Mengembalikan Tampilan Facebook Timeline/Kronologi ke Wall

Beberapa waktu lalu saya membuat posting tentang bagaiamana cara mengubah tampilan Facebook anda menjadi Timeline/Kronologi. Dan setelah itu banyak pula orang yang merubah tampilan Facebooknya jadi Timeline, namun dari kisi – kisi mbah Google banyak diantara pengguna Facebook Timeline tersebut yang merasa kurang nyaman dan kesulitan untuk beradaptasi sehingga ingin mengembalikan tampilan faceboonknya ke tampilan lama/wall.

Secara default dari Facebook, sebenarnya tidak ada cara untuk mengembalikan tampilan ini, yang kita lakukan adalah dengan mengganti user agent dari web browser yang kita pakai ke versi lawas. Karena proses pengiriman konten situs ke user adalah dengan mendeteksi jenis browser (nama browser; IE, FireFox, Chrome, Safari atau Opera dan versinya yang biasa di sebut user agent) melalui http heaader baru konten dikirim menurut kemampuan browser pengguna. Jadi ketika kita mengganti user agent dengan versi yang lebih lawas, Facebook tahu kalau Timeline/Kronologi tidak bisa ditampilkan dengan baik pada browser kita, sehingga mereka akan menampilkan konten versi Wall. Ok, langsung saja, berikut adalah cara untuk mengganti user agent tersebut.

1. Mengganti User Agent pada Firefox

Anda bisa menggunakan adds-on yang disebut dengan user agent switcher atau juga User Agent RG 1.0. Kedua – duanya adalah adds-on yang bisa anda gunakan untuk memungkinkan pergantian user agent ini, User Agent RG disamping lebih ringan juga tidak perlu restart saat menginstallnya.

2. Mengganti User Agent pada Google Chrome

Untuk versi Google Chrome sebelum 17 menu ini tidak tersedia. Pada Google Chrome versi 17 (beta) anda bisa mengganti user agent dengan mudah melaui setting yang sudah disediakan. Caranya tekan F12, lalu klik simbol gear warna biru di pojok kanan bawah sehingga muncul dialog setting berikut, lalu rubah settingnya seperti pada gambar berikut (Win, FF7);

Rubah Tampilan Facebook Timeline ke Wall dengan User Agent - Chrome

[Eits bentar, anda perlu membaca ini dulu sepertinya]

Seperti yang saya sampaikan pada komentar di bawah, dengan cara ini tampilan wall hanya akan muncul bagi anda, bagi orang lain sama saja. Ada baiknya anda belajar saja menggunakan timeline, sehingga tidak perlu berulang – ulang mengadakan perubahan ini jika anda berada di warnet. Baca 5 Cara Cepat Menguasai Facebook Timeline/Kronologi saja kalau anda ingin bisa cepat pinter.

4. Mengganti User Agent pada Safari/Opera

Rubah Tampilan Facebook Timeline ke Wall dengan User Agent - Safari

Pada Safari, penggantian user agent justru lebih mudah, tinggal munculkan menu bar-nya lalu pada menu Develop kita akan menemukan menu untuk mengganti User Agent tersebut. Kalau menu Develop tidak ada, anda bisa memunculkannya dengan membuka Preferences > Advanced lalu centang box “Show Develop Menu in menu bar” Untuk Opera, saya sendiri jarang memakainya karena Opera menyimpan Cache terlalu lama, penggantian user agent bisa membuka Tools > Quick Preferences > Edit Site Preferences > Network, ada pilihan paling bawah untuk mendefinisikan Opera sebagai apa.

Vote Artikel Ini

26 thoughts on “Mengembalikan Tampilan Facebook Timeline/Kronologi ke Wall

  1. Pingback: Kamtiyono

  2. Pingback: Kamtiyono

    • Bagian yang mana bro yang membingungkan, posting ini materinya khan tentang gimana kita bisa merubah user agent itu, setelah menginstall tinggal pilih user agent terdahulu yang bisa kita gunakan, misal kita ganti Internet Explorer (IE) 7, saya sudah mencobanya dan memang bekerja dengan baik, saat digunakan untuk membuka Facebook Tampilan Timeline sudah kembali jadi Wall.

  3. edowan says:

    wah kalo gitu cuma kita aj (yg user agent nya diganti) yg ngeliat tampilan fb kita balik lagi, orang lain yg ga diganti user agent nya tetep ngeliat profil kita pake timeline dong

    • Iya, memang hanya kita yang melihat tampilan kita balik lagi ke Wall, tapi dengan begitu khan kita sudah merasa lebih mudah dari pada sebelumnya, kalau anda merasa ada lebih banyak orang membutuhkan solusi ini, tinggal kasih tahu saja untuk membaca panduan ringkas saya ini.

      Terima kasih untuk komentarnya :D

  4. Semar Bingung says:

    Gan artikelnya sangat membantu. Jujur ane jadi bingung ketika menggunakan Facebook Kronologi. Entah karena belum terbiasa atau gimana, tapi menurut ane lebih enak dengan menggunakan tampilan lama. thk.

  5. joyo karneli says:

    saya juga baru pakai timeline,dan sepertinya kepala saya jadi pusing {maklum,wong ndeso}. dan sekarang akun pesbuk saya non aktifkan sementara.

    nanti habis minum bodrex akun diaktifkan lagi,,,,

    hhhhhhhhh……

  6. Pingback: 7 Manfaat Tidur Awal yang Harus Kamu Ketahui | abouttiyo

    • Pakai timeline juga tidak apa – apa bro, tuh aku juga sudah buat posting tentang kiat belajar mudah menggunakan timeline, aslinya sama saja kok, hanya kemasannya saja yang terlihat jauh beda.

  7. Pingback: Facebook Perkenalkan Design Baru untuk Halaman | abouttiyo

  8. Pingback: Gallih Pamungkas

  9. Pingback: 7 Manfaat Tidur Awal yang Harus Kamu Ketahui - AboutTiyo.web.ID

  10. Pingback: 7 Manfaat Tidur Lebih Awal yang harus kamu ketahui « Nias Selatan ku

Comments are closed.