Berkenalan dengan Sony Ericsson Aspen M1i

Sony Ericsson Aspen M1i merupakan sebuah smartphone yang unik dan klasik. Sebuah smartphone yang menurut saya good to know, pernah memilikinya untuk beberapa saat kemarin.

Kenapa bisa dibilang unik? Karena ini adalah sebuah smartphone yang keluar saat smartphone merupakan perangkat yang belum terlalu mainstream. Android baru diadopsi oleh Samsung saja nampaknya, Symbian masih mendominasi saat itu. Sehingga tidak heran kalau Sony Ericsson Aspen M1i digawangi oleh OS Windows Mobile.

Yang lebih unik lagi adalah karena sejak pertama kali keluar di tahun 2010 (info GSMArena), ponsel ini memiliki spesifikasi yang sama, tak ada perubahan atau versi upgrade. Saya jadi sangat penasaran dengan ponsel ini, kenapa ada perangkat yang bisa dibilang standar spesifikasinya namun bertahan sampai sekarang masih diproduksi.

Sony Ericsson Aspen M1i - GSMArenaDisamping saya sendiri dari dulu belum pernah memiliki sebuh ponsel dengan OS Windows dan brand Sony (Sony Ericsson) maka saat memerlukan ponsel cadangan saya putuskan untuk membelinya saja.

Lalu apa pendapat saya tentang ponsel ini, monggo disimak 🙂

Sony Ericsson Aspen M1i – Hardware

Karena memiliki jargon greenheart dan bahan untuk membuat ini adalah dengan materi daur ulang, saat pertama kali memagang ponsel ini kesannya ya memang murah. Plastik doff yang menyelimutinya terkesan ringan, kasar dan kurang keras, kalau boleh bilang agak beda seikit saja dengan ember mungkin.

Sony Ericsson Aspen M1i

Secara form factor, saya juga baru pertama kali menggunakan keypad qwerty saat mencoba ponsel ini, pendapat saya sih repot dan kurang nyaman untuk mengetik di papan ketik yang menyembul kecil – kecil.

Speakernya terdengar keras dan cukup untuk menjadi teman aktifitas di pagi hari. Tapi kalau untuk headset bawaan saya tidak merekomendasikan untuk dipakai lama, tidak nyaman dan kualitas suaranya buruk.

Layar sentuh, stylus dan juga kamera posnel ini saya rasa seadanya. Karena saya sudah terbiasa dengan LG G3 Stylus sehingga tidak berharap banyak hiburan padanya sih.

Sony Ericsson Aspen M1i – Software dan UI

Untuk UI, bisa dibilang sudah bagus, apalagi mengingat ponsel ini dikeluarkan pada tahun 2010. Ada pilihan beberapa themes atau juga panel yang bisa dipilih untuk menyesuaikan dengan selera. Yang sedikit membingungkan adalah navigasi dalam ponsel yang terkesan ada banyak cara untuk menuju tempat yang sama (sms misalnya), juga tampilan kontak dalam sms yang kadang ada namanya kadang hanya nomor saja.

Namun yang paling mengecewakan adalah banyak aplikasi yang sudah tidak bisa dipakai. Misalnya saja aplikasi email, saat saya mencoba memasukkan alamat email @live.com saya, awalnya terlihat mudah, ada setting default bagi akun email itu, namun saat dilanjutkan ternyata gagal untuk mengkonfigurasikannya.

Prediksi saya adalah karena Windows Mobile sudah tidak disupport lagi, beberapa layanan yang ada di website Microsoft juga sudah tidak aktif lagi. Jadinya ada beberapa fitur yang ‘windows-only’ jadi tidak bisa dipakai.

Good to Know Sony Ericsson Aspen M1i

Seperti yang saya sampikan di atas, saya rasa cukup buat perkenalan saja dengan ponsel ini. Memang walau termasuk dalam kategori ponsel pintar, Sony Ericsson Aspen M1i tidak memberi banyak kontribusi yang berarti bagi penggunakanya.

Walau ada wifi, nyatanya untuk browsing browsernya juga masih jadul. Yah mungkin memang dasaranya saja produk jadul, salah saya kalau saya berharap lebih ya 😀

Artikel ini hanya sebagai sharing pengalaman saya, bukan ada maksud mempromosikan ponsel ini, karena saya sendiri tidak nyaman menggunakannya. Dan belum lengkap seminggu ponsel ini juga sudah jatuh di jalan 🙁