LG G3 Stylus Review - Aksi dalam Notifikasi

LG G3 Stylus Review, Smartphone Stylish Dengan Android Kitkat

LG G3 Stylus Review berikut berdasarkan pengalaman saya menggunakannya selama seminggu kebelakang. Phablet keluaran terbaru LG ini menurut saya adalah sebuah produk yang WOW. Dari design dan fiturnya tidak ada sisi yang saya komplain saat ini. Semua sesuai dengan harapan, atau bahkan melebihi harapan saya.

Sebenarnya saya terpaksa membeli smartphone LG G3 Stylus ini awalnya, karena smarphone lawas saya Lenovo S880 hancur layarnya saat saya terpeleset di jalan. Berniat memboyong LG G2 Pro Lite malah berakhir pada saudara dekatnya yang ini. Let’s start this LG G3 Stylus review now!

LG G3 Stylus Review – Hardware

Hardware dari LG G3 Stylus ini terkesan keren dengan frame layar yang mepet di kanan – kiri layarnya yang berukuran 5.5 inchi. Design bagian atas dan bawah layar juga terkesan sempit, jadinya perhatian utama kita saat melihat sisi depannya tentu saja layarnya.

Di sekujur sisinya, baik atas, samping dan bawah tidak ditemukan tombol kontrol apapun, kecuali port kabel data sekaligus charger  dan jack audio 3.5mm di bawahnya. Sedang di bagian belakang ada lampu flash, lensa kamera di sampingnya dan tombol power beserta volume up – down di bawah lensa kamera 13 Mega Pikselnya.

LG G3 Stylus Review – Spesifikasi

Secara garis besarnya, spesifikasi hardware dari smartphone ini adalah sebagai berikut;

LG G3 Stylus Review - SpesifikasiSesuai dengan stiker yang menempel di layarnya bisa dilihat smartphone Android dari LG ini memiliki 2 SIM Card yang selalu aktif, dengan layar IPS 5.5 inchi resolusi qHD (960 x 540 piksel), kamera belakang 13 Mega Piksel dan kamera depan 1.3 Mega piksel, prosesor Quadcore 1.3 GHz dengan Battery hingga 3000 mAh.

Untuk RAM, Smartphone LG G3 Stylus ini dibekali dengan RAM sebesar 1 GB. Memory internalnya sebesar 8 GB dengan pembagian 4 GB sebagai data kita dan separuhnya untuk install apps.

Dari semua spesifikasi di atas mungkin nantinya yang terasa cepat ‘lekang’ adalah RAM yang 1 GB saja. Karena saat ini sudah mulai bermunculan smartphone dengan RAM 2 GB.

LG G3 Stylus Review – Fitur Unik

Ada beberapa hal unik dari Android Kitkat yang tertanam di dalam smartphone ini. Yang pertama adalah fitur guest mode, dimana kita bisa membuat kode berbeda antara kita sebagai pemilik dan juga orang lain jika hendak meminjam LG G3 Stylus ini.

Dalam guest mode ini, user tamu bisa dibatasi aksesnya dari mulai aplikasi yang bisa dibukanya hingga gallery yang khusus terbuat untuk mereka, jadinya tidak usah khawatir beberapa data pribadi terekspose oleh orang lain saat dipinjam.

Dalam guest mode bila ada email, chat atau sms baru user tamu juga tidak akan bisa membukanya.

Yang kedua adalah Knock Code, dimana kita bisa membuat lock screen yang menggunakan ketukan. Secara default saat layar mati bisa dihidupkan dengan dua kali mengetuk layarnya, lalu untuk membuka kunci layar selain dengan metode standar seperti pin, password, pattern atau slide kita juga masih ada satu kode lagi, yaitu knock code.

Knock code juga serupa pattern, tapi kita melakukannya dengan mengetuk bagian layar yang dibagi dalam 4 persegi kecil dalam urutan tertentu. Misalnya, kiri bawah – kanan atas – kiri atas – kiri atas – kanan atas, jika diketuk dengan urutan berbeda layar akan tetap terkunci.

Keunikan yang ketiga berkaitan dengan Flip Cover, saat ditutup dengan flip cover layar langsung gelap dengan menyisakan bagian melingkar di flip cover dengan tampilan jam analog. Jika kita swipe lingkaran itu masih memberikan akses penuh pada Camera, setting, sms, log panggilan dan juga player musik .

Keunikan terakhir adalah Quick Memo. Dengan quick memo kita bisa mencoret – coret layar semau kita, bahkan saat berada di home screen sekaligus. Quick memo bisa juga ditampilkan dalam jendela mengambang di home screen, seperti halnya kalkulator yang bisa dioperasikan dengan cara yang sama.

Bagi pemilik tablet Asus, mungkin sudah sering mencoba fitur Dual Screen, dalam LG G3 Stylus ini ada juga fitur yang bisa membagi layar menjadi 2 bagian ini.

LG G3 Stylus Review – User Interface

Salah satu penentu kesuksesan sebuah produk di pasaran adalah design yang ada padanya, baik design dari barangnya dari luar, atau design dari softwarenya kalau kita berbicara tentang smartphone.

User interface LG G3 Stylus sudah menggunakan standar terbaru Google dalam design aplikasi, yaitu dengan konsep Material Design. Tak heran, mungkin hal ini terpengaruh dengan dipilihnya merek LG mitra Google pada ponsel Google Nexus menggantikan Samsung.

Ada kemudahan – kemudahan dalam user interfacenya saat mengoprasikannya dalam keseharian;

LG G3 Stylus Review - Aksi dalam Notifikasi

Saat ada notifikasi baru, dibawahnya langsung ada beberapa pilihan action yang bisa kita ambil berkenaan dengan hal tersebut. Pada gambar di atas saya mendapat sebuah reply di twitter @kamtiyono, dibawahnya ada pilihan untuk reply balik, retweet atau favorite.

Baik email atau hal – hal lainnya juga muncul pilihan seperti ini, time saving right?

LG G3 Stylus Review - Pop Up SMSTampilan ini adalah tampilan pop up saat saya sedang membuka – buka kontak untuk dicopy nomornya. Mendadak ada sms masuk yang langsung dimunculkan dalam sebuah pop up kecil di bagian atas.

Dari pop up ini saya bisa langsung membalasnya tanpa perlu beranjak dari melakukan aktifitas saya yang sebelumnya. Keren khan 🙂

LG G3 Stylus Review - Klip TraySuka copy – copy di smartphone buat dikirim ke teman kata – kata/pesan atau ambil screenshot dari smartphone? Jika menggunakan LG G3 Stylus ini kamu akan makin dimanjakan dengan adanya Clip Tray. Saat ingin mem-paste apa yang kita copy tadi biasanya kita tekan lama kolom pengetikan pesan/teks, lalu muncul menu paste, baru kita masukkan kata yang abrusan kita copy.

Clip tray tidak demikian, saat kita tekan lama tadi ada piluhan clip tray disamping paste, saat di klik muncul sekaligus beberapa item yang kita copy sebelumnya. Baik berupa tulisan atau bahkan gambar screenshot layar yang kita lakukan sebelumnya, jadi tidak usah manual mencari gambar tadi di album/gallery, kita bisa langsung menyertakannya dalam pesan.

LG G3 Stylus Review – Hasil Jepretan Kamera

Dari kamera yang beresolusi 13 Mega Piksel di smartphone LG G3 Stylus ini saya dapatkan beberapa hasil gambar yang jernih. Rata – rata gambar yang dihasilkan berkisar antara 3.5 Mb hingga hampir 5 MB. Untuk preview hasil jepretannya bisa dilihat dari sini;

https://drive.google.com/file/d/0B1D1fuzyS0ZqR09ISENuT0NhX3M/view?usp=sharing, https://drive.google.com/file/d/0B1D1fuzyS0ZqMkpJbXVLUEV6MjQ/view?usp=sharing

Sedangkan hasil rekaman videonya adalah sebagai berikut, pastikan tampilannya HD ya 🙂

What do You Think?

Gimana menurut anda ponsel ini? Kalau anda tertarik untuk membeli, saya rasa review LG G3 Stylus ini akan menjadi sebuah referensi yang OK khan? Kalau mau melihat produk LG lainnya bisa dilihat di sini.

4 thoughts on “LG G3 Stylus Review, Smartphone Stylish Dengan Android Kitkat

  1. bagus sih tapi sayang ya kamera depannya cuma 1,3 MP di kala merek lain berlomba2 menghadirkan kamera depan ber resolusi hingga 5 MP bahkan lebih

    • Yah, namanya juga udah produk hampir setahun lalu mas, agak ketinggalan ya nggak apa – apa. Kalau yang range harganya nggak jauh dengan saat saya beli dengan spesifikasi yang lebih mumpuni ya LG G4 Stylus.

Comments are closed.