Blogger Nusantara 2013; Perjuangan Panitia dan Kesan yang Tertinggal

Blogger Nusantara 2013 sebenarnya sudah rampung terlalu lama untuk dituliskan ulasannya sekarang. Karena acaranya dimulai seminggu yang lalu, Sabtu 30 November 2013 dan diakhiri pada hari minggunya. Tapi ya tidak apa lah, namanya saja blog ya tidak harus langsung seperti liputan berita di koran dan tv tho ya :D

Kopdar Blogger Pertamaku

Ajang Blogger Nusantara 2013 adalah acara kopdar blogger dari seluruh Indonesia, dihadiri 1000 lebih blogger, 1500 mungkin menurut salah satu tweet akun @BlogNusantara saat acara. Ini adalah ketiga kalinya event ini dilaksanakan setelah dua tahun sebelumnya terlaksana di Sidoarjo dan Makasar. Tapi bagi saya, ini adalah acara kopdar dengan sesama blogger untuk pertama kalinya.

Sebelumnya sudah ada acara kumpul – kumpul seperti ini sih, ada bloggernya juga, namun kemasan acara tersebut adalah WordCamp Indonesia 2013.

Perjuangan Panitia dalam Blogger Nusantara 2013

Acara ini ternyata merupakan acara yang terlaksana karena perjuangan dan pengorbanan yang berat dari para panitia. Sore hari sebelum keberangkatan calon peserta pasti yakin, besok mereka akan menjadi blogger yang sangat istimewa, karena bisa masuk ke kawasan Kraton Yogyakarta.

Namun pada saat paginya ternyata acara dipindah ke Joglo Abang, tempat sekertariat panitia. Pihak kraton ternyata belum memberikan ijin kepada panitia tentang acara ini. Jadinya mereka banyak yang tidak tidur malam itu karena mempersiapkan acara ini agar bisa terus berjalan. Karena kemepetan waktu ini pula, panitia Blogger Nusantara 2013 tidak sempat mengabari masyarakat di lingkungan Joglo Abang, ujungnya banyak dari penduduk lokal yang tidak menyukai acara ini mengadakan protes dan mengganggu jalannya acara. :(

 Setelah memindahkan acara dari Joglo Abang yang ada di daerah Mlati, Sleman ke Desa Wisata Tembi di daerah Bantul, sampai tengah malam, masih ada yang dipersiapkan para panitia lagi. Mas Bowo Eko Widodo juga curhat kemarin bahkan sampai jam 3 pagi baru tidur.

Lengkapnya suka – duka panitia Blogger Nustanra 2013 ini bisa dilihat disana sekalian, saya mau cerita ‘what happened to me during the event’.

Saya Dalam Blogger Nusantara 2013

Masuk ke bagian yang ‘saya banget’, sekarang saya juga mau curhat di sini. Saya berangkat dari rumah pagi itu jam 5.20, memakai motor adik saya yang lebih fit dari motor saya, saya bisa on time mulai memasuki kota Jogja jam 7 kurang 5 menitan. Saya saat itu belum tahu kalau acara ternyata dipindah, langsung menuju kompleks Keraton Jogjakarta.

Bingung dengan sepinya keraton plus tidak paham daerah situ, saya mencoba mencari kabar dari CSR acara dan Mbak Tina Latief. Dari mbak Tina saya tahu kalau acaranya dipindah. Tapi saya tidak tahu dimana itu Joglo Abang, nggak nyatet dulu sih :mrgreen:

Berbekal print out rundown acara kadaluarsa dari 2 teman blogger dari Ponorogo yang baru saja saya temui, saya bertanya pada tukang parkir tentang arah tujuannya. Langsung deh tancap lagi bersama dua blogger ini, tapi sayang sejak 2 tikungan selanjutnya mereka sudah ketinggalan, saya jadi merasa berdosa meninggalkan mereka, tapi ya gimana lagi.

Setelah keep-updating dan kebablasan saya akhirnya sampai di lokasi saat tempat masih sepi dan baru sedikit peserta lain datang. *ketemu kang bowo*

The Event, Blogger Nusantara 2013

Semakin ramai saja, banyak blogger seperti Pakde Cholik dan Pak Nanang yang langsung saya tahu kedatangannya karena sudah familiar dengan wajahnya. Akhirnya acaranya dimulai juga.

Saya merasa acaranya ya ‘biasa saja’ karena saya tidak mendapat apa yang saya harapkan dari para pembicaranya. Tapi saya yakin ada yang merasa berbeda degan saya. Dalam kacamata simplistic saya, hanya ada 3 hal di atas panggung selain MC;

  • Sambutan panitia, dengan tambahan curcol+ :D
  • Pembicara yang tidak membahas ‘how they do blogging, exactly’ bahkan malah terkesan seperti promosi produk *lirik espin sama t-money*,  sama persis dengan perasaan mbak Widha ini. Tapi ya namanya saja sponsor, itu sudah hak mereka, dan saya harus menerima saja :P
  • Pentas seni, not bad lah bagian yang ini, bisa menghibur, bahkan sampai penduduk lokal ikut ramai menyaksikannya.

Blogger Nusantara 2013

Jathilan @Blogger Nusantara 2013

 

Sore itu saya akhirnya ketemu juga dengan Mbak Tina Latief setelah selama ini hanya kontak online, kami sudah lumayan sering chat/komen fb dan sms, sempat saya mintai petunjuk saat mencari Joglo Abang. Tapi sayang, lupa nggak minta poto :P

Pindah ke Tembi, …

Setelah sampai Tembi dan diantar sampai di Homestay 03 lalu melihat – lihat sebentar ke dalam bersama pak Nanang, saya putuskan untuk sekamar dengan beliau. Sekamar, mau tidak mau harus ngobrol, add Facebook dan follow twitter, bahas sedikit juga tentang PKK Warung Blogger dan lalu tidur deh.

Paginya setelah sarapan, ikut melihat beberapa acara yang berlangsung saya balik lagi ke homestay, tidur mengumpulkan energi buat pulang nanti :D Bangun tidur keluar cari pulsa lalu ketemu Mas Bowo di dekat lapangan Volley, ini adalah diskusi terlama dan terasik saya selama event ini, walau kami bisa ngbrol banyak ya baru sekali ini.

Mungkin karena kami adalah blogger yang memiliki kecenderungan sama dalam blogging, udah ngejar income, bukan seleb blog, suka SEO, satu daerah asal, jadinya ya banyak yang bisa diomongin.

Tanpa terasa sampai beberapa kami disana, pemilik HS03 terlihat menghampiri kami, saya pun bertanya kepada beliau tentang kondisi rumah, hampir semua yang tinggal sudah pulang kecuali beberapa saja. Lanjut ngobrol, bahas kampung itu sama kejaian pas gempa dulu :D

Pulang, ….

Kita akhirnya bubar dari situ, kang Bowo ke pendopo Sentono, dimana ada acara terakhir di sana yang saya tidak tahu keberadaannya, bolos deh. Saya balik ke HS03 ambil barang bawaan lalu pulang setelah mampir dulu di Pendopo Sentono minta sertifikat, buat kenangan :mrgreen: *ketemu mas Tomi Purba, Mbak Tina sama Mas MJ*

Kesan Blogger Nusantara 2013

Kesannya, ISTIMEWA! Apalagi panitianya, hehehe…. Semangatnya selalu MAKSIMAL.

Kesan lainnya sih lebih saya refleksikan dalam diri saya sendiri, menemukan diri saya lebih dalam lagi;

  1. Saya memang benar – benar tidak suka berada pada kondisi yang terlalu crowded, jadinya kemarin lebih suka menyendiri atau diam. Mengitari desa Tembi saja saya juga sendirian.
  2. Saya bukan tipe opener, tidak suka mencairkan suasana. Terbukti dengan kediaman saya yang berkelanjutan dengan teman – teman blogger yang duduk disamping saya. Dengan mbak – mbak yang disamping saya yang menitipkan tas mereka saat ditinggal sholat saja saya tidak pernah ngobrol. Duduk dekat Pakdhe Cholik yang sudah sering berinteraksi secara online juga tidak membuat saya bisa langsung lumer.
  3. Kalau sudah ada kontak dulu saya baru bisa ngobrol, seperti saat ketemu mbak Tina pertama kali, ketemu kang Bowo.

Ternyata kopdar seperti ini bisa digunakan untuk tes kepribadian juga ya :D

Tips Kalau Mau Ikut Kopdar

Ada temuan juga yang saya temukan dari mengamati yang terjadi di acara Blogger Nusantara kemarin. Sepertinya menampilkan identitas diri seperti nama blog atau logo blog dengan disablon di kaos itu penting. Karena dengan begitu akan lebih mudah dikenal dan berdiskusi, tidak perlu membahas si A, yang blognya begini dan begitu baru tahu dan mulai ngobrol.

Sekian dulu deh, udah hampir jam 1 malam ternyata, dan posting ini nantinya juga telalu panjang kalau tidak segera saya akhiri :D

23 thoughts on “Blogger Nusantara 2013; Perjuangan Panitia dan Kesan yang Tertinggal

  1. Saya membayangkan kekacauan yang luar biasa pada pelaksanaan acara tersebut setelah membaca curhat kag Tiyo di atas.

    kedua, sisi positifnya adalah dapat bertemu dengan wajah-wajah blogger yang secara online barangkali lebih intim.

    ketiga, sejak menjadi silent reader blog ini, sejatinya saya telah menebak sosok pribadi Kang Tiyo. Terlihat jelas dari pilihan kata pada setiap postingannya. Ternyata tebakan saya tidak meleset.

    keempat, entah kenapa saya malah jadi pingin ketemu panjenengan ya kang? hehe…salam
    Posting terakhir Ibrahim Sukman adalah ..Kenapa Saya Suka Membaca Tuntas Artikel Blog Anda?My Profile

    • Hehehe,…. Ayuh kopdar kang :)

      Jadi penasaran juga nih sama sampean saya kang, pemilihan kata yang bagaimana ya yang bisa membuat sampean bisa membuat kesimpulan tentang saya?

      Terus kalau tentang acara ini yang bisa mempertemukan kami, ya memang itu juga tujuan utama Blogger Nusantara, tapi saya berharap lebih dari materi yang disampaikan.

  2. Pengen bangat ikutan even2 seperti ini tapi sayang sekali waktu even yang diadakan di Makassar itu hari saya nda sempat hadir padahal udah dihubungi ama teman yang sudah berada di lokasinya itu hari. Saya juga kadang seperti itu mas, kapan kalau ada acara ngumpul2 seperti itu, kecuali orang lain yang duluan negur atau sapa baru saya balas dan mulai ngobrol. Mungkin akan terkesan agak lambat untuk menyesuaikan dengan suasana tapi kalau di temnpat sepeti ada satu orang saja yg saya kenal, so pasti takkan akan kutinggalkan orang tsb.. :D

    • Wah iya mas, saya nggak sempet ngecek kemarin, mungkin karena udah ngantuk atau kondisi tempat saya posting agak kurang nyaman kali ya :)

      Anggota KBJ juga ya mas? Jelas beda lah, wong yang datang se-Indonesia kok.

  3. Selalu ada dinamika yang cepat dalam setiap kegiatan berskala besar. Paitia juga sudah ambil langkah cepat pula.
    dari Jogya ke Joglo Abang-tembi PP saya juga boncengan sama mas Azzet
    Secara keseluruhan acara ini lancar dan sukses
    Saya malah ikut njoged mas,wong musiknya enak je
    Terima kasih reportasenya
    Salam hangat dari Surabaya
    Posting terakhir Pakde Cholik adalah ..Menemukan Rezeki Di JogyaMy Profile

    • Sudah sukses banget untuk mempertemukan kita semua di satu tempat dan waktu ya Pakdhe. Hehehe…

      Iya Pakdhe, yang di foto atas itu khan juga ada sampean :) Jane kemaren pengen juga ngobrol sama sampean, tapi jadi sungkan karena kayaknya selalu asik ngobrol sama yang lainnya.

  4. alhamdulillah, jika peserta merasakan kesan yang luar biasa. lepas di sana-sini masih banyak kekurangan. minimal, jogjakarta mendapatkan tempat tersendiri di hati para mastah. yang menyempatkan waktu untuk bergabung dalam kopdar #bn2013.
    tentu ini sekaligus menjadi pelajaran berharga bagi panitia #bn2014 ke depannya. bagaimana kita dapat membuat nyaman peserta sekaligus membuat aman panitia.
    Posting terakhir nuzulul arifin adalah ..alfaonline.com : Toko Belanja Online Murah, Promo Heboh Jual Barang Hanya Rp 1,-My Profile

    • Iya ya, lebih matang lagi perencanaan, nggak usah ngeklaim bisa ke kraton nggak apa – apa asal dengan begitu bisa terlaksana dengan baik. Kasihan harus bekerja keras karena masalah ijin yang ternyata belum dikasih kraton ini.

    • Kemarin udah mulai ngasih umpan di FB itu mas, nggak ada yang daftar kalau mau mengadakan seminar blogger kecil – kecilan selain seorang saja yang sebenarnya udah punya blog dulu. :(

  5. Pingback: XL HotRod 3G, 3 dan Telkomsel Flash Ultima - AboutTiyo.web.ID

Tinggalkan Balasan

Alamat surel Anda tidak akan dipublikasikan. Isian wajib ditandai *

Anda dapat memakai tag dan atribut HTML ini: <a href="" title=""> <abbr title=""> <acronym title=""> <b> <blockquote cite=""> <cite> <code> <del datetime=""> <em> <i> <q cite=""> <strike> <strong>

CommentLuv badge