SEO toko Online - data Google Analytics

Optimalkan Toko Online Anda Dengan SEO

SEO memang ilmu yang wajib dimiliki kalau anda ingin berkompetisi di dunia bisnis online. Baik itu melalui blog, website company atau melalui website eCommerce atau toko Online. SEO toko online bisa dilakukan dengan berbagai cara, seperti kebanyakan optimasi SEO pada website pada umumnya.

Dalam posting ini akan saya coba sampaikan beberapa tips SEO toko online agar website anda memiliki penjualan yang lebih baik dari sekarang. Saya sih sebenarnya hanya mengamati saja, dari beberapa toko online yang menggunakan teknik ini, ternyata hasinya memang seringkali saya mendapati blog ini harus bersaing di halaman pertama Google dengan mereka.

SEO toko Online - data Google Analytics

3 Langkah Optimasi SEO Toko Online

Tidak usah banyak – banyak, saya berusaha menyampaikan 3 tips saja dalam artikel ini, takut kalau pada pinter dan terlalu laris nanti, saya malah tidak dapat apa – apa 😀

1. Membuat Blog

Mesin pencari lebih suka konten yang kaya dengan tulisan, karena tentunya lebih banyak informasi yang akan tersampaikan pada calon customer. Jadi membuat blog adalah sebuah kewajiban untuk memaksimalkan toko online anda. Contoh yang melakukan aktifitas ngeblog ini adalah Lazada.co.id

Dalam blog, optimasi SEO toko online kita juga makin mudah, karena software blog seperti WordPress memiliki lebih banyak tool (baca=plugin) untuk mencapainya. Membuat konten yang panjang juga akan lebih mudah, karena user interface untuk membuat konten tersebut juga lebih memudahkan kita dalam memasukkan informasi yang kita inginkan. Disamping blog menawarkan space yang lebih terasa ‘wajar’ untuk dimuati artikel panjang lebih dari 500 kata, berbeda dengan halaman sebuah produk.

2. Membagikan Halaman Produk ke Sosial Media

Kebanyakan halaman produk sering saya lihat jumlah share ke social media sangat sedikit, padahal membagikan artikel ke sosial media bisa sangat membantu di jaman sekarang, dimana social media merupakan bagian tak terpisahkan dari SEO.

Beberapa toko online sudah menerapkan trik SEO ini nampaknya, tapi dengan menggunakan iklan berbayar Facebook, mungkin akan lebih mantab kalau user juga di-encourage buat melakukan sharing. Selain Facebook, Google Plus dan Pinterest juga perlu diuji coba.

3. Memberi Filename yang sesuai

Penamaan Filename image yang sesuai dengan produk yang sedang dibahas juga makin OK. Terlebih jika nanti ada alt tag yang dipasang, sekalian disesuaikan dengan produk yang dimaksud.

Dalam blogging, ALT tag sebuah gambar ini sangat penting dan tidak pernah saya lupakan untuk melakukan optimasinya.

Optimasi SEO toko online lebih hemat dari pasang iklan

Kalau mau dihitung secara matematis, dengan menggunakan teknik optimasi SEO versus menggunakan iklan di Facebook pastinya optimasi SEO toko Online jaul lebih murah. Kalau untuk kefektifan bisa juga diamati. Karena SEO juga memiliki pattren tertentu, sehingga ada orang yang mengaku pakar SEO atau bahkan dewa SEO.

Kecuali kalau anda merasa tidak bisa mengikuti perkembangan dunia SEO yang tidak pernah ada habisnya. Mungkin anda harus berhenti berpikir untuk optimalkan Toko Online anda dengan SEO dan menggunakan perikalanan yang lebih mahal saja 😀

 SEO memang melelahkan 😛

Saya sebagai blogger memang kadang merasa SEO itu melelahkan, tapi dengan banyak belajar sekarang saya punya pemahaman yang lebih baik tentang SEO, kalau mau menyewa jasa SEO, bisa saja menggunakan jasa kami para blogger. Tapi perlu diuji juga kemampuannya untuk menulis yang tembus di page one Google.

25 pemikiran pada “Optimalkan Toko Online Anda Dengan SEO

  1. wah mantab sekali mas tiyo .. blog, sosial media dan SEO.. wajib hukumnya buat toko online laris manis… ibarat sales virtual, salam kenal mas tiyo *smile

    • Contohnya ada di gambar pada posting ini juga mas, dan banyak posting saya yang lainnya. Klik kanan aja gambarnya, lalu pilih inspect element, ada kok alt=”” begitu. Kalau pas memasukkan gambar di posting ada di kolom ketiga dari atas.

  2. Salam kunjungan pertama, saya jadi banyak inspirasi jadi catatan kang Tiyo. Kebetulan lagi belajar bagaimana cara mengoptimalkan sebaik mungkin dan pengaplikasian tidak hanya untuk toko online.

  3. amin saja kalau memang diberi jalan untuk kesana, untuk sementara masih enjoy dengan apa yang sudah ada meskipun kecil tapi Insya Allah Berkah..

  4. sampai sekarang juga tidak paham dengan SEO seperti apa. Adanya cuma nulis nulis dan nulis lagi. Hehehe. 😀

    • Hehehee… Saya dulu juga begitu mas, menulis ya nulis saja, tapi begitu tahu ada postingan yang ada di page one Google itu bisa membawa pengunjung yang seakan ‘tidak terbatas’ jadinya pengen tau juga dan mempelajarinya. Saya sih lebih seringke onpage SEO optimasinya, yaitu dengan membuat posting kita terfokus pada sebuah kata kunci saja. Disamping tentunya juga memberikan nilai lebih pada pembaca.

  5. Asyik… master seo lagi ngebahas seo nih. Sering2 aja bahas topik kayak ginian mas supaya saya tambah betah di blog ini 😀

  6. Kalau toko online emang harus punya blog kayaknya. hahaha, soalnya akan jarang ada orang yang akan mengelink ke halaman produk kecuali jika toko online itu punya program affiliasi.

  7. Mantep mas, ahirnya ketemu juga postingan tentang optimasi seo toko online. Toko online saya belum muncul-muncul di search google. mohon dikunjungi apanya yang salah.
    Terimakasih

Komentar ditutup.