Driver Windows 7 Asus N46VJ

Solusi Install Driver Windows 7 Laptop Asus N46VJ

Sudah dua pekan tidak posting rasanya gatal banget, ini karena selama ini saya belum mendapatkan kenyamanan untuk menulis. Setelah menulis tentang 10 laptop asus terbaru kemarin, saya malah dipercaya untuk memegang sebuah laptop Asus yang aduhai, walau tidak baru sih, tapi dari spek ini sudah diatas rata – rata.

Adalah Asus N46VJ sebuah laptop dengan spesifikasi Hardisk 750GB, Prosesor Intel i5 – 3210M, Quadcore 2.5GHz dengan RAM 6GB, VGA NVidia GeForce 635M. Laptop ini diperuntukkan untuk pembelajaran PLC, namun saya pribadi merasa Asus N46VJ memiliki spesifikasi yang terlalu tinggi.Driver Windows 7 Asus N46VJ

Saya menerimanya sudah terinstall dengan Windows 7 64bit, namun karena merasa kurang nyaman dengan setting – setting software yang ada saya putuskan untuk install ulang. Awalnya saya install Windows 7 32bit, namun kemudian tersadar kalau RAM yang bisa terpakai pada OS 32bit maksimal hanya 4GB. Saya pun kembali menginstallnya dengan OS Windows 7 64bit.

Install Driver Windows 7ย Asus N46VJ (64bit)

Masalah kembali menghampiri ketika saya hendak menginstall driver Windows 7 Asus N46VJ ini, karena CD Driver bawaan diperuntukkan untuk system operasi Windows 8 64bit. Saya baru menyadari saat menjalankan CD dari autorun dan langsung ada pesan error, walaupun kalau dibaca ada Windows 7 termasuk dalam yang di-support namun begitulah nyatanya.

Saya mencoba membuka – buka isi CD, driver saya temukan berada dalam folder /software. Saya memutuskan untuk mencoba install manual dari sini. Ternyata lancar dan bisa jalan normal. Masalah hanya muncul pada driver LAN yang tidak bisa jalan meski diinstall dan uninstall berkali – kali ๐Ÿ™ Setalah googling dan lihat tread di Kaskus ternyata bisa disubstitusi dengan driver dari saudara sekandung N46VJ lainnya seperti N46VM dan N46VZ, kedua model tersebut memang tersedia untuk OS Windows 8 ย 64bit dan Windows 7 64bit. Masalah beres!

Install Driver Windows 7ย Asus N46VJย (32bit)

Seperti yang saya sebutkan tadi, spesifikasi Asus N46VJ ini terlalu tinggi kalau hanya mau digunakan untuk mengajar, beberapa program pendukung pelajaran masih bisa berjalan, namun Syswin yang digunakan untuk mengajar PLC ternyata tidak bisa berjalan pada OS 64bit, CX-Programmer bisa berjalan, namun driver USB untuk PLCnya hanya bisa dipakai untuk Windows 32bit.

Saya sudah mencoba berbagai solusi seperti menggunakan Windows XP Mode milik Windows 7, nampaknya sudah tidak beres dari instalasi awal, saya pernah menjalankan yang demikian, namun normal. Menggunakan VirtualBox juga gagal. Mau Install Widows XP, 2 kali dengan USB dan 1 kali dengan CD selalu BSOD ๐Ÿ˜› Hingga akhirnya saya putuskan untuk install dual boot Windows 7 32 bit – Windows 7 64bit. Konyol!

Untuk mendapatkan driver Windows 7 32bit saya putuskan untuk mencari ke berbagai vendor hardware saja. Dan berikut adalah daftarnya.

Update; setelah saya mencoba menginstall semua drivernya untuk windows 7 32bit dengan menggunakan driver milik Asus A55A, ternyata semua berjalan lancar. Drivernya cocok tanpa masalah.

Driver Windows 7 Asus N46VJ lainnya?

Untuk solusi driver Windows 7 Asus N46Vj pada OS 32bit ini memang tidak lengkap, tapi saya rasa cukup lah. Pengalaman menggunakan graphics HD dan sound yang mantab sudah bisa didapat. Juga kemampuan berinternet dengan jaringan kabel LAN atau juga WiFi, plusย Bluetooth juga sudah aktif.

Kalau ada yang mencari driver Windows 7 Asus N46VJ versi 32bit ini secara lengkap, boleh deh ditambahkan dalam kolom komentar ๐Ÿ™‚

38 thoughts on “Solusi Install Driver Windows 7 Laptop Asus N46VJ

  1. Wuiih.. Gila nich spek nya, laptop ane jauh banget spek dibawah asus ente .. Btw, berapa duit Bro ? he he ๐Ÿ˜€

    Oh iya, theme nya abis di oprek lagi ya ? Makin simpel aja ๐Ÿ™‚

    • Itu bukan milik pribadi bro, kalau lihat di bhinneka 7.3an jt. Hehehe…
      Iya themesnya saya update sebulan yang lalu mungkin, simple is beautiful ๐Ÿ™‚

  2. Wah, kebetulan sekali ada review tentang leppy ini.
    Saya memang rencana mau beli laptop ASUS yg 14″ setelah sebelumnya penggemar setia EeePC series.
    Pertanyaan saya adalah, apakah bisa leppy ini di-install WinXP? apakah ada support driver dari Asus utk hardware jika jalan di XP (yg notabene 32 bit).
    Saya berencana untuk menginstall dua OS (Win7 dan WinXP) yang 32bit version.
    Ada saran mas?
    Terimakasih atas responnya….
    ๐Ÿ™‚

    • Saya sudah mencoba dengan Flash Disk 2 kali dan dengan CD 1 kali, selalu BSOD seperti yg saya sampaikan sebelumnya. Tapi untuk CDnya saya pinjem dari temen. Tidak tahu kondisi yang sebenarnya masih bagus apa tidak. Kenapa selalu BSOD? Menurut saya karena di Windows XP tersebut tidak ada driver chipset yang sesuai dengan hardware laptop ini. Kalau bisa atau tidaknya driver lain – lainnya (andai sudah terinstall XPnya) saya rasa bisa, pintar – pintarnya saja kita mencari driver, walau kemungkinan tidak akan ada semua juga sih.

      Makasih komentarnya mas ๐Ÿ™‚

  3. Kalau saya biasa dapatkan kasus seperti ini pada laptop acer coz kadang yg dibawa di tempat saya untuk diperbaiki sistemnya, rata2 nda ada kset drivernya. Untung aja sudah ada stok drivernya di hardisk eksternal saya, kalau nggak ada palingan carikan aja driver acer yg nggak jauh beda typenya dan kadang2 juga nggak semuanya bisa konek drivernya. Ujungnya2nya update aja windowsnya secara online karena biasanya driver yang belum terinstal langsung disarankan.. ๐Ÿ˜€
    Akhirnya selesai pula permasalahan drivernya.. ๐Ÿ™‚

    • Iya mas, laptop dengan seri dekat biasanya memiliki spesifikasi yang hampir mirip juga, jadi bisa ditukar – tukar drivernya. Saya malah belum pernah yang otomatis begitu mas, lain kali mungkin bisa dicoba ya ๐Ÿ˜€

      • Cara otomatis itu kadang saya gunakan juga untuk cek update terbaru komponen windows yang saya gunakan dan kadang juga langsung di sarankan update terbaru dari driver laptop saya mas.. ๐Ÿ˜€
        Sebelumnya minta maaf mas coz email yg saya pake kali ini agak beda dengan biasanya coz cuman mau ngetes aja akun gravatar saya yang baru khusus untuk blog saya.. ๐Ÿ˜€

  4. kebetulan ane habis instalin laptop ini milik pelanggan ane pakai windows 64bit, ternyata ada beberapa driver yang mesti cari manual ๐Ÿ˜€

    • Kalau untuk Windows 7 64bit saya cuma butuh LAN driver punya N46VZ/N46VM itu saja mas, driver bawaan lainnya jalan semua tanpa kendala apa – apa.

  5. Sy pny mslh sm si ASU ini mas laptopsy seri A43 ntoskrnl nya missing pas menjalankan disk utility (chekdisk/defrag), masalah timbul pas mau instal lagi pk Windows 7 selalu mati .. pikir downgrade pk windows xp mlh BSOD, gila 5 hr gak kelar ngurut nih leptop… Gak pake ASUS lg dah mending ke Toshiba aja…

    • Setahu saya kalau ntoskernel itu karena sistem operasi mas, windowsnya, bukan murni hardware. Kalaupun ada masalah hardware ya kemungkinan ada disk yang mungkin bad sector, tapi jarang kalau laptop baru biasanya. Kalau mau diberi XP dan BSOD biasanya karena tidak ada driver chipsetnya (misah AHCI 9).

  6. WOI BOGLOG BANGET NEH POST =_=”
    NGAPAEN JUGA DOWNLOD BEGITUAN!!
    MAKE OTAK! GAK MUNGKIN LAPTOP HARGA 6JT KE ATAS ITU DRIVERNYA GAK ADA! DAN TULISAN DOS ADALAH FREE JADI PASTI SEMUA DOS BISA! DASAR BEGO!

    NEH BAGI YG GAK TAU CARANYA!
    CARI DAN INSTAL DRIVERNYA SECARA MANUAL!! PENTINGKAN RAM, VGA, AUDIO, GRAFIK, DLL YG PENTING!! TRUS RESTART! INSTAL YANG BELUM!

    BAGI KEYBOARD LAMPU, VOLUME, DLL ITU ADA DRIVERNYA! JANGAN BEGO NAPA! HAL PENTING GITU MASA GK DISEDIAIN SAMA ASUS???
    CARI DI CDNYA NAMANYA ADA ATK NYA GITU LAH… INSTAL ITU TRUS RESTART! LIHAT HASILNYA! JGN BEGO KYK YG KASI POST NIH!!

    • Mas Jester Kwang Zhu yang punya UNAIR yang keyboardnya rusak ngak bisa benerin, kalau saya bego kenapa anda nyempetin komentar di posting ini? Apa yang anda ketik di Google sehingga anda sampai di halaman ini? Apakah anda tidak butuh sebuah informasi tentang Asus N46VJ ini?

      DOS free, DOS bisa maka semua bisa, prove it! XP, 7 dan Windows 8 mungkin asalnya dari DOS, tapi mereka sudah dikembangkan berpuluh tahun, jadi jelas bukan jaminan kalau DOS bisa maka semua bisa. Lagian apa hubungannya Free sama bisa diapakai apa nggak?

      Eh, DOS freeware ya? Siapa bilang? Setahu saya lisensinya milik Microsoft!

      Damn, fuck yourself!
      Tulisan ini beguna, itu yang saya tahu, terlihat dari jumlah view yang mencapai 480 kali. Saya juga menemukan forum orang spanyol menjadikan posting ini sebagai solusi masalahnya.

      • Benar mas Tiyo, posting ini sangat bermanfaat. Saya sudah 2 hari mencari jalan keluarnya. Dan dari blog inilah saya menemukan solusinya. Tenang aja mas menanggapi orang yg kayak si Jester yg tak tau apa apa itu.
        Oiya termakasih banyak mas postingannya. Kebetulan laptopny sama hehe.

  7. Berbagi pengalaman aj kang.
    kalo saya perlu driver langsung menuju “devid.info” aj.
    di situ komplet kang.
    tinggal masukin Device Instance Path nya aj sudah muncul drivernya yg siap didownload tinggal pilih os nya aj…

    • OK thanks mas Imam buat tambahannya, bisa dijadikan referensi buat temen – temen lain yang butuh.

      Saya biasanya selalu merujuk ke vendor hardware biasanya kalau butuh driver, lebih merasa aman dan nyaman saja ๐Ÿ™‚

      • Sama-sama kang.
        Memang kalo dari vendornya langsung lebih aman n lebih up to date tp kalo di vendor h/w nya, untuk device baru biasanya hanya disediakan untuk os baru jg kang.
        untuk os lama (mis: WinXP) g disedikan drivernya. Jadi buat saya mending langsung ke devid aj kang, di sana jg dsediakan yang versi devid jadi kapasitasnya lebih kecil. Maklum limited bandwith kang.heheheh

      • Hehehe, kasusnya seperti saya donk, hardware top, tapi butuh software yang low aja ๐Ÿ˜€ Ada tho yang kecil – kecil? Membantu banget itu, saya kadang juga males kalau mau download driver yang diatas 100 MB ๐Ÿ˜€

        Blogger juga tho mas? Kok ga nyantumin link?

  8. mau nanya nih bung tiyo, kalau untuk soundcard nya apa perlu dicari driver yang lain lagi? saya pake win 7 – 32 bit, setelah saya install otomatis sound nya sudah berfungsi, kenapa mesti dicari driver yg lain?apa pengaruh dengan kualitas suaranya?
    terimakasih

  9. Mas tiyo saya mau tanya, kebetulan saya pengguna asus ini juga, dari awal beli sampai sekarang masih win8, dr awalnya pengen win7, cara terbaik brarti tetep pake driver bawaan tp diinstal manual semua ya? nanti yang LAN pake n46vz atau n46vm gitu mas?

  10. Terimakasih mas Tiyo Kamtiyono, meskipun menggunakan Win7 64 + A N46VJ tidak banyak mengalami masalah kompatibilitas, meskipun ada beberapa, namun aku masih memilih Win7 32 ga boros Processor dan Memory.

    TQ atas share Driver Win7 32

  11. punya saya dah saya buang mas driver nya percumah juga ujungnya gx bisa di ambil walapun di bongkar tpi gpp lah
    yang jdi masalah cma 1
    fungsi tombol Fn nya gx bisa di gunain yang bisa cma
    Fn+F7,Fn+F8,Fn+F1 aja
    gmna mas caranya bisa kembali lagi

Comments are closed.