Quran for Android Arab Only

Aplikasi Al Quran Terbaik di Android

Artikel aplikasi Al Quran terbaik di Android kali ini akan mereview tentang sebuah aplikasi Android dengan nama Quran for Android. Yang menurut pengalaman saya merupakan aplikasi Al Quran terbaik di Android sesungguhnya, karena beberapa alasan yang akan saya sampaikan berikut.

Seperti yang kita tahu juga kalau kadang kita suka agak malas untuk membawa Al Quran dalam bentuk buku. Kalau tidak malas membawanya, kadang sangat sulit untuk membukanya, saya sering membiarkan Al Quran kecil yang selalu ada di tas saya.

Berbeda dengan smartphone Android yang sering kita bawa kemana – mana, dan untuk membuka aplikasi juga tinggal satu kali tap. Jadinya saya harap dari membaca aartikel ini dan menginstall aplikasi Al Quran terbaik di Android berikut menjadikan kamu rajin membaca Al Quran juga.

Menemukan Aplikasi Quran for Android

Sebelum menuliskan beberapa point unggulan, kenapa aplikasi ini adalah aplikasi Al Quran terbaik di Android, saya mau menceritakan mulanya saya bisa menemukan aplikasi ini. Saya menemukan aplikasi ini bukan dari searching di Google atau juga di Google Play. Melainkan karena saya sudah lama menjadi pengunjung quran.com satu dua kali sepekan.

Dari sana saya menemukan sebuah link yang merujuk pada developer aplikasi ini, baru deh saya mencoba untuk menginstall aplikasi ini di Android saya.

Pengalaman saya sebelumnya menggunakan aplikasi Al Quran yang lainnya seperti iQuran Lite dan Al’Quran Bahasa Indonesia dan beberapa aplikasi Al Quran lainnya sangat beda begitu membuka aplikasi Al Quran for Android ini.

Beberapa point unggulan itu adalah;

Developernya adalah Quran.com

Quran.com adalah sebuah website yang menurut saya sangat unik dan berguna sewaktu – waktu kita butuh mereferensikan sebuah ayat secara online. Baik melalui sharing di media social atau untuk membagikan sebuah ayat di blog. Seperti dalam posting saya tentang ayat Al Quran yang palsu.

Sebagai pengunjung berkala website quran.com saya sangat senang melihat ada sebuah aplikasi yang memiliki kemiripan dengan website tersebut, karena tampilannya yang bersih, mudah diakases dengan url yang simple, banyak translasi juga bisa memilih mau mendengarkan bacaan dari hafidz yang mana saja.

Aplikasi Al Quran Terbaik di Android harus bebas iklan

Salah satu kekurangan dari beberapa aplikasi yang diperuntukkan bagi umat Islam di Google Play adalah banyak aplikasi yang memiliki iklan. Seperti juga aplikasi Al Quran dalam Bahasa Indonesia tadi. Kadang iklan yang kita lihat tidak sesuai dengan suasana hati untuk membuka aplikasi bernuansa agama, gambar yang tidak karuan bisa saja bermunculan tanpa kendali kita sedikit pun.

Aplikasi Al Quran Terbaik di Android - Quran for Android

Aplikasi Quran for Android ini sama sekali tidak ada iklannya, sama seperti website yang membuatnya.

Tampilan mode membaca yang sangat sesuai

Entah kita mau mengaji secara terus menerus dengan mendalami setiap bacaan, atau ingin membaca satu per satu ayat lalu melihat terjemahannya untuk lebih masuk dalam hati pemahamannya, keduanya dihadrikan dengan tampilan yang nyaman dan enak dipandang.

Quran for Android Arab Only Quran for Android dengan Terjemahan

Selain itu, tampilannya juga responsive, mau dipegang dengan vertikal atau horizontal gadget androidnya biar lebih nyaman, tampilannya juga makin membuat mata nyaman karena saat view mode lanscape huruf hijayahnya juga makin membesar.

Pencarian ayat yang cepat

Aplikasi Al Quran Terbaik di Android - Quran for Android - Pencarian

Kalau kamu sedang ingin melihat sebuah ayat yang berkaitan dengan masalah kamu, katakanlah ingin lebih sabar, bisa kamu coba dengan mencarinya. Maka dengan secepatnya akan tampil penggalan beberapa ayat dengan nama surat dan nomor ayatnya yang berkaitan dengan topik tersebut, tinggal pilih ayat mana yang akan kamu buka.

Sangat mudah menyambung bacaan

Biasanya saya menyimpan bacaan sebelumnya dalam sebuah bookmark, lalu memulai dari bookmark tadi, membuat bookmark baru di akhir saya membaca quran hari itu, lalu menghapus bookmark sebelumnya.

Aplikasi Al Quran Terbaik di Android - Quran for Android - last read

Sederhana sepertinya, tapi jika kita tidak perlu melakukannya dan aplikasi Al Quran Terbaik di Android yang kita pakai bisa otomatis menyimpan halaman terakhir kita akan jauh lebih ber terima kasih. Karena dengan demikian semakun memudahkan kita untuk membaca dalam alokasi waktu yang sempit di perjalanan sekalipun.

Bagaimana jika kita ingin mengikuti program one day one juz? Bisa juga, tinggal memulai membaca dari menu berikut saja;

Aplikasi Al Quran Terbaik di Android - Quran for Android - Bookmark and last read

Translasi dan pilihan Quranic Audio yang masif

Mau menggunakan terjemahan bahasa apa saja, dengan bacaan hafidz mana saja bisa kamu pilih dengan mudah, tinggal pilih dan download saja. Bahkan tempat pepnyimpanan audionya juga bisa ditentukan sendiri agar bisa menghemat penyimpanan internal untuk aplikasi yang lainnya.

Aplikasi Al Quran Terbaik di Android - Quran for Android (1) Aplikasi Al Quran Terbaik di Android - Quran for Android (6)

Aplikasi Al Quran Terbaik yang Wajib dicoba

Aplikasi seperti yang saya sampaikan ini jelas sangat nyaman untuk dipakai dan tidak akan membuat smartphone kamu bekerja dengan berat. Karena sama sekali tidak ada iklan, jadi tidak akan ada aktifitas menggunakan data yang kadang diam – diam menghabiskan baterai dan kuota.

Beberapa aplikasi lainnya yang ada iklannya memang menawarkan sebuah versi pro, dengan membayar atau menyumbang ke organisasinya. Tapi menurut saya yang benar – benar free dan open source seperi aplikasi ini lebih nyaman untuk dipakai.

Kalau kamu sudah pernah mencoba aplikasi Al Quran terbaik di Android ini juga, bagaimana pendapat kamu? Atau kamu justru tahu aplikasi lainnya yang lebih ciamik? Share di komentar ya 🙂

Satu pemikiran pada “Aplikasi Al Quran Terbaik di Android

Komentar ditutup.