Rumahweb Hosting Tutorial; Install WordPress dengan Softaculous

Rumahweb Hosting Tutorial; Install WordPress dengan Softaculous

Rumahweb Hosting Tutorial merupakan bagian dari ikut serta saya dalam Lomba Video Tutorial yang sebelumnya saya bahas beberapa pekan lalu.

Dalam posting itu saya hanya menyampaikan tentang event perlombaan #RumahwebvideoCompetition, yang kali ini sudah masuk tahap kedua yaitu pengumuman sepuluh besar yang akan diseleksi lagi.

Nah, kali ini saya akan membahas tentang isi dari video Rumahweb Hosting tutorial  tersebut, yaitu tentang Cara Install WordPress menggunakan Softaculous.

Dari 2 video yang saya submit, video di atas ternyata yang masuk seleksi tahap selanjutnya. Saya sangat bersyukur, dan karenanya saya ingin menjelaskan beberapa hal yang menjadi daya tarik video ini, sehingga kamu wajib mengikutinya saat menginstall WordPress.

Rumahweb hosting tutorial tentang keamanan WordPress

Saat membangun sebuah blog baru, keamanan blog adalah hal yang harus kita tempatkan di atas hal apa pun. Bahkan design blog itu sendiri bisa kita pikirkan sebelumnya atau nanti saja. Saat menginstall, mindset kita harus ‘yang penting kita punya blog/website yang aman dari serangan hacker’.

Rumahweb Hosting Tutorial; Install WordPress dengan Softaculous

Oleh karenanya dalam rumahweb hosting tutorial itu saya sangat menyampaikan 4 point keamanan yang perlu dilakukan sejak dari awal.

1. Ubah Table Prefix

Hal pertama tentang keamanan yang saya sarankan adalah mengubah table prefix database. Tabel prefix WordPress adalah wp_ dan semua orang pasti tahu ini jika mereka pernah menginstall WordPress dan membaca panduannya paling tidak sekali.

Bagi user yang biasa mungkin tidak akan memperhatikannya, tapi bagi mereka yang tahu berbagai hal tentang database (MySQL) dan memiliki niat jahat, bisa saja table prefix ini di jadikan jalan utama untuk merusak website/blog kita dengan metode SQL Injection.

 2. Username yang kuat

Sama halnya point pertama, username default WordPress adalah admin, maka menggantinya dengan yang lain sangat dianjurkan.

3. Password yang kuat

Saya juga menyampaikan kalau password kita haruslah kuat dalam rumahweb hosting tutorial di video itu. Pastikan dalam password kamu ada angka, huruf kapital dan kecil juga symbol tanda baca.

4. Limit Login Attemp

Install plugin ini untuk membantu kamu melindungi halaman login website kamu dari serangan bruteforce attack yang biasanya menggunakan username dari point kedua.

Plugin ini akan mencegah orang yang mencoba menebak user dan password kita berulang kali dan gagal untuk dapat mengakses halaman login lagi. Bisa kita atur berapa kali kita ‘boleh gagal’, kemudian membatasi berapa lama lagi orang yang salah mencoba tadi tidak bisa melihat halaman login sama sekali lagi.

Plugin ini adalah salah satu plugin yang bisa kamu andalkan.

5. Pindahkan file wp-config.php dari atas root folder

Point ini tidak saya sampaikan di proses instalasi di atas, saya agak kelupaan saat itu. Memindahkan file wp-config di atas folder www makin membuat web kita aman, karena kemungkinan hacker bisa menemukan file ini dan melihat berbagai setting blog kita akan makin sulit lagi.

Like & Share video Rumahweb hosting Tutorial saya!

Jangan lupa untuk melihat dan mengikuti video tutorial itu ya. Klik LIKE dan juga SHARE videonya agar saya bisa menjadi salah satu pemenang yang beruntung dari perlombaan itu.

Terima Kasih 🙂

4 thoughts on “Rumahweb Hosting Tutorial; Install WordPress dengan Softaculous

  1. Manttap tutorialnya mas. Apakah memindahkan file wp-confiq tidak mempengaruhi konten mas… trs setelah dipindahkan apakah setting berikutnya tetap kesimpan di sana?

    • Iya mas, nggak ada efeknya sama blog kita, ga bakalan ada masalah. WordPress akan tetap berjalan dan menggunakan setting dari file wp-config ini meskipun kita pindahkan.

      Jangan lupa like Video saya itu di YouTube ya 🙂

  2. Wah videonya keren. Sukses ya Mas!

    Saya baru seminggu ini pake plugin WordFence dan ternyata banyak banget yah usaha dari spam untuk nge-hack wordpress kita. Sehari saya bisa terima 40-an email notifikasi dari WordFence. Serem juga!

    • Iya mbak, semoga saya jadi salah satu pemenangnya 🙂

      Memang keamanan blog kita perlu untuk kita jaga sebaik mungkin mbak, kalau dari limit login attempt dan statistik saya dari blog sebelah yang saya instal WassUp upaya membajak blog memang sangat mengerikan. Makasih kunjungan baliknya mbak.

Comments are closed.