7 Manfaat Tidur Awal yang Harus Kamu Ketahui

Berapa jam anda tidur dalam sehari semalam? 9 jam, 8 jam, 7 jam, 6 jam atau bahkan kurang? Kebanyakan orang mungkin akan menjawab antara 7 sampai 5 jam, atau bahkan kurang dari itu, apalagi di jaman sekarang, dimana kita bisa selalu terhubung dengan internet yang membuat saat – saat malam adalah waktu yang sangat menyenangkan untuk menenggelamkan diri dalam Facebook atau twitter. Saya sendiri mungkin juga termasuk orang yang jarang tidur genap 8 jam dalam 24 jam seperti yang disarankan para ahli yang sebenarnya sudah menjadi gaya hidup Nabi. Lebih sering tidur ketika sadar kalau jam sudah melewati angka 2 di pagi hari :mrgreen:

Menghabiskan malam dengan terlalu lama tidur bukan lagi sebuah pilihan yang bagus manakala pekerjaan selalu menanti. Tapi tahukah anda bahwa tidur lebih awal (lebih lama) memberikan banyak manfaat. Sangat banyak bahkan, dan berikut saya akan menyampaikan 7 manfaat yang akan anda raih dengan tidur lebih awal;

  1. Tidur awal mengurangi resiko terkena kanker sebanyak 200%
  2. Tidur awal mengurangi resiko serangan jantung sebanyak 100%
  3. Tidur awal satu jam lebih banyak tiap malam, mengurangi resiko kegemukan sebanyak 6.486 kg (14,3 lbs) dalam satu tahun.
  4. Tidur dengan jumlah waktu yang lebih lama juga mengurangi resiko kemungkinan kematian dalam 20 tahun ke depan sebanyak 20%.
  5. Bagi anak – anak, jika waktu mereka tidur lebih panjang, kemungkinan IQ mereka lebih tinggi juga lebih banyak.
  6. Dengan tidur yang lebih banyak, kehidupan dalam  berkeluarga juga lebih harmonis. Karena 1 dari 3 wanita mengeluh terlalu mengantuk saat hendak berhubungan seksual, ( maka dari itu tidurlah para ibu – ibu :P )
  7. Tidur sesuai aturan akan menjadikan anda orang yang lebih segar dan nyaman, punya banyak ide – ide cemerlang.

Untuk poin ke tujuh, saya berani memberikan bukti, karena saya kadang kalau sudah terlalu asik coding untuk mendesign blog sering kali tidak tidur semalam penuh bahkan. Besoknya karena kerjaan sudah menunggu ya tidak punya kesempatan lagi buat tidur, yang saya rasakan adalah rasa tidak nyaman di seluruh tubuh, terutama di bagian tulang belakang yang terasa pegal, serasa tidak ada cairan yang semestinya mengisinya.

Mungkin anda beranggapan saya membual, tapi sebenarnya tidak, saya menggunakan infographic dari http://www.fastcodesign.com berikut sebagai sumber posting ini;

Manfaat tidur lebih awal

Infographic di atas dibuat oleh FFunction untuk  Zeo,  sebuah perusahaan yang membuat sebuah “pelatihan tidur” elektronik. Ternyata bahaya banget ya kalau kita sering begadang. So mulai sekarang, mari kita kurangi begadangnya, kita mulai pola tidur yang sehat, kalau malam terlalu sayang untuk dihabiskan dengan tidur, bisa kita mencoba meluangkan sedikit waktui luang pengganti di siang harinya. Kalau pun tidak bisa ya berusaha untuk tidur dengan tepat waktu dan teratur, itu akan lebih baik daripada tidur yang asal – asalan.

Sekian salam, terimakasih sudah membaca :)

Vote Artikel Ini

13 thoughts on “7 Manfaat Tidur Awal yang Harus Kamu Ketahui

  1. Pingback: Adilah Zakiyati

Comments are closed.