HP Stream 8 Tablet Windows

HP Stream 8, Tablet Windows Multifungsi Harga Terjangkau

HP Stream 8 adalah sebuah gadget dalam bentuk tablet dengan ukuran layar dengan diagonal 8 inchi. Berbeda dengan kebanyakan tablet sekarang yang dominasi oleh system operasi Android, tablet ini mengusung Windows 8.1 sebagai OS.

Dengan menggunakan Windows 8.1 yang juga sangat cocok untuk gadget mobile, tablet ini menjanjikan fungsi yang lebih professional. Tidak hanya bisa digunakan untuk entertainment layaknya kebayakan tablet, seperti untuk game, video, browsing.

Tablet HP Stream 8 juga lebih bisa diandalkan sebagai teman bekerja, apalagi jika anda memiliki mobilitas yang tinggi. Karena tablet ini menggunakan Windows jadi aplikasi yang biasa anda temukan di laptop bisa anda install di sana, termasuk Microsoft Office.

HP Stream 8 Menjanjikan Produktivitas

Jadi bayangkan saja anda bisa tetap melakukan sebagian pekerjaan saat dalam perjalanan. Dan melanjutkan pekerjaan saat sudah berada di depan komputer karena file yang tadi anda kerjakan di simpan di OneDrive.

Atau mungkin menjadikan carabekerja anda semakin fleksibel lagi, karena anda bisa bekerja nyaris dimana saja. Sangat cocok untuk mereka yang memerlukan ide segar dalam bekerja, seperti penulis misalnya, karena bisa memilih tempat bekerja yang mendukung ide – ide bermunculan tanpa hentinya. Seperti yang ditampilkan dalam video berikut;

Salah satu hal yang mencuri perhatian calon pembeli seperti anda adalah fleksibilitas ini memang. Bisa berfungsi layaknya komputer dan laptop, tapi sangat ringan (4 ons) sehingga dibawa bepergian tidak memberatkan, pun masih memiliki koneksi internet sendiri karena bisa diberi SIM Card.

Spesifikasi HP Stream 8

Spesifikasi utama dari HP Stream 8 adalah sebagai berikut;

ProsesorIntel® Atom™ Z3735G, Quad core 1.3 GHz, up to 1.8 GHz
Display8″ WVA IPS anti-glare LED-backlit (1280 x 800)
Memory
1GB RAM, Memory 32GB. plus slot microSD
Kamera
  • Primary: 5 MP FHD 1080p belakang
  • Secondary: 2 MP FHD 1080p depan
Koneksi Nirkabel
  • Wi-fi
  • Bluetooth® 4.0 + LE
Kapasitas Baterai4000 mAh
Sistem OperasiWindows 8.1 with Bing 32
Dimensi8.23 x 4.88 x 0.35 in

Dilihat sekilas dari spesifikasi HP Stream 8 ini memang RAM yang hanya 1GB sepertinya akan menjadi sumber masalah nantinya. Saya masih ingat saat laptop saya dibekali RAM 2 GB pekerjaan terasa berat. Tapi ini adalah sebuah tablet, dengan penyimpanan internal SSD, kecepatan akses data pastinya berbeda dengan hardisk konvensional yang bekerja dengan cakram.

HP Stream 8 Tablet Windows
HP Stream 8 Tablet Windows 8.1

Di samping itu, namanya saja tablet, pastinya selain office mungkin kita hanya akan memakainya untuk browsing dan melihat video dan memainkan musik. Tak cocok juga rasanya kalau kita berharap untuk melakukan editing video atau retouching grafis dengan Photoshop dengan tablet ini. Jadi semua aktivitas masih bisa dijalankan meski RAM yang disertakan hanya 1GB.

Pilihan Koneksi HP Stream 8 Sangat Fleksibel

Mau terhubung ke internet? Tidak masalah, dengan HP Stream 8 Anda bisa menggunakan 2 pilihan yang ada; wifi atau paket data. Karena selain bisa terhubung wifi, tablet ini juga ada slot SIM Card, sayanganya belum mendukung koneksi 4G yang sudah mulai hits.

Kalau anda suka melakukan video call, bisa menggunakan Google Hangout atau Skype dari tablet ini. Atau mengkin mencari aplikasi lain seperti Viber di Market Apps milik Windows.

Harga HP Stream 8

Untuk membeli HP Stream 8, anda hanya perlu mengeluarkan biaya 2 jutaan. Jika dibandingkan dengan netbook kelas low end, sepertinya tidak jauh beda. Namun tablet ini menjanjikan koneksi yang lebih fleksibel dengan OS asli dan bawaan Office 365 dan storage 1TB di OneDrive.

Sebagai catatan, harga 2 jutas tidak termasuk keyboard Bluetooth seperti yang terlihat di atas. Karena dari website resmi HP kita bisa melihat bahwa yang termasuk dalam dus pembelian hanya Tablet, charger, cable, Quick Start Guide.