Windows 10 akan Tersedia Gratis bagi Pengguna Windows 8.1

Windows 10 merupakan system operasi terbaru dari Microsoft yang akan datang, rencananya akan diberikan secara cuma – cuma bagi pengguna Windows 8.1. Hal ini tentunya merupakan sebuah kabar gembira. Karena tanpa mengeluarkan biaya tambahan lagi, pengguna Windosw 8.1 bisa merasakan system operasi terbaru dari Microsoft ini.

Windows 10 merupakan langkah lanjutan dari Microsoft dalam menyediakan sebuah system operasi tunggal untuk berbagai perangkat komputasi yang makin bervariasi, mulai dari Komputer, laptop, tablet hingga smartphone.

Bagi pengguna Komputer, tampilan Windows 8 dan 8.1 dirasa agak sedikit kurang nyaman saat memasuki tampilan Metro karena perubahan yang sangat radikal dari versi windows – windows terdahulu yang menggunakan start menu (sejak windows 98 setahu saya). Kesalahan ini akan ditebus dalam Windows 10, seperti yang terlihat dari screenshot berikut;

Windows 10

Dikutip dari TechRadar menyebut bahwa biaya update gratis untuk pengguna Windows 8.1 ini berlaku untuk tahun pertama, nampaknya ke depannya Windows akan memberlakukan biaya langganan seperti halnya beberapa program populer lainnya seperti Adobe Creattive Cloud.

Sedangkan pengguna Windows 7 dan Windows XP juga belum jelas apakah harus mengeluarkan biaya tambahan atau tidak untuk melakukan upgrade ke Windows 10 ini.

ย Fitur Windows 10

Beberapa fitur terbaru akan didapatkan user saat menggunakan Windows 10. Beberapa fitur ini antara lain adalah;

1. Spartan Browser

Browser terbaru yang akan menggantikan Internet Explorer yang sudah kelewat lama ngikut di setiap rilis Windows akan digantikan dengan browser baru yang disebut dengan Spartan.

Salah satu keunikan browser ini adalah kemampuan untuk menandai sebagian dari halaman web sebelum kita membagikannya dengan rekan kita melalui fitur sharing bawaan Windows 10. Saat sebuah halaman dikomentari dengan gambar atau tulisan, halaman itu akan ‘membeku’ dengan semua link aktif yang ada di halaman itu.

Spartan juga bisa digunakan untuk membaca halaman web secara offline, serta membaca PDF seperti Chrome dan Firefox. Disamping masih ada fitur andalan lagi, yaitu;

2. Cortana

Sering melihat Film Iron Man? Kalau kamu pernah berandai – andai untuk punya Jarvis sendiri, mungkin Cortana adalah jawaban buat kamu. Kalau pengguna iOS mungkin sudah terlebih dahulu kenal dengan yang namanya Siri.

Cortana akan bertindak sebagai asisten pribadi kamu, mungkin akan sama dengan komputer yang ada dalam film Her. Seperti apa ya kira – kira, saya juga tidak bisa membanyangkan atau berspekulasi tentang kecanggihan fitur ini. Semoga saja bukan cuma sebuah fitur ‘pemanis’ agar banyak orang penasaran.

3. Windosw 10 menyatukan semua gadget

Seperti yang saya sebut sebelumnya bahwa Windows 10 merupakan sebuah upaya untuk menjadikan aktifitas komputasi lebih simple dan efisien. Karena dengan menggunakan sebuah system operasi yang sama kita bisa menggunakannya dalam berbagai gadget yang kita miliki.

windows10-family-650-80Dalam salah satu demo pada sebuah acara tanggal 21 Januari lalu, Joe Belfiore VP of Operating Systems Microsoft menunjukkan fleksibilitas Windows 10 ini dengan Surface Pro 3.

Saat digunakan dengan docking keyboarnya secara otomatis modenya akan berubah menjadi desktop ikon dan start menu akan menyesuaikan. Sedang begitu dockingnya dilepas, Surface Pro 3 akan berubah ke mode tablet dimana start menu akan berubah layaknya pada Windows 8 dan icon aplikasi akan menjadi lebih besar.

Banyak fitur lainnya, saya tidakย  akan mengulasnya lebih jauh di sini ๐Ÿ™‚

Kapan Windows 10 Rilis?

Sebenarnya kapan sih Windows 10 benar – benar bisa kita pakai? Dari acara yang disebutkan tadi, masih dari sumber yang sama, Windows 10 akan bisa dipakai khlayak umum nanti di akhir tahun 2015 ini. Kita tunggu saja sama – sama. Buat yang memakai Windows original pastinya bisa langsung update nanti, kalau bajakan semoga juga bisa.

14 pemikiran pada “Windows 10 akan Tersedia Gratis bagi Pengguna Windows 8.1

  1. Udah ada yg baru lagi? padahal yang windows 8 aja belum nyoba ๐Ÿ˜ฎ pernah sih pake tapi ga enak tea, lebih suka yang windows 7

    • Biasa saja menurut saya mas Windows 7 sama Windows 8 relatif mirip. Yang membedakan hanya dari start menu (Metro)nya saja, kalau daleman biasa saja. Justru di Windows 8 ada apps kadang memberikan pengalaman tersendiri dalam menggunakan komputer.

  2. Cortana bukan cuma pemanis mas. Kurang lebih nanti akan sama dengan Cortana di Windowsphone 8.1. Cuman seandainya saja dia mendukung Bahasa Indonesia, mungkin akan lebih baik :).

    Btw, Cortana di Windowsphone hanya muncul kalo HP di-setting ke region US atau Europe. Kalo versi PCnya gimana ya?

    • Ya info terbaru memang begitu mas yang saya dengar, tapi saya udah nulis lama, dan belum saya update ini, nggak sempet tepatnya ๐Ÿ˜›
      Makasih masukkanya mas, salam kenal, thanks udah berkunjung ๐Ÿ™‚

      • Iya mas, salam kenal juga. ๐Ÿ™‚ Cepat dimutakhirkan mas, supaya tidak menimbulkan informasi yang salah.

Komentar ditutup.