Gunung Andong Jawa Tengah Magelang

Gunung Andong Jawa Tengah, Gunung Terbaik bagi Pemula

Gunung Andong Jawa Tengah, tepatnya masuk wilayah kabupaten Magelang adalah sebuah gunung kecil yang sangat cocok untuk didaki bagi pemula. Karena selain mudah akses jalan menuju ke sana, pendakiannya juga tidak memerlukan waktu yang lama, jadi kalau kamu pemula yang masih minder buat mendaki gunung ‘sungguhan’ Gunung Andong Magelang ini sangat cocok.

Gunung Andong memiliki ketinggiahn 1726 mdpl, jadi memang tidak tinggi. Saat mendaki di sana pertengahan Agustus lalu saya berangkat memang sudah malam, jadinya tidak menyangka kalau ternyata saat terlihat secara keseluruhan di siang hari gunung Andong hanya seperti bukit kecil saja. Tapi jangan disepelekan dulu, karena walaupun kecil, nyatanya pendakian yang saya lalui cukup melelahkan. Stay tuned buat cerita lengkapnya.

My Team during tracking.

Perjalanan Ke Gunung Andong Magelang

Saya memulai perjalanan ke Gunung Andong Magelang bersama adik saya pukul 9 malam lebih dari Sragen. Rute yang saya ambil adalah melewati kota Solo, Boyolali, Salatiga, Kopeng lalu Pasar Ngablak. Saat di Salatiga saya ambil jalur ring road, awalnya salah belok waktu mau ke arah kopeng, seharusnya ambil di lampu merah kedua, saya pertama langsung ambil kiri.

Setelah melewati Kopeng yang dingin dan romantis, halah πŸ˜›, ikuti saja jalur utama yang akan membawa kamu ke Magelang, nanti saat sampai di pasar Ngablak, dimana ada jalan masuk arah kanan yang agak besar dengan gapura yang relatif besar, kamu masuk saja. Susuri saja jalan itu nanti akan ada petunjuk menuju basecamp.

Jam satu kurang beberapa menit saya sudah sampai di basecamp sisis tenggara Gunung Andong Magelang. Sesampainya di sana, diluar dugaan kami berdua bertemu dengan teman – teman adik saya di sekolah, takdir kali ya, ga kencan tapi mereka juga baru saja tiba. Akhirnya kami menggabung saja.

Tiket Pendakian Gunung Andong Magelang

Setelah mengurus administrasi, kami putuskan untuk istirahat dulu saja, saya putuskan untuk naik ke puncak nanti jam 2. Karena sesuai dari yang saya baca – baca sebelumnya waktu tempuh ke puncak hanya sekitaran 2 jam. Jadi nanti kami akan sampai di puncak Gunung Andong sekitar jam 4 pagi, tak perlu terlalu lama menunggu sun rise.

Pendakian Gunung Andong Magelang

Walau tidak benar – benar tertidur, istirahat 1 jam sudah lumayan mengurangi rasa capek dari perjalanan bermotor tadi. Jam 2 tim saya dengan total 10 anggota berangkat ke puncak Gunung Andong.

Dimulai dari jalanan pinggir kampung, lalu mulai masuk persawahan dan terakhir masuklah kami di wilayah paling bawah gunung yang ditumbuhi pohon pinus. Dengan sejarah pendakian gunung 0 sama sekali, saya dan rombongan melaju perlahan. Karena merasa paling senior saya selalu berusaha mendahulukan teman – teman, menunggu kalau ada yang kecapekan dan minta istirahat.

Sepeti yang saya sampaikan tadi, walaupun kecil, Gunung Andong tidak bisa diremehkan begitu saja. Karena hampir 90% jalur yang dilewati mendaki, sangat sedikit ditemukan jalur landai yang memberi kesempatan untuk bernafas dengan tenang.

Kebanyakan jalur pendakian ini juga berada di dekat jurang, jadi perlu berhati – hati baik saat berjalan atau juga saat beristirahat. Karena ada satu kejadian anggota rombongan saya tasnya terjatuh dan masuk ke semak di tebing. Untuk mengambilnya kami perlu sangat hati – hati karena bisa – bisa terpeleset dan masuk jurang nantinya.

Saat kami perlu selalu waspada seperti itu, kami juga dihibur dengan pemandangan bintang yang bertaburan, di atas sana dan dibawah kaki – kaki kecil kami πŸ™‚

Mendaki Gunung Andong melatih kesabaran dan kekuatan, saat diadu dengan alam kita berusaha menguatakan kaki kita, napas kita dan badan kita melawan dingin. Saat menemui jalur yang ramai dan terasa berjalan pelan karena antri kita latih ketenangan dan kesabaran kita, berusaha selalu bersikap baik dan ramah juga kepada sesama pendaki lainnya tentunya.

Pesona Puncak Gunung Andong Jawa Tengah

Dan tepat sesuai dengan prediksi, jam 4 lebih sedikit kita sudah sampai di puncak, saya agak terkejut awalnya, ;karena di atas sudah sangat ramai, bahkan hampir – hampir tidak kebagian tempat. Tenda sudah memenuhi puncak gunung dari sisi selatan hingga utara di bagian yang dekat dengan puncak tertingginya.

Kami tidak membawa tenda, hanya perlu terus melaju, setelah sampai di titik tertinggi, kamu mulai mencari tempat untuk istirahat sembari menunggu sun rise.

Setelah menunggu beberapa saat, tibalah yang di nanti; view menakjubkan, awan yang menghampar luas dengan sapaan mesra puncak – puncak gunung yang mengitari kami.

Β Merbabu dan Merapi menyapa dari kejauhan, seolah melambai minta didaki juga :mrgreen:

Sindoro dan Sumbing pun tak mau ketinggalan. πŸ™‚

Gunung Lawu jauh di ufuk timur, Merbabu dan Merapi, Pagi Jogja πŸ˜›

Sindoro, Sumbing, Prau, Telomoyo dari Puncak Andong

Pantas saja puncak Puncak Gunung Andong sangat penuh sesak, begitu terlihat semua ternyata sudah seperti mall saja gunung ini, lengkap dengan 3 warung sekaligus πŸ˜€

Puncak Gunung Andong Magelang, 16 Agustus 2015, refleksi 28 tahun hidup di bumi Allah πŸ˜€

Jaga Selalu Kebersihan Gunung

Pesan terakhir, saat saya mendaki kemarin saya merasakan kondisi Puncak Gunung Andong Jawa Tengah sudah mulai kotor. Banyak pendaki yang hanya suka berfoto di puncak namun tidak mencintai alam, membuang sampah sembarangan dan menjadikan lingkungan makin rusak.

Please kalau mendaki itu bawa balik sampahmu, atau lebih bagus lagi bawa tali buat mengikat banyak sampah yang di atas di bawa turun.

7 pemikiran pada “Gunung Andong Jawa Tengah, Gunung Terbaik bagi Pemula

• Brangkat saja mas, dari jogja khan ga begitu jauh juga rasanya. Tapi kalau sebelumnya sudah pernah naik gunung rasanya agak gimana gitu lihat gunung Andong yang imut banget, nyempil πŸ˜€