Microsoft Surface, Tablet Unik dari Microsoft

Kehadiran tablet dengan sistem operasi Windows bisa dibilang belum ada, di lain sisi Apple dengan iOS dan Samsung juga beberapa merek lain yang mengusung Android sudah berperang habis – habisan. Menjawab pertanyaan tersebut, walau sedikit terlambat Microsoft meluncurkan produk tablet terbarunya, Microsoft Surface.

Sudah semingu sebenarnya peluncuran Microsoft Surface, namun masih belum ada kejelasan dimana kita bisa membeli produk ini. Namun yang jelas untuk OS nantinya perangkat ini akan dibekali dengan Windows 8 atau juga Windows RT. Berikut adalah preview videonyanya;

Harware Microsoft Surface

Untuk Hardware, Microsoft Surface dikabarkan merupakan perangkat dengan besutan total Microsoft, termasuk hardaware itu sendiri tentaunya. Akan tetapi dimungkinkan ke depannya berbagai perusahaan produsen hardware lainnya juga bisa memproduksi produk serupa, dengan mengacu pada gadget ini..

Microsoft Surface

Adapun ukurannya adalah ketebalannya adalah 9.3 mm/13,5mm (RT/Pro), dengan berat 676 gram (RT) dan 903 gram (Windows 8 Pro). Mengusung layar touchscreen kapasitif 1920 x 1080 pixels dengan lebar 10,6 inchi. Adapun ruang penyimpanannya, 32 GB, 64 GB untuk versi Windows RT dan 64 GB dan 128 GB untuk Windows 8 Pro.

Harga Microsoft Surface

Belum ada rilis harga resmi dari Microsoft, namun PCWorld memperkirakan kalau tablet ini akan dibanderol $600.

Kontroversi Lainnya

Selain balum ada kejelasan harga, juga tempat dimana kita bisa membelinya masih ada lagi beberap akontroversi yang lainnya. Untuk spesifikasi teknis teperti memory juga prosesor yang dipakai belum jelas.  Ada pula pihak yang menyebut ini adalah sebuah produk yang Microsoft sendiri kebingungan menempatkannya dimana, karena kalau tablet kenapa harus ada keyboard juga.

Untuk laptop mereka sudah mendengungkan berbagai produk dengan sebutan Ultrabook. Menurut saya sih produk ini justru akan berada diantara market tablet dan Ultrabook itu sendiri, bebas dari persaingan head to head dengan iPad atau juga laptop.

Kelemahannya pada konektifitas yang hanya mengandalkan Wi-Fi, makin jelas kalau produk ini bukan lawan yang seimbang bagi tablet yang serba online 😀 Jika harga yang diperkenalkan di pasar juga sekitar $600 tadi, nampaknya Microsoft harus berpikir ulang untuk meluncurkan produk ini, karena laptop dengan spesifikasi standar saja sekarang berkisar 3,5 – 5 juta saja.

Kita tungu saja kapan Microsoft Surface menjangkau Indonesia, nampaknya akan menjadikan sebuah produk yang menarik untuk dicoba.

2 pemikiran pada “Microsoft Surface, Tablet Unik dari Microsoft

Tinggalkan komentar