Seorang blogger dari Sragen, Jawa Tengah. 3 dari 4 bersaudara ini adalah orang yang aktif di dunia blog sejak tahun 2007. Terinspirasi dengan Iron Man dan The Mechanic, suka renang, twitteran di @kamtiyono

107 Comments

  1. Kamtiyono
    5 Juni 2012 @ 17.21

    Perbandingan Hosting Indonesia Terbaik; Masterweb, IDWebhost, RumahWeb http://t.co/qif4bgJM

  2. idwebhost
    6 Juni 2012 @ 01.23

    Terima kasih “@kamtiyono: RT @abouttiyo: Perbandingan Hosting Indonesia Terbaik; Masterweb, IDWebhost, RumahWeb http://t.co/imp0dC0L”

  3. Ade Arwans
    6 Juni 2012 @ 07.39

    Mungkin nanti saya akan berkemah di masterweb..
    Apa lagi melihat artikel ini, sayapun pernah membandingkan ketiga hosting tsb dan memang saya sedikit merasa berat untuk menggunakan hosting yang bisa di bilang “sangat tidak terjangkau” untuk pelajar seperti saya.

    • Tiyo Kamtiyono
      6 Juni 2012 @ 19.19

      Yups, yang penting kita sesuaikan dengan kebutuhan dan kemampuan. Untuk menjawab hal inilah penyedia hosting dituntut untuk lebih fleksibel dalam memberikan pilihan. Juga dengan menjaga kwalitas tentunya begitu seorang telah ‘berkemah’ disana (istilahnya keren :mrgreen: )

      Thanks atas komentarnya mas Ade :)

  4. Hanafi
    6 Juni 2012 @ 08.28

    Terima kasih atas masukan dan reviewnya..
    (Hanafi – IDwebhost)

    • Tiyo Kamtiyono
      6 Juni 2012 @ 19.28

      Saya tidak menyangka Anda akan mampir mas Hanafi, walaupun saya tidak tahu anda sebelumnya, namun hal ini sedikit membuat saya merasa mendapat penghargaan dengan perhatian yang anda berikan. Karena sebenarnya anda bisa saja meninggalkan blog ini tanpa komentar.

      Well, mungkin informasi di atas masih kurang lengkap dan seimbang. Hal ini karena saya memang belum pernah menggunkan jasa hosting dari anda. Namun di bagian kesimpulan saya mencoba untuk sedikit lebih netral.

      Sebelum saya menulis posting ini, saya ingin memiliki sebuah blog baru, namun ingin pindah dari @masterwebnet, namun setelah melihat – lihat ternyata tidak ada yang mantap di hati. Jadi ya saya tulis saja di sini. Biar orang dengan kondisi sama dengan saya juga bisa berbagi di sini.

      Saya juga bukan seorang yang fasih dalam strategi bisnis, tapi semoga saja bisa membantu anda juga :) Salam.

  5. Kualitas Layanan Hosting Indonesia Meragukan
    28 Juni 2012 @ 12.25

    […] saat yang lalu saya membuat sebuah posting tentang perbandingan 3 penyedia jasa hosting terbaik Indonesia. Mereka adalah Masterweb, IDWebhost dan rumah web. Setiap perusahaan membawa keunggulan masing […]

  6. Yusuf Nurrachman
    28 September 2012 @ 02.20

    Maturnuwun reviewnya mas. Mas Tiyo benar, positioning kami memang tidak pada segmen low-end dan masuk pada segmen korporasi yang lebih mengutamakan layanan ketimbang harga.

    Kami lebih memilih memberikan value yang sebenarnya dibutuhkan pelanggan daripada mempermainkan harga yang tidak akan ada ujungnya. Hasilnya adalah layanan prima dan harga yang rasional – jika tidak ingin menyebutnya mahal :)

    • Tiyo Kamtiyono
      30 September 2012 @ 01.16

      Jadi pengen ikut nyobain hosting disana juga nih 😀

    • Sukalagu
      15 September 2013 @ 23.39

      @Yusuf Nurrachman : kayaknya mas ini technical supportnya rumahweb kan?

      • Tiyo Kamtiyono
        16 September 2013 @ 01.07

        Setahu saya beliau yang punya rumahweb mas :)

  7. swordreligion
    28 September 2012 @ 16.55

    makasih infonya . .. kebetulan baru butuh nih .. buat hosting web ..

    • Tiyo Kamtiyono
      30 September 2012 @ 01.15

      Thanks juga bro :)

  8. Merakhost
    30 September 2012 @ 14.15

    boleh juga nih gan,
    mantap reviewnya

  9. Pengetahuan Produksi
    28 November 2012 @ 08.29

    Terima kasih atas informasinya.
    Saya biasanya beli di rumahweb, ternyata lebih mahal ya?

    • Tiyo Kamtiyono
      30 November 2012 @ 02.15

      Kalo harga ya memang, mahalan dikit lah. :)

  10. dahlia
    16 Desember 2012 @ 21.30

    saya punya beberapa hosting di rumahweb. so far sih layanannya lancar, cuman ada beberapa fitur di wordpress yang tidak disupport.
    juga sepertinya harganya mahal seperti yang dibahas disini.

  11. joecgp
    23 Desember 2012 @ 13.02

    Ikut nimbrung boleh ya.. pengalaman saya sudah menggunakan 2 hosting, rumahweb ama masterweb, hari harga domain dan hosting memang lebih murah masterweb, dari segi pelayanan customer saya milih rumahweb karena lebih cepat dan langsung di tanggapi oleh yang berkompeten, namun satu yang menjadi pertimbangan saya dalam memilih hosting ada segi kualitasnya, saya mamakai hosting dari rumahweb, dari segi visitor lebih banyak di banding dengan menggunakan masterweb.. makanya sampai sekarang saya masih langganan di rumahweb, 3 blog saya di masterweb kunjungan rata2 150UV, sedang di rumahweb bisa mencapai 1500UV/day.. matur nuwun..

    • Tiyo Kamtiyono
      23 Desember 2012 @ 18.14

      Saya beberapa bulan lalu juga sudah membuat sebuah blog baru di rumahweb, kalau untuk service saya rasa tidak jauh beda, cuman control panel yang menggunakan web installer Softacalous mungkin sebuah point plus yang saya dapat, saya berencana membuat posting perbandingan terbaru ini juga, namun belum terwujud 😀

      …dari segi visitor lebih banyak di banding dengan menggunakan masterweb.. makanya sampai sekarang saya masih langganan di rumahweb, 3 blog saya di masterweb kunjungan rata2 150UV, sedang di rumahweb bisa mencapai 1500UV/day.. matur nuwun..

      Masak sih bisa mas, jumlah pengunjung menurut pengetahuan saya akan lebih ditentukan dengan jumlah konten situs yang sudah diindex oleh mesin pencari deh, hosting mungkin memberikan kecepatannya berbeda, dan juga menjadi parameter bagi mesin pencari dalam penilaian situs, tapi semua gak akan lepas dari SEO dan berbagai optimisasi yang kita lakukan, tidak sebegitu signifikan harusnya.

  12. master7
    23 Desember 2012 @ 15.21

    Hati-hati ama masterweb a.k.a mwn!! Parah abiss dah gw dah order yang free domain untuk 3 bulan karena alasan murah tp apa yang di dapat setelah hampir 1 bulan sampe sekarang ga bisa diapa2in tuh orderan gw. Malah gw tanya ke support mereka disuruh order dulu domainnya!! Kacau dah emang ga liat orderan awal gw apa y. Free domain diawal dah diminta nama domain yang mau digunakan. Satu kata buat mwn .. Ga profesional!!!! .. Gw order juga gara2 baca tulisan di sini jgn2 neh agan dapet gratisan dari sana tp bikin review sepihak!!! Mendingan di rumah web meski beda harga tp puasss ga kecewa gini. Duit ga seberapa tapi bikin gw jadi emosional gini.

    • Tiyo Kamtiyono
      23 Desember 2012 @ 19.02

      Pertama, sorry mas, harap hormati sesama dengan tidak menghidupkan caps lock anda berlebihan.

      Yang kedua, harap lebih terbuka, kalau ada mbok diberi URL, sehingga kita bisa lebih tau apa yang terjadi. Atau mungkin lampirkan nomor invoice atau support ticket anda. Ini menarik, saya berencana memberi tahu support masterweb, barang kali nanti ada tindak lanjut lebih lengkap :)

      Yang ketiga, memang beberapa posting saya disini yang berisikan link ke masterweb adalah link affiliasi, yang berarti saya akan mendapat komisi dari tiap orang yang ikut menggunakan jasa masterweb setelah mengikuti link tersebut, 7% dari apa yang anda bayar angka pastinya.

      Keempat, saya membuat berbagai review itu dan menyebutkan layanannya bagus memang karena produk hostingnya selama ini tidak pernah masalah, berbeda dengan pengalaman saya sebelumnya.

      Kelima, pemesanan hosting dengan free domain minimal adalah paket HOSTING BISNIS C, tercatat ada satu – satunya user yang saya refer pada tanggal 31 Oktober 2012, dengan masa kontrak 6 bulan, bukan 3 bulan seperti yang anda sampaikan. Jadinya (maaf) saya merasa curiga apakah anda benar – benar memesan sebuah hosting di sana?

  13. Skor Terkini
    23 Desember 2012 @ 20.20

    jadi teringat pulauweb dot com mas, yang bikin kontes seo tapi ga nampilkan siapa pemenang,,

    :)

    • Tiyo Kamtiyono
      24 Desember 2012 @ 01.30

      Kok bisa, maksudnya gimana ya?

  14. Rumahweb vs Masterweb, Hosting Terbaik Indonesia Buat Blog Kamu
    24 Desember 2012 @ 15.38

    […] yang saya sampaikan dalam komentar kemarin, saya mulai beberapa bulan terakhir sudah mencoba juga menggunakan jasa rumahweb, penyedia […]

  15. Bima Anggara
    30 Desember 2012 @ 17.56

    ikut Review ah gan…

    Saya Lebih Suka Rumahweb.Com , Mahal sih nggak, Relatif buat saya dan Support 100% saya bilang paling OK di indonesia, dan di rumahweb.com support bener2 24 jam penuh dan sama sekali gak pernah ngeluh serta mereka sangat membantu dalam masalah sedetail apapun…

    Dan Saya punya beberapa client yang pernah beli hosting di Masterweb , semua komplen uy.. yang seharusnya di support di lakukan oleh masterweb, mereka kecewa tidak pernah selesai dan malah di gantung..Sistem support saya kira dibawah rata2 :)

    Dan juga Idwebhost.. mohon maaf, saya gak pernah ada niat beli disana :), mungkin salah satu alasan kenapa gak ada niat untuk membeli, supportnya masih dibwah rata2 :)

    Salam Online

    • Tiyo Kamtiyono
      21 Januari 2013 @ 18.54

      Kalau saya sendiri sih cenderung orang yang berusaha memecahkan masalah sendiri, minta bantuan kalau bener – bener KO servernya (pernah sekali), dapet saran buat fix problem, cuma juga harus turun tangan sendiri, soalnya harus buat php.ini di root server :)

    • WAWASANews
      11 Agustus 2013 @ 20.55

      Bener nih kata Bima. Live chat di masterweb gak fungsi. Lama ditungu gk ada respon staf teknis yang online. Padahal di sana jelas ada tanda ia hidup alias online. Saya sampe kirim email puluhan kali gak dibalas juga. Baru setelah teman saya menyarankan komplain via tiket, saya baru ditanggap. Tapi hanya dikasi link. Akhirnya saya niat transfer domain ke Rumahweb.com. Tapi gak dibolehin ma mas-mas yang jaga online karena umur domain belum ada 60 hari.

  16. kang topjer
    19 Januari 2013 @ 10.49

    terima kasih review nya, sya jg lagi cari hosting buat projek baru, harga paket hosting memang menjadi acuan utama sya karena budget yg terbatas

    • Tiyo Kamtiyono
      21 Januari 2013 @ 18.56

      Sama – sama mas, thanks udah komentar :)

  17. indo666
    22 Januari 2013 @ 23.18

    He he,udah pernah hosting di rumahweb beneran gak nih mas? 😀

    di situ kita bisa dapetin id protection gratis loh.setau saya mah di hosting lain gak ada fitur ini,kalo pun ada,ada biaya tambahan

    saya udah pake hosting rumahweb dan juga mwn.Soal support,rumahweb lebih unggul.Soal harga,mwn memang sedikit lebih murah

    kalo kata org” bule di forum mah,harga hosting sesuai dengan apa yang akan kita dapatkan.peace.

  18. indo666
    23 Januari 2013 @ 17.33

    nggih,leres 😀

  19. Cara Pesan Domain Dan Hosting via Masterkey Masterweb
    26 Januari 2013 @ 00.04

    […] begitu sebelum memiliki website atau blog self-hosted. Saya sudah sering menulis artikel tentang hosting terbaik Indonesia dan merekomendasikan Masterweb kepada anda pembaca blog ini. Tapi belum pernah menulis tentang cara […]

  20. Indonesia
    27 Januari 2013 @ 22.34

    Gan bagaimana dengan batasan2 diterapkan pihak hosting? katanya ada yang terlalu rewel terlalu banyak batasan jangan ini jangan itu… trims infonya

    • Tiyo Kamtiyono
      28 Januari 2013 @ 15.14

      Ini – itu gimana ya? Sepanjang saya ngeblog saya bebas tidak ada batasan tuh. Install WordPress dan plugin apa saja OK aja, dapat warning sekali saja saat pernah kebanjiran 200 visitor dalam 1 jam dari karena posting saya jadi hits di vivanew dan server down.

  21. Blogger vs WordPress, dilihat Sekilas dari Sisi SEO
    2 Februari 2013 @ 23.39

    […] pertama sebuah posting untuk mengisi meta description ini. Mungkin harus buat blog WordPress dengan hosting sendiri ya kalau pengen fitur […]

  22. Acehweb
    4 Februari 2013 @ 21.46

    mantap ulasannya, salah satu kelebihan lain masterweb ada di fitur customize spanel dan shared SSL. Sementara IDWebhost punya layanan reseller yg simpel, tidak banting harga, konsisten, bagus jadi rujukan harga pasar

    • Tiyo Kamtiyono
      5 Februari 2013 @ 04.25

      Yup, terima kasih sudah membaca dan berkomentar di sini, punya bisnis web design studio, pastinya Acehweb pengalamannya lebih banyak nih soal Hosting.

      Thanks again, dah komentar, semoga usahanya lancar :)

  23. Arseka
    7 Februari 2013 @ 20.23

    Jadi berminat beli domain di masterweb, sudah murah dan dapat diandalkan lagi

    • Tiyo Kamtiyono
      7 Februari 2013 @ 20.55

      Monggo dicoba dan dibuktikan saja mas, kalau dah beli domain, sekalian hostingnya, nanti pakai WordPress sekalian lebih mantab :)

  24. Philip
    20 Februari 2013 @ 12.17

    Untuk idwebhost nggak recommended dah!
    Server yang dipakai hosting domain club saya, http://www.rotarybaliubudsunset.org , sempat dipindahkan oleh pihak hosting. Dalam proses pemindahannya, beberapa database corrupt sehingga WordPressnya kehilangan banyak entry. Gilanya, sebelum dipindahkankan, idwebhost tidak membackup datanya! Jadi sekarang kami terpaksa rebuild isi blognya dari backup offline. Bener-bener pengalaman nggak enak mas!
    Sekarang kami masih rebuild blognya, dan setelah itu ciao idwebhost!

    • Tiyo Kamtiyono
      20 Februari 2013 @ 18.20

      WOW, pengalaman yang sungguh membuat seorang admin terbakar kemarahannya tentunya. Untung deh di masterweb belum pernah saya mengalami yang seperti itu :)

      Makasih mas, sudah mau berbagi cerita melalui komentar di sini 😀

  25. informer
    20 Februari 2013 @ 22.22

    Begitulah kualitas hosting kita. selain itu mau optimize dengan plugin seo, traffic baru puluhan dah dibanned, kalau tanpa plugin seo kalah ma yang lain…susah juga…sementara kabur aja ke hawkhost he he

    • Tiyo Kamtiyono
      21 Februari 2013 @ 08.16

      Saya yang pakai masterweb tidak begitu tuh mas, blog ini memakai 16 plugin, traffic sampai ratusan per hari juga masih aman saja, dulu sempat beberapa hari berkisar sampai 600 lebih juga aman saja.

      Beban terberat blog ini pada server yang mengakibatkan blog ini disuspend semenetara adalah saat saya embed video vimeo dengan traffic 200an/jam.

      Makasih sudah berkunjung dan berkomentar, nantkan kunjungan balik saya :)

  26. Hairul
    26 Februari 2013 @ 15.46

    Saya juga pengguna IDWebhost.com dan Rumahweb.com, tapi belum pernah nyoba Masterweb.com.

    Kebanyakan hosting dan domain saya ada di Rumahweb.com, memang mahal tapi stabil, mengapa? Karena server mereka rata-rata ada di US. Untuk layanan support, rumahweb.com ok banget dah.

    Di IDWebhost.com, saya juga punya beberapa hosting dan domain. Lumayan sih selama ini keluhan saya selalu teratasi.

    • Tiyo Kamtiyono
      26 Februari 2013 @ 15.49

      Terimakasih mas Hairul udah ikut berbagi pengalaman di sini, hehe… kalau saya dulu udah nyoba dua web hosting Indonesia lainnya. Sejauh yang saya rasakan masterweb servernya OK banget, kalau rumahweb ya itu, agak sedikit lebih mahal :)

  27. Azim
    12 Maret 2013 @ 07.24

    jadi tertarik dengan masterweb mas,,, tak kunjung kesana mau lihat2 domain, kalo jadi ya beli disana.. kemaren pesen domain di rumahweb tapi belum tak bayar hhhe

    • Tiyo Kamtiyono
      12 Maret 2013 @ 07.55

      Kalau untuk domain memang rumahweb sedikit lebih mahal mas dari masterweb. Boleh deh dicoba, sudah lama ga ada user yang saya refer ini :)

  28. Baraja Blog
    18 Maret 2013 @ 01.27

    Wah seru nich..
    Saya akan berbagi pengalaman sedikit beda dari 3 web hosting yang direview diatas.. Untuk di MWN saya belum menyewa Hosting, baru menjadi klien sebatas membeli Domain, tapi lumayan afiliasinya udah jalan 😀

    Hampir 2 tahun saya menggunakan layanan indowebsite.net, dan telah memiliki 2 domain.. Sejauh ini baik-baik saja, berbagai jenis plugin telah saya install, untuk website yang pertama visitor 800 sd 1000 / day dan tidak pernah Down :) .. Pelayanan cepat, CS juga kooperatif sewaktu saya ada masalah error karena kesalahan sendiri sewaktu melakukan edit he he :)

    Untuk sekarang ini Indowebsite.net berada di urutan 7 hosting terbaik indonesia.

    • Tiyo Kamtiyono
      18 Maret 2013 @ 19.25

      Lebih lama menggunakan Indowebsite.net ya mas? Kalau saya dulu sudah pernah makai dijaminmurah (bagus lah) dan Idwebspace (hancur). Tapi yang paling lama ya di masterweb. Beberapa waktu lalu setelah membuat artikel ini saya juga mencoba rumah web. Mahalan dikit sih, tapi kualitas juga bagus menurut saya.

  29. studiobagus.com
    3 April 2013 @ 15.30

    Mau hosting dan domain gratis? silahkan order produk kami gan !!

    studiobagus.com | Web Hosting, Domain dan Jasa Pembuatan Website Murah di Indonesia

    • Tiyo Kamtiyono
      3 April 2013 @ 17.36

      Harga paket gratis/tahun Rp. 20.000, katanya gratis mas? Dan layanan untuk domain gratis Rp. 22.000,-/bulan mahal juga ya? Tapi kalau ga pengen ribet dan tidak tahu bahasa pemrograman web sepertinya bisa dicatet nih mas studiobagus, atau kalo tidak saya juga bisa kalau mau membuat web dengan engine WordPress, nggak gratis tentunya 😛

  30. arif rahman
    5 April 2013 @ 20.16

    pernah pakai newidhost.com g mas? Sepertinya bagus untuk pelajar macem ane yg lagi dapet tugas bikin web

    • Tiyo Kamtiyono
      5 April 2013 @ 20.23

      Lihat halaman about baru melayani 10 domain mas, terlalu jauh dibanding yang saya sebut disini. Paket Hosting masterweb ada kok yang murah juga :)

      Makasih infonya sebelumnya.

  31. youcke
    13 April 2013 @ 10.41

    Ikut nimbrung gan!
    sekauh yang saya alami…rumah web layanan bagus dan mahal memang betul!
    tetapi sebelum ane masuk ke sini (blog bang tiyo) ane membaca sebuah komplain dari pelanggan rumah web yang tulisannya sbb……….:

    malam agan-agan, mimin momod numpang curhat. seperti judulnya hari ini ane kesel dan kecewa dengan hosting lokal rumahweb, karena situs kesayangan ane situs indo hosting lokal disuspend secara sepihak oleh rumahweb.

    situs ane dianggap menggunakan resources yg berlebihan. padahal perlu agan2 ketahui bahwa situs adalah situs indo dan visitor jg paling banyak cm 500 UV/day, itu jg gak tiap hari karena hari sabtu minggu biasanya 200-300 UV aja, situs ane menggunakan joomla dan tidak menggunakan plugin, module ataupun component atau script yg aneh2 spt STT2 atau plugin autoblog atau robot.

    situs tersebut sudah berlangsung selama 2 tahun dan akhir bulan nanti kl dilanjutin memasuki tahun ke-3. dan selama 2 tahun itu ane rasa aman2 aja tidak ada masalah. situs ane memakai profesional hosting dgn space 250MB n bandwidth 10 GB dgn harga 250 rb. gmn gan mahal gak tuh ??? eh gak disangka hari ini disuspend.

    ane pikir ini trik dari pihak hosting supaya pindah ke hosting yg lbh bsr spt VPS mengingat akhir bulan nanti domen dan hosting nya sdh hbs. huuh capek deh ….

    mdh2an database ane bisa dibalikin …

    buat ente yg msh setia dgn hosting lokal hrp difikirkan dan direnungkan lagi. thx gan mau dgr curhatan ane …

    berikut chat ane dgn rumahweb :”
    Ane: sore rumah web …
    BUZZ!!!
    rumahweb3: selamat sore pak
    rumahweb3: ada yang bisa kami bantu
    Ane: ya ini pak saya mau nanya kok situs saya kok disuspend ya knp ???
    Ane: pdhal kan blm hbs …
    rumahweb3: nama domain bapak apa?
    Ane: xxxxxxxxxx.com
    rumahweb3: kami mohon maaf pak, karena script di xxxxxxxxxx.com menggunakan resource hardware yang tinggi maka kami terpaksa melakukan suspend
    hal ini kami lakukan karena penggunaan resource hardware bapak tinggi dan berpotensi mengganggu pelanggan yang lain
    rumahweb3: untuk xxxxxxxxxx.com kami sarankan menggunakan vps kami pak
    rumahweb3: sehingga penggunaan ram dan cpunya tidak dengan pelanggan yang lain
    Ane: waduh saya gak prnah pake script aneh2 pak, cm bawaan joomla aja
    Ane: biasanya aja gak prnah spt itu ???
    Ane: trs gmn ya pak supaya bisa aktif lagi ???
    rumahweb3: untuk saat ini kami menyaran kan migrasi ke vps pak,
    rumahweb3: agar xxxxxxxxxx.com bisa berjalan dengan baik dan tidak mengganggu pelanggan yang lain
    rumahweb3: apakah bapak setuju untuk migrasi ke vps? karena untuk share hosting kami untuk saat ini sudah tidak bisa digunakan untuk xxxxxxxxxx.com lagi
    mhl dunk kl pake vps
    Ane: orang cm situs pribadi aja kok mas
    Ane: situs indo
    Ane: kl minta backupnya aja bisa gak ya mas ???
    BUZZ!!!
    rumahweb3: baik pak, silahkan bapak balas email dari kami pak
    rumahweb3: dengan detail permintaan bapak
    Ane: email yg mana mas ??? emang ada pemberitahuannya ???
    rumahweb3: silahkan bapak cek email xxxxxxxxxx(at)gmail.com
    rumahweb3: kami sudah memberikan notifikasi ke email tersebut pak
    Last message received on 4/14 at 5:55 PM
    Ane: dah di bls mas, n saya minta backupnya aja, terima kasih

    setelah membaca hal diatas, ane apa kira-kira komentar agan-agan???!!!, salam matur suwun

    • Tiyo Kamtiyono
      13 April 2013 @ 14.55

      Dari forum adsenseID ya mas? (http://www.ads-id.com/forums/showthread.php/74082-Kecewa-dengan-Rumahweb) Seperti yang saya sampaikan di atas bahwa yang saya perbandingkan adalah paket hosting, harga domain dan keaktifan di teitter dalam menangani komplain. Karena saat itu saya hanya menggunakan jasa masterweb. Blog ini sendiri sih masih aman pada angka sekitar 300an view/hari sekarang, pernah sehari 1000 lebih juga aman dan awal tahun lalu bahkan beberapa hari diatas 600. Kalau 200/jam pernah langsung disuspend juga mas, tapi saya langsung dapat pemberitahuan via email saat itu juga.

      Sekarang saya juga menggunakan jasa rumahweb juga, dan kemarin minta pindah server juga lancar saja, mungkin karena memang blog itu masih kecil ya? Membaca informasi ini saya juga agak kaget mas, terimakasih sharingnya, bisa ikut menambah informasi kepada pembaca lainnya dalam menentukan hosting lokal yang terbaik untuk kebutuhannya :)

  32. Leo Ari Wibowo
    27 April 2013 @ 17.16

    Kebetulan saya beli domain di IDWebhost mas. Harga domainnya memang murah. Cuman 45 ribu untuk domain .us (saat itu. sekarang 75 ribu). Masih jauh lebih murah daripada yang lain. Tapi untuk hosting, saya setuju, IDWebhost mahal.

    Makanya untuk urusan hosting, saya pilih MWN saja. Sepertinya hosting satu ini recommended kalau baca-baca di blog.

    • Tiyo Kamtiyono
      27 April 2013 @ 18.37

      Terimakasih sharingnya mas Leo, bisa jadi cara yang bagus ini untuk menghemat pengeluaran, domain bisa cari di tempat lain yang murah, dengan diskon, lalu hostingnya yang bagus dan murah di masterweb, heheh… :)

  33. roki
    28 April 2013 @ 20.29

    ikut nimbrung gan, MWN akhir2 ini sering down web site sering gagal koneksi database/web site ga bisa diakses dach ngerasain kayak gini 6 bln belakangan…..

    • Tiyo Kamtiyono
      1 Mei 2013 @ 15.31

      Mungkin ada yang salah dengan setting databasenya, saya juga pernah ada masalah sedikit, tapi setelah koreksi beberapa setting seperti php.ini semua lancar saja.

  34. hayeksaja
    8 Mei 2013 @ 17.37

    dulu aku pernah pake hosting lokal mas dari salah satu hosting yang anda sebutkan di artikel tersbeut. Namun seiring perkembangan blog saya yang memerlukan space dan BW yang gede jadi saya putuskan untuk pindah hosting luar. Untuk hosting indo bagus kok..

    • Tiyo Kamtiyono
      8 Mei 2013 @ 21.21

      Kalau dilihat dari space dan bandwidth, mungkin hosting lokal masih di bawah hosting luar. Tapi kalau market produk kita ada di Indonesia, hosting dalam negeri adalah pilihan yang lebih tepat, karena loadingnya nanti akan lebih cepat. Space dan bandwidth besar dari penyedia jasa hosting luar mungkin sangat menggoda, tapi nyatanya kita belum tentu membutuhkannya. Space blog ini hanya sekitar 250 MB, cukup buat 3 tahun ngeblog, bandwidth juga masih lebih dari cukup untuk tampilan per hari yang kadang sampai 400an lebih pengunjung :)

  35. momovista
    13 Mei 2013 @ 18.33

    boleh nih reviewnya…sementara masih nyaman berkemah di lapak gratis blogger.
    boleh tuh kapan2 ditulis review plus minus beli domain hosting gratisan vs berbayar, berguna sekali untuk blogger newbie seperti saya. :)

  36. dindaprasetia
    20 Mei 2013 @ 08.58

    setelah membaca review ini jadi mulai bisa milah2 hosting yang bagus nih.. sedikit menambahkan referensi aja gan, beberapa hari lalu saya search di google, ada yg namanya jaringan hosting , dia juga ngasih banyak paket dan unlimited space gan..

    • Tiyo Kamtiyono
      20 Mei 2013 @ 15.09

      Info yang menarik mbak Dinda, Jaringan hosting nampaknya lebih mengkhususkan produknya untuk hosting dengan server windows, script yang menjadi unggulan adalah ASP.NET.

      Kalau hendak membangun website/blog berbasis PHP seperti WordPress tentunya Jaringan Hosting bukan pilihan yang tepat. Mungkin mereka bisa, namun menyerahkan hosting pada yang bukan ahlinya memiliki resiko untuk pindah kalau ada masalah. Berbeda dengan penyedia hosting linux yang lebih terbiasa dengan PHP.

      Harga yang ditawarkan Jaringan Hosting juga relatif mahal, 30.000/bulan untuk paket termurah :(

  37. Membuat Website .com Kurang dari 1 Jam. Terbukti!
    26 Mei 2013 @ 04.41

    […] dari IndoWebsite.net, tidak dari MWN seperti yang selama ini saya lakukan. Penasaran juga dengan komentar mas Adheens San kemarin kalau hostingnya juga bagus dan bisa handle traffic blog belia yang 800 – 1000 […]

  38. dopt
    29 Mei 2013 @ 10.15

    gan review soal ardhosting donk, soalnya kata temen ane sh bagus dia pake layanan hostingnya di situ, ane bru belajar ni mau ngeblog tapi masih binggung mau pake hosting yg mana, lagi banding2in aja sh gan, soalnya kyknya kalo liat yg diatas dari tiga nama hosting yg agan review ada aja masalahnya. terus kalo diliat kyknya client2nya ardhosting perusahaan-perusahaan ternama gitu gan.

    kali ada agan-agan yang udah coba layanan ardhosting bisa dishare disini.

    • Tiyo Kamtiyono
      29 Mei 2013 @ 10.31

      Sebentar, ini saya sedang mengumpulkan data untuk membuat perbandingan hosting terbaik Indonesia yang terperinci, ketiganya juga masuk dalam daftar hosting terbaik indonesia itu. Ardhosting memiliki banyak sekali paket yang saya kebingungan mau mengelompokkan.

      Dalam review yang anda baca ini saya berusaha netral, itu pun yang saya lihat dari ketiga item diatas, saya berusaha menyampaikan apa yang saya temukan, baik yang baik atau kurangnya.

      Pengalaman saya sendiri sih mengunakan Masterweb selama 3 tahun untuk blog ini nyaman – nyaman saja. Dan klien masterweb setahu saya juga merupakan brand – brand besar.

  39. Adi
    29 Mei 2013 @ 17.16

    Saya sudah berlangganan 3 tahun di rumahweb. Kebetulan saya juga memakai joomla. Saya pernah juga mengalami masalah cpu usage 100 % setahun yang lalu dan sempat disarankan untuk pindah ke vps, tetapi saya bilang visitor hanya dibawah 1k uv perhari. Kemudian oleh bagian teknis di rumahweb disarankan untuk membuang beberapa plugin/komponen yang tidak perlu. Dan setelah plugin2 diuninstall dari joomla alhamdulilah sekarang visitor 4k+/hari (saat peak time mencapai 300+ visitor/ jam), cpu usage hampir tidak pernah mencapai 100%

    Soal harga memang saya kira jauh lebih mahal di banding penyedia hosting yang lain. Tetapi untuk pelayanan saya acungi jempol untuk rumah web, live chatnya selalu online jadi memudahkan saya apabila terjadi masalah.

    • Tiyo Kamtiyono
      29 Mei 2013 @ 18.08

      Makasih mas Adi atas informasinya, rumahweb memang terbilang mahal, agak kurang pas dengan blogger seperti saya 😀

  40. Hosting Terbaik Indonesia, Perbandingan Harga Paket Hosting
    30 Mei 2013 @ 02.23

    […] saya sebutkan dalam berbagai artikel tentang hosting di blog ini. Artikel itu antara lain adalah Perbandingan Hosting Indonesia Terbaik; Masterweb, IDWebhost, RumahWeb dan  Rumahweb vs Masterweb, Manakah Hosting Terbaik Buat Blog Kamu? Acuan yang saya pakai adalah […]

  41. IVAN MANGUNSONG
    2 Juni 2013 @ 23.45

    Ini pengalaman saya sekaligus minta saran. Saya punya beberapa website, di taruh di Masterweb, di IDwebhost dan di RumahWeb.Kebanyakan dari website2 saya tersebut tidak bermasalah, terutama yang pengunjungnya memang sedikit, antara 100 – 300 visitor. Yang benar2 bikin pusing adalah web2 saya yg mulai dilirik pengunjung. Salah satu adalah daunhijau.com. Dulu web itu nongkrongnya di masterweb, namun sejak pengunjungnya mulai mencapai 1000 (visitor) ke atas mulailah ia sering di suspended. Oleh tim support disuruh merubah script dan tetek bengek yang saya nggak paham. Dan terakhir mungkin karena saya terlalu banyak tanya, hal itu nggantung…. stlh suspend beberapa hari tanpa tahu harus ngapain akhirnya saya berencana pindah (tapi beberapa web lain dengan visitor sedikit masih ada di Masterweb). Saya coba cari info tentang paket mana sebaiknya yg saya pakai untuk pengunjung kira2 1500 sd 2500. Menurut tim support IDwebhost, suruh nyoba paket Hosting idSemiPro, pindahlah saya ke sana. Saya cek pengunjung saya perhari sekitar 800 hingga 1500. Tapi sudah beberapa hari ini di suspended. Dulu juga pernah di suspended waktu visitor mencapai 2500, tapi cepat pulih setelah di request unsuspend. Sekarang ketika di suspended lagi dan hal itu saya konsultasikan dengan tim support, katanya web saya memberatkan server. Tapi tak satupun dari mereka (3 orang) yang bisa menjelaskan atau bisa membantu bagaimana agar situs tsb tidak memberatkan. Rata2 cuma suruh request supaya tidak di unsuspend. Tapi ya itu, sesudah request memang di unsuspend namun itu cuma berlangsung sehari, lalu suspended lagi. Perlu diketahui, saya memakai template wordpress dan widget yg saya pakai adalah revolvermap dan clustrmaps (peta pengunjung). Malam ini, jam 11.22 WIB, web saya daunhijau.com sudah unsuspend. Tapi pengunjung saya merosot menjadi cuman 400 visitor. Walau sedikit kesal, tetap saya ucapkan terimakasih buat IDwebhost. Mudah2an tidak unsuspended lagi.

    Saya ingin bertanya kemana dan paket apa ya sebaiknya dicoba utk sebuah website yang pakai template wordpress dgn pengunjung 1000 hingga 2500 visitors? Soalnya mau saya pasangkan ke koruptor.net dan domain2 saya yg lain. Mohon sarannya ya mas atau mungkin dari teman-teman yg pengalaman soal hosting. Syukur-syukur ada penyedia hosting yg mau sekalian menginstallasikan template WP nya dan membantu script jika ada masalah2 suspended beginian dan syukur2 dgn biaya yang terjangkau. Saya pakai template WP soalnya saya buta pemrograman. Makasih…. salam saya : Ivan mangunsong

    • Tiyo Kamtiyono
      2 Juni 2013 @ 23.57

      Sebenarnya saya ingin mebalas pertanyaan bapak saat didepan PC, saat ini saya pakai HP. Tapi mengingat mungkin ini urgen bagi bapak, saya coba deh menjawab.

      Saya sudah melihat situs bapak, themes yang Pak Ivan pakai sebenarnya standar saja, mungkin kedua widget yang melakukan tracking visitor secara realtime itu yang mengakibatkan server berat. Coba dicopot salah satu, mungkin bisa mengurangi load, karena kalau dilihat secara fungsi keduanya sama.

      Kalau menurut pandangan pribadi saya widget seperti itu mungkin tidak diperlukan, karena kita bisa menunjukkan jumlah pengunjung blog kita dengan cara yang lebih simple. Dengan angka saja misalnya, ada plugin yang mengambil data dari stat jetpack untuk melakukan ini. Kalau tidak, bisa dengan alexa.com stat seperti yang ada di footer blog ini.

      Untuk referensi hosting lainnya mungkin bapak bisa baca posting saya yang terakhir ini. Barangkali bisa membantu :-) abouttiyo.web.id/blogging/hosting-terbaik-indonesia/

      • Ivan Mangunsong
        13 Juni 2013 @ 05.56

        Terimakasih atas saran mas Tiyo. Saran mas Tiyo sudah saya lakukan, salah satu widget sudah saya copot. Yg terpasang cuma clustmaps, yg menurut saya adalah sebuah widget visitor yang sangat ringan. Sayang sekali, sejak saran itu saya lakukan, hanya dalam hitungan 10 hari ini http://www.daunhijau.com itu sudah kena suspended oleh IdWebhost sebanyak 3 kali, mungkin lebih. Sempat saya lihat, pengunjung saya yang biasanya 1000 an, tinggal 38 visitor/day (Pukul jidad karena luka hati). Chatting dengan IdWebhost memang gampang, selalu online, tapi sampai sekarang belum menemukan solusi yang tepat. Untuk mengobati hati ini, setelah membaca kembali review ini, saya mengaktifkan http://www.koruptor.net di Masterweb, karena pengunjungnya masih sedikit tentu saja masih aman, entah jika pengunjungnya sudah banyak…. Salam saya, terimakasih mas Tiyo

        • Tiyo Kamtiyono
          13 Juni 2013 @ 19.55

          Kalau melihat themes yang dipakai dan kontennya harusnya tidak masalah ya Pak, karena cuma berbasis tulisan saja. Plugins yang dipakai nampaknya juga cuma sedikit.
          Melihat stats alexa, walau jumlah visitor per hari saya dalam kisaran 500 saja, tapi rangking saya lebih kecil berarti lalu lintas data dari server ke user lebih banyak blog ini.

          Apa karena themes yang dipakai? Kayaknya juga bukan, karena themify setahu saya juga bagus codingnya :) Aneh, mungkin ada banyak plugin lama yang membuat database membesar.

          Sekarang sudah pindah masterweb ya Pak?

  42. Ibrahim Aziz
    7 Juni 2013 @ 00.21

    Rumahweb ada cela kok, webmail saya suka error ini, susah upload attachmentnya, ngga selesai – selesai, cuma untuk aksesibilitasnya sih bagus.

    • Tiyo Kamtiyono
      7 Juni 2013 @ 12.52

      Lha memang Mas Ibrahim masih menggunakan email dari webmail paketan hosting juga ya mas? Kalau saya makai tapi saya foward ke Gmail. Kalau dari hosting musti masuk cpanel dulu males, seting di mail client juga ribet 😀

  43. Partisimon.com
    11 Juni 2013 @ 14.59

    Pelayanan di RumahWeb.com bagus, kita selalu di layani dengan baik. Sudah beberapa tahun saya langganan di RumahWeb, pelayanan mereka baik dan ramah.
    Cuma, kita dilarang pasang plugin auto.

    salam, thanks untuk review 3 provider diatas, menambah informasi.

    partisimon.com

    • Tiyo Kamtiyono
      11 Juni 2013 @ 15.25

      Plugin auto apa ya? Saya juga ada blog yang pakai rumahweb, sejauh ini traffic masih rendah sih, dan belum pernah dapat peringatan apa – apa.

      • Partisimon.com
        12 Juni 2013 @ 10.28

        Plugin STT2, YRRAP Related post, dan beberapa lainnya (saya lupa). Khusus untuk plugin SEO (misal All in one Seo Pack), disarankan sama teknisinya untuk mencabut ‘centeng’ pada PILIHAN “Autogenerate Discription’ nya, karena memakan resousce yang besar katanya.

        Salam
        partisimon.com

      • Tiyo Kamtiyono
        12 Juni 2013 @ 13.33

        Plugin – plugin yang seperti itu ya ternyata Pak, kalau saya di sini menggunakan Janes Related plugins di daftar artikel terkait sebelum komentar, belum pernah dapat masalah karenanya.

        Dulu juga pernah pakai STT2, kalau tidak salah yang memunculkan daftar keyword Google persis di tempat related post sama otomatis membuat link antar posting, juga tidak masalah.

        Traffic blog ini yang berkisar 500an view/hari masih bisa dihandle server dengan mulus nampaknya, jadi plugins itu tidak masalah 😀

        Meta description yang auto bisa kok sebenarnya dibuat dari themes, dengan memanggil the_exceprt(); misalnya, harusnya dengan cara ini tidak menambah berat server, karena isi dari description tidak perlu table sendiri di database. Menurut saya sendiri sih biar SEOnya makin mantab diedit manual adalah pilihan terbaiknya.

  44. Rijal
    19 Juni 2013 @ 15.57

    Salam kenal mas tiyo!!! 😀
    Kalau menurut saya, MWN sangat bagus pelayanannya. Saya sudah pakai sejak 2005. Cuma, saya pernah dapat info dari teman yang bekerja sebagai web developer sebuah media online, bahwa server mereka di MWN pernah di hack, dan hackernya secara fisik bisa langsung mengakses servernya, dan akhirnya mereka memindahkan server mereka ke CBN.

    • Tiyo Kamtiyono
      20 Juni 2013 @ 14.25

      Salam kenal balik mas Rijal :)
      Sejauh pengalaman saya memang tidak ada masalah, belum pernah ada tanda – tanda blog saya kena hack.

  45. TJX
    25 Agustus 2013 @ 14.25

    SAMAAA !,
    sama seperti complain – complain di bawah, gue juga hosting di rumah web, emang pelayananya responsive,
    tapi servicenya kurang memuasakan, masa ngga sampe 3 bulan WEMBAIL GUE ERROR 5 KALI !?!?,
    mana mesti buru – buru email ke client, parah deh, LUAR BIASA SERING NGGA BISA SENT EMAIL,
    thanks reviewnya, ini kayaknya gue mau coba pindah ke masterweb,
    banyak kok tuh yang jadi korban rumah web, harga mahal cuma service tidak premium, cek aja banyak kok di forum korban rumah web, semangat gusy !.

    • Tiyo Kamtiyono
      26 Agustus 2013 @ 09.50

      OK, silahkan dicoba, senang bisa membantu :)

  46. Membuat Website Gratis Dengan Webs[dot]com, How-To dan Review
    8 September 2013 @ 01.21

    […] apa saja terhadap situs saya. Seperti pindah hosting (tidak akan saya lakukan karena sudah menggunakan hosting terbaik Indonesia) dan juga semua tulisan misalnya, webs.com sepertinya tidak memiliki fitur ini. Sehingga mau tidak […]

  47. Sukalagu
    15 September 2013 @ 23.33

    Saya selalu pakai Rumahweb untuk situs2 saya dan saya merasa memang hosting yang satu ini memang sempurna, kecuali harganya.. mahaaalll emang…

    • Tiyo Kamtiyono
      16 September 2013 @ 01.07

      Ya memang, harganya agak sedikit daripada yang lainnya mas. Masterweb atau IndoWebsite.net kalau yang murah berkwalitas itu :)

  48. Jasain
    30 September 2013 @ 19.01

    klo ane…
    -MWN pernah. Soal service lumayan tp keamanan minim. Blog ane sering kena virus dan dijebol hacker.
    – Idwebhost tdk pernah pake.
    -Rumahweb pernah. Soal service memang memuaskan tp harganya lumayan berat. Hahaha “ADA HARGA ADA RUPA”

    • Tiyo Kamtiyono
      30 September 2013 @ 20.25

      Pernah kena hack beberapa waktu lalu, tapi ga lama bisa balik lagi. Susahnya menggunakan shared hosting ya memang begini kadang, kitanya udah setup keamanan ketat, pengguna lain nggak juga masih bisa ikutan ke hack kalo servernya udah kena dulu :(

      Tapi untung saya ada backup, technical support juga udah berusaha balikin.

  49. brian sena
    3 Oktober 2013 @ 11.10

    Halo, maaf nh saya newbie, saya pingin tanya, bagaimana ya cara membedakan apakah website di host di IIX Indo atau di luar negri?
    apakah bisa mencek dari IP Address?
    dan juga saya ingin tanya mengenai paket dr masterwebnet, untuk layanan hosting IIX itu yang bagian mana ya?
    terima kasih atas bantuanya.

    • Tiyo Kamtiyono
      3 Oktober 2013 @ 15.48

      Kalau untuk mengetahui website kita dihosting dimana salah satunya dengan menggunakan Whois Domaintools, -> http://whois.domaintools.com/indoswissarmy.com, pilih tab ‘server stat’ untuk melihat info website mas Brian.

      Lalu untuk menentukan layanan hosting masterweb mau menggunakan IIX, bisa dilakukan setelah memilih paket hostingnya, seperti langkah dalam posting Cara Pesan Domain Dan Hosting via Masterkey Masterweb

      Lihat pada sub “Cara pesan domain dan hosting di Masterweb” bagian nomor 3. Konfigurasi domain/hosting, pada screenshot yang kedua itu paling bawah ujung pada halaman yang sebenarnya ada pilihan tentang lokasi server.

      Semoga membantu :)

  50. Andree
    19 Oktober 2013 @ 20.51

    sekitar tahun 2002 atau 2003 saya hosting di masterweb, saya biasa membuatkan web lalu saya hosting kan di masterweb
    terkadang client memakai sistem bayar bulanan plus maintenance dengan perjanjian domain dan hosting diurus oleh saya
    salah satu client saya nunggak tidak bayar uang pembuatan dan bulanan
    eh tiba-tiba hanya dengan datang ke kantor masterweb (ketika itu dekat cakraweb) domain dan hosting dialihkan ke client saya(padahal awalnya atas nama dan email saya dan saya yg melakukan pembayaran bahkan pembayaran saya lakukan datang langsung ke kantor masterweb tidak via transfer bank dan bukti pembayaran saya pegang)
    KAPOOK KAPOOOK
    sampai sekarang saya tidak pernah di masterweb
    saya pindah ke idwebhost, memang ada beberapa kekesalan setelah bertahun-tahun di idwebhost, salah satunya kira kira bulan lalu down timenya dalam sebulan bisa sampai 20 hari
    TAPI MAU HOSTING KEMANA LAGI ?????
    SUDAH TIDAK ADA YANG BISA SAYA PERCAYA
    sampai sekarang masih di idwebhost
    di Indonesia idwebhost adalah YANG TERBAIK DIANTARA HOSTING YANG JELEK-JELEK
    CATATAN: TIDAK ADA HOSTING BAGUS DI INDONESIA SEMUANYA BURUK

    • Tiyo Kamtiyono
      20 Oktober 2013 @ 08.09

      Kalau melihat kasus pindah tangannya itu sih saya masih belum ngeh juga, normalnya Masterweb mestinya memang hubungi mas dulu. Tapi mungkin client mas Andree itu bisa membuktikan bahwa mereka adalah orang yang lebih berkepentingan dengan website itu (atau kenal sama CSnya masterweb bahkan :) ), membayar tunggakan dan langsung dipindah tangankan gitu kali ya.

      Buat Freelancer memang itu buruk, tapi buat client mungkin lebih baik. Saya melihat hanya masalah komunikasi yang mas bangun aja mungkin yang kurang, sampai client mengurus sendiri ke penyedia hosting.

      Down selama 20 hari selama sebulan, bagi pemilik website sama saja tidak memiliki website! Banyak orang yang berusaha membuka website kita kecewa dan langsung kredibilitas kita menguap tak berbekas.

      Saya berusaha jujur disini, dan memang menurut saya masterweb servicenya yang terbaik dari semuanya, uptime/response servernya juga OK. http://abouttiyo.web.id/cara/membandingkan-kualitas-uptime-hosting/

  51. Picaa
    21 Oktober 2013 @ 17.16

    Cuma share pengalaman pribadi saya. Saya pelanggan masterweb atau mwn selama kurang lebih 2 tahun. Selama disana yang saya rasakan kelebihan masterweb yaitu servernya yang lumayan kenceng. Tapi kekurangannya (dan ini yang membuat saya pindah ke hosting lain) supportnya parah. Entah mungkin sekarang sudah berubah, tapi sekitar 2 tahun yang lalu , setiap ada masalah dan kirim ticket, jangan harap dibales dalam waktu dekat. Dua-tiga jam dibales aja udah keajaiban buat saya. Ini yang bikin stress, ditambah dalam kasus saya dulu down juga sering. Down berkali-kali + support nggak tanggap = bencana buat bisnis dan client. Saya harap pelanggan mwn yang sekarang tidak merasakan penderitaan saya waktu itu.

    • Tiyo Kamtiyono
      21 Oktober 2013 @ 18.58

      Kalau selama saya menggunakan jasanya untuk blog ini sih lancar saja, jarang down dan responnya juga tidak separah itu. Sudah 3,5 tahun blog ini berjalan, no problemo :)

  52. Ririn
    2 November 2013 @ 05.51

    Wah review nya keren mas. Tapi saya terus terang belum begitu paham dengan istilah-istilah tersebut. Maklum masih pemula. Selain itu, saya juga masih menggunakan hosting gratis blogspot hehe 😀 Btw thanks informasinya ya. Sangat bermanfaat dan menambah wawasan untuk saya :)

    • Tiyo Kamtiyono
      2 November 2013 @ 23.08

      Yup, kalau nanti butuh info begini bisa deh dibuka lagi blog ini. Kalau ada yang kurang jelas bisa ditanyakan sekalian nanti :)

  53. Lia Yuliawinarti
    7 November 2013 @ 10.19

    Wah tulisannya menarik sekali untuk saya bc sampai selesai mas ^^ lagi review jug ttg hosting soalnya hehehe. Sebelum baca ini saya lihat juga tadi di jaringanhosting-dot-com sepertinya hostingan di Indonesia sudah sangat banyak ya skg :) Happy blogwalking ya

    • Tiyo Kamtiyono
      7 November 2013 @ 17.34

      Kalau mau yang lebih mantab tentang perbandingan harganya, ada tuh mbak di sidebar bagian atas link-nya, salam kenal yah :)

  54. Oemar
    20 November 2013 @ 13.25

    mencerahkan sekali mas.
    baru mau nyoba hosting berbayar nih.
    terima kasih info perbandingan hostingnya.

    • Tiyo Kamtiyono
      21 November 2013 @ 16.59

      Yup, senang bisa berguna artikel saya :)

  55. nanda
    22 November 2013 @ 07.51

    mas saya punya 2 blog, yang 1 pakek domain tld dari idwebhost, 1-nya masih blogspot. yang mau saya tanyakan kenapa posting domain tld lama buat terindeks sampai 2harian? padahal yg blogspot belom ada 15jam udah terindeks.
    masalahnya apanya ya? templatenya kah? atau memang seperti itu kalau pakai domain tld?
    terimakasih :)

    • Tiyo Kamtiyono
      22 November 2013 @ 10.50

      Kalau memang masih baru, mungkin Google belum secara aktif mengindex blog kita, istilahnya masih dalam sandbox. Coba ketikkan nama blog Mas Nanda kalau meu melihat sudah masuk indeks atau belum. Tapi kalau sudah berumur bisa kok cepat, blog ini saya lihat kemarin artikelnya sudah ada di SERP dalam 6 jam.

      Kaau blogspot sih tidak usah ditanya, itu punyanya Google :)

  56. Ngetekno
    22 November 2013 @ 22.43

    pasar hosting ada dibagian mana yah kok ndak ada yang ngereview

    • Tiyo Kamtiyono
      26 November 2013 @ 16.28

      Bagian bawah kali ya, nggak hafal saya ada di posisi berapa, tapi nggak ada dalam daftar 7 penyedia hosting terbaik Indonesia seingat saya :)