Photoshop Content Aware

Photoshop CS5 merupakan versi terakhir dari keluarga photoshop yang sudah lama menghiasi dunia design. Sejak direleasenya Photoshop versi pertama telah banyak perkembangan, penambahan fitur dan berbagai keunggulan serta kemudahan yang ditawarkan. Untuk versi CS5 (versi 12) ini terutama adalah pada tampilannya yang sudah menggunakan tab, layaknya jendela browser yang memudahkan anda saat bekerja dengan banyak file sekaligus.

Satu lagi yang menjadi fitur andalan adalah content aware, dimana dengan fitur ini, kita bisa me retouch foto dengan sangat mudah dengan hasil yang memuaskan. Seperti yang anda lihat di video di atas, sangat menyenangkan bukan editing foto dengan fitur ini. Ada pula fitur lain yang juga menyenangkan, Puppet Warp, namun saya belum mencobanya. Untuk yang content aware saya sudah mencoba beberapa, dan ini adalah hasilnya:

before content aware

Sebelum diedit ada tiga pemuda yang berfoto dengan latar belakang kota Kuala Lumpur, hasilnya ketiga pemuda tersebut hilang seperti ditelan kodok ijo :D

City after content aware applied

Gambar 2, sebelum : ada semacam tiang di samping gadis berjilbab.

before content aware

Setelah di edit :

after content aware

Hasilnya, tiang hilang, namun masih ada sedikit blur di dekat jilbab gadis tersebut, menunjukkan kalau content aware tidak serta merta menjadikan kita hebat, karena hasilnya juga berdasarkan proses seleksi yang kita terapkan sebelum mengaktifkannya.

[Update terbaru] Adobe Photoshop sudah mencapai versi CS6

VMSTUD Plat HD 11 Sony Creative Software Inc.