5 Tips Memilih Keyboard Wireless atau Bluetooth

5 Tips Memilih Keyboard Wireless atau Bluetooth bagi Buruh Ketik

Bagi anda yang sngat sering menggunakan keyboard dalam aktifitas sehari – hari, seperti wartawan, penulis novel atau penulis di blog abal – abal seperti saya ini, memiliki sebuah keyboard yang nyaman dipakai sangatlah krusial. Kalau seorang ninja selalu membawa katana dalam bertempur, maka bagi Anda keyboard adalah sebuah senjata wajib itu.

Dan sekarang teknologi semakin maju, keyboard tidak lagi harus terkoneksi dengan komputer via kabel, entah menggunakan port PS-2 atau USB. Banyak kita temui papan ketik yang terhubung ke laptop/komputer tanpa menggunakan kabel (wireless).

Keunggulan yang ditawarkan keyboard seperti ini b iasanya adalah sebagai berikut;

  • Minimalis dan tidak menggunakan kabel, menjadikan space lebih ringkas.
  • Memiliki design yang dibuat lebih ergonomis sehingga nyaman untuk dipakai, bahkan lebih nyaman dengan keyboard bawaan laptop sekalipun.
  • Memiliki beberapa kombinasi key yang tidak kita temukan di keyboard bawaan (multimedia misalnya)
  • Bisa dipakai di berbagai perangkat lain, jadi tidak menghambat kinerja kita saat berpindah komputer lain.

Karena berkeinginan untuk lebih banyak menulis di blog lagi, saya kemarin juga sempat tertarik untuk membeli sebuah keyboard wireless, dan baru saya sadari ternyata diluar sana sekarang sangat banyak perangkat seperti ini, baik dari merek dan juga dari model dan designnya.

Buat yang kurang memperhatikan mungkin dikiranya sama saja. Saya juga awalnya juga beranggapan demikian, saya pikir yang perlu dilakukan hanya memilih model yang terlihat cantik saja maka saya sudah bisa mengetik dengan lebih nyaman dan cepat.

Tapi nyatanya juga kembali ki prinsip lama, ada uang ada barang.

Karena jika hanya memperhatikan designnya saja, barang bisa menipu, seperti pengalaman saya yang serbelumnya membeli keyboard yang ukurannya ternyata sangat kecil.

OK deh, biar anda tidak melakukan kesalahan yang sama, berikut akan saya tulis beberapa kriteria yang perlu anda perhatikan dalam memilih keyboard wireless/bluetooth.

4 Tips memilih keyboard Wireless

5 Tips Memilih Keyboard Wireless atau Bluetooth

Banyak model dan fungsi keyboard yang ada di pasaran, kita tentukan dahulu ya, bahwa keyboard yang ingin kita beli adalah untuk aktifitas mengetik, terutama di laptop, PC atau perangkat lain yang kita pakai bekerja.

1. Pastikan tombolnya lengkap

Pastikan terlebih dahulu sususan keyboard yang kita beli sesuai dengan kebutuhan sehari – hari. Jadi minimal semua tombol yang kita butuhkan dalam mengetik dan sebagainya ada semua, misalnya yang kadang absen adalah tombol klik kanan yang dekat dengan Ctrl kanan. Kalau ada tombol – tombol function lain dari kombinasi tombol fn, lebih bagus lagi.

Memilih keyboard yang ada papan numerik juga bisa kita masukkan sekalian, karena nanti saat memerlukan entry nomor dalam intensitas banyak tidak akan mengalami penurunan kecepatan yang berarti. Seperti gambar diatas, adalah sebuah RAPOO Wireless Ultra-slim Keyboard E9070, yang saya pakai sekarang.

Ada juga keyboard yang memiliki touchpad, lebih mengurangi clutter di meja tapiĀ  pastikan juga keyboard ini memiliki design yang memang untuk komputer, dengan memperhatikan poin kedua berikut.

2. Perhatikan Fungsi Fn

Kita sangat sering menggunakan tombol Fn pada kasus – kasus tertentu, dan kita bisa menemukannya dengan sangat mudah pada layout keyboard standar. Tapi saat menemukan keyboard wireless ada kalanya kita lebih memperhatikan lagi.

Rapoo Keyboard Wireless E6100 misalnya, sekilas tampak sangat menarik dengan bentuknya yang simple, tapi begitu diperhatikan lagi fungsi utama keyboard ini sepertinya lebih pada sisi multimedia, karena untuk mengakses tombol F1 – F12 justru harus menggunakan Fn. Tombol – tombol pada deretan paling atas secara default berfungsi untuk sisi multimeddia.

3. Perhatikan ukuran keyboard

Saat kita melihat design yang terlihat simple dan terlihat nyaman, pastikan dahulu ukurannya juga sesuai dengan harapan. Kesalahan saya memilih keyboard Rapid R5000 kemarin adalah tanpa menyadari ukurannya yang setelah sampai ternyata begitu kecil.

Sepertinya itu adalah sebuah keyboard untuk smartphone, tapi didesign untuk PC karena hanya bisa terhubung via dongle. Pastikan anda baca dimensi produk di bagian spesifikasi untuk punya gambaran pasti tentang ukuran produknya.

4. Lihat review di YouTube

Sekali lagi, untuk memastikan pilihan kita tepat, carilah review yang banyak bertebaran di internet, entah dari blog atau dari video review dan unboxing yang ada di YouTube. Banyak sekali review dan unboxing seperti ini yang bisa membantu kita menentukan piliha.

Keyboard Wireless atau Bluetooth?

Ada satu lagi yang mungkin layak kita pertimbangkan, yaitu keyboard wireless atau bluetooth? Keduanya menjanjikan portabilitas dan fleksibilitas yang sama karena bisa dipakai ke berbagai perangkat lainnya.

Untuk penggunaan yang lebih banyak dengan komputer atau laptop, keyboard wireless sudah bisa kita andalkan, tapi jika anda berencana juga untuk melakukan pekerjaan anda dengan perangkat lain seperti tablet atau smartphone, memilih keyboard bluetooth sepertinya keputusan yang lebih tepat.

Karena seperti Logitech K480 misalnya, menjanjikan kemudahan untuk dipakai dengan komputer, tablet dan juga smartphone sekaligus. Atau bahkan seperti Microsoft Universal Mobile Keyboard yang juga bisa di charge ulang, tidak memerlukan battery.

2 pemikiran pada “5 Tips Memilih Keyboard Wireless atau Bluetooth bagi Buruh Ketik

Tinggalkan komentar