XL HotRod 3G, 3 dan Telkomsel Flash Ultima

XL HotRod 3G adalah layanan paket data yang saya pakai dulu waktu masih awal – awal menggunakan smartphone Samsung Galaxy Mini. Saat itu setelah melihat harga yang ditawarkan dengan kuota yang saya dapatkan saya putuskan untuk pindah menggunakan kartu XL sebagai kartu utama saya. Bahkan dulu pernah ikut kontes SEO juga dengan judul XL membangun negeri.

Disamping karena saya waktu itu menilai koneksinya bagus, saya juga mendapat sebuah nomor yang bisa dibilang cantik, sampai sekarang saya masih menggunakannya karena disamping banyak kenalan yang menyimpan nomor itu juga cantiknya ini.

Lihat saja, 0 878 353 77877 ada 3 grup angka yang simetris, kalau dikelompokkan dengan cara lain masih unik juga 0878 3537 7877 pada tiap kelompok ada 2 angka yang sama, disamping overall jumlah angka 7 disana banyak sekali. Saya suka angka 7, dan saya suka kalau dari satu hal bisa diartikan lebih dari satu, misteri, simbolis, inspirasinya dari novel – novel Dan Brown :D

XL HotRod 3G  Saya Lemot

Satu kekurangan XL HotRod 3G di daerah saya adalah tidak adanya jaringan 3G yang bisa saya nikmati. Bahkan di lokasi tempat saya bekerja yang notabene kota kabupaten paling mentok di koneksi EDGE. Apalah artinya nama XL HotRod 3G kalau nyatanya saya tidak pernah terpapar dan terhubung dengan jaringan 3G.

XL HotRod 3G

Awal tahun lalu saya mencoba – coba juga operator lain, mulai dari 3 sampai juga Indosat. Kalau 3 memang mantab, koneksi cepat untuk memnuka YouTube saja tidak buffering. Tapi sayangnya kalau dibawa pulang di rumah saya yang berjrak sekitar 5 km dari kota kecamatan sinyal sama sekali tidak ada. Kalau Indosat (IM3) bagus lah, tapi kalau dirumah biasa juga :P

Mencoba Telkomsel Flash Ultima

Juli lalu saya berganti HP Lenovo, dual SIM, saya butuh nomor baru Telkomsel, karenanya saya beli HP ini.

Kartu As Flash Ultima   Volume Based   Telkomsel

Saya putuskan menggunakan nomor As, tidak cantik kalau ini :D Saya membeli paket datanya sekitar Ramadhan lalu saat di Sumatra, tempat saudara. Awalnya saya membeli paket data Flash Ultima 55 ribu hanya mendapat kuota 600 MB, 300 MB jaringan 3G dan sisanya GPRS – EDGE. Jatah 300 MB EDGE habis dalam beberapa hari, karena koneksi yang relatif lancar.

Medan di sana tidak memungkinkan saya menerima sinyal 3G juga, akhirnya paket data 3G tidak bisa dipakai sampai saya pulang pertengahan Agustus. Begitu pulang, saya masih ada sisa 3G yang lebih dari 1GB, bisa saya pakai hingga awal September.

Enaknya ternyata dirumah saya koneksi HSDPA tersedia, bahkan saat saya jadikan portable hotspot saya bisa menerima speed 300an kbps. Pernah saya satu malam, saat tanpa sengaja menyulap Sony Experia X8 milik Adik saya jadi bata, boot loop, habis 1.3 GB untuk download, saat itu paket datanya 60 ribu untuk 1.2 GB.

Menggunakan Paket Data 3

Saya juga pernah menggunakan paket data 3, karena tidak tahan dengan harga paket data Telkomsel Flash Ultima yang kemahalan dan tidak bisa menggunakan XL HotRod 3G yang lemot :( Saat hendak ikut WordCamp Indonesia 2013 lalu saya putuskan untuk membeli paket data 3, lumayan 30 ribu kuotanya 2 GB. Walau kalau dirumah terpaksa offline sih :(

Sekitar sebulan paket data itu habis, saya bingung mau menggunakan paket data apa sementara, mendekati tanggal tua, siap – siap sangu buat ikut Blogger Nusantara, paket data saya kosongi dulu, doh!

Saat di acara Blogger Nusantara itulah saya rasa memiliki paket data yang aktif adalah sesuatu yang urgent, akhirnya saya putuskan untuk membeli paket XL HotRod 3G lagi. Kalau dulu saya sering beli yang 50 ribu, kemarin saya beli yang 25 ribu saja. Waktu di Jogja dan wilayah perkotaan lainnya sih lumayan, tapi lama – kelamaan saya merasa koneksinya makin lemah.

Mungkin benar, apa yang disampaikan beberapa member Grup Facebook Lenovo S880 Super User, kalau si kuning sama biru sedikit tidak fit kalau dipakai di handphone ini. Tapi masak untuk email saja sering telat nyampainya di HP saya.  :(

Kembali Menggunakan Telkomsel Flash Ultima

Sekitar minggu kedua Desember ini, saya putuskan untuk membeli paket data Telkomsel Flash Ultima lagi, tak apa lah lebih mahal, nyatanya saya tidak kecewa dengan koneksi iyang diberikan. Saya sedikit suka juga, karena harganya semakin kompetitif, sekarang 60 ribu sudah dapat total bandwidth 1.8 GB.

Kenapa saya curhat tentang Operator ini?

Bukan ada apa – apa, ini juga bukan artikel Kontes SEO, job review atau affiliasi :P Saya dulu pernah menulis tentang XL HotRod 3G ini, saya rasa sudah tidak relevan kotennya dengan pengalaman saya sehari – hari.

Saya jadinya seolah merasa menanggung beban moral kalau ada yang ikut menggunakannya, tapi koneksi di tempatnya relatif sma dengan yang saya alami. Tidak ada maksud untuk menjelekkan XL dan menawarkan Telkomsel, karena semuanya relatif, bergantung daerah masing – masing.

Kalau koneksi XL di daerah pembaca artikel saya juga cepat sih tidak apa – apa. Sudah murah, banyak, cepat lagi. Tapi kalau nggak, saya mungkin dianggap penipu oleh pembaca saya.

Kalau saat ini, kesimpulan saya sih XL HotRod 3G itu murah dan memang banyak, tapi tidak bisa dinikmati. Tapi pilihan saya Telkomsel Flash Ultima, karena lebih stabil.

Kalau di daerah kamu bagaimana?

VMSTUD Plat HD 11 Sony Creative Software Inc.

Comments

  1. says

    Semenjak saya pindah kontrakan yang dekatnya ada kampus yg bisa dipakai jaringan wi-fi nya, saya mulai menggunakan smartfren tapi modem ini punya kesan tersendiri bagi saya. Malam koneksinya lumayan mntap tapi kalau udah mulai jam 6 pagi sampai jam 8 malm, koneksinya masih super lambat makanya modem ini saya kasih gelar “Modem Vampir” soalnya lebih asyik dan cepat koneksinya kalau dipake tengah malah sampai pagi malah.. :D
    Nda lama kemudian saya ganti menggunakn modem telkomsel flash dengan kartu as. Yg ini malah lebih parah dari sebelumnya, tidak ada waktu spesial untuk saya nikmati speed koneksinya (untuk di tempat tinggal saya) makanya modemnya saya langsung buang (maksudku : saya kasih teman). :D Setelah saya menggunakan modem telkomsel flash, saya mulai lagi menggunakan modem Venus VT-10 dengan kartu Flexi. Inilah yg saya pake hingga saat ini mas. Dengan biaya 49 ribu, saya beli paket promo bulanan + unlimited dan kadang dapat bonus 5 hari untuk akses internet.. :D
    Menurut saya, walau modem dan kartunya cukup bagus menurut bahasa orang2, jgn dulu bergembira dan langsung jatuh hati pada modem tsb karena siapa tau akan beda kondisinya jika kita sendri yg gunakan pada tempat tinggal sndiri. Kadang juga letak penempatan modemnya berpengaruh juga dengan koneksinya. Udah ah sudah banyak nanti dikira sok tau dengan informasi ini..

      • says

        Modem venus saya udah saya sambungkan dengn penyambung USB kayak gituan kok mas supaya lebih leluasa cabut dan nyolok lagi di belakang CPU PC saya. Penyambung USB-nya bekas dari waktu saya beli Blue Link dulu sebagai penangkap sinyal dari jaringan wifi kampus dekat kontrakan saya dulu. Karena sekarang udah nggak ada layanan hostpot di dekat tempat tinggal saya, mkanya say pake saja untuk penyambung modem saya ke CPU.. :)

  2. says

    Sudah 13 th memakai XL dan blm ada keluhan untuk di daerah saya, rasa nya ngak ikhlas banget mau ganti no yg lain. meskipun banyak promo dari operator lain tapi ngak bisa berpaling hati :-)

  3. says

    saya juga masih menggunakan XL mas, alhamdulilah sinyal disini bagus semua .. sampai 2 tahun ini kartu XL saya gak pernah lepas dari modem huawei butut sya ini :) , cuman kalau pas mudik istirahat dulu XL nya .. tancep modem simpati … karena simPati paling mengerti kapanpun dimanapun anda pengen akses internet … ya Simpati..

    • says

      Hehehe… Benar mas, memang Telkomsel bisa diandalkan dimana saja dan kapan saja. Ini saya juga make portable hotspotnya HP dirumah :D
      Mahalan dikit sih, tapi saya ikhlas kok :D

Tinggalkan Balasan

Alamat surel Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Anda dapat menggunakan tag dan atribut HTML: <a href="" title=""> <abbr title=""> <acronym title=""> <b> <blockquote cite=""> <cite> <code> <del datetime=""> <em> <i> <q cite=""> <strike> <strong>