Hasil Akhir MotoGP 2012 Sirkuit Catalunya

Pertandingan MotoGP 2012 seri ke-5 kemarin di sirkuit Catalunya berjalan cukup seru juga. Sejak awal balapan Dani Pedrosa meluncur dengan cepat merebut posisi pertama, sementara rekan satu timnya Casey Stoner yang start di pole position justru tertingal beberapa spot.

Tak mau kalah dengan Pedrosa, Ben Spies juga langsung merangsek masuk ke posisi kedua, meninggalkan rekan satu timnya Jorge Lorenzo yang start di urutan kedua tepat di belakangnya. Namun sayang sekali Spies terjatuh pada lap kedua, sehingga memaksanya memulai dari nomor terakhir hingga berujung pada posisi 10 di akhir balapan, usaha yang hebat!

MotoGP 2012

Lorenzo lebih memilih untuk bersabar, setelah kondisi sirkuit benar – benar kering dan dia nyaman baru berusaha menyalip Pedrosa. Saat balapan tinggal 19 lap Lorenzo overtake Pedrosa, namun 5 lap kemudian Pedrosa mampu mencuri posisi pertama lagi.

Saat balapan tinggal  6 lap, Lorenzo menempel ketat pantat Pedrosa yang pada akhirnya  melakukan kesalahan terlalu melebar saat menikung, wuzzz.. Lorenzo pun melengang. Dua lap terakhir, Lorenzo sudah semakun tak terkejar, finish 5 detik di depan Pedrosa.

Perang juga terjadi di belakang mereka, Cal Crutchlow berusaha keras untuk mengejar Stoner pada lap – lap terakhir. Usaha yang keras jelas terlihat dari tiap aksinya, namun  celah untuk melakukan overtake tak kunjung dia dapatkan.

Justru pada lap terakhir Stoner mengejar Dovizioso dan hampir merenggut posisi ke-3 di garis finnish. Dovizioso membuat tim Yamaha Tech3 menorehkan namanya pada musim ini, sedikit berbeda dengan harapan awal bahawa Cal Crutchlow yang berada di grid ke-3 yang akan podium.

MotoGP - Andrea Dovizioso Finnish 3rd Catalunya 2012

Sementara Valentino Rossi harus berpuas diri finish berada pada urutan 7, di belakang Alvaro Bautista yang tampil bagus. Menurutnya balapan kemarin merupakan record terbaik tim Ducati di sirkuit kering. Di belakangnya ada Stefan Bradl yang baru naik kelas dari Moto2, namun sepanjang musim ini juga tampil elegan.

Valentino Rossi, MotoGP Catalunya 2012

Sedang yang berada di depan Spies adalah Nicky Hayden yang mengalami masalah pada tangan kanannya. Ini adalah masalah yang sudah sering terjadi sepanjang karirnya. Pada saat kualifikasi juga dia rasakan namun tetap kambuh lagi walau sudah dilakukan perawatan malam harinya.

Balapan yang seru, makin penasaran saja bagaimana nantinya Balapan di Silverstone. Nampaknya Cal Crutchlow akan semakin semangat lagi, mengingat dia akan tampil di depan fans di negerinya. Sementara Rossi bisa beroptimis dengan kecenderungan sirkuit yang lebih sering diguyur hujan.

Jadi Penasaran nih 😀 Gimana dengan kamu, dukung siapa hayoo?

Tinggalkan komentar