Workshop Blogging & Awarding Go Vlog Aids kerjasama VIVAnews bersama AusAid dan Google Asia

Jalan – Jalan ke Jakarta

Sudah beberapa saat sebenarnya saya mau menulis posting ini, namun baru sempat dan ada greget sekarang. Saya mau bercerita tentang kunjungan saya ke Ibu Kota beberapa hari yang lalu (tepatnya tgl 19-21 Desember). Tujuan utamnya pada awalnya adalah mengikuti Workshop Blogging & Awarding Go Vlog Aids kerjasama VIVAnews bersama AusAid dan Google Asia. Acara tersebut diadakan pada hari Selasa 20 Desember lalu bertempat di f3 Atrium fX Plaza Sudirman, berdekatan dengan Gelora Bung Karno.

Saya sangat tertarik untuk mengikuti acara tersebut pada awalnya, karena disana akan dibahas tentang Optimisasi Situs (SEO) oleh pihak yang sangat kredibel (Google Asia dalam hal ini). Pikir saya, pastilah nanti materinya spektakuler dan sangat memberikan pengetahuan baru bagi saya tentang SEO. Sehingga saya tidak ragu untuk mengeluarkan biaya beberapa ratus ribu untuk transportasi ke Jakarta.

Kereta Senja Kediri

Saya pun berangkat ke jakarta pada Senin malam menggunkan kereta api Senja Kediri. Sampai di stasiun Senen sekitar jam setengah 9, satu jam sebelum acara dimulai. Bisa dibilang, inilah kali pertama saya berkunjung ke Jakarta, karena dulu saya pertama bersama kakak, namun saya sama sekali tidak tahu apa – apa, pokoknya ikut saja. Sesampainya di Stasiun, mandi di toilet umum, saya beranjak untuk mencari tiket KRL, seperti yang saya rencanakan sebelumnya menuju Stasiun Dukuh atas, namun setelah beberapa saat menunggu di peron saya tidak kunjung melihat KRL yang di maksiud. Singkat cerita saya bosan dan memilih plan B, keluar stasiun dan menggunakan ojek sebagai alternatif.

Akhirnya sampai juga di tempat yang dituju, setelah bertanya kepada petugas keamanan sampailah saya pada tempat acara dihelat, acaranya lumayan ramai, dengan peserta kurang lebih seratusan orang. Setelah mengisi daftar hadir, sayapun diberi seminar kit dan dipersilahkan untuk menikmati coffee morning. Tidak lama kemudian acara pun dimulai, diawali dengan sambutan dari pimred vivanews lalu perwakilan dari kementrian kesehatan, lantas dilanjutkan dengan diskusi panel dengan panelis 4 orang, namun yang saya ingat hanya ‘bapak blogger Indonesia’, Enda Nasution (saya kok ga ngrasa-ngrasa amat jadi anaknya yah :mrgreen: )

Workshop Blogging & Awarding Go Vlog Aids kerjasama VIVAnews bersama AusAid dan Google Asia

Terus terang, saya kurang aware dengan acara diskusi tersebut, apalagi MCnya bilang terus – menerus kalau waktu terbatas, harus cepat – cepat saja. Saya jadi kepikiran kalau optimasi SEO tersebut paling – paling nanti juga dipersingkat, bah, bakalan rugi besar nih kalau begini caranya.

Dan memang, acara optimasi SEO tidak lebih hanya bumbu dalam acara itu, karena acara utamanya ya Awarding itu tadi. Karena acara yang berkaitan dengan workshop SEO ini hanya membahas kulit dari SEO tersebut saja, acaranya disampaikan oleh orang yang saya juga lupa lagi :P, yang katanya juara SEO se-Asia tahun 2009. Benar – benar hanya kulit dari ilmu SEO, karena semua yang dia sampaikan ada di halaman panduan SEO milik Google. Pembicara dari perwakilan Google juga tidak kalah garingnya, tidak ada sesuatu pun yang menjadikan saya tertarik, semua yang mereka katakan sudah saya ketahui sebelumnya, saya menilai kalau materi tersebut lebih cocok untuk orang yang baru kenal blog selama 4 jam, bukan 4 tahun seperti saya. Adsense, AdWords, Analytics, semau sudah saya sambangi, di sana cuma dibahas kulitnya 😛

Saya sungguh merasa perjalanan tersebut sia – sia. Tapi juga mau apa lagi, ikut di acara tersebut juga gratis, tidak dipungun biaya sepeser pun. Saya tidak bisa menyalahkan pihak penyelenggara yang tidak memberikan detil jadwal materi acara  dan juga pembicaranya. Walau dalam hati juga dongkol setengah mati merasa buang – buang duit untuk transportasi, beruntung untuk tempat singgah semalam di sana saya punya beberapa kenalan yang bisa dimintai bantuan. Saat pulang ada pula cerita yang ingin saya bagikan, tapi rasanya akan saya tulis di blog sebelah saja, biar di sana juga ga vacum.

3 pemikiran pada “Jalan – Jalan ke Jakarta

Komentar ditutup.