Panda 4.0, Affiliate Down, what else it can be?

Tak terasa sudah hampir sebulan saya mulai mengalami gairah ngeblog yang makin menurun. Walaupun intensitas saya menulis di sini masih relatif sama, antara 4-5 posting per bulan atau kadang lebih, tapi semangat untuk menulis terus terang berkurang sekarang.

Setelah milihat apa yang saya alami, menemukan beberapa hal baik lainnya yang bisa saya bagikan saya memutuskan untuk menulis ini. Semoga bermanfaat 🙂

Panda 4.0

Kalau kamu sebagai blogger yang sedikit banyak memperhatikan informasi terbaru tentang SEO, pastinya tau kalau pertengahan bulan lalu Google merilis update terbarunya pada algoritma yang mereka pakai. Update terbaru ini jamak dikenal dengan Panda 4.0. Ada website dan blog yang mengalami peningkatan jumlah pengunjung karena update ini, ada yang justru mengalami penurunan.

Sayangnya blog ini ada pada pihak yang kurang beruntung.

Jumlah kunjungan blog ini saat ini lebih sering bekisar antara 400 visitor per hari, dibanding dengan jumla sebelum update Panda 4.0 yang bisa mencapai 2500an per hari. Hal inilah yang menjadikan semangat saya banyak turunnya. Karena otomatis AdSense yang dihasilkan dari blog ini ngedrop jauh sekali.

Kenapa blog ini terkena dampak buruk?

Saya juga tidak tahu pasti sih. Tapi mungkin karena beberapa praktek mencari backlink yang saya lakukan yang dianggap menyalahi aturan. Saya mulai tahu tentang mencari backlink ini dan mulai lebih banyak mencari backlink setelah mengikuti lomba SEO dari ASUS kemarin.

Selain karena (kemungkinan) masalah backlink ini, bisa juga karena posting utama yang menghasilkan banyak visitor sebelumnya adalah tentang download, denger – denger topik itu mulai diendus Google dan mungkin tidak hanya saya saja yang terkena imbasnya. Tapi kalau itu yang terjadi kenapa semua posting mengalami penurunan. Secara keseluruhan blog ini seperti kehilangan posisi di hasil pencarian untuk keyword yang sebelumnya ditempati blog ini 🙁

Affiliasi Turun

Setelah traffic turun dan AdSense ikut ngedrop, giliran affiliasi yang ikut menurun pendapatannya. Blog ini kebanyakan mendapatkan komisi affiliasi dari hosting yang sudah makin jarang ada referal.

Selain itu juga ada Lazada yang belum pernah pay out, semoga lancar nanti setelah kemarin ada system baru dari Program Affiliasi Lazada ini.

Saya merasa kemarin affiliasi Lazada juga makin sepi saja tanpa ada sales selama sebulan belakangan, mungkin karena tracking lama sudah tidak dipakai atau apa gitu perkiraan awal saya. Tapi ternyata tidak hanya itu saja. Ada sebab lainnya, yaitu;

Lazada Error,  barang tidak ada

Ternyata banyak produk yang sudah tidak tersedia di Lazada, jadi link yang ada di blog ini dalam artikel praktis adalah link mati yang tidak akan pernah bisa menghasilkan sales sama sekali.

Pelajaran dari semua ini?

Dari dulu mulai mendapat income dari blog, mungkin ini adalah hantaman yang pertama kali saya dapatkan, tidak seharusnya saya dihantam sekali lalu tumbang tanpa daya. Saya tahu ini menghambat beberapa plan yang saya rencanakan sebelumnya. Tapi harusnya saya jadi makin terbuka dan melihat peluang dari berbagai kacamata.

Saya harusnya sadar bahwa sebenarnya saya masih punya domain/blog lain yang bisa saya urus dan maksimalkan daripada hanya bermurung durja tentang bencana di sini. Anggap saja semuanya tidak pernah terjadi. Toh, saya sudah sering melihat blog ini dengan jumlah pengunjung diangka yang sekarang, lebih sering dan lebih lama saya melihat jumlah pengunjung sebegitu bahkan daripada jumlah kunjungan yang hingga 2500.

Dari sini saya bisa belajar kalau;

1). video di YouTube ternyata masih bisa menghasilkan, walau sedikit, kalau lebih giat membuat video mungkin bisa lebih banyak hasilnya, dan tentunya lebih aman dari kena banned 😛

2). Ternyata membuat blog untuk affiliasi produk elektronik yang cepat berubah itu perlu juga untuk sering – sering melihat ke halaman Lazada, biar user tidak kecewa saat meng-klik link dari blog kita dan ketemu dengan gambar di atas. User kecewa, kita melongo kayak macan ompong kalau tidak ada sales juga khan 😛

3). Jangan putus asa dan terlalu stress, anggap saja semua ini ganjalan kecil. Toh apapun yang terjadi kamu tetap hidup dan tidak akan terjadi kiamat hari ini.

Louis Zabel: Good day, I’m okay, bad day, I’m okay. Quit bugging me about my feelings. They’re irrelevant.

Wall Street: Money Never Sleep

Mungkin quote dari Louis Zabel yang nggak mau mikir perasaan di atas ada benarnya, jangan terlalu di dramatisir biar perasaan nggak terlalu tenggelam dan kita terus – terusan down 🙂

8 Comments

  1. Idah Ceris 19 Juni 2014
  2. ririn 19 Juni 2014
  3. Dwi Sugiarto 19 Juni 2014
  4. topik.my.id 21 Juni 2014
  5. Tiyo Kamtiyono 25 Juni 2014
  6. Nandarious 26 Juni 2014
    • Tiyo Kamtiyono 27 Juni 2014
  7. Syakirurohman 1 Juli 2014