Kupas Tuntas Pengaturan Keamanan Facebook Kronologi

Mungkin kamu sering bertanya, seperti apakah tampilan Facebookmu bagi mereka yang jadi temanmu, mereka yang teman dari teman kamu atau bahkan yang bukan siapa -siapa (publik). Kamu mungkin juga pernah takut foto – foto yang kamu anggap pribadi bebas dibuka orang yang tidak kamu harapkan. Atau mungkin ingin menulis sesuatu yang hanya diketahui seseorang saja, bukan orang selain dia. Ok cukup bertanya, saya akan memberi tahu kamu tentang semua itu.

Peringatan! Posting agak panjang, boleh deh disiapkan dulu teh atau kopi sebelum membaca 😀

Sebenarnya facebook kita mau terlihat seperti apa bagi orang lain bisa kita kontrol sedemikian rupa, sehingga apa yang ada di sana hanya apa yang kita inginkan saja. Kita bisa melindungi wall kita agar bersih dari tag – tag yang hanya bermuatan iklan, foto – foto atau mention pada status yang tidak berkenan juga. Saya akan sampaikan di sini.

Selain ada yang over share dengan memberikan tag (tanda) yang membuat kita tidak nyaman, juga ada yang terlalu pobia/paranoid sehinga menjadikan setting keamanan kita tidak terlalu kuat dan tak tersentuh, loh! Iya, ini terjadi contohnya ada di bawah ini:

Setting Facebook Kronologi Terlalu Aman

Sangat aman, terlalu bahkan. Sehingga kalau anda ingin menjadikan seseorang teman baru, mereka yang terhitung selektif dalam ber-facebook pasti akan mengabaikan anda. Karena anda sama sekali tidak memberikan kesempatan untuk tahu siapa anda selain jenis kelamin dan cover foto saja 😛

Ok deh, langsung ke tema, tapi sebelumnya pengaturan keamanan facebook di sini hanya keamanan halaman profil (privasi), bukan menyeluruh sampai keamanan akun anda. Kalau akun ingin aman saran saya cukup anda saja yang tahu password dan selektif jika ingin menggunakan apps.

Pengaturan Keamanan Facebook – Posting

Untuk masuk ke pengaturan keamanan facebook silahkan buka halaman ini: https://www.facebook.com/settings/?tab=privacy, yang nantinya akan muncul tampilan seperti berikut jika pengaturan bahasa anda Inggris;

Pengaturan Keamanan/Privasi Facebook

Sebelum bagian control default privacy adalah gambaran kotak posting, dimana anda bisa mengatur kepada siapa saja posting itu akan terlihat.

Di bawahnya, control default privacy adalah pengaturan umum yang lebih anda sukai tentang update tersebut, jika rata – rata status anda tidak ingin dibaca orang luar selain teman, bisa sekalian anda atur keamanannya ke teman saja dengan memilih tiga tombol yang disediakan.

Pengaturan Keamanan Facebook – Pertemanan

Bagian bawahnya, How you connect/bagaimana anda terhubung, berisikan pengaturan siapa yang bisa mencari anda di facebook, baik dengan menuliskan nama atau alamat email. Selanjutnya tentang siapa yang bisa mengirimkan pesan pada anda atau mengirim permintaan pertemana pada anda.

Pengaturan Keamanan Facebook – Tagging/Tanda

Bagian ini adalah sumber ketidak nyamanan yang anda dapatkan saat orang lain menandai anda dengan bebasnya. Berisi 6 item, saran setting keamanan yang bagus adalah sebagai berikut (urut dari atas) : Yang bisa posting di wall Teman saja, yang bisa melihat tulisan orang custom (hanya saya) sehingga kalau ada orang yang menulis hal yang kurang sopan di wall, cukup anda saja yang tahu :D, review post, on, agar hanya tag yang kita mau saja yang muncul.

Approve tagging

Gambar di atas menunjukkan saat orang menandai saya dalam sebuah foto, tanpa ijin saya foto tersebut tidak akan muncul di profil saya. Aman kan 🙂 Tiga selebihnya sudah berada di bawah kendali saat tiga yang tadi pengaturannya sudah seperti itu.

Pengaturan Keamanan Facebook – Iklan, Apps dan Website

Apps, Games dan Websites sering kali menggunakan data yang kita berikan pada Facebook saat kita login dengan menggunakan akun facebook kita pada situs, games dan juga apps tersebut.

Saya termasuk hati – hati dalam hal ini. Sebuah situs, apps dan games sering meminta ijin untuk menuliskan sesuatu di wall kita, saya anggap mereka tahu ;password saya, dan ini berbahaya. Saya sering tidak jadi memberikan ijin jika apps atau situs yang meminta ijin ini jika saya tidak begitu kenal.

Ada banyak hal yang bisa kita setting di halaman ini, lihat saja dari gambar berikut;

Pengaturan Facebook - Apps

Ada daftar Apps yang pernah digunakan, klik edit setting atau remove unwanted or spammy apps untuk menghapus akses apps tersebut ke profil anda. Atau turn off all apps sekalian untuk mematikan mereka sekaligus.

How people bring your info to apps they use berisikan daftar informasi profil anda yang bisa diambil oleh sebuah apps saat teman anda, bukan anda menggunakan suatu apps. Di sini anda bisa mengaturnya.

Instant Personalization, saat anda berkunjung pada beberapa situs yang menjadi partner Facebook termasuk bing.com, tripadvisor.com, scribd.com dan docs.com aktifitas anda akan dicatat untuk menjadikan situs tersebut lebih pintar dan memberikan konten – konten yang makin relevan pada Anda saat anda membukanya lagi. Klik tombol edit setting di atas buang atau biarkan tanda centang paling bawah untuk membuatnya on/off.

Public Search, pengaturan ini berguna untuk membatasi hasil pencarian mesin pencari seperti Google dalam menampilkan profil anda. Jika tidak ingin orang yang mengetikkan nama anda di Google menampilkan profil Facebook anda, matikan pengaturann ini.

Ads/Iklan, Anda mungkin pernah melihat iklan semacam ‘Teman Anda si X dan 16 lainnya menyukai intel‘ lengkap dengan logo intel dan tombol suka/like di sekitarnya.

Third party ads setting/pengaturan iklan pihak ketiga. Saat ini facebook tidak memberi ijin pihak ketiga menggunakan nama atau foto anda dalam beriklan. Namun ke depannya mungkin akan terjadi yang demikian. Anda bisa melindungi penggunaan data pribadi anda dengan mengaturnya sekarang, sehingga nantinya data anda tidak akan pernah dicomot untuk iklan.

Berikutnya Social Ads juga sama persis dari third party ads ini. Social Ads juga merupakan kekuatan facebook dalam mendongkrak iklannya, orang akan cenderung ikut membeli atau sekedar like suatu produk saat tahu temannya sudah ada di sana. Matikan fitur ini kalau nama anda tidak ingin ditenteng facebook seperti contoh iklan di atas 😛

Pengaturan Keamanan Facebook – Limit The Audience for Old Posts on Your Timeline

Kembali ke gambar kedua posting ini. Limit The Audience for Old Posts on Your Timeline berguna untuk membatasi siapa yang bisa melihat status lama anda, Status yang dibuat sebelum facebook punya fitur untuk mengkhususkan update kita mau dilihat siapa. Kalau akun anda baru, hiraukan update ini, karena setting sudah termasuk pada default privacy.

Pengaturan Keamanan Facebook – Manage Blocking

Punya teman yang menjengkelkan dan anda blok? Setelah Idul Fitri nanti, boleh deh mereka diampuni dan dimaafkan dari sini 😀

Kesimpulan

Facebook memang tempat yang asyik buat nongkrong, tapi kadang karena terlalu asik kita lupa akan etika dan aturan main keseharian. Tagging atau komentar yang kita buat kadang tidak berkenan di hati teman – teman kita tanpa kita tahu. Mereka juga tidak ambil pusing dengan memberikan peringatan langsung tentang kita, ini cuma facebook!

Tapi dalam kenyataan ada banyak hubungan yang jadi renggang karena facebook, maka dari itu kita perlu berhati – hati juga. semoga posting tentang pengaturan keamanan facebook ini berguna bagi anda. Terima kasih jika anda membaca sampai di sini, berarti 1100 kata telah anda simak 😀 Di tunggu komentarnya juga loh 🙂

Tinggalkan komentar