Facebook News Feed

Facebook News Feed, Tampilan Baru Facebook yang Mirip Google Plus

Facebook News Feed adalah design terbaru Facebook yang saat ini masih dalam proses percobaan untuk pengguna di wilayah Amerika Serikat. Kita yang dinegera berkembang sementara boleh mengantri dulu. Linknya akan saya sampaikan di bagian akhir posting.

Sepertinya memang Facebook tidak pernah berhenti untuk memberikan tampilan baru dengan maksud memudahkan penggunanya, walaupun banyak yang justru merasa kesulitan untuk beradaptasi seperti kasus Facebook Kronologi/Timeline.

Lalu, seperti apakah tampilan Facebook News Feed itu? Singkatnya, seperti Google Plus. Itu dari sisi tampilan UI design yang ditampilkan. Kalau soal penggunaan (usability dan User Experience) masih belum bisa memeberikan informasinya saya 😀

Layout Design Facebook News Feed Mirip Google Plus

Berikut adalah contoh design Google+ dan Facebook, coba klik tiap gambar yang akan menampilkan halaman baru dengan ukuran lebih besar untuk memperhatikan betapa mirip Facebook News Feed dengan Google Plus.

Tampilan Google Plus

Facebook News Feed mirip Google+Tampilan Facebook News Feed

Facebook News Feed

Tiga bagian yang saya beri kotak merah mengindikasikan kemiripan yang sangat lekat. Menu di kiri Facebook News Feed memang terlihat lebih ringkas dan atraktif karena penuh warna, namun item peletakkan seperti event, photo , pencarian dan games sunguh sangat mirip.

Mungkin Facebook bisa berdalih design ini penyesuaian dari versi mobile yang biasa dilihat pengguna smartphone Android dan iPhone. Tapi ya tetap saya melihatnya seperti penjiplakkan. :mrgreen:

Kotak kedua menunjukkan menu like, comment dan share Facebook News Feed makin mirip dengan milik Google Plus, dari yang sebelumnya tulisan biasa jadi ada semacam kolom khusus dengan background kontras dari konten sebelumnya.

Bagian People You May Know juga demikian, sama plek dengan milik Google Plus. Berada di bagian kanan, lumayan sama posisinya.

Elemen Design Facebook News Feed yang Mirip Google Plus

Selain persamaan dari lay out, beberapa elemen design juga saya lihat berubah dari design sekarang menjadi mirip dengan milik Google Plus. Berikut adalah beberapa contohnya.

1. Tombol Facebook

Facebook News Feed ButtonDesign tombol Facebook saat ini saat melihat profil orang berbentuk rounded, pojoknya melengkung dengan gradasi warna sedikit, tidak kotak dengan warna tunggal seperti di atas. Kalau mouse dilewatkan nama profil orang sih kotak seperti itu juga, tapi background-nya  abu – abu, tidak putih seperti itu.

2. Preview Video dan Tampilan Update

Facebook News Feed Video

Kalau dulu video di Facebook tampilan ikon play yang ada di video berbentuk kotak dengan pojokan rounded, sekarang jadi ikutan dengan Google Plus, berbentuk lingkaran. Nampaknya tampilan defaultnya juga bakal besar seperti itu, tidak thumbnail kecil seperti sekarang, bisa besar kalau di highlight.

Tampilan tiap posting baik status dan  foto atau link/tautan juga relatif sama, dengan warna background putih di atas warna bagian konten utama abu – abu. Berbeda dengan bagian konten utama facebook yang saat ini putih semuanya.

Facebook News Feed itu….

Kalau menurut saya keren lah. Walau memang bisa dibilang copy paste designnya Google Plus, tapi memang inilah trend web design saat ini. Tampilan yang simple dengan whitespace lapang dan font yang jelas dibaca.

Cara Mendapatkan Facebook News Feed

Seperti yang saya sampaiakan di awal artikel, kalau anda juga hendak mengantri menjadi pengguna Facebook News Feed, anda bisa mengunjungi halaman perkenalannya di sini. Scroll di akhir halaman lalu klik tombol hijau besar yang ada di sana.

17 thoughts on “Facebook News Feed, Tampilan Baru Facebook yang Mirip Google Plus

  1. Tampilan mau diubah seperti apapun, tetap facebook = pasar online 😀
    Kalau mau dapat info baru dan lain dari yang lain ya di G+.
    Kalau di facebook ilfil sama copy paste dari banyaknya fanspage yang berserakan 😀

    • Kalu saya info lebih banyak di twitter mas, akun pribadi banyak follow motivator n entrepreneur Indonesia, akun blog follow bloger sama webdev community.

      Yang copy paste itu fanspage jenengan ya mas? Wkwkwk… Kidding 🙂

      • Halah jualan aja nih mas yang jadi tujuan utama, sampai kemarin komentar makai nama keyword bukan nama jenengan. Otomatis komen itu pending, karena saya pikir melanggar aturan saya di halaman tentang (berkenalan), saya biarkan saja disana mas. Sorry 🙁

        • Hahahaha ya gpp mas, aku lali ubah namane, otomatis ngisi sendiri ternyata, pas tak kirim baru inget belum tak ubah 😀

    • Tidak bisa langsung nampaknya mas, saya juga sudah klik, tapi namanya saja antri ya kita nunggu giliran saja. Tapi biasanya yang sudah antri begini akan dapat tampilan ini lebih dulu dari user lainnya.

  2. google plus memang memberi warna berbeda pd situs social network, tp sayang terlalu berat loading krn koneksi pas-pasan,

    sekali lg facebook memberi inovasi yg smakin susah saja disaingi social network lain

    • Kalau menurut saya mah, ini bukan inovasi Kang, wong tinggal ambil milik Google Plus 😀 Semoga saja nanti loadingnya lebih cepat ya.

      Yang masih jadi pertanyaan saya, dimana ya iklannya nanti, kok kayaknya bersih banget begitu?

  3. Emang gak ada habisnya kalo ngomongin fb, kayaknya fb menyimpan sejuta pesona.

    Salam kenal mas.

    • Iya mas, Facebook itu melebihi blog pribadi saja, maen rubah – rubah tampilan semaunya. Padahal yang menggunakan orang 1 milyar ya, barusan saya lihat tampilan profil sudah diobrak – abrik lagi 😀

    • Iya pak, silahkan dicoba ikutan antri. Dari dua akun Facebook yang saya punyai, salah satunya sudah mengalami perubahan, nampaknya efek ikutan ngantri nih, walau belum seperti yang ada di atas.

Comments are closed.