Perilaku Aneh SMADAV, NOD32, Norton dan Avast!

Beberapa waktu yang lalu, saya dimintai tolong salah seorang rekan sekantor untuk membersihkan komputernya dari berbagai virus yang membuat semua file di flash disk jadi hilang. Dari apa yang dikatakan saya langsung tanggap, tidak ada yang namanya virus yang menghapus semua isi flash disk, paling ya di-hidden. Dan memang benar itulah yang terjadi.

Melihat – lihat sebentar, saya menemukan keanehan pertama pada SMADAV, antivirus yang sangat saya benci;

1. Smad-Cage

SMADAV Jelek

Smad-cage, kandang virus Smadav adalah sebuah pemborosan ruang menurut saya. Virus yang diperangkap di sana sudah 7.481 objects, total 721 MB. Saya tidak tahu kalau dari antar muka Smadav ada fasilitas untuk menghapus file – file ini atau tidak, saya harap ada. 😆

Karena komputer tersebut dahulu juga saya yang menginstall, saya kemudian membuka avast! dan masuk menu boot time scan, men-scan komputer saat proses booting, sebelum masuk windows , inilah jurus andalan saya dalam membersihkan virus.

Setelah selesai, yang ada komputernya tidak bisa masuk Windows, mungkin logonui.exe yang menjadi tulang punggung User Interface windows terinfeksi dan ikut terhapus. Install ulang adalah solusi terakhirnya.

2. Quarantine NOD32

NOD32 QuarantineSetelah saya menginstall ulang komputer tersebut, saya kembali dikagetkan dengan free space yang sudah amat sangat sempit dari drive C, dimana space totalnya 30 GB, namun baru mengintall windows saja tinggal ada 100an MB yang tersisa.

Saya menemukan sebuah folder seperti yang terlihat di samping propertiesnya, berisi total 298.000 lebih file dengan ukuran 19 GB. What, ini mah bukan lagi pemborosan ruang, perampokan!

Folder yang ada di C://Documments and setting/LocalService/Local Setting/Application Data/ dengan nama ESET ini berisikan salah satu folder Quarantine, di sanalah ratusan ribu file itu berada.

Akan memerlukan command prompt untuk menghapus isi folder kandang virus ini, karena Windows Explorer pasti akan selalu hang kalau dipaksa untuk menampilkan file dengan jumlah sebanyak itu. Kalaupun tidak mungkin akan loading ber jam – jam.

3. Avast vs Norton

Keanehan yang terakhir saya temukan pada sebuah Toshiba Satellite c640 milik salah satu siswa. Dia bilang perlu dibenahi. Saya tidak menemukan sebuah masalah, selain kalau Wi-Finya dihidupkan akan langsung crash, BSOD.

Mulanya saya mengira masalah pada driver, sehingga saya membuang driver yang ada. Tapi saya restore lagi akhirnya. Saya kemudian melihat 2 nama antivirus besar di sana, Avast! dan Norton. Langsung saja dari Revo Unstaller saya pilih untuk meng-uninstall Norton, karena saya jauh lebih terbiasa dengan Avast.

Uninstall selesai, komputer restart, saya coba menghubungkan dengan Wi-Fi. Normal! semua berjalan seperti harusnya, login ke proxy server juga lancar. Saya tidak mengira kalau itu adalah masalahnya, namun nyatanya masalah terselesaikan dengannya :mrgreen:

Anda pernah punya pengalaman seperti itu juga? Silahkan share di kolom komentar ya 🙂

14 pemikiran pada “Perilaku Aneh SMADAV, NOD32, Norton dan Avast!

    • Mungkin namanya berbeda, atau kalau tidak setting windows Explorer mas Agung file yang hidden tidak muncul sedang folder smad-cage ini dihidden.

      BTW, Ada fitur buat menghapus isi kandang itu tidak mas?

  1. Bukannya kalau antivirus besar disanding akan berdampak negatif to mas? Kalau saya lebih nyaman dengan avast karena sejak dulu ya cuma itu yang ampuh menurut saya, yang lain lewat 🙂

    • Yup, bener itu mas. Kalau antivirus luar diinstall rombongan dalam satu PC biasanya ya malah masalah yang kita dapatkan. Saya juga pengguna setia Avats! selama bertahun – tahun.

  2. justru saya terjadi keanehan, ketika saya scan laptop mengunakan avast , yang ada malah Blue Screen Of Death, dan itu terjadi selalu ketika quick scan mauupun Full Scan :((

  3. dari dulu saya tidak perna menggunakan anti virus,
    saya lebih percaya pada diri saya, karena tidak semua virus bisa terdeteksi dengan antivirus,
    saya menghapus virus dengan cara manual, menghapus dengan membuka setiap folder, dan saya harus hafal nama virus dan nama file yg bukan virus.
    saya booting menggunakan Hirens boot, dengan CD ini semua file yg terhidden akan muncul.

    • Sekilas mungkin anda terlihat begitu expert. Tapi kok saya rasa akan terlalu sulit ya buat melakukan yang anda lakukan, lagian there is no point.

      Menghapus dengan cara manual, saya juga sering, tapi membuka setiap folder dan hapal namanya satu per satu adalah impossible, karena virus kadang namanya random tidak pasti selalu menggunakan nama yang sama.

      Booting mengunakan Hirens boot, agar semua terlihat?? Setahu saya di hirens tidak ada Adobe Photoshop atau berbagai software mumpuni lain yang diperlukan sehari – hari, kalau ingin yang hidden muncul tinggal pergi saja ke Folder Option khan?

  4. Saya makai AV Avast, setelah scan berulang virusnya bukannya tuntas, malah melar dan tambah banyak, baik itu di di hardisk maupun ketika saya coba scan virus di flashdisc, hasilnya sama gan…… ketika saya putuskan untuk TIDAK MEMPERCAYAI ANTI VIRUS MANAPUN DIDUNIA INI, av avast malah ga bisa di uninstall dari kompi ane gan….. nyesal seumur hidup…. kapok make AV, bukanya ngurangin virus malah bikin banyak virus, benar-benar aves…..

    • Tambah banyak? Bisa jadi karena memang dari tadi udah banyak tapi baru saja kita ketahui. Kalau tidak ya antivirusnya sudah terlalu lama tidak update, dan kadang di-blok virus malahan.

      Banyak punya temen yang gini, solusinya pakai boot time scan, kalau booting mode normal tidak bisa (karena avast tidak berjalan) masuk dulu safe mode.

      Biasanya kalau mau uninstall avast ada peringatan untuk klik ya untuk membatalkan niatan kita, jangan hiraukan kalau memang mau membuangnya. Lebih bagus lagi saya biasa pakai RevoUninstaller, yang free saja.

      Artikel lain saya tentang avast yang mungkin berguna juga: http://abouttiyo.web.id/news/my-avast-antivirus-dashboard/

  5. saya setuju dengan panjenengan semua bahwa avast’lah antivirus yg terbaik.
    Namun sayang situs avast di kantor2 banyak yg diblokir oleh antivirus lain sprti avg dan pcmav.. Kedua antivirus payah yg brsaing dgn cara licik!

    • Ya kalau begitu AVG sama PCMAV dimatiin dulu aja Pak/Mas, kalau tidak bisa diuninstall, hehehe….
      Emm… Memang PCMAV masih berada di pasaran ya? Saya kira tinggal Smadav saja yang banyak dipakai orang.

Tinggalkan komentar