalnya.

Bisa juga karena alasan personal, karena tak ingin mantan membuka – buka profil kita setelah putus misalnya, atau mungkin ada intel yang mendekati kita :p

Caranya ya tinggal kunjungi profil yang bersangkutan, lalu klik menu di ujung jajaran tombol yang ada di bagian cover (sampulnya).

Melindungi privasi di facebook dengan mengeblok orang

Mengembalikan kontak yang di Blokir bagaimana?

Kalau nanti sudah tiba waktunya kamu merasa semua orang yang kamu blokir dan sembunyikan dari beranda layak diampuni, seperti waktu lebaran, kunjungi saja halaman pada point 2, klik pada link “unblock” setelah nama orang – orang itu.

Menggunakan Facebook dengan Tanggung Jawab & Respect

Sumber utama kita merasa terintimidasi dan jadi tidak nyaman adalah karena kontrol diri kita. Kita sering ingin terlihat lebih dari orang lain (lebih cerdas, lebih puitis, lebih lebay atau juga lebih galau ), yang merupakan kewajaran bagi kita, tapi endingnya kita jadi kebablasan tanpa sadar.

Lupa kalau kadang komentar kita menyinggung orang, lupa kalau mengupload foto orang yang memperlihatkan kejelakan orang itu bisa menyakitinya, lupa kalau kita terlalu banyak beriklan seperti kalap, lupa orang bisa jengan karena kita tiap update hanya mengeluh dan seterusnya.

So, dari sekarang, think before you post. Pertimbangkan sebelum update status di Facebook dah :)

VMSTUD Plat HD 11 Sony Creative Software Inc.

4 thoughts on “Melindungi Privasi di Facebook dari Orang Jahil dan Apps

  1. penting banget tuh privasi di facebook untuk di setting agar lebih aman ya mas, soalnya sekarang banyak orang yang suka jahilin foto kita di fb hufht :)

  2. nomer 1 baru saja tahu dari sini mas tiyo, kalau nomer 3 sudah sering saya lakukan. Biasanya TL berubah jadi sarana jual beli gak karu2an kalau gak di unfollow. Hehe.

  3. facebook merupakan jejaring sosial yang paling rame dan banyak digunakan, wajib banget tu buat melindungi privasi. terima kasih sudah kasih info dan caranya mas
    salam kenal

Tinggalkan Balasan

Alamat surel Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Anda dapat menggunakan tag dan atribut HTML: <a href="" title=""> <abbr title=""> <acronym title=""> <b> <blockquote cite=""> <cite> <code> <del datetime=""> <em> <i> <q cite=""> <strike> <strong>