Expert itu Mahal, Expert itu Keren, Jadilah Expert!!

Membaca salah satu bagian dari buku karya Jamil Azzaini yang berjudul “Tuhan, Inilah Proposal Hidupku” pastinya anda akan menemukan sebuah bagian yang bisa membuat anda semangat, atau justru minder, bagian yang saya maksud adalah pada bab Jadilah Expert.

Di sana disampaikan bahwa menjadi seorang yang memiliki keahlian itu mutlak dan tidak bisa ditawar. Karena dengan menjadi expert kita akan memiliki banyak keuntungan, seperti bekerja dengan waktu lebih singkat, mendapat lebih banyak penghasilan misalnya.

Tuhan, Inilah Proposal HidupkuSaya sendiri sih, baru saja membuktikan dan mengamininya saja. Sangat – sangat setuju, karena saya baru saja mendapat pengalaman seperti itu dalam waktu beberapa pekan terakhir ini. Ada tiga pengalaman untuk lebih jelasnya, sepele sih, saya bukan expert sebenarnya, tapi orang yang memberikan imbalan pada saya itu paling tidak beranggapan kalau tidak saya yang melakukan, mereka pastinya tidak akan bisa. Ok, deh saya coba membagi cerita tersebut sekarang;

1. Mengatasi Firefox yang tidak bisa download

Jum’at lalu kalau tidak salah, salah satu rekan kerja bilang kalau komputer dirumahnya tidak bisa digunakan untuk download, saya pun diminta datang untuk membereskan masalah itu. Sesampainya disana saya menemukan masalahnya sangat sederhana, komputernya baru saja di service, dari tempat service diberi IDM bajakan yang karena ketahuan dari pembuat programnya, maka programnya diblokir tidak bisa jalan.

Sedangkan Firefox biasanya sudah 100% menyerahkan urusan downloadnya pada IDM karena IDM menambahkan sebuah plugin padanya. Mau download, tapi tukang downloadnya tidak kerja, batal lah, tidak bisa download.

Ada dua pilihan, cari bajakan yang lebih baru yang tidak terdeteksi kepalsuannya, atau buang sekalian IDM dari komputer. Dalam waktu kurangdari 15 menit, masalah clear, saya pamitan pulang, alhamdulillah diberi bekal nasi goreng sama amplop 😀

 Saya bukan expert, tapi mereka pikir mungkin saya memprihatinkan, dan perlu dikasihani 😛 seahli itu. Sekitar 7% gaji bulanan saya saya peroleh dalam 15 menit karenanya :mrgreen:

2. Masang Casing HP

Ini mah ga kelas banget 😛 tapi it’s OK. Memasang dua casing HP tanpa pengalaman sebelumnya membongkar tipe HP itu saya anggap hitung – hitung belajar sekalian, ga lama juga satu jam mungkin, dapat kurangdari separuh cerita pertama 😆 Bukan expert lagi!

3. Mengerjakan Laporan

Kali ini mungkin saya agak bisa senyum, sedikit berbobot lah yang saya kerjakan, mengerjakan beberapa sheet Excel yang saling berkaitan dengan menggunakan beberapa rumus VLOOKUP yang agak ribet kalau tidak terbiasa, ditambah mail merge biar makin seru, nyatanya semua lancar, karena ini adalah kesekian kalinya saya mengerjakannya 😛

Kalau data raw sudah mantab mungkin hanya butuh beberapa jam, tapi kemarin perlu dilanjut beda hari, masih ada error dari referensinya. InsyaAllah nantinya dari sana akan mendapat honor 4x cerita pertama. Still, not really an expert, but I think I smell how it’s feels to be a real expert!

Jadilah Expert!

Sekali lagi, memang Kakek Jamil Azzaini (panggilan beliau di twitter) sangat benar, untuk mencapai SuksesMulia, kita harus jadi expert. Mulai sekarang mari perbanyak ilmu yang berguna, jangan pernah letih belajar sampai benar – benar jadi expert!

Satu pemikiran pada “Expert itu Mahal, Expert itu Keren, Jadilah Expert!!

Tinggalkan komentar