Review Logitech K380; Keyboard Bluetooth untuk Semua Gadget

Memiliki sebuah perangkat yang nyaman memang sebuah keharusan, apalagi kalau aktifitas online kamu lakukan setiap harinya. Kenyamanan ini bisa didapat dengan memastikan gadget yang kita pakai high end atau mungkin dengan menggunakan asesoris yang menjadikan penggunaan perangkat kita nyaman.

Bagi seorang blogger dan buruh ketik lainnya, keyboard ibarat cangkul, maka memastikan keyboard yang dipakai nyaman juga keharusan. Beberapa design keyboard yang ada di laptop memang sudah didesign secara ergonomis untuk mencapai kenyaman penggunanya. Namun posisi keyboard yang menyatu dengan laptop tidak menyediakan fleksibilitas dan kemudahan mengatur cara duduk.

Posisi duduk yang benar-benar fleksibel bisa kamu dapatkan dengan menggunakan keyboard eksternal. Seperti yang telah saya lakukan sejak beberapa bulan lalu dengan membeli keyboard wireless Rapoo. Semenjak membeli keyboard eksternal ini saya jadi sering melihat-lihat berbagai model keyboard lainnya.

Karena ternyata banyak di dapati fitur-fitur yang berbeda yang dihadirkan dalam berbagai produk yang ada di pasaran. Salah satu yang menggelitik pikiran saya adalah keyboard Bluetooth Logitech K380, karena dari video teaser yang ada sepertinya keren bisa diapaki di berbagai perangkat, tidak hanya laptop, dan memiliki design unik.

Review Logitech K380 Keyboard Bluetooth

 

Keyboard pertama saya tersebut ada yang lepas salah satu tutsnya dan tidak dapat dipasang lagi. Masih bisa dipakai sih sebenarnya, namun terasa aneh dan menggangu saja, disamping ada bagian bawah keyboard Rapoo itu yang terasa melengkung dan seolah terlihat akan lepas klem almuniumnya.

Akhirnya saya putuskan untuk membeli keyboard bluetooth ini pada harbolnas desember lalu, mumpung banyak diskon πŸ˜€ Setelah menggunakannya hampir 4 bulan baru deh saya mau menulis artikel ini membahas keyboard bluetooth yang satu ini, yang sudah menemani saya sehari-hari.

Review Logitech K380:Β Design yang Unik

Satu yang sangat mencolok dari keyboard bluetooth Logitech K380 ini adalah dari design luarnya. Memiliki tuts berbentuk lingkaran yang mengingatkan kita akan mesin ketik model-model zaman dahulu.

Bentuk keseluruhan keyboard bisa dibilang relatif mungil, tidak sebesar keyboard pada umumnya, dan enak kalau mau dibawa-bawa pindah tempat. Kalau saya letakkan di atas keyboard laptop Vaio Fit saya, panjangnya (sisi menyamping) kurang sedikit tapi lebih lebar,

Solid Build

Secara menyeluruh, design keyboard bluetooth yang satu ini juga bisa dibilang kokok. Lapisan plastik luarnya terkesan kesat karena terbuat dari plastik doff, walau sekilas kesannya agak murahan, seperti mainan anak-anak sih sekilas πŸ˜›

Tapi so far tidak ada retak atau satu tuts yang lepas sekalipun, karena memang tidak di design untuk bisa dicopot-copot ini sepertinya.

Kemudahan dalam menghubungkan device

Ada pilihan untuk menyambungkan 3 device dengan keyboard ini, yang bisa dipindah konekkan secara bergantian saat kita perlu mengetik pada device berbeda yang sudah pernah tersambung. System operasi gadget yang bisa dilayani keyboard bluetooth ini mulai dari Windows (laptop, surface, phone), OSX dan iOS hingga Android.

Jadi dengan beli keyboard bluetooth Logitech K380 ini kamu tidak usah khawatir sia-sia, karena jika tidak dipakai di laptop bisa dipakai bersama dengan tablet atau smartphone kamu juga.

Bisa dipakai berlama-lama mengetik

Salah satu hal yang paling memberatkan saat menggunakan laptop untuk mengetik lama adalah posisi duduk yang hanya itu-itu saja. Untuk menggeser arah posisi duduk menuju sudut yang lainnya pasti harus menggeser laptop juga kan, agak berat dan arah pandang mata kita ke layar tidak berubah juga.

Dengan keyboard bluetooth Logitech K380 ini, saya bisa berlama-lama mengetik puluhan halaman dokumen dalam sehari dari jasa transkrip wawancara saya. Ya tentunya karena saya bisa menggeser posisi duduk saya dengan sangat mudah jika bosan, sehingga badan tidak di situ-situ terus pegalnya, mata jga bisa memandang agak geser ke kanan atau kiri sesuai selera, apalagi sekarang saya menggunakan monitor eksternal dalam keseharian saya, makin nyaman.

Worth the Money

Singkatnya, saya membeli keyboard ini benar-benar worth-ed banget. Kalau kamu memiliki pekerjaan yang banyak mengetik, pastinya juga tidak salah jika menjatuhkan pilihan pada keyboard ini. Kekurangannya mungkin hannya bisa dipakai di perangkat bluetooth (tidak bisa dipakai di PC umumnya) dan juga tidak ada papan numpad.

Biar lebih greget, ini saya nemu satu video yang bisa disimak juga deh πŸ™‚

Semoga bermanfaat!

15 pemikiran pada “Review Logitech K380; Keyboard Bluetooth untuk Semua Gadget

    • Iya, kalau memakai keyboard standar kadang terasa kejauhan, kalau dengan ini terasa pas. Kalau biasa pakai netbook pakai ini nggak jauh beda, sedikit lebih longgar πŸ˜€

  1. saya kira ini cocok bagi blogger yang mobilitasnya tinggi.. kemanapun cukup bawa smartphone dan keyboard ini.. pas mau posting artikel tinggal ngetik dengan nyaman.. nice info mas tiyo.. salam kenal yaa..

    • Iya, bisa dengan smartphone atau tablet yang ukuran kecil sudah cukup mumpuni ini. Tinggal nyari tempat yang santai, sambil ngopi di kafe sekalian nge-review tempat wisata kita saat itu juga, kayaknya keren banget ya πŸ˜€

Tinggalkan komentar