Kualitas Layanan Hosting Indonesia Meragukan

Beberapa saat yang lalu saya membuat sebuah posting tentang perbandingan 3 penyedia jasa hosting terbaik Indonesia. Mereka adalah Masterweb, IDWebhost dan rumah web. Setiap perusahaan membawa keunggulan masing – masing yang bisa anda temukan di bagian kesimpulan. Saya sendiri sih selama 2 tahun terakhir menggunkan jasa Masterweb, (info: semua link ke Masterweb adalah link affiliasi, kalau anda rasa informasi saya membantu, bisa deh daftar di sana melalui link dari saya) :).

Setelahnya membuat posting itu, saya mengecek untuk tahu, kira – kira posting saya itu berada pada halaman berapa di hasil pencarian Google. Saya tidak menemukan blog saya di halaman pertama pencarian dengan kata kunci hosting terbaik indonesia, namun saya merasa tergelitik dengan apa yang ditampilkan Google;

Hosting Terbaik Indonesia

Hasil pencarian tersebut dipenuhi iklan berbayar, yang tampil di sidebar dan sebelum daftar hasil pencarian itu semuanya membayar Google.

Persaingan Bisnis Hosting Indonesia Panas

Nampak dengan jelas, bahwa persaingan bisnis hosting di Indonesia sangat panas, bahkan mengarah kepada kondisi yang tidak sehat dan berpotensi merugikan calon customer. Sebagian penyedia jasa tersebut kurang brand-able dari nama situsnya saja. Mereka hanyalah para penyedia hosting yang ikut menjajakan produk orang saja (reseller).

Lantas apa ada yang salah denga reseller? Resellernya sih tidak terlalu salah, cuma mereka yang jadi reseller kalau hanya single player misalnya, pastinya akan memiliki kekurangan dari segi support. Katakan produk mereka bagus, tapi kalau dalam waktu yang sama ada banyak client yang butuh bantuan, mereka akan kerepotan.

Hal itulah yang membuat pengguna jasa hosting di Indonesia pantas untuk ragu dengan kualitas layanan yang diberikan.

Penyedia Hosting Indonesia tidak kreatif dalam beriklan

Salah satu temuan saya yang lain tentang persaingan ini adalah kebanyakan penyedia jasa hosting itu tidak kreatif dalam beriklan. Saya melihat kebanyakan mereka menggunakan Google AdWords, namun mereka sendiri nampaknya tidak melakukan riset efektifitas penggunaannya. AdWords tidak efektif unntuk iklan hosting di Indonesia. Mau Bukti?

Hosting Indonesia

Dari iklan yang tampil di atas saja sudah terlihat parahnya. Google merugikan penyedia jasa hosting dengan menampilkan pesaing – pesaing mereka dalam satu slot iklan secara bersamaan. Parahnya lagi, posting di atas adalah posting tentang Microsoft Surface, bukan tentang hosting!

Info: Saat mem-preview posting ini, iklan yang tampil jadi full page seperti koran tentang hosting, dari pengiklan yang berbeda.

Salah satu penyedia hosting yang lumayan kreatif adalah IDWebhost. Saya menemukan mereka melakukan periklanan yang mantab beberapa waktu lalu, namun tidak akan saya tulis di sini, takutnya dinilai merugikan IDWebhost nanti saya đŸ˜€

Solusi Masalah Hosting Indoensia

Dari pemaparan saya di atas blogger, calon pengguna jasa hosting pada umumnya juga penyedia hosting sendiri memiliki permasalahannya sendiri – sendiri. Untuk penyedia hosting, saya rasa perlu untuk mencari media periklanan yang lebih menjanjikan daripada Google AdWords yang sudah kepenuhan.

Blogger dan calon pengguna hosting saya sarankan untuk lebih bijak dalam memilih jasa hostingnya. Kalau saran saya sih gunakan penyedia hosting yang kredibel, Masterweb contohnya. Namun kalau anda ingin menggunakan jasa hosting luar saja yang lebih membuat anda merasa aman bisa dicoba menggunakan Bluehost.

Bluehost bisa dibilang murah juga, $7 untuk semua yang serba unlimited adalah tawan yang, menarik. Selain itu, Bluehost adalah salah satu hosting yang disarankan oleh WordPress sejak tahun 2005.

Sekian selamat siang, semoga membantu :mrgreen:

6 pemikiran pada “Kualitas Layanan Hosting Indonesia Meragukan

  1. Silahkan Anda mencoba layanan web hosting kami (IDHostinger). Kami memberikan garansi uptime dan pengembalian uang jika Anda tidak puas dengan layanan kami.

    • Saya sudah mencoba membuat account di sana beberapa waktu lalu, sudah install wordpress juga namun tidak saya apa – apakan.

      Selang beberapa bulan saya memperoleh email tentang penggunaan account itu, bahwa saya tidak menggunkannya selama beberapa lama dan mereka akan menghapus space yang dialokasikan untuk saya itu.

      Yang aneh, kenapa dalam email tersebut saya menemukan huruf – huruf abjad Rusia ya? Sekalian konfirmasi, apakah penyedia hosting utamanya sebenarnya perusahaan Rusia?

  2. Kami adalah perusahaan Web Hosting Internasional. Jika Anda mendapatkan pesan alasan pembatalan dengan bahasa Rusia maka hal tersebut bisa saja terjadi karena kesalahan konfigurasi pada sistem kami dan Anda dapat menghubungi tim kami untuk menyelesaikan masalah tersebut.

    Berikut adalah beberapa layanan web hosting kami:

    http://www.hostinger.ru
    http://www.idhostinger.com
    http://www.hostinger.com.ua
    http://www.hostinger.es
    http://www.hostinger.com.ar
    http://www.hostinger.mx

    Terimakasih dan sukses selalu

Komentar ditutup.