on page SEO tips dari Yoast

Memaksimalkan On Page SEO dengan Yoast SEO Plugin dan SEO Doctor

Ada hal menarik yang terjadi pada posting terakhir saya kemarin tentang hujan meteor Russia. On Page SEO posting itu sudah sangat bagus, tapi awalnya seolah mesin pencari tidak melihat sama sekali tulisan itu, sehingga wajar saja kalau beberapa hari setelah penulisannya tidak ada pengunjung blog saya yang datang dari Search Engine dengan bermodal keyword yang telah saya tentukan sebelumnya.

Namun kemarin usaha saya nampaknya mulai membuahkan hasil, posting itu dalam sehari sudah mendapat 27 view. Semua itu saya nilai lebih karena on page SEO yang telah saya terapkan. Di saat situs – situs media besar artikelnya yang membahas topik tersebut sudah tertimbun di bawah, tapi milik saya masih terlihat segar, mesin pencari pun lantas memunculkan blog saya di SERP.

Lalu jurus on page SEO seperti apakah yang saya pakai?

Memaksimalkan On Page SEO dengan Yoast SEO

Sederhana saja, saya mengunakan Yoast SEO plugin, dan menuruti apa kata plugin ini tentang posting dengan on page SEO yang bagus sudah cukup.

On Page SEO Optimization using Yoast SEO

Saat membuat sebuah artikel, Yoast SEO selalu memeriksa kualitas on page SEO saya saat saya menyimpannya. Pertama yang perlu diatur adalah keyword target sebuah posting. Baru setelah itu Yoast SEO plugin akan menilai kualitas on page SEO saat posting disimpan.

Kualitasnya akan ditunjukkan dengan sebuah bola berwarna di dekat tombol publish posting. Jika tidak ada keyword yang ditentukan, biasanya bola ini akan berwarna pucat terus.

Tapi kalau sudah ditentukan bola akan berubah warna, dari merah, orange, kuning sampai hijau yang menandakan kualitas yang bagus.

On Page SEO - Pilih Kata kunciTampilan panel tentang penjelasan on page SEO yang sudah saya usahakan dimunculkan dibawah posting seperti gambar di atas. Panel ini berubah sesuai perubahan artikel secara realtime. Seperti yang telihat, Yoast SEO plugin selalu memeriksa apakah keyword tujuan saya sudah ada di beberapa tempat penting.

Heading artikel, judul artikel, URL artikel, konten dan juga meta description adalah tempat wajib dimana keyword harus muncul.Β Tantangannya bukan tentang memasukkan keyword ini, tapi tentang bagaimana keyword ini bisa masuk tapi pembaca juga tidak bosan dengan usaha on page SEO kita.

Itu baru tempat wajib, yang sekilas terlihat dan harus kita penuhi agar on page SEO kita benar – benar sesuai dengan harapan. Masih ada yang sunnah lho, hehehe….

on page SEO tips dari YoastDisamping tab umum tadi, ada tab analisis yang berisi poin -poin sunah on page SEO yang lebih memperkuat artikel kita dimata mesin pencari. Kalau belum terpenuhi, warna poin – poin tersebut belum hijau.

Beberapa yang kadang kita abaikan sering kali adalah memberikan alt tag yang benar pada gambar, memberikan link luar terkait dari posting, dan jumlah kata kunci. Disamping masih ada poin lain seperti jumlah kata yang minimal 300.

Satu hal yang membingungkan tentang plugin ini adalah poin teratas itu, meski keyword posting saya sebelumnya adalah kata pertama dalam artikel, tapi poin on page SEO itu tetap saja berwarna merah πŸ˜›

Memaksimalkan On Page SEO dengan SEO Doctor

Setelah posting sudah dibuat semaksimal itu, kadang masalah datang justru pada blog kita sendiri. Markup yang buruk, jumlah link yang berlebihan dan loading time yang lama juga sangat berpengaruh pada penilaian Google pada blog kita. Untuk memantau hal ini saya mengunakan SEO Tool yang berupa adds-on / ekstension Β browserΒ SEO Doctor milik Vladimir Prelovac.

On Page SEO - SEO Doctor Tool

Bisa dilihat di atas, beberapa item optimalisasi on page SEO yang ada pada Yoast SEO plugin seperti meta description, URL, alt tag dan judul artikel juga diperhitungkan di sini. Disamping masih ada loading time, setting pengindeksan, script analytics juga urutan heading (h1, h2, h3 dst) yang sebisa mungkin tidak lompat dan beberapa item lainnya yang harus diperhatikan agar upaya on page SEO kita sukses.

On Page SEO itu mudah

Setelah membaca artikel ini, saya harap anda menemukan jawaban tentang optimasi on page SEO yang bagus itu seperti apa sih? Saya sendiri juga bukan seorang ahli, namun itulah hasil belajar saya yang sudah saya dapatkan selama ini.

Sekarang tugas kita adalah belajar dengan temen deketnya on page SEO, yaitu Off page SEO.

Kalau ada masukkan silahkan ditambahkan di komentar, kalau ada yang sudah ahli, bagi – bagi dong ilmunya, hehehe…

48 thoughts on “Memaksimalkan On Page SEO dengan Yoast SEO Plugin dan SEO Doctor

    • Untuk SEO Doctor biusa digunakan untuk mengecek semua website dengan basis apa saja, tapi kalo Yoast SEO plugin hanya bekerja untuk blog dengan mesin WordPress self hosted

  1. Untuk SEO Doctor pernah saya pake tapi untuk saat ini saya pake aja SEOQuake coz kalau terlalu banyak juga add ons yg dipasang pada mozilla malah semakin lemah syahwat mozillanya… πŸ˜€
    Btw, makasih mas atas informasinya..

    • Lemah syahwat, hahahaha…. bisa saja mas Agung ini πŸ˜€ SEOQuake bagus juga, tapi agak terlalu banyak data dari luar seperti alexa rank dan link misalnya yang dimunculkan, kalau SEO Doctor fokus yang diperiksa adalah halaman yang sedang dibuka.

      Makasih mas komentarnya, senang bisa membantu dan berbagi πŸ™‚

      • Coz hanya kata itu yg muncul dalam benak saya mas untuk mengibaratkan sering lambatnya mozilla di laptop saya.. πŸ˜€
        Iya mas seperti itulah perbedaan mendasar antar SEOQuake dan SEO Doctor tapi tetap dikembalikan pada usernya untuk memilih add ons mana yg cocok dengan pengguna dan kegunaannya.
        O iya mas, saya usahakan untuk berkunjung balik nih coz saya nggak enak nda berkunjung balik padahal mas mungkin udah berusaha untuk berkunjung dan memberikan semangat untuk admin blog Share With Agung Talaga yg lagi galau tingkat Dewa tuh… πŸ˜€

  2. Wow keren mas πŸ˜€ angkat aku jadi muridmu πŸ˜‰
    Saya On Page pake hati saja. Menulis dengan hati. Hasilnya saya serahkan pada Yang Diatas πŸ˜€

  3. Bagi yang tidak biasa agak membingungkan pake seo by yoast karena terlalu banyak variabel yang harus disettting.
    mengenai point teratas, jika membidik keyword Maksimalkan On Page Seo maka kata itu harus muncul di awal pragraf, seperti;
    Memaksimalkan On Page SEO dengan Yoast SEO Plugin dan SEO Doctor, ada hal menarik…..bla bla
    itu yang pernah saya coba πŸ™‚

    • Bisa ya pak kalau dengan cara seperti itu, tapi untuk posting saya yang kemarin itu kok tidak bisa. Apa karena bukan bagian dari paragraf (cuma dua kata yang langsung saya beru hypen) ya?

  4. terimakasih penjelasannya pak Tiyo,setelah membaca ini akhirnya saya tepatkan pilihan hati saya untuk si Yoast :*

  5. Selama ini saya aal in one pack pak.. coba2 mau instal ini tapi lum bisa πŸ™‚

    Yoast seo memang yang lebih baik, bola warna yang menandakan artikel kita seonya bagus juga sangat membantu πŸ™‚

    Salam.

  6. Sob, kalo ada yang mau nanyain tentang Yoast SEO Plugin udah ane arahin ke sini dari artikel ane All In One SEO, dan itu sudah menjadi tanggung jawab serta jadi urusan ente yang lebih tau tentang Yoast he he .. Ane kabuur aach πŸ˜€

    Sukses selalu ..

    • Wah ya, lengkap banget itu untuk konfigurasi title dan metanya, saya memilih menulis seperti ini karena saya menilai ini lebih aplikatif, walau secara default sudah diatur seperti postingan mas Dedy, pengaturan itu bisa di-override saat membuat posting seperti ini.

      Saat menulis artikel seperti ini biasanya kita lebih on, fokus pada keyword tujuan πŸ™‚

  7. bang ,, boleh ngintip Settingan Plugin Yoastnya ga? ane masih nubi, jdi masih bingung dengan settingan pLugin ini,,,

    • Tidak banyak setting yang saya rubah dari yoast mas, saya mengaktifkan tautan internal, dan menjadikan breadcrumb muncul diatas judul posting itu. Lalu XML Sitemaps juga saya aktifkan dengan tidak memasukkan attachment. Lalu saya aktifkan opengrph juga, dengan sebuah apps Facebook terdaftar, plus semuah akun twitter juga untuk memunculkan twitter card.

      Untuk yang saya bahas disini, asal bagian “Memaksa judul rewrite” diaktifkan maka saat mengedit tulisan akan muncul setting seperti yang saya sampaikan. Apa saja yang kira – kira saya gunakan bisa dilihat disource code blog ini (CTRL+U), lihat bagian yang this site optimized by Yoast SEO… .

  8. Saya instal SEO by Yoast pada web saya versi WordPress 3.5.1 dan begitu plug in ini di aktifkan, nomor halaman tidak bisa muncul, pas saya uninstal nomor halaman muncul lagi. apa kira2 penyebabnya
    tolong di bantu ya…

    Trimakasih
    Dewa Widiana

    • Nampaknya ada konflik dengan themes yang dipakai, tapi normalnya kalau yang dipakai wp_pagenavi tidak ada masalah, mungkin cara menampilkan list halamannya yang tidak standar. Themesnya dari mana itu ya?

      • theme yg saya pakai belair, saya pake pluin wp-page number..
        mana yang lebih baik antara All in One SEO atau SEO by Yoast untuk web sejenis saya.
        Karena saya sudah menggunakan All in One SEO sejak web saya publish setahun yang lalu.
        Apakah akan pengaruh pada page rank google.
        mohon infonya

        Terimkasih
        Salam
        Dewa Widiana

        • Kalau begitu konflik plugin sama plugin kasusnya ya. WP PageNavi (http://wordpress.org/plugins/wp-pagenavi/) mungkin bisa dicoba.

          Kalau untuk All in One SEO sama Yoast SEO saya lebih memilih Yoast, karena optimasinya lebih lengkap dan kemudahan untuk optimasi onpage seperti yang saya sampaikan di sini.

          Pengaruh pada Page Rank? Nampaknya tidak ada, namun visibilitas di hasil pencarian jelas beda, saya sudah membuktikannya dengan menjadikan blog ini berada pada halaman pertama pada bebrapa keyword tujuan saya πŸ™‚

        • saya sudah instal wp-pagenavi, tapi tetap aja tak bisa muncul nomernya, juga pada judul di atas antara title dengan site name kalimatnya menyatu tidak bisa pisa atau ada garis pembatas..pusing saya mas ada solusi ga…

          makasi ya atas sport nya..
          Dewa

        • Ups, my bad, ternyata dari panduan install pluginnya memang harus memasukkan < ?php wp_pagenavi(); ?> secara manual di template kita. Saya tadi juga tidak sempat mencobanya, sempat heran waktu mencoba install namun tak muncul, sekarang sudah bisa tuh.

          Masukkan code itu di index.php saja, kalau loop yang dipakai standar harusnya berada setelah < ?php endwhile; ?> dan sebelum panggilan get_sidebar(). Sekarang Balirenthouse pakai All in one SEO lagi ya?

        • masih belum bisa mas, saya coba beberapa kali ga bisa juga, kalau pagi navi belum bisa, saya belum bisa pake SEO yoast. nanti client saya complain listingnya sedikit.
          Saya heran juga waktu dulu juga saya instal WP page number juga sama sulitnya…

          mungkin saya nya saja yang kurang paham ya…
          mohon bantuanya.

          Terimakasih
          Salam
          Dewa

        • Mungkin kalau berkenan saya bisa minta copian file themesnya, nanti saya coba di localhost , kalau cuma tanya jawab begini nggak bisa kelar nanti, hehehe….

          Boleh deh dikirim via email, di halaman berkenalan ada.

  9. gan, ane mau tnya nih kalau plugin all in one itu bagus nya di pasangkan dengan plugin apa ya ?
    soalnya saya pasangkan dengan plugin seo prosesor hasilnya kurang bagus.
    kalau plugin all in one di pasangkan dengan plugin yoast, bagus ga gan ?
    mohon bantuannya ya gan.
    terima kasih

  10. Jujur sampai sekarang saya masih kurang puas dengan serp yang muda jatuh memakai plugin seo yoast…saya ingin pindah ke ultimate tapi bingung cara settingnya…ada yang bisa berbagi tidak ?

    • SEO Ultimate memang mantab mas, ga kalah sama Yoast yang lebih sering saya pakai, saya juga menggunakannya di salah satu blog saya. Tapi kalau untuk migrasi saya belum pernah melakukannya, mungkin lain kali perlu dicoba ini πŸ™‚

Comments are closed.