Rilis Google Pixel Smartphone

Google Pixel, Smartphone Terbaru Google Akan Rilis 4 Oktober

Google Pixel selama ini sudah dikenal dengan produk berjuluk Pixel C. Google Pixel C adalah sebuah tablet dengan system operasi Android Marsmallow yang sudah berada di pasaran sejak Desember 2015.

Selama ini untuk lini smartphone, Google hadir dengan produk flagship berjuluk Google Nexus, dengan menggandeng beberapa brand yang telah merilis produk smartphone Android sebelumnya.

Merangsek lebik dalam ke pasar smartphone, Google akan mulai menawarkan Smartphone garapan sendiri dengan menghadirkan Google Pixel. Dipastikan nantinya lini produk Nexus akan punah diganti dengan ponsel garapan divisi hardware mereka sendiri.

Rumor Smartphone Buatan Google

Setelah berdengung kabar bahwa Google akan mengeluarkan lini produk smartphone sejak Oktober 2015, baru kali ini ada tanggal yang diyakini akan menjadi event pengenalan produk ini.

Rilis Google Pixel Smartphone

Dalam website promosi terbarunya yang terlihat seperti di atas, tidak disebut secara eksplisit adanya smartphone atau juga nama produknya. Namun melihat animasi dari yang awalnya sebuah kotak pencarian menjadi kotak berbentuk identik seperti smartphone itu, tak perlu diragukan kalau Google akan merilis smartphone. Apalagi dengan adanya video serupa di channel YouTube Google.

Detil Design Google Pixel

Belum ada rilis resmi dari Google juga tentang seperti apa rupa dari smartphone andalan mereka ini nantinya. Sekilas melihat bentuknya seperti gambar di atas, kita pasti langsung teringat dengan iPhone milik Apple.

Selama ini yang dijadikan rujukan dari design fisik Google Pixel adalah sebuah bocoran yang muncul di AndroidPolice. Dari bocoran yang ada memang terlihat designnya mirip dengan iPhone. Yang membedakan adanya radius yang terlihat lebih besar sudutnya di pojokan.

Design Smartphone Google Pixel
Image Credit: androidpolice.com

Terlihat juga bahwa nantinya akanb ada dua versi, banyak yang menyebutnya Google Pixel dan Google Pixel XL. Bocoran AndroidPolice mengindikasikan ukuran layar seluas 5 inchi pada samartphone yang kecil, sedang saudara besarnya memiliki layar 5.5 inchi.

Dibagian belakang ada sensor sidik jari di bagian tengahnya, sedang di sisi atasnya ada kamera dan juga LED flash. Kedua bagian tersebut dilindungi dengan lapisan serupa dengan kaca. Sedang jika turun sedikit ke bawah, bagian yang nampak blur adalah logo G, representasi dari Google.

Jika kita menengok ke samping gadget, tidak jelas terlihat dimana posisi speaker, mungkin di bawah dekat slor USB type-C. Sisi kanan kedua posnsel ini ada dua tombol fisik, yang panjang biasanya volume. Sedang satunya kemungkinan tombol power. Di sisi depan kita juga melihat sebuah tombol yang sepertinya berbentuk bulat besar pada smartphone yang kecil.

Spesifikasi Google Pixel XL dan Google Pixel

Kalau bicara tentang spesifikasi, kembali lagi kita percayakan pada yang lebih ahli, siapa lagi kalau bukan GSMArena.com. Kedua smartphone Google ini hadir dengan spesifikasi harware premium kelas berat 😀

Spesifikasi Google Pixel XL dan Google Pixel

Performa Google Pixel

Dari segi performa, keduanya sama – sama memiliki RAM 4GB, dengan slot penyimpanan mulai dari 32GB hingga 128GB. Prosesor jenis Qualcomm MSM8996 Snapdragon 820 dipercaya sebagai dapur pacu dari kedua smartphone jagoan Google ini. Dari spesifikasinya prosesor dengan 4 inti setara 2.2GHz ini menjanjikan kecepatan 2x lipat Snapdragon 810 dan setumpuk keunggulan lainnya.

Layar dan Kamera

Spesifikasi layar Google Pixel versi GSMArena sedikit berbeda dengan yang dilaporkan AndroidPolice.com. Google Pixel memiliki ukuran layar 5.2 inchi dengan resolusi full HD, sedang si besar mengusung resolusi WQHD.

Untuk kamera keduanya memiliki kamera belakang 12 Mega Pixel dengan berbagai fitur standar dan flash dual tone berkemampuan untuk menghasilkan video 4K. Untuk kamera depannya memiliki sensor 8 Mega Pixel dengan fokus yang lebih terbatas dari kamera belakangnya, mampu menghasilkan video full HD (1080p).

Android Nougat!

Kedua smartphone ini juga akan menjadi yang paling awal menjalankan Android N di pasaran. Menurut Techradar, sebagian besar smartphone flagship dari brand – brand terkenal masih menunggu update ini nanti di akhir tahun 2016. Sejauh ini LG V20 adalah smartphone satu – satunya smartphone non-Nexus yang sudah menggunakannya.

Harga Smartphone Google Pixel

Untuk inforasi harga, sejauh ini juga masih simpang siur. AndroidPolice memiliki bocoran tentang harga yang level kepercayaannya tak lebih dari 60%. Mengklaim bahwa untuk Google Pixel akan dibandrol seharga $649, kurs saat saya menulis ini berarti harganya sekitar Rp.8.540.840,00.

Dengan begitu, kemungkinan Google Pixel XL (atau apapun nanti namanya) pastinya akan ditawarkan dengan harga yang lebih tinggi.

Kapan Smartphone Google Pixel Hadir di Indonesia?

Pertanyaan terakhirnya, kapan produk ini sampai di Indonesia? Semoga saja secepatnya!

Google harus menyalip Apple dalam distribusi perangkatnya jika ingin menang dalam medan pertarungan dunia smartphone.

Saat sebagaian besar orang yang sudah dibuat ngiler iPhone 7 tapi tidak kunjung berkesampatan meminangnya, kemungkinan mereka bergeser memilih Google Pixel sangat lebar.

Apa yang kamu pikirkan tentang Google Pixel? Tertarik dengan produk ini? Silahkan sampaikan pertanyaanmu di kolom komentar atau buat diskusimu sendiri di sosial media dengan membagikan artikel ini!

5 pemikiran pada “Google Pixel, Smartphone Terbaru Google Akan Rilis 4 Oktober

    • Nggak setuju juga sih, siapa yang meragukan Google soal OS terbarunya ini, dengan berbagai fitur lainnya yang patut untuk ditunggu. Saya belum pernah sih memiliki XIaomi sama asus, soalnya Asus panas dan Xiaomi ga tau aja ga sreg mau beli.

Tinggalkan komentar